Monday, May 23, 2011

CRACK, PATCH DAN KEYGEN

CRACK, PATCH DAN KEYGEN, APAKAH ITU?

Bila kita membeli software bajakan atau download software TRIAL VERSION, maka ada satu pemecahan yang sebetulnya illegal, yakni CRACK. Crack dalam bahasa inggris berarti pecahan / retakan. Pembuat crack pada umumnya bekerja berkelompok, mereka membuat sebuah “Cracker Team” dengan suatu nama. Jika mereka sudah membuat suatu crack, mereka akan merilisnya pada suatu situs khusus koleksi crack. Mereka juga memberi tanda pada crack yang mereka rilis, biasanya mereka memberi tanda dengan memberi file berisi informasi mereka berekstensi *.nfo. Demikian pula patch-pun dibuat oleh perseorangan / berkelompok. Sama seperti crack, kelompok tersebut juga mempunyai nama masing – masing. Mereka juga merilis patch buatan mereka pada situs – situs crack, hanya saja umumnya, UI (User Interface) patch unik dan menarik tidak seperti crack. Pembuat pacth juga menaruh informasi mereka bersama dengan patch yang mereka rilis, sama dengan para pembuat Crack, yaitu berbentuk file berekstensi *.nfo.
Saya tidak mengetahui apakah di dunia luar – maksud saya luar Indonesia – apakah ada crack/patch sebuah software atau game ? Entahlah yang jelas kita sebagai orang Indonesia sangat mengenal apa yang disebut Keygen – key generator – patch, CD key, Serial Number, dan Crack, rasanya tidaklah asing bagi kita praktisi dan pengguna komputer. Berikut ini adalah pengertian secara senderhana tentang crack dan patch (patcher). Saya pribadi memang “kadang” menggunakan software yang tidak resmi ini, walaupun demikian saya tidak menganjurkan anda membeli software bajakan, melanggar hak cipta. Sulit-sulit mereka membuat software/game, lalu dengan mudahnya anda miliki dan mainkan hanya dengan menggunakan software ajaib CRACK DAN PATCH/KEYGEN ini,…

1. Crack
Crack bisa diartikan sebagai CELAH/RETAKAN.
Sama seperti artinya, crack merupakan bagian dari suatu software yang sudah dirubah isinya oleh seseorang / kelompok. Kebanyakan, bagian yang dirubah isinya oleh “cracker” adalah file executable (*.exe) suatu software, namun ada juga yang merubah isi file library (*.dll). Oleh karena itu, file crack umumnya berekstensi (*.exe) atau (*.dll). Hal ini juga yang menjadi kelemahan suatu crack, kebanyakan crack tidak dapat dipakai pada versi software yang berbeda.
Crack fungsinya bukan hanya dapat membuat software menjadi full version saja, namun juga ada crack untuk game yang dapat membuat game yang seharusnya memerlukan CD original game tersebut, menjadi tidak memerlukan CD lagi. Biasanya crack itu disebut “NoCD-Crack atau NoDVD-Crack”.
Cara menggunakan crack cukup mudah, Anda cukup menginstall softwarenya, lalu mengopy file cracknya ke tempat software tadi di install (me-replace file asli).
Contoh: Anda menginstall software “@X” pada folder “C:Program Files@X”, jika Anda punya crack software tersebut, dan cracknya bernama “@X.exe”. Anda cukup menaruh file “@X.exe” pada folder “C:Program Files@X”. Jika ada peringatan Confirm File Replace pada windows XP, pada windows vista/7 maka ada tulisan COPY AND REPLACE? Anda hanya tinggal pilih “Yes/ALLOW”.

2. Patch / Patcher
Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, patch berarti tambalan. Patch dalam dunia game pc merupakan tambalan / update dari suatu game untuk memperbaiki error / bug pada game, maupun menambah fitur suatu game. Paling terkenal adalah game POINT BLANK waktu pertama menginstall belum bisa MAIN sebelum mendownload PATCH terbarunya. Menambal error dan menambah fitur. Ada perbedaan fungsi antara patch di dunia game dengan dunia pembajakan software, patch pada dunia pembajakan software memang juga mempunyai UI (User Interface). Namun fungsinya yang berbeda dari patch di dunia game, patch ini(dunia pembajakan software) menulis data pada bagian software dan registry. Yang biasa ditulisnya adalah file executable (.exe) software tersebut. Ada juga crack yang menulis pada registry. Ada beberapa patch yang dapat digunakan pada software dengan versi berbeda. Jika ada patch dengan nama misal “Software A Universal Patcher”, berarti patch tersebut dapat digunakan untuk semua versi dari Software A, baik versi 1 maupun 9. Juga patch bisa punya nama “Software A 1.xxx Patch”, berarti patch tersebut dapat digunakan pada semua Software A yang punya versi utamanya adalah 1.(satu titik), misal Software A 1.3, Software A 1.8 dan lainnya asal versi utama nya masih 1. Hanya dengan menaruh patch di folder letak Anda menginstall software tersebut, jalankan Patch, dan tekan tombol “Patch”, maka seketika itu juga patch menulis beberapa data pada bagian software dan registry. Setelah proses patching sukses, kini software sudah menjadi full version / terdaftar (registered) atau terupdate di registry.

3. KEY GEN
Key gen adalah singkatan dari KEY GENERATOR, biasanya diberi sebuah UI (User Interface) seperti pada patch, dan crack. Tetapi UI ini biasanya berisi kumpulan dari banyak CD-KEY/SERIAL NUMBER, yang bisa berubah bila di klik GENERATE. Lalu isikan dengan ke CD_KEY/SERIAL NUMBER sebuah software yang biasanya berupa angka, huruf atau alfanumerik – campuran angka dan huruf. Biasanya keygen dipergunakan hanya untuk satu SOFTWARE/GAME saja, walaupun ada juga satu User Interface KeyGen bisa memuat beberapa Software dari Pabrikan yang sama, seperti KeyGen untuk software ADOBE misalnya, untuk Illustrator CS, Untuk InDesign CS, dan lainnya.

MEMBELI VERSI FULL VERSION JELAS LEBIH MAHAL TETAPI INI TIDAK MELANGGAR ATURAN

Memang sangat tidak mengenakkan bila terbiasa menggunakan software bajakan lalu kemudian menggunakan software asli, kita kadang tercengang karena harganya yang sangat berbeda – software bajakan barangkali dalam hitungan puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah – dan software asli memang sangat mahal – bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah – inilah yang membuat orang lebih suka menggunakan software bajakan. Padahal didalamnya ada “unsure” pelanggaran hokum/hak cipta. Saya mengharapakan kepada pemerintah Indonesia agar bisa bagaimana caranya agar software asli bisa menjadi lebih terjangkau – murah – sehingga mengurangi tindak pembajakan. Satu pertanyaan lagi, bila software asli telah terjangkau apakah para pembajak kehilangan order ? saya tidak bisa membuat kesimpulan, akan tetapi menggunakan software yang asli/original dan membeli yang asli akan lebih bagus dan aman – bila pergi ke luar negeri – apakah itu bisa menjadi sebuahg kenyataan ?
Saya tidak bisa menyalahkan “tukang bajak” karena software original sangat mahal sehingga tindak pembajakan dengan pacth, crack dan keygen sepertinya tidak bisa dilumpuhkan. Karena siapapun yang sudah membeli computer pastilah ingin agar komputernya beroperasi – bila dikalkulasi software dan hardware/PC nya – maka akan lebih mahal softwarenya. Barangkali jalan tengahnya begini, bagi yang menggunakan software untuk BISNIS dan INSTANSI serta personal yang sering pergi ke luar negeri maka DIGUNAKANLAH SOFTWARE ORIGINAL dan bila personal barangkali “sah-sah” saja menggunakan SOFTWARE BAJAKAN asalkan jangan diperjualbelikan. Tetapi tetap saja ini sebuah tindakan pelanggaran hak cipta.
Untuk saran dari anda silahkan anda tulis di komentar.

BONUS

1. Daftar Chitika adsense yang mendatangkan Dollar. Klik sini.
2. Daftar NeoBux, PTC yang pasti membayar anda per klik 0.001 USD. Klik Sini Untuk Daftar
3. Symantec Corporate Versi 10.0 Download Sini
4. Game ROCKET MANIA

LINK LOWONGAN KERJA DI BLOG SAYA



LINK IKLAN LOWONGAN KERJA
Dalam beberapa hal mencari lowongan kerja lewat internet adalah lebih efisien, karena tidak memakan waktu untuk kesana-kemari, bahkan hanya menggunakan email untuk mengirimkan CV lamaran, data diri dan menggunakan scanner untuk memuat foto dalam emailnya. Dengan cara begitu pencari kerja pun disuguhkan beragam lowongan yang disesuaikan dengan kriteria dirinya. Syarat-syarat yang sesuai untuk dirinya, pekerjaan yang diinginkannya, dan lain sebagainya. Namun kadangkala yang menjadi hambatan adalah link dari lowongan kerja ternyata sudah kadaluwarsa atau ada yang masih berlaku tetapi tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkannya

BEBERAPA KESULITAN MELAMAR KERJA VIA INTERNET
Bila pekerjaan telah yang dilamar via internet sudah diterima, pastilah dia akan diwawancara (interview), dan ini menjadi hal kedua yang menyulitkan terutama bila tempat wawancaranya ternyata sangat jauh dan diberi waktu yang hanya singkat saja. Maka sebaiknya bila ada lowongan diinternt anda perhitungkan kalau nanti diterima bisa bertemu di darat – bertemu langsung – tidak mejadi sebuah halangan, baik waktu maupun dana, waktu karena jaraknya yang terlalu jauh dan dan karena jarak yang jauh memerlukan uang pengeluaran ekstra. Bagi yang jaraknya dekat dengan tempat ia melamar kerja tentulah bukan sebuah kesulitan. Para pencari kerja haruslah memperhitungkan hal yang demikian itu, karena bila tidak maka akan menjadi hambatan yang cukup menyulitkan. Perlu diketahui bila iklan lowongan kerja yang sudah di broadcast lewat internet tentu saja sudah mendunia, dan ini akan menjadikan persaingannya menjadi sangat ketat. Maka siapkan lamaran sebanyak-banyaknya untuk menambah peluang diterima, anda lamar ke berbagai link lowongan kerja yang mempunyai kemungkinan diterima, jangan asal mengirim, yang saya sebutkan diatas, perhitungkan tempat, sesuaikan dengan kerja yang anda senangi, dan saingannya pun harus diperhitungkan, umur adalah hal yang paling baik untuk sebuah criteria, jenis kelamin kadang menjadi sesuatu yang disyaratkan. Akan tetapi ada factor nasib yang juga berperan akan tetapi anda jangan menggantungkan kepada factor nasib ini sebelum anda berusaha melamar suatu pekerjaan. Logikanya begini bagaimana mungkin akan dapat lotere kalau anda tidak pernah membeli / pasang loterenya. Usaha harus diiringi doa.

SILAHKAN CEK IKLAN LOWONGAN KERJA DI WEBSITE SAYA INI

Ada dibagian bawah blog ini, siapa tahu ada yang berguna bagi anda. Bila ada iklan yang sudah kadaluwarsa atau tidak memuat /sudah dihapus oleh adminnya saya meminta maaf. Semoga bermanfaat.

BONUS

Daftar di Adsensecamp. Klik Logo dibawah ini
Adsense Indonesia

Sunday, May 22, 2011

MENAMPILKAN FILE YANG DISEMBUNYIKAN (HIDDEN) OLEH VIRUS



FILE YANG DISEMBUNYIKAN /HIDDEN
Saat ini kita sering menggunakan falshdisk dan seringnya flashdisk kita tertular virus. Baik dari internet atau rental atau computer teman yang terinfeksi virus dan menulari flashdisk kita. Dalam banyak hal akan sangat mengganggu kita. Salah satu gangguannya adalah adanya file yang terhidden/disembunyikan oleh virus. Dan ada kalanya kita menyangka file kita hilang ataupun terhapus oleh virus.


CEK DENGAN MELIHAT SPACE YANG TERPAKAI PADA FLASHDISK
Bagaimana kita mengetahui ada file di flashdisk kita yang terhidden ? Caranya adalah kita SOROT pada drive Flashdisk lalu klik kanan, ada yang terpakai (used space = warna biru tua) dan ada yang belum terpakai (freesapce = warna merah muda). Dari situ kita mengentahu seberapa besar space memory/tempat yang sudah terpakai dan yang belum terpakai. Lalu kita lihat file-file yang tampak (tidak terhidden) lalu sorot dan klik kanan berapa byte kapasitasnya,….. misalnya flashdisk 4 Gb dan yang terlihat kita ukur misalnya hanya 200 Mb, sedangkan secara keseluruhan kita cek sudah terpakai sebanyak 3Gb (terlihat yang warna biru tua 3GB dan warna merah muda 1GB) maka yang dihidden/sembunyikan sebesar 3Gb dan dikurangi 200Mb sekitar 2 Gb dan 800Mb. Ini lah yang akan kita buka dan inilah yang sering kita kira hilang atau terhapus oleh virus.

CARA MENAMPILKAN FILE YANG HIDDEN/TERSEMBUNYI
1. Anda masuk ke menu START>>RUN>>ketik CMD, maka akan muncul COMMAND PROMPT. Lalu anda ketik drive Flashdisknya dengan diikuti titik dua ( : ), Misalnya flashdisk terletak di drive F maka anda ketik di command promt- nya F: lalu tekan enter.
2. Setelah sudah masuk ke drive F:\> misalnya drive F, ketik di belakangnya
ATTRIB(spasi)-S(spasi)-H(spasi)/d(spasi)/S lalu tekan enter.
Mudahnya bisa saya BACA sebagai berikut :
Hilangkan (dengan tanda minus( - ))ATTRIBUT SUPERHIDDEN(s) dan ATTRIBUT HIDDEN(H), dan FOLDER(/d) dan SUB FOLDER(/s).
3. Setelah semuanya berjalan lancar seharusnya file yang tersembunyi bisa terlihat kembali, termasuk RECYCLER dan SYSTEM INFORMATIONS, dan kedua file/folder tersebut kalau bisa dihapus kalau tidak bisa jangan dihapus karena tidak mengapa (tidak mengganggu) data anda.

BONUS
1. Nero LITE 9 untuk XP
2. ELECTRONIC BENCH
3. turbo cv45