Monday, June 29, 2009

Membuat Akun EMAIL



Bagi anda yang suka membuka Internet, ada satu pertanyaan dari teman anda FACEBOOK anda punya enggak ? Atau ada teman yang tidak sempat berbicara panjang lebar hanya karena bertemu sebentar tetapi tidak sempat dia hanya berkata,.."Untuk detilnya tolong kirim saja ke E-Mail saya",... dengan menyebut bla..bla...@(at)yahoo.com, atau @gmail.com, @plasa.com dan lain sebagainya,... intinya mereka memang memakai E-mail menginduk kepada server terkenal secara gratis, ingat membuat e-mail tidak dipungut biaya apapun,...siapkan saja data diri anda dengan valid dan lengkap biar nantinya bisa digunakan untuk berbisnis (catatan : tidak valid pun tidak mengapa tapi tolong dicatat biar nantinya tidak bingung anda mem-manage-nya),...
Yang paling sering digunakan untuk membuat Facebook adalah server Yahoo.com (internasional), Yahoo.co.id (indonesia),.. dan server Google.com (internasional) dan Google.co.id (indonesia),..Yahoo.com/co.id akan berupa Yahoomail(ymail) dan Google.com/co.id akan berupa Googlemail (gmail), sebenarnya sebelum anda membuat Email perlu dipertimbangkan apakah hanya untuk Yahoo/Google indonesia saja atau untuk internasional. Kalau saran saya sih gunakan yang COM saja, jangkauannya lebih luas. Terutama dalam kirim email ke luar negeri akan lebih cepat sampai,.... walaupun secara teori CO.ID pun cepat tetapi kadang-kadang, kalau kita mengirim dari CO.ID ke COM kadang "tersendat",.. akan berbeda sekali bila kita mengirim dari COM ke COM atau CO.ID ke CO.ID,... akan sangat lancar,...tidak beda jauh dengan Gmail.
Perbedaan yang lain kalau kita memakai COM berbahasa Inggris dan kalau CO.ID berbahas Indonesia,...
Caranya secara mudah bisa saya sampaikan sebagai berikut:
1. Pastikan anda terkoneksi dengan internet (baik di warnet, ataupun PC sendiri yang lagi nge-tren dengan Wireless, atau lagi kongkow di HotSpot...di cafe/mall).
2.Bagi yang ingin membuat Yahoomail.Buka di Yahoo.com atau di Yahoo.co.id di dua link tadi bisa anda langsung memulainya. Dan yang senang dengan Googlemail, silahkan klik di Google.com atau yang Google.co.id.Tetapi belum saya temui Gmail.co.id, jadi semuanya ....@gmail.com (bahasanya bisa diubah menjadi bahasa Indonesia, tetapi akhirannya @gmail.com)
3.Keterangan lebih lanjut bisa download ini dalam bentuk File RAR dan ditulis dengan MS Word 2003. Pembuatan Akun Yahoomail dan Gmail.
4.Hanya semudah itu membuatnya,....anda sudah mempunyai surat elektronik yang bisa anda gunakan untuk berkoresponden dan bisnis dengan teman anda atau yang lagi ngetren sekarang Facebook (pake Yahoomail),...
5.Sebenarnya kalau sempat mendingan anda mempunyai dua mail (yahoo dan gmail sekaligus) sebab ada program bawaan masing-masing dari Yahoo dan Google.
Contoh di atas FaceBook bawaan Yahoo, Wordpress bawaan Yahoo, Yahoomessanger,
Blgger bawaan Google, Skype bawaan Google, Google Earth bawan Google, Google Adsense dan lain sebagainya. Pada dasarnya tidak apa anda mempunyai dua E-mail sekaligus. Itu untuk nantinya bila anda tidak hanya ingin FACEBOOK an saja, tetapi pengin BLOGGING di Blogger.com
6.Selamat Anda telah mempunyai Email baru,....anda bisa mengirimkannya kesaya sebagai teman,... diblog ini.

BONUS DOWNLOAD
1.Game House Feeding Frenzy
2.Game House Dinner Dash

Sunday, June 28, 2009

Tips Memilih Casing Komputer


Casing apa artinya bagi komputer ?
Yang penting kan isinya buat apa beli casingnya......
Biar casing dan tampilan kompi saya jelek tapi lihat dalamnya Core 2 Duo, bro...
Ngapain beli casing mahal kalau isinya cuman Celeron, mending casing jelek tapi isinya Dual Core.
Memang pernyataan tadi ada benarnya, bahwa isi dari casing sangat menentukan "kasta" dan "kinerja" dari komputer kita. Tetapi ada hal lain yang sangat tidak diperhatikan dari pernyataan tadi,...yakni fungsi dari casing komputer sesungguhnya.
Secara gampang saja casing ibarat rumah bagi komputer, semakin luas rumahnya peredaran udaranya semakin baik, bisa diisi dengan lebih banyak komponen, dan biasanya casing yang bagus adalah luas dengan diberi power supply bawaan yang "lebih stabil dan powernya besar/adekuat". Nah mengapa tidak memilih casing yang bagus tetapi hanya memilih isinya yang "high - end" saja? Jawabnya adalah casingnya mahal, tetapi secara logika bila bisa beli isi komputer yang high-end mengapa tidak bisa beli casing yang setara ?? padalah harga casing relatif lebih murah dibanding dengan harga isinya,....
Saya tidak sependapat dengan yang berasumsi bahwa komputer "yang penting isinya buat apa beli casingnya",persis bunyi sebuah iklan. Sebab bagusnya casing akan memberi sedikitnya tiga manfaat : Pertama dengan bagusnya casing akan menambah "performa" luar dari komputer, lebih stylish dan bila dijual sekond pasti akan ada nilai tambahnya,...casing yang bagus dijual casing sekond nya saja pasti orang pada mau. Biar isinya Sempron tetapi berpenampilan Phenom, ini akan mempengaruhi nilai jual sebuah komputer. Yang kedua : dengan luasnya casing (saya berpendapat bahwa casing yang bagus biasanya luas), dan tebalnya bahan casing akan mempengaruhi keawetan dari komponen komputeritu sendiri dan semua komponen yang berada di dalam, karena luas berarti "peredaran udara" dalam casing adalah sangat baik, bisa memuat motherboard yang bagus dan lebar, bisa memuat VGA card tingkat high-end yang biasanya berkipas tebal dan "memakan / menutupi slot PCI yang lainnya" (pada motherboard yang kecil dan sedikit jumlah slot PCInya), tetapi dengan casing yang luas bisa memungkinkan untuk menempatkan motherboard yang besar, dengan banyak slot PCI sehingga tidak masalah jika salah satu slot PCI tertutup/termakan oleh kipas VGA yang tebal itu. Hal ini tidak bisa dilakukan bila casing komputer anda "sempit". Lalu casing yang bagus biasanya terbuat dari seng yang lebih tebal dan warna yang lebih "elegan" daripada asal casing, sehingga casing yang bagus disamping menambah nilai komputer juga menambah kekuatan dan keawetan komputer. Yang ketiga:Casing yang bagus biasanya dilengkapi bawaan Power Supply yang bagus dan stabil, Power Supply adalah sumber "makanan" bagi komputer kita, bila tidak ada Power Supply atau Power Supply nya lemah maka komputer pasti tidak jalan dan kalau Power Supply nya lemah akan restart terus, atau kalaupun jalan tentu tidak akan dengan performance dan kinerja yang sempurna.
Setelah mengetahui manfaat dari casing komputer yang sesungguhnya maka akan saya beri informasi mengenai pemeliharaannya.
1.Tempatkan komputer di ruangan yang kering dan sejuk. Tempat lembab tidak baik untuk seng dan komponen komputer lainnya, karena mengandung air yang merupakan elektrolit yang bisa mengakibatkan "korosi" pada casing, sehingg casing bisa berkarat. Juga jangan ditempatkan pada suhu yang terlalu panas (dekat mesin atau terkena sinar matahari langsung), karena suhu yang berlebihan panasny akan menambah "panas CPU" komputer yang sedang bekerja,...kalau Over Heat, komputer bisa hang atau malah dalam jangka panjang bisa merusaknya (minimal elco pada "menggelembung".yang menyebabkan kinerja yang tidak bagus/hang/mati)
2.Tempatkan pada bagian yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus.
3.Sediakan kuas untuk membersihkan kipas-kipas dari komputer (fan casing, heatsing/kipas porsesor, Kipas Vga), juga untuk membersihkan debu yang ada di dalamnya, saya informasikan tidak perlu setiap hari dikuas, tetapi kalau sudah kelihatan tebal debunya (terutama pada kipas prosesor yang "meniup kedalam" heatsink/pendingin, sehingga kisi-kisi terlihat =celahnya= kembali, lalu angin yang dihasilkan akan menyebar kedalam heatsink tersebut, hingga prosesor menjadi dingin.
4.Bersihkan dengan Kanebo/lap khusus dan cairan yang khusus = usahakan cairan yang tidak korosif dan bersifat non elektrolit kuat.
5.Casing yang ekonomis bermutu saya ada beberapa merk : dari Simbadda misalnya : sim-x, sim-v. Dari Power Logic : Modena, Futura. Ada ersys (walau kurang luas), Cameroon,... dan casing BRANDED seperti acer, hp, compaq dll, tetapi casing branded ini biasanya berharga lebih mahal.
6.Pastikan memilih casing yang bagus dengan Power Supply bagus, kalau dirasa kurang memuaskan bisa membeli merk Power Supply yang lain. Banyak dijual dipasaran merk-merk power supply yang bagus. Tentu saja yang sesuai dengan spek PC nya (ada yang 20 pin dan kebanyakan sekarang 24 pin, watt/daya nya pun disesuaikan).

Hanya sedikit dari saya yang saat ini bisa diinformasikan, bila ada tips yang tidak tepat atau anda punya tips yang lain yang masih berhubungan dengan posting ini, anda bisa memberi saran dan masukan kepada saya biar para pembaca posting bisa memahami dan bertambah pengetahuannya terutama dalam memilih casing dan mengetahui seberapa pentingnya casing bagi komputer kita.
Thanks.

Bonus download.
1. Lagu :Cinta terlarang - The Virgin
2. Buku harun yahya