Sunday, February 28, 2010

VIRUS Computer Kejahatan Untuk Bisnis

Sering kali kita mendengar bahwa virus menyebar ke komputer di daerah A, lalu tidak lama kemudian menjangkiti komputer-komputer didaerah B, dan selanjutnya meluas dan bahkan menduia menjadi saebuah epidemi dunia maya. Saya tidak akan membahas ini secara detil, sebab saya bukan termasuk ahli dalam bidang ini, hanya saja saya ingin memberikan sedikit pendapat saya mengenai virus yang merupakan kejahatan yang bisa dijadikan lahan bisnis bagi sebagian kecil orang.

Setiap kejadian pasti ada hikmahnya - every cloud brings silver lining - bagi kita kejahatan yang merambah dunia maya ini memang perlu diwaspadai, bagaimana tidak,...karena hidup kita sekarang ini mau tidak mau harus bersentuhan dengan teknologi informasi yang berbasis internet dan komputer. Tidak ada orang yang bisa mengelak mengenai hal ini. Dan para pencipta virus memang sangat senang dengan keadaan ini, mereka menyadari bahwa ladang tanam "lahan subur" dan "tempat pembiakan" virus bertambah luas dan kian luas saja.

GAMBARAN CERITA
Di sebuah instansi pemerintah dengan jumlah komputer mencapai seribu unit termasuk dengan komputer servernya terjangkit virus. Setelah diselidiki ternyata terkena virus dengan kode dan nama Trenggilling.A. Yang mana virus trenggiling.a ini dibuat oleh seorang hacker yang suka berbisnis, berperilaku buruk dan mendulang untung diatas penderitaan orang lain. Sebut saja hackernya Thus Ken Thus, nama di dunia mayanya King Ken Thus. Cara king ken thus meng-hack dan menyebarkan virus trenggilling.a nya dengan berbagai cara. Anak buahnya disuruh pergi ker rental komputer dan warnet-warnet menggunkan Flash Disk yang sudah diberi virus ciptaan terbarunya :trenggilling.a. Menyebarkannya dengan cara-cara yang sangat "terselubung", cara ini tidak terlalu efektif dan memakan biaya serta berdya infeksi lingkup dan skup sempit(sekitar rental dan warnet King Ken Thus), cara yang paling jitu adalah mengirimkannya lewat email-email yang bisa didapat dari browsing. Dengan menguji coba virus tersebut selama waktu tertentu, virus siap direlease.
Setelag virus menyebar dan diarahkan ke instansi pemerintah tadi, yang berjumlah sekitar seribu unit. King Ken Thu menelepon dan memulai "bisnis"nya.

Dia mengatakan bahwa "Saya tahu dari internet bahwa virus trenggilling.a yang sangat ganas tengah menyerang isntansi Bapak, apakah demikian ?Jawaban dari Kepala Instansi Pemerintah pun mau tidak mau memang harus mengatakan YA daripada seluruh kantor tidak beroperasi. Dengan negosiasi yang ulet King Ken Thus, memberikan TAWARAN kepada kepala instansi pemerintah itu SERUM (anti virus) trenggilling.a dengan harga yang sangat mahal 356 juta rupiah misalnya. Dengan demikian membuat virus bagi king ken thus merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan alat pembayaran via pal yang King Ken Thus siapkan secara khusus biar tidak terlacak oleh polisi cyber (cyber cop). Dengan sangat terpaksa mereka mau membelinya dengan meminta garansi kepada King Ken Thus, dan King Ken Thus menyanggupinya. Terjadilah bisnis ratusan juta "hanya" karena satu virus yang menyerang dengan ganas unit-unit komputer instansi pemerintah tadi. Yang diuntungkan hanya King Ken Thus saja sementara yang dirugikan adalah jutaan orang. Jadi mengapa ada tukang virus seperti King Ken Thus ? Karena membuat virus bisa dijadikan bisnis, sekalipun bisnis WIN-LOSE solution. Keuntungan berada dipihak pembuat virus.

Nah dari ilustrasi cerita diatas kita tentunya tahu mengapa para pembuat virus "selangkah" lebih maju dari pembuat anti virusnya, karena mereka makan dari virus. Bagaimana dengan laboratorium virus dunia seperti kaspersky, McAfee, AVG, AVIRA, Symantec,...apakah ada kemungkinan mereka juga "pembuat dan penyebar" virus ?? Ini menjadi sebuah teka-teki yang tidak bisa dijawab dan tidak usah berprasangka ke arah sana. Siapa menyebar penyakit seharusnya dia punya penangkalnya biar dia tidak terjangkiti penyakit tadi. Dan ini yang terjadi di dunia maya,.... akan tetapi kejahatan yang dibisniskan ini tidak pernah sirna dan akan selalu ada. Berterima kasihlah kepada para pembuat anti virus, yang menjadikan komputer anda lebih resisten kepada virus. Dalam istilah saya, anti virus ibarat sebuah saringan,....dipasang lebih baik daripada semua kotoran masuk, disaring berarti walaupun ada kotoran yang masuk tentulah tidak semua, tidak bablas....

LANGKAH TEPAT MENANGKAL VIRUS
Pasang anti virus di komputer anda. Dan yang penting harus di update (secara online dengan men download update nya dari situs anti virus nya langsung, dan secara offliine yakni mendownload virus definition (symantec), SDAT(McAfee). IVDF(avira) Avi...bin(AVG), dan lain sebagainya. Ibarat sebuah pisau anti virus akan tumpul bila tidak diasah, dan virus kebal bila anti virus tidak di update.
Pasang RTP (real time protector) pada komputer anda fungsinya untuk men-scan apabila ada flash disk/harddisk external yang dicolokkan ke USB/komputer kita. Bila ada virus maka sistem RTP akan memberi peringatan bahwa media yang tercolok TERINFEKSI, dan bila hal ini menjadi sebuah ketakutan/terinfeksi maka USB Flash Disk bisa langsung kita copot dan siap dibersihkan....
Pada beberapa USB bisa diberi anti virus (software built up dari vendor falsh disk nya), seperti contoh Cruzer Micro yang bisa isi anti virus McAfee dengan sistem U3(yu tri). Tetapi mayoritas falshdisk tidak ada U3 nya dan tidak bisa dipasang anti virus, dan solusi RTP adalah hal yang bijak.
Sistem yang di bekukan (frozen), dimana setiap kali direboot drive yang dibekukan akan membuang semua yang masuk ke dalamnya (install program, menyimpan file bahkan virus akan hilang setelah di reboot) dan biasanya yang dibekukan (frozen) adalah drive yang ada sistem operasi nya, drive C: biasanya. Dengan my Documents nya di MOVE ke Drive yang tidak dibekukan dalam hal ini drive selain C:. Kelemahannya adalah bahwa bila kita "lupa" menyimpan file kerja di drive yang dibekukan, ketika di reboot akan hilang, lalu dimodif dengan memindahkan (move) my documents ke drive selain C: ini sebuah solusi agar file kerja selamat, akan tetapi mengandung sebuah kelemahan yang lain, yakni menjadi celah bagi virus untuk meng-infeksi dari drive yang tidak dibekukan tadi, dengan file autorun.inf nya. Ini menjadi kelemahan sistem yang di fozen tadi. Tetapi lainnya sangat bermanfaat, karena virus yang menyerang drive selain drive yang bersistem operasi, relatif lebih lemah dan mudah dibersihkan. Setidaknya saat ini, entah lah esok hari bila telah di update oleh hacker pembuat virusnya.
Betapapun ganas saat ini, virus masih sangat jarang yang menyerang Hard Ware, yang diserang kebanyakan adalah software. Saya tidak tahu bilamana nanti virus sudah didisain untuk menyerang hard ware, sebuah keadaan yang sangat tidak menguntungkan, akan tetapi dimana kejahatan muncul pasti akan datang pembasminya, dan kejahatan tetap kalah, itu hukum nya.
Jadi tetaplah hati-hati kalau memasuki rental komputer dan warnet, selalu men-scan flashdisk ketika mau membuka file nya, memasang dan meng-update antivirus, terakhir jangan mendowload di situs-situs yang berbahaya, biasanya situs porno banyak mengandung virus. Ini mitos atau kenyataan, tetapi demikianlah adanya.
Semoga bermanfaat.

BISNIS PAY TO CLICK
BISNIS di ">ZIDDU.COM

BONUS DOWNLOAD
MCAFee
SYMANTEC
DEEPFREEZE dan ANTI DEEPFREEZE.
Percepat koneksi internet