Wednesday, May 11, 2011

UNLIMITED DAN KUOTA

SALAH PAHAM UNLIMITED
Banyak diantara kita "tertitpu" dengan apa yang disebut dengan UNLIMITED pada broadband. Yang mana kita "mengira" yang namanya UNLIMITED ya tak berbatas, tidak ada ada habisnya. Bebas download bergiga-giga byte asal masih aktif kartunya ya seharusnya bisa-bisa saja.
Akan tetapi yang terjadi adalah bahwa unlimited ini memang tidak semanis iklannya, anda harus mengetahui dengan pasti bahwa yang namanya unlimited pada broadband yang ada adalah UNLIMITED DENGAAN KUOTA. Saya sering menggambarkan unlimited ini dengan menyewa motor berikut bensinnys. Masa sewa motor adalah masa aktif dan bensin adalah kuotanya. Anda masih bisa pergi kemana-mana bila bensinnya masih ada, dan bila bensin habis sementara masa sewa motor belum habis tentu saja motor masih bisa dinaiki akan tetapi tidak bisa jalan seperti masih menggunakan bensin, didorong misalnya atau kecepatannya pasti tidak akan secepat menggunakan bensin. Demikian juga dengan broadband yang kita beli, selama kuotanya masih banyak maka akan terasa cepat dan bisa download kesana-kemari, bisa facebookan dengan cepat dan lain sebagainya, akan tetapi bila kuota sudah habis maka dia akan turun menjadi 64-128KbPs, sebuah speed yang sangat lambat. Dan hanya bisa digunakan untuk browsing saja. Jadi internet di negeri kita ini memang sangat mahal dan membuat pernyataan yang harus anda jeli membaca dan mengartikannya, paket unlimited yang ada adalah unlimited BROWSING, bukan unlimited yang seperti anda kira dan anda inginkan.

ADAKAH YANG UNLIMITED BETULAN ?

Yang bisa download dan browsing secara unlimited memang jarang tetapi ada, yaitu broadband yang Corporate. Ceritanya adalah begini, sebuah perusahaan membeli bandwidth yang tertentu dari perusahaan broadband (telkomsel,indosat atau Xl, dll) lalu menyewakan bandwidth kepada user/client yang jumlahnya dibatasi, misalmya 20 megabyte digunakan hanya untuk 30 orang klien/user, dan biasanya memang sedikit lebih mahal dari broadband biasa, kelebihannya adalah lebih cepat dari broadband di pasaran sebab jumlahnya sudah pasti sebagai contoh adalah bila semua kartu telah laku maka kecepatannya (minimal speednya 20Mb/30) karena bandwidthnya dibagi rata kepada 30 orang, sementara bila kartu "biasa", satu bandwidth dipakai ramai-ramai maka tidak heran kalau broadband pada masa sibuk akan menjadi lemot, karena terjadi antrian dan rebutan bandwidth/kuota. Kekurangan dari broadband unlimited corporate ini adalah cara mendapatkannya/mendaftarkannya.
Saya sendiri tidak tahu cara mencarinya dimana kartu ajaib ini, meskipun jarang tetapi saya yakin ada. Teman saya mendapatkan dari kantornya, khusus untuk karyawan, dan pembayarannya adalah potong gaji. Nah barangkali memang harus ada bendera perusahaan (corporate) untuk membeli bandwidth untuk disewakan.
Informasi mungkin bisa anda cari dipusat-pusat broadband, atau googling saja.

CEK SPEED UNTUK BROADBAND
Anda bisa mengeceknya di SPEEDTEST.NET, anda bisa melihat upload dan downloadnya semakin tinggi angkanya berarti semakin bagus broadband anda. Misalnya download 0.6Mbps dan upload 0.4Mbps, dan sebagainya. Speedtest tidak mengetes kuota.
Bila anda ingin mengecek pemakaian ataupun kuota yang ada, sebagai berikut:
1. Kartu tri anda SMS bisa lewat HP atau modem, kirim INFO(spasi)DATA kirim ke 234.
2. Telkomsel anda SMS ke 3636 ketik UL(spasi)INFO.
3. XL dan Indosatm2 memang terkadang tidak mencantumkan sisa pemakaian/kuota akan tetapi bila telah habis akan ada peringatan dari provider tersebut.

LALU YANG TERBAIK BAGAIMANA
Yang terbaik adalah bila anda adalah pengguna internet dan gemar download pastikan kuota yang anda beli adalah cukup, kalau bisa beli kartu yang corporate. Bila anda hanya sekedar facebookan dan browsing, email saja anda bisa menggunakan kartu broadband ulimited dengan kuota kecil saja.
Sedikit informasi semoga membantu anda.

Monday, May 9, 2011

Perdana Unlimited Broadband

Belum Lama Berinternetan KOK SUDAH Tidak Mau Konek Lagi
Sering terjadi hal ini, "Saya membeli perdana broadband unlimited yang sebulannya Rp.50 ribu, dengan kuota kecil saja 150mb, cukup untuk facebook-an saja, atau malah saya taruh di handphone saja, tapi kenapa saya baru pakai semalam kok sekarang tidak mau terkoneksi lagi? putus-putus terus, problem loading with network, error loading with this page,.. apakah ada yang salah atau kartunya rusak ?
"Saya membeli unlimited 3 (tri) dan sudah saya pasang dimodem kok ya belum juga terkoneksi.... ada yang belum saya lakukan ?
Saya hanya melihat beberapa contoh saja yang sering saya dengar dari end-user karena saya bekerja pada sebuah gerai toko kommputer yang juga menyediakan paket-paket unlimited broadband dan juga modemnya. Saya bisa menyebutkan paket unlimited yang paling sering dijual di gerai saya adalah telkomsel - flash/internet, indosatm2 - broom, asik, merdeka, 3(tri)- kuota 1gb, 2gb dan 5gb, xl - xl unlimited, axis - axis unlimited, yang CDMA biasanya ada AHA paketan Esia dalam layanan EVDO, modem CDMA dan flexy - dalam layanan CDMA 1x, mobi - fren dalam layanan EVDO. Yang menyebabkan terputusnya paling sering terjadi adalah:
1. Nomor belum teregistrasi/belum didaftarkan terutama mendaftar untuk unlimited di antara lain:
a. Flash/telkomsel :biasanya nomor sudah aktif dan tinggal SMS ke 3636 paket perdana yang seharga 55 ribu dengan menuliskan UL(spasi)ON(spasi)50,....tunggu jawaban dari telkomnya, kurang lebih begini anda akan mengaktifkan paket unlimited...., jawab dengan SMS/reply ketik UL(spasi)YA, sekali lagi tunggu konfirmasi bahwa paket unlimited anda sudah aktif, ganti profile connection anda isi APN :internet, dial/access number :*99#, dan profile name :bebas saja, username dan password:kosongkan saja/jangan diisi. Dijamin sudah siap internetan biasanya paket ini masa aktifnya 14 hari dengan kuota 102Mb, paket promosi saat ini masa aktif 30hari dan kuota 307Mb. Untuk mengecek dan mengetahui masa aktif dan kuota anda bisa SMS ke 3636, ketik UL(spasi)INFO.
b. IndosatM2, bila terjadi tidak mau terkoneksi, biasanya anda harus aktivasi (instant) terlebih dahulu, siapkan data diri KTP/SIM, lalu pilih paket yang BROOM UNLIMITED, setelah aktif maka isikan user name = customer id, dan passwor - activation code, dialed number:*99#, profile name:bebas saja. Terjadi penurunan speed otomatis dengan adanya peringatan bahwa kuota paket anda sudah melewati batas fair usage menjadi lebih lambat tentunya, otomatis ke menu topup bila masa aktif telah habis. Kelebihan indosatm2 bisa deposit untuk bulan berikutnya dan akan diperpanjang masa aktifnya secara otomatis. Ada pula paketan unlimited indosatm2 yang tidak perlu dengan aktivasi instant, paketan asik seharga 27.500 rupiah biasanya tidak perlu aktivasi, bila anda lakukan aktivasi instant dia akan mengatakan bahwa nomor (customer id) sudah pernah didaftarkan. Yang kedua bila paketan indosatm2 yang menggunakan PIN biasanya sudah didaftar/aktif dari sananya, akan tetapi bila kurang yakin pastikan aktivasi instant terlebih dahulu, bila sudah terdaftar, memang kartu anda sudah aktif. Untuk melihat masa aktif anda masuk terlebih dahulu ke www.indosatm2.com, lalu masuk member login dan anda bisa mengecek akun/account anda dan tertera didalamnya masa aktif, kalau kuota memang kadang-kadang tidak disebutkan seperti pada telkom dan 3.
c. Pada Ul(unlimited) tri(3) paling sering cara aktivasinya dengan meregistrasi kartu saja (keluaran yang terbaru) SMS ke 4444, seperti registrasi nomor biasa saja, lalu anda cek paket unlimitednya sudah aktif/ada ataukah belum ketik SMS ke 234, INFO(spasi)DATA, maka bila ada jawabannya paket unlimited anda sudah aktif, sering kali begitu anda registrasi kartu Unlimited nya langsung aktif, isikan Username:3data,password:3data dan APN (access point name):3data, dialed/access number:*99#. Jika belum didaftar unlimitednya anda perlu mendaftarkan terlebih dahulu SMS ke 234 ketik MAU(spasi)DATA atau paketannya, MAU(spasi)1GB,....Mau*spasi(2Gb) dan seterusnya. Diketahui aktif atau belumnya paketan unlimited ini dari informasi setelah SMS ke 234 INFO(spasi)DATA.
d.Untuk XL coba anda klik sini, isikan APN:xlunllimited, password dan Username: kosongkan saja, dialed number:*99#, dan profile name: bebas.
e. Axis anda bisa klik disini, isikan saja username:axis password:123456, APN:axis, Dialed number:*99#, profile name: bebas.

2. Layanan atau signal tidak bagus atau tidak ada/tidak ter-cover.

3. Salah memasukkan username atau password atau apn atau dialed numbernya, untuk GSM dialed/access numer adalah *99# dan untuk CDMA atau EVDO adalah #777, dan untuk paketan AHA dan MOBI biasanya ditentukan oleh vendornya tentang USERNAME DAN PASSWORD-nya.

4.Modem belum terinstalasi dengan baik, belum terdeteksi sebagai modem dengan ditandai belum terlihat signal/layanan (EDGE, UMTS, GPRS atau HSDPA). Bila ini terjadi anda bisa buka MyComputer>>properties>>Hardware>>Devicemanager>>cari yang bertanda kuning menunjukkan nama dari modem anda (huawei,ZTE atau yang lain) klik kanan pada tanda yang kuning tersebut dan UPDATE DRIVER, pilih otomatis saja, kalau tidak bisa arahkan kepada folder software modem anda (mobile partner,joinair,atau yang lain), pilih driver sesuaikan dengan Operating systemnya/windowsnya... lalu klik OK, bila sudah terdeteksi dan driver terinstall maka akan terdeteksi sebagai modem, tidak lagi terlihat tanda kuningnya. Dan internet siap dijalankan.

5. Operating systemnya terkena gangguan virus/rusak.

SOLUSI

Bila terjadi yang demikian memang tidak ada garansi dari penyedia layanan Broadband kecuali kerusakan dari sononya, bukan karena kelalaian/ketidaktahuan kita - paling sering terjadi adalah belum didaftar unlimited sudah internetan akibatnya berinternetan paket reguler dan sangat mahal, habis pulsa dan tidak bisa daftar unlimited lagi sebelum diisi ulang - dan sebaiknya ketika membeli mintalah langsung di aktifkan, atau kalau membawa notebook sekalian langsung diaktifkan dan setting sekaligus. Ketika modem tidak detek dan anda belum mahir silahkan bawa ketempat service komputer/gerai broadband terdekat. Untuk yang tidak ada layanan/signa didaerahnya segera ganti kartu yang paling bagus sinyalnya....
Untuk operating systemnya yang rusak anda sebaiknya datang saja ketempat service komputer, kalau disekitar depok boleh juga anda kegerai kami di alathea computer, depan kampus g gunadarma.
Sedikit dari saya semoga membantu.

Sunday, May 8, 2011

MEMBUAT POSTING GANDA (Inggris -Indonesia)

Membuat Posting Bahasa Inggris
Mengapa harus membuat posting bahasa inggris ? Jelas alasannya karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dunia saat ini. Jadi dengan menggunakan bahasa itu akan lebih banyak orang yang bisa mengerti tentang apa yang kita tulis/posting. Alasan ini memang masuk akal menurut sumber yang saya dapat bahwa sekitar 500 juta jiwa dari berbagai negara menggunakan bahasa ini. Dalam ranking bahasa yang paling banyak digunakan, ternyata bahasa inggris menempati urutan kedua setelah bahasa mandarin, yang digunakan oleh bangsa cina, ya maklumlah penduduk Negara cina kan terbesar di dunia, dan menggunakan bahasa tiongkok ini. Mengapa bahasa inggris dijadikan bahasa internasional karena penyerbaran bahasa ini yang paling luas, sehingga secara pukul rata semua benua menguasai bahasa ini. Alasan kedua menggunakan bahasa inggris ini adalah sebagian besar dari bisnis online sumbernya menggunakan bahasa inggris. Kecuali yang berasal dari Indonesia, dan yang paling dicari – most wanted - adalah googleadsense, jelaslah bahasa yang mereka inginkan partnernya adalah lebih diutamakan website yang berbahasa inggris. Kelebihan lain website yang berbahasa inggris adalah bahwa traffic nya mempunyai peluang lebih besar, karena yang para pembacanya (dalam search engine-pastilah lebih banyak) adalah dari seluruh dunia/menggunakan bahasa inggris.

Caranya bagaimana ?
Bagi yang mahir dan fasih berbahasa inggris tentu saja tidak ada masalah sama sekali, akan tetapi bagi orang yang umum dan berbahasa inggris pas-pasan bagaimana ? Saya termasuk yang berbahasa inggris pas-pasan kalau tidak mau dibilang hanya sekedar kenal saja. Tetapi tidak ada salahnya saya memberi satu tips saja. Ada program di google yang bernama googletranslate (google terjemahan), anda tinggal menulis dalam bahasa indonesia kemudian cari arah terjemahannya dari bahasa Indonesia ke inggris, kemudian ada kotak di sebelah kanan “terjemahkan” klik saja kotak tersebut dan terjemahan yang “masih mentah” sudah kita dapatkan. Mengapa saya bilang masih mentah karena memang terjemahannya tidaklah terlalu akurat dengan bahasa yang kita gunakan setiap hari dan ada kata-kata bahasa kita yang tidak bisa diterjemahkan dengan “pas” oleh google terjemahan. Seperti peribahasa, idiom, ungkapan, atau bahasa “gaul” dari bahasa Indonesia. Maka dari itu kita harus memberinya sedikit lagi sentuhan akhir. Bila anda sudah memperbaikinya cek sekali lagi dan setelah itu barulah diposting. Dalam kurun waktu yang lama anda akan terbiasa membuat posting dalam bahasa inggris tadinya anda menggunakan google terjemahan lama-lama anda terbiasa dan bahkan nantinya anda sudah belajar bahasa inggris dan akhirnya tanpa google terjemahan pun anda sudah menguasainya dengan baik. Karena kita memang makhluk yang diberi kemampuan untuk belajar, jangan khawatir dengan umur, sebab belajar tidak ada yang terlambat.

Keuntungan
Dengan membuat posting dalam bahasa inggris maka anda akan secara langsung atau tidak langsung mempelajari dan belajar bahasa ini, dengan menulis dan membaca maka anda pastilah akan terbiasa dan sudah menjadi sebuah kepastian bahwa anda akan menguasai bahasa ini dengan sempurna. Untuk mengasahnya anda membuat komentar di situs yang berbahasa inggris atau chatting dengan bahasa inggris, maka akan semakin baik saja bahasa anda.
Keuntungan yang lain seperti yang saya katakan tadi bahwa Googleadsense lebih mengutamakan situs yang berbahsa inggris untuk menjadi partnernya, bila yang demikian menjadi tujuan anda (menjadi partner googleadsense) maka membuat situs dan postingnya dengan bahasa inggris rupanya menjadi pilihan yang wajib bagi anda. Dan sekali lagi tidak ada buruknya anda menguasai sebuah bahasa lagi setelah bahasa daerah anda, bahasa Indonesia dan satu lagi bahasa inggris. Ini bukan wacana buat saya karena saya sudah mempunyai beberapa website yang beberapa diantaranya menggunakan bahasa inggris di ALQG, RbV, ALGe and ALGe. Yang bisa anda kunjungi bila ingin berkomentar saja atau member saran yang membangun untuk saya jadikan pencerahan. Dan posting kali ini akan saya buat posting dua bahasa. Indonesia dan inggris.
Sedikit dari saya semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.
Terima kasih.

EDISI BAHASA INGGRIS

Making English Posts
Why should make a post english? Clearly, the reason being that English is the international language used by the world today. So by using language that will be more people who can understand about what we write / post. This reasoning makes sense according to sources that I can be that some 500 million people from different countries use this language. In a ranking of the most widely used language, English was the second rank after the mandarin language, used by the Chinese nation, yes it's known resident of china right the world's largest, and use this Chinese language. Why did english become an international language because this language is the most extensive (spread widely), so that across the board all the continents to master this language. The second reason to use English is the majority of online business source to use English. Except that comes from Indonesia, and the most sought - most wanted - is GoogleAdsense which language that they want is the preferred partner websites is in english. Another advantage of the English (language) website is that its traffic has a better chance, because who will read (in the search engine must have been more) are from all over the world.

How to make english posts?
For those who are adept and fluent in English, of course, no problem at all, but for people who can not speak/write in english, it will be some problems. But I will tell you a good news, to solve this problem. Yes, there is a program on google called googletranslate (google translation), you just write in indonesian then locate the direction of translation from Indonesian to English, then there is the box to the right of "translate" just click the box and the translation of "raw" we have get. Why do I say it is still raw because it was translation is not too accurate with the language we use every day and there are the words of our language that can not be translated to "fit" by google translation. The proverbs, idioms, phrases, or language "slang" of the Indonesian language. Therefore we should give it (the translated post) a little more finishing touches. If you already fix it check once again and only then posted. In the period of time you'll get used to make a post in english you use google translation, lately without any google translation you've mastered it well. Because we are being given the ability to learn, do not worry about the age, because nothing is too late to learn, so learn english is never late too.

Profits
By creating a post in english then you will be directly or indirectly, to study and learn this language, by writing and reading then you must be familiar and have become a certainty that you will master this language perfectly. To hone your english, you can comments on the sites or chat with English, speaking english, etc, that the better your language course.
Another advantage, as I said earlier that GoogleAdsense prefers the English site to be thier partner, if such be your goal (a partner GoogleAdsense) then create a site and posting in english (language) seems to be mandatory options. And once again there is no bad you master a language again after your local language, Indonesian language and one English. This is not a discourse for me because I already have some websites that some of them to use English in the ALQG, RbV, ALGe and ALGe. If you please, visit them, I will be glad.
Bit of hopefully I can be a useful information.
Thank you.