Friday, February 4, 2011

Mem-Format Harddisk Untuk Menghapus Virus ??

JALAN TERAKHIR
Jalan terakhir ini memang banyak dilakukan oleh mereka yang tidak ingin "pusing-pusing" membersihkan virus yang memang "rumit", dan keberhasilannya juga tidak 100% bersih. Kalau mem-format harddisk berarti menghilangkan semua yang ada pada harddisk termasuk data dan program yang telah terinstall terdahulu, dan tentu saja belum ada virusnya (kecuali bila Operating System/software tambahan baru anda mengandung virus). Cara mudah memang tidak selalu menguntungkan, kita harus menginstall DRIVER lagi, aplikasi, dan software tambahan yang memang perlu biaya dan lisensi baru (semoga bukan software bajakan, dan tidak ada saran untuk software bajakan), memback-up data terlebih dahulu dan keribedan lain yang memang mau-tidak-mau anda harus lakukan. Dan saran saya, sebelum diback-up harddisk anda perlu "discanning virus" terlebih dahulu, ini untuk menghapus virus yang ada di harddisk. Catatan saja, virus yang ada di partisi selain C (system) juga harus dibersihkan agar tidak menular ke system (drive C), dan setelah discanning kemudian diback-up baru diformat dan data yang ada pada partisi yang selain C (system), dikembalikan lagi. Dan mulailah mem-format drive C (system) dengan operating system windows (biasanyanya yang paling banyak diserang virus adalah Windowws XP), dan setelah selesai install anda beri antivirus yang sesuai dengan kemampuan komputer anda atau anda gunakan deep freeze saja.

HIREN BOOT BERBASIS LINUX (ADA LIVE XP NYA).
Anda bisa mendownloadnya di situsnya hiren, download disitus ini. Versi yang 10 sudah mampu mendeteksi password pada windows XP dan Vista, belum bisa mendeteksi pada Windows Seven. Ini berguna sekali untuk prosesing dalam Back-up data. Terbaru adalah versi 13. Kebetulan saya belum mempunyainya sehingga belum mencoba apakah dia bisa mendeteksi Windows Seven apa belum. Yang bisa menjadi catatan adalah bahwa hiren 10 tidak mendeteksi harddisk SCSI,....


MEMBERI ANTI-VIRUS ADALAH TINDAKAN PREVENTIF YANG MENGUNTUNGKAN
Antivirus seperti sebuah saringan, bila tidak ada saringan maka semua akan masuk kedalam komputer kita, dan bila sudah ada saringan, tetapi tetap saja ada yang masuk, pastilah "jumlahnya" tidak akan banyak. Antivirus harus selalu di-update agar virus signature nya bertambah dan "ketajamannya" pun naik, sehingga dia lebih banyak mendeteksi virus dan membersihkannya.