Sunday, June 28, 2009

Tips Memilih Casing Komputer


Casing apa artinya bagi komputer ?
Yang penting kan isinya buat apa beli casingnya......
Biar casing dan tampilan kompi saya jelek tapi lihat dalamnya Core 2 Duo, bro...
Ngapain beli casing mahal kalau isinya cuman Celeron, mending casing jelek tapi isinya Dual Core.
Memang pernyataan tadi ada benarnya, bahwa isi dari casing sangat menentukan "kasta" dan "kinerja" dari komputer kita. Tetapi ada hal lain yang sangat tidak diperhatikan dari pernyataan tadi,...yakni fungsi dari casing komputer sesungguhnya.
Secara gampang saja casing ibarat rumah bagi komputer, semakin luas rumahnya peredaran udaranya semakin baik, bisa diisi dengan lebih banyak komponen, dan biasanya casing yang bagus adalah luas dengan diberi power supply bawaan yang "lebih stabil dan powernya besar/adekuat". Nah mengapa tidak memilih casing yang bagus tetapi hanya memilih isinya yang "high - end" saja? Jawabnya adalah casingnya mahal, tetapi secara logika bila bisa beli isi komputer yang high-end mengapa tidak bisa beli casing yang setara ?? padalah harga casing relatif lebih murah dibanding dengan harga isinya,....
Saya tidak sependapat dengan yang berasumsi bahwa komputer "yang penting isinya buat apa beli casingnya",persis bunyi sebuah iklan. Sebab bagusnya casing akan memberi sedikitnya tiga manfaat : Pertama dengan bagusnya casing akan menambah "performa" luar dari komputer, lebih stylish dan bila dijual sekond pasti akan ada nilai tambahnya,...casing yang bagus dijual casing sekond nya saja pasti orang pada mau. Biar isinya Sempron tetapi berpenampilan Phenom, ini akan mempengaruhi nilai jual sebuah komputer. Yang kedua : dengan luasnya casing (saya berpendapat bahwa casing yang bagus biasanya luas), dan tebalnya bahan casing akan mempengaruhi keawetan dari komponen komputeritu sendiri dan semua komponen yang berada di dalam, karena luas berarti "peredaran udara" dalam casing adalah sangat baik, bisa memuat motherboard yang bagus dan lebar, bisa memuat VGA card tingkat high-end yang biasanya berkipas tebal dan "memakan / menutupi slot PCI yang lainnya" (pada motherboard yang kecil dan sedikit jumlah slot PCInya), tetapi dengan casing yang luas bisa memungkinkan untuk menempatkan motherboard yang besar, dengan banyak slot PCI sehingga tidak masalah jika salah satu slot PCI tertutup/termakan oleh kipas VGA yang tebal itu. Hal ini tidak bisa dilakukan bila casing komputer anda "sempit". Lalu casing yang bagus biasanya terbuat dari seng yang lebih tebal dan warna yang lebih "elegan" daripada asal casing, sehingga casing yang bagus disamping menambah nilai komputer juga menambah kekuatan dan keawetan komputer. Yang ketiga:Casing yang bagus biasanya dilengkapi bawaan Power Supply yang bagus dan stabil, Power Supply adalah sumber "makanan" bagi komputer kita, bila tidak ada Power Supply atau Power Supply nya lemah maka komputer pasti tidak jalan dan kalau Power Supply nya lemah akan restart terus, atau kalaupun jalan tentu tidak akan dengan performance dan kinerja yang sempurna.
Setelah mengetahui manfaat dari casing komputer yang sesungguhnya maka akan saya beri informasi mengenai pemeliharaannya.
1.Tempatkan komputer di ruangan yang kering dan sejuk. Tempat lembab tidak baik untuk seng dan komponen komputer lainnya, karena mengandung air yang merupakan elektrolit yang bisa mengakibatkan "korosi" pada casing, sehingg casing bisa berkarat. Juga jangan ditempatkan pada suhu yang terlalu panas (dekat mesin atau terkena sinar matahari langsung), karena suhu yang berlebihan panasny akan menambah "panas CPU" komputer yang sedang bekerja,...kalau Over Heat, komputer bisa hang atau malah dalam jangka panjang bisa merusaknya (minimal elco pada "menggelembung".yang menyebabkan kinerja yang tidak bagus/hang/mati)
2.Tempatkan pada bagian yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus.
3.Sediakan kuas untuk membersihkan kipas-kipas dari komputer (fan casing, heatsing/kipas porsesor, Kipas Vga), juga untuk membersihkan debu yang ada di dalamnya, saya informasikan tidak perlu setiap hari dikuas, tetapi kalau sudah kelihatan tebal debunya (terutama pada kipas prosesor yang "meniup kedalam" heatsink/pendingin, sehingga kisi-kisi terlihat =celahnya= kembali, lalu angin yang dihasilkan akan menyebar kedalam heatsink tersebut, hingga prosesor menjadi dingin.
4.Bersihkan dengan Kanebo/lap khusus dan cairan yang khusus = usahakan cairan yang tidak korosif dan bersifat non elektrolit kuat.
5.Casing yang ekonomis bermutu saya ada beberapa merk : dari Simbadda misalnya : sim-x, sim-v. Dari Power Logic : Modena, Futura. Ada ersys (walau kurang luas), Cameroon,... dan casing BRANDED seperti acer, hp, compaq dll, tetapi casing branded ini biasanya berharga lebih mahal.
6.Pastikan memilih casing yang bagus dengan Power Supply bagus, kalau dirasa kurang memuaskan bisa membeli merk Power Supply yang lain. Banyak dijual dipasaran merk-merk power supply yang bagus. Tentu saja yang sesuai dengan spek PC nya (ada yang 20 pin dan kebanyakan sekarang 24 pin, watt/daya nya pun disesuaikan).

Hanya sedikit dari saya yang saat ini bisa diinformasikan, bila ada tips yang tidak tepat atau anda punya tips yang lain yang masih berhubungan dengan posting ini, anda bisa memberi saran dan masukan kepada saya biar para pembaca posting bisa memahami dan bertambah pengetahuannya terutama dalam memilih casing dan mengetahui seberapa pentingnya casing bagi komputer kita.
Thanks.

Bonus download.
1. Lagu :Cinta terlarang - The Virgin
2. Buku harun yahya

17 comments:

  1. Setuju...casing ada 3 faktor utama.

    1. Sirkulasi udara
    2. Kualitas bahan pembuat
    3. Modelnya (subjektif klo yang ini)

    ReplyDelete
  2. ehm benar juga, semakin bagus casing semakin mahal bro

    ReplyDelete
  3. setuju boss,.. kalo casing murahan biasanya tipis jadi dudukan untuk baut nya juga tipis dan sering goyang , efek nya ya ke perangakat di dalem jadi nggak terpasang dengan baik cepet panas dan banyak efek negatif nya yang mungkin nggak langsung terasa....

    ReplyDelete
  4. I've been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of space . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Studying this info So i am satisfied to exhibit that I have an incredibly just right uncanny feeling I found out just what I needed. I such a lot no doubt will make certain to don?t overlook this web site and provides it a glance on a continuing basis.
    Also see my web site - digital cameras for sale

    ReplyDelete
  5. Wow, fantastic weblog format! How long have you been blogging for?
    you make running a blog glance easy. The total glance of your web site is fantastic, as smartly as the
    content material!
    My site: Buy Targeted Facebook Likes

    ReplyDelete
  6. A person necessarily help to make significantly articles I'd state. That is the very first time I frequented your website page and up to now? I amazed with the research you made to make this particular submit extraordinary. Excellent process!
    Also see my web page: click the following website

    ReplyDelete
  7. Why viewers still use to read news papers when in
    this technological globe everything is presented on net?
    Feel free to surf my blog post :: wedding insurance reviews

    ReplyDelete
  8. A person necessarily help to make seriously posts I'd state. This is the very first time I frequented your website page and to this point? I surprised with the research you made to make this actual publish extraordinary. Wonderful job!
    My web blog neucopia compensation plan

    ReplyDelete
  9. Hmm it looks like your site ate my first comment (it was
    extremely long) so I guess I'll just sum it up what I wrote and say, I'm thoroughly enjoying your blog.

    I too am an aspiring blog blogger but I'm still new to everything. Do you have any points for novice blog writers? I'd
    certainly appreciate it.
    my site > Smith Mountain Lake Vacation

    ReplyDelete
  10. Thanks for the marvelous posting! I truly enjoyed reading
    it, you are a great author. I will make sure to bookmark your blog and will come back later in life.
    I want to encourage you to definitely continue your great work, have
    a nice weekend!
    My weblog :: outsource philippines

    ReplyDelete
  11. Fabulous, what a webpage it is! This webpage presents valuable facts to us, keep it up.


    My page http://hotgirlsexcam.com

    ReplyDelete
  12. Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from
    somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my
    blog shine. Please let me know where you got your design.
    Many thanks

    Also visit my web-site: cuteteenporn.net

    ReplyDelete
  13. It's wonderful that you are getting thoughts from this article as well as from our discussion made at this time.

    my blog post; cool hot xxx sex movie

    ReplyDelete
  14. Howdy! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to look it over. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Terrific blog and wonderful design and style.

    ReplyDelete

  15. Ensuite, vous pouvez robinets vente sur Internet pour voir si elles ont le même, ou un projet similaire avec moins de prix. Seulement une chose que vous robinets cascade, toutefois, la possibilité de perdre tous vos dép?ts dans l'expédition et de manutention. Ne robinetterie baignoire sélectionnez mitigeur douche est vraiment à l'aise dans ce domaine semble bon nécessité. Il contribue non robinet LED à la décoration de salle de bains, il peut s'assurer qu'il est à bien des égards. Bain et douche robinet peut vous co?ter un peu plus que vous voulez mitigeur douche, mais une fois que vous l'avez, il semble vraiment bon dans la chambre.

    ReplyDelete
  16. http://www.faucetsmarket.com/bathtub-faucets-c-20.html are one of the necessary things needed in a home. All bathrooms must have Waterfall faucet; there is no bath space without them. These Faucet parts help to control the free out flow of water, and even do much more these days

    ReplyDelete

FREE PAID TO CLICK ONLINE

PAID TO CLICK WEBSITE According to Wikipedia ( link ) Paid to click is an online business model that draws online traffic from peopl...