Saturday, June 4, 2011

Menginstall Compaq Presario CQ41-207TU


Windows 7 Bawaan
Menginstall ulang notebook Core i3 ini, tidak terlalu sulit bila file recovery windows 7 nya masih tersimpan dan berfungsi dengan sempurna, tinggal Restart Notebook anda kemudian sebelum masuk windows – yang akan anda perbaiki – tekan F11, maka dengan otomatis akan menuju menu recovery, ikuti saja perintahnya, maka akan disetting sesuai dengan waktu pertama anda membeli laptop ini. Yakni setingan dari pabriknya – kalau tidak salah Windows 7 Home Premium – yang mana fitur-fiturnya memang masih terbatas bila dibandingkan dengan Windows 7 Ultimate. Nah setelah itu sudah beres dari driver-driver yang terinstall sempurna sampai aplikasi standar sudah diberikan dari pabriknya. Bila ingin menambah software lain anda bisa menambahkannya seperti Adobe Photoshop – saran yang CS3 atau lebih baru lagi – Corel Draw – saran yang X4 atau X5, sehingga tidak menyulitkan anda waktu menginstall - dan lain sebagainya. Bila ingin menambahkan freeware seperti Winamp – versi 5 keatas -, browser Mozilla Firefox – versi 3.4 keatas - , Opera – versi 10 – Itunes – versi 9.0 -, winrar/winzip – semua versi tetapi yang bagus winrar versi 3 keatas – dan - winzip versi 6 keatas – kalau ingin memasang software download accelerator saya memilih IDM versi 6 keatas, cari yang tidak Trial – banyak kok di googling saja - , untuk antivirus yang umum gratisan sesuaikan saja dengan keluaran terakhir seperti AVG versi 9, Avira versi 9, McAfee versi 8.7 keatas, Symantec versi 10.2 keatas, kalau PC media dan SMADAV, ARTAV malah fleksibel bisa dipasang dimana-mana. Tapi saran saya sesuaikan antivirus anda dengan aktivitas computer anda, tambah sibuk dan beragam aktivitasnya maka antivirus yang lebih “telaten” wajib anda pasang, walaupun dengan konsekuensi berat, seperti Kaspersky, BitDefender, Norton Internet Security dan lain sebagainya. Menginstall Compaq Presario CQ41-207TU tidak seperti generasinya yang terdahulu, CQ41-110AU, CQ40 dan lainnya yang berprosesor masih dibawah processor Core i3, karena generasi sebelumya masih bisa di downgrade menjadi windows XP, kalau CQ41-207Tu Core i3 ini saya sudah mencoba tetapi tetap tidak berhasil menggunakan program yang biasa saya pakai yakni N-LITE, ternyata harddisk SATA nya sudah mencapai Familiy ICH9 atau bahkan ICH10, dan saya sudah integrasikan ke Windows XP nya tetapi keduanya tetap tidak bekerja dengan normal dan GAGAL mendeteksi harddisk SATA pada CQ41-207TU core i3 ini. Saya jadi berpikir memang sudah tidak bisa didowngrade ke XP nya lagi.

INSTALL DENGAN WINDOWS 7 ULTIMATE
Drive untuk Recovery Masih ada dan ada pula Drive HP TOOLS, yah keduanya memang masih ada tetapi sudah tidak berfungsi dengan baik, maka saya coba install manual – tidak menggunakan RECOVERY. Waktu pertama install dengan Windows 7 yang baru – ultimate – saya install seperti biasa karena harddisknya memang cukup besar 500GB maka saya coba untuk membaginya menjadi Dua partisi – yakni C untuk system dan D untuk DATA, dan berhasil saya bagi menjadi dua bagian, akan tetapi saya kaget ketika yang seharusnya menjadi Drive D tertulis UNALLOCATED dan bila diklik tidak bisa dirubah, tidak bisa juga dikemblikan menjadi 500GB nya, nah… gimana ini ? Saya tetap teruskan install windows 7 ultimate nya sampai dengan selesai, dengan harapan saya akan bisa membuat partisi dari Windows 7 nya (under Windows menggunakan Disk Management). Install selesai dan saya teruskan dengan langkah yang tadi memformat Drive DATA yang masih UNALLOCATED biar bisa aktif dan diisi data, namun yang terjadi memang diluar dugaan saya, tidak bisa diformat dan memakan waktu yang sangat lama tetapi tidak juga O% (dari formatnya) berganti angka….. saya restart ulang,….. lebih menyedihkan lagi, kali ini malah tidak bisa masuk Windows 7 ultimate nya – hanya berupa cursor di layar hitam notebook CQ41-207TU nya – semakin membuat saya deg-degan. Setelah kejadian itu – memformat drive DATA dan gagal – saya mencoba menginstall Windows 7 Ultimate nya sekali lagi,….saya heran kok lama banget ketika proses yang kedua yakni EXPANDING FILE….. hampir setengah jam belum beranjak dari 0%, ini mengkhawatirkan, tunggu lebih lama dan tidak ada hasil alias tetap saja NOL persen. Bagaimana ini ?


Menggunakan Linux Ubuntu Versi 10.10
Ketika menggunakan installer windows mentok, saya tidak kehilangan akal, saya menggunakan CD Hiren yang berbasis Linux tetapi bisa menjalankan Windows XP live, dan berhasil mendetek harddisk semuanya, kecuali si driver Bandel yakni drive DATA yang masih UNALLOCATED itu. Masuk Disk Management pada Windows CD Live tidak bisa berfungsi. Dan sampai menggunakan CD hiren versi 11 ini persoalan belum terselesaikan. Masih belum bisa beroperasi Notebooknya, malah karena saya format systemnya dari CD Hiren tadi menjadikannya NTLDR IS MISSING,….. harapan saya begitu besar untuk mempertahankan FILE RECOVERY DAN HP TOOLS nya sehingga dari semua jalan yang saya lakukan diatas belum “menyentuh” kedua drive tadi. Tetapi bila keadaanya demikian saya sudah tidak sayang lagi untuk membuang – WINDOWS ORIGINAL BAWAAN NOTEBOOK – ini. Karena pada dasarnya memang sudah RUSAK, kalau tidak rusak tentulah tidak akan serumit ini bukan ?
Akhirnya jalan terakhir saya menggunakan Installer Linux Ubuntu versi 10.10 yang sudah langsung “mengenali harddisk SATA nya”, maka saya coba untuk membuat partisi sama dengan ketika menginstall windows 7 ultimate – tidak mengusik flie recovery dan hp tools nya – dan berhasil, satu partisi saya jadikan drive SYSTEM dan yang satu lagi saya jadikan Drive DATA, dan untuk sementara berhasil membaginya bisa memformat dan siap untuk menginstallnya. Yang terjadi adalah sama dengan kejadian yang lalu, terlalu lama untuk sebuah format dan copy file linux nya, NOL persen berlangsung lebih dari setengah jam, ini tidak mungkin terjadi bila keadaan Harddisk dan hardware lainnya sehat/normal. Maka yang saya takutkan terjadi, saya berkesimpulan untuk memudahkan instalasi yang baru ini – menggunakan windows 7, ketika saya ulangi sekali lagi masih bermasalah di partisi DATA nya – kalau kedua partisi bawaan notebooknya yakni File Recovery dan Hp Tools masih ada pastilah akan selalu bermasalah dengan instalasi apapun, termasuk linux ubuntunya. Dan benar dengan menggunakan linux ubuntu saya format habis itu partisi, dan tinggal partisi yang benar-benar baru dari harddisk SATA 500Gb nya. Anda sudah bisa menyangka bahwa perkiraan saya memang betul adanya, ketika saya install sekali lagi dengan menggunakan Windows 7 Ultimate semuanya berjalan lancer, masih belum terdeteksi driver untuk HDMI – terbaca sebagai PCI COMMUNICATION CARD - nya dan Network nya,…. Tetapi itu bukan sebuah persoalan, tinggal mencari di google atau di DEVID.INFO, atau disitus HP-COMPAQ nya.


KESIMPULAN
Menginstall ulang Notebook CQ41-207TU adalah mudah bila masih ada FILE RECOVERY DAN HP TOOLS nya yang masih bisa digunakan dengan normal. Akan tetapi bila sudah tidak normal atau memang sudah rusak terpaksa anda harus menghilangkannya. Itu pengalaman saya, bila ada pengalaman lain dari anda atau solusi yang lebih baik dari anda, silahkan berbagi disini, dengan memberi komentar atau bahkan memberi link anda agar orang lain tidak seperti pengalaman saya. Sedikit informasi dari saya semoga membantu. Terima kasih.


BONUS DOWNLOAD
1. Game Kecil Rocket Mania


2.


3. Inilah link gratis untuk freeware FileHipppo
4. Situs freeware lain seperti D60PC.COM, Projectw, Down Archive, Agak bervirus Katz.cd atau bahkan Kaskus, IDWS

Friday, June 3, 2011

GMAIL DAN BLOGSPOT APAKAH TERHACK?



Banyak Akun Google Yang Diserang Hecker
Konon kabarnya banyak akun google di Amrik (AS) diserang oleh hacker dari Cina sana, jumlahnya ratusan, belum lama ini, anda bisa googling dan cari informasinya. Ternyata itu berimbas kepada akun google ku yang "harganya cuma kecil atau kalau tidak mau dibilang tidak ada harganya". Akan tetapi bagi saya "lumayan berharga", banyak sekali forum dan bisnis online yang saya ikuti memakai akun tersebut, dan ternyata itu adalah akun google yang tertua yang saya miliki, saya buat sekitar tahun 2008, nah, akun-akun google ku yang baru ada 3 buah alhamdulillah tidak dicurigai dan baik-baik saja. Semuanya normal, yang saya sayangkan akun ini (akun tertua) saya gunakan untuk akun PayPal sebagai email utama, waduh.... gimana nih sedangkan saya belum sempat memback-up email di akun PayPal ku, segeralah aku membuat akun google yang lain yang khusus hanya untuk PayPal, tidak saya gunakan untuk yang lainnya. Des,... jadilah akun yang baru dan aku rekomendasikan untuk email utama akun PayPal, sedikit lega. Tetapi rasa penasaranku belum hilang, saya coba buka AKUN google sulungku....dan saya diminta memberi verifikasi. Padahal sudah saya isi email dan passwordnya, tetapi memang harus mengikuti prosedur, ada diblok untuk verifikasi ulang, lalu saya tidak menyerah saya mencoba membuka lewat blog saya di blogger.com, siapa tahu mbah google lupa dengan email saya,...hasilnya sama, bahkan kelihatan lebih mengkhawatirkan lagi, blog saya sudah DIHAPUS, yah....gimana nih, padahal itu blog tertua yang saya miliki sudah berumur 3 tahun - walaupun tidak berisi yang bagus-bagus dan tidak berharga tinggi - akan tetapi kenangan bersama blog saya ini begitu mendalam, dimana saya baru belajar membuat blog dengan trial and error, sehingga bisa menjadi tukang posting diblog saya yang lain - baca: RJ( COM). Rasa menyesal, sesak dan bahkan suudzon kepada Mbah Google semakin menjadi, akhirnya saya, mencoba untuk Gambling, (kalau memang akun,email dan blog saya hilang ya sudah). Saya masuk ke email dan passwordnya, kemudian mengikuti saran dari Mbah Google untuk memperbaiki akun, email dan blog saya sekali gus.
Memperbaharui Akun Google
1. Pastikan anda sedang berinternetan (online) bisa lewat wartel atau komputer atau malah lagi nebeng dirumah pacar yang kebetulan dekat hotspot gratisan....hmmm
2.Anda siapkan Phone Cell - jangan menggunakan Phonecell CDMA, pengalaman saya menggunakan Fren tidak terkirim - pokoknya siapkan HP yang GSM gitulah.
3. Pilih saja verifikasinya VIA MESSAGE, bukan yang Voice Mail, takutnya menggunakan bahasa cas..cis...cus sehingga kita malah bingung mendengarkannya dan hasil dari kode yang diberikan malah salah.
4. Masukkan NOMOR HP Yang akan menerima SMS, saya malah meminjam ke teman HP GSM nya karena HP saya CDMA bro/sis, yaitu fren tadi,... kalau HPnya sedang untuk internetan sekaligus, coba gunakan HP lain yang nganggur biar tidak repot ketika menerima SMS dari Google nya.
5. Pilih negaranya INDONESIA, bisa anda klik anak panahnya dan kemudian SOROT tepat di INDONESIA,....
6. Mbah google akan meng-SMS anda dengan kode angka, kalau tidak salah berjumlah enam angka, pokoknya kalau sudah dikirimin SMS dan masuk ke Phonecell anda segera isikan di Kotak
7. Langkah selanjutnya anda diminta membuat Password yang baru, saran saya buat saja yang baru dengan menggunakan, variasi angka dan huruf atau alfanumerik, pastilah akan berkategori STRONG passwordnya.
8. Kalau semua berjalan lancar, email, akun online dan blog anda kembali bisa dibuka. Alhamdulillah.

HAKCER YANG SALAH SERANGKAH ?
Saya tidak yakin hacker menyerang akun saya yang tidak ada apa-apanya. Akan tetapi barangkali Google sangat ekstra waspada ketika sedang ada penyerangan dari para hacker, sehingga email/akun google yang "mencurigakan" versi Google, pastilah akan diverifikasi ulang. Nah barangkali email saya demikian adanya. Saya tidak berbuat apa-apa, dan bahkan jarang membuka email tertua saya - yang sekarang berfungsi kembali - terakhir seminggu lalu ketika posting. Tetapi memang salah serang bisa menimpa siapa saja, salah hack bisa terjadi dimana saja, karena kampung dunia maya adalah kampung global tanpa batas teritorial negara, semuanya mungkin terjadi. Apakah mungkin sering berganti IP ADDRESS - ganti kartu boradband /pindah-pindah warnet ketika online - bisa menyebabkan kecurigaan pihak Google ? Saya tidak tahu, akan tetapi hal itu memungkinkan kecurigaan sebab IP yang selalu berganti bisa dicurigai sebagai "yang mencurigakan" atauh Spamming. Sedikit informasi dari saya semoga membantu anda.

Tuesday, May 31, 2011

OPERATING SYSTEM GRATISAN (OPEN SOURCE) DAN SOFTWARE GRATISAN ( FREEWARE).

SOFTWARE BERBAYAR
Ketika harga keeping CD Windows masih relatif mahal, maka yang dilakukan kebanyakan dari kita adalah :
1. Membuat atau menggunakan bajakan dan sejenisnya
2. Membuat atau menggunakan Crack/Patch/keygen
3. Dengan berat hati membeli Software Windows original
4. Mencari alternatif lain
Dan kebanyakan yang kita lakukan adalah poin angka 1 & 2, secara jujur kita akui memang demikian adanya – walaupun saya belum membuat survey lho, jadi masih sekedar perasaan saya saja - mengapa demikian ? Karena alasan klasik kita sudah terbiasa atau bahkan hanya bisa menggunakan operating system windows dari jaman windows 3.1, 95 sampai dengan Windows 7, maka mau tidak mau yang tetapi menggunakan Windows walaupun beberapa diantara kita sudah mengetahui adanya operating system yang lain sebagai alternatif/pilihan, operating system yang dimaksud ternyata sudah gratis legal pula. Jadi dengan berbagai resiko melanggar hak cipta (pembajakan) tetap menggunakan operating system yang memang sudah mengakar pada kita (baca:windows). Razia operating system windows biasanya dilakukan di bandara atau bagi anda yang akan bepergian ke luar negeri dan membawa laptop/netbook. Barulah setelah akan bepergian ke luar negeri halmana lapotop/netbook harus ada karena sebagai alat presentasi misalnya, maka dengan berat hati dibelilah dan diinstall laptop/netbook dengan menggunakan windows original. Mengapa tidak terpikirkan untuk menggunakan operating system lain yang disebut open source, contohnya linux. Toh bila dilakukan yakni menggunakan operating system Linux dan freeware bawaannya adalah LEGAL, jadi tidak bermasalah dengan razia, dan GRATIS pula. Namun jawabannya ya, seperti yang saya utarakan diatas. Tetapi itu sebenarnya bukan persoalan itu yang akan saya bahas, akan tetapi saya akan memberi informasi tentang open source dan freeware.

Open Source dan Freeware
Menggunakan open source operating system seperti linux memang legal dan gratis, hanya sayang kita sudah terbiasa dari dahulu menggunakan operating system Windows, memang kalau di negeri kita yang menjadi jawara dalam operating system PC/notebook/netbook ya Windows, hanya sedikit yang menggunakan MacBook (laptopnya Apple) dengan operating System Machintosh karena memang perbedaan harga yang signifikan (murah-murahnya macbook adalah sudah mahal untuk ukuran PC atau notebook), dan dari peripheral pendukung serta suku cadang lainnya yang tergolong masih sulit didapat, atau hanya karena tidak terbiasa ? Alasan kedua kali yang saya pakai,…. Dan komunitas tertentu saja yang “mau repot” dengan menggunakan software yang powerful dan gratis yakni LINUX. Contohnya adalah komunitas Ubuntu Indonesia – menggunakan operating system beserta freeware dan firmware nya bawaan dari Linux Ubuntu - komunitas CenTos, dan para teknisi yang mau tidak mau harus bisa menginstall dan menggunakan program yang “kurang popular” disebagian besar pengguna PC/Notebook ini. Saya sendiri memang mengakui, malas untuk mengganti PEWE – posisi weenak – alias status quo dengan operating system Windows yang sudah mengakar dan mendarah daging barangkali. Tetapi sebagai pencinta blog – selancar dan dengar informasi adanya software LEGAL nan Gratis tapi RIBED, saya jadi sedikit penasaran - dan kadang diminta menginstall PC/Notebook dengan menggunakan Linux maka mau tidak mau ya harus belajar dan menggeser posisi status quo serta memaksakan diri menguasai operating system yang ternyata sangat mengasyikkan, powerful, dan bebas virus ini. Kalau machintosh terus terang saya belum pernah “menjamah” nya, terbentur harga yang tinggi dan suku cadang yang relatif jarang di negeri kita. Bahkan saya masih sangat awam mengoperasikan software bawaan apple ini, jujur saja belum pernah menginstall machintosh – sst ini rahasia saja – biasanya memang sudah ada software operating system machintosh ketika si pengguna membeli macbook nya. Dan katanya juga jarang dijumpai virus pada system ini, ya maklum jarang yang menggunakannya, tukang virus saya rasa wegah – ogah – membuat virus untuk operating system ini, lha mau menginfeksi siapa ? Ya kan…. Karena probabilitas/kemungkinannya kecil.

OPEN SOURCE
Menurut Wikipedia Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Contoh Software Open Source
Operating system Linux merupakan contoh yang paling mudah sebagai operating system open source ini, free dan tidak kalah dari yang berbayar. Digunakan bisa sama persis dengan operating system windows bisa untuk menulis, bisa untuk internetan, bisa untuk grafis dan bahkan tentang Driver software gratisan ini relatif tidak memerlukan keping CD/DVD driver, karena rata-rata sudah Plug and Play alias driver-driver yang diperlukan sudah ada di dalam operating system Linux-nya. Contoh varian linux adalah Ubuntu, Fedora, RedHat, Mandriva, Suse, CenTos, Blangkon, LinPus, Debian dan lainnya. Kelemahan dari operating system ini sebetulnya hanya karena “belum kenal” belum terbiasa, dan sedikit repot bila tidak menggunakan koneksi internet, dengan menggunakan user command seperti DOS. Barangkali ini sebuah kerumitan bagi pengguna umum yang awam linux dan menjadi sebuah keasyikan bagi yang memang senang dengan alternatif atau hal-hal yang baru seperti Linux ini. Dan bila kita mau belajar maka kelemahan ini bisa dikikis, karena keuntungannya jauh lebih banyak. Kita tidak melakukan pelanggaran hak cipta karena ini LEGAL dan kita tidak keluar uang yang banyak karena ini software GRATIS. Sebenarnya linux ini tidak kurang suatu apa, tinggal anda sendiri yang memutuskannya akankah anda hanya akan bisa satu operating system saja atau ingin mencoba alternatif lain yang lebih menantang ? Tidak ada paksaan menggunakan sebuah software, karena yang termudah adalah yang sudah kita kuasai, dan bila menggunakan windows bajakan ya gunakanlah untuk kepentingan pribadi saja dan jangan memperbanyak cd kopi-an atau malah menjualnya, ini tidak dianjurkan. Menggunakan software linux pun bukan sebuah kemestian bila anda memang lebih menguasai windows, dan anda nyaman bekerja dengan menggunakan software buatan Bill Gates ini. Tidak ada masalah.
Kadang muncul pertanyaan di dalam benak saya, bagaimana ya kok software open source ini (seperti linux) bisa gratis ? Padahal untuk membuatnya tentu saja menggunakan dana yang tidak sendikit dan pemikiran ide-ide yang tidak kalah rumit dari software yang berbayar, seperti machintosh dan windows. Dan sampai sekarang pertanyaan ini belum terjawab sepenuhnya.

FREEWARE
Menurut Wikipedia Perangkat gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Kadang jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrogram lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.
Yang paling sering kita jumpai freeware adalah bukan operating system, tambahan saja tetapi memang ada yang versi berbayarnya, seperti browser :opera, firefox, safari, seamonkey, netspace, internet explorer, google chrome,…software multimedia sebagian yang free, contohnya : winamp, Itunes&quicktime, K-lite mega codec, VideoLan, FlvPlayer, JetAudio Cowon, Foobar,…. Software mail dan messenger, comtohnya: yahoo messenger, skype, windows messenger, googletalk,…software pemampat (kompres) seperti winrar, winzip. Software viewer seperti Picasa, GoogleEarth, antivirus pun ada yang freeware, seperti avira, smadav, avg, McAfee, Symantec, avast, artav dll, software untuk webcam. Software driver pun biasanya gratis. Dan freeware adalah merupakan sumbangan yang sangat berharga bagi para pengguna PC/Notebook, bisa dibayangkan bila semuanya beli, saya rasa computer sangat monoton dan bila yang mempunyai software yang lengkap pastilah akan berharga sangat mahal.
Sedikit informasi ini semoga bermanfaat.
BONUS
1. Inilah link gratis untuk freeware FileHipppo
2. Situs freeware lain seperti D60PC.COM, Projectw, Down Archive, Agak bervirus Katz.cd atau bahkan Kaskus, IDWS
3.
Marketiva Forex

TIPS MEMPERBESAR EARNING PADA ZIDDU.COM

PROSES MEMANG TIDAK SEBENTAR
Tidak ada cara cepat dalam meraih sesuatu yang berharga, perlu proses dan perlu perjuangan, nah demikian pula dalam mendapatkan uang atau income dari ziddu.com. Tidak serta merta duit menghampiri kita begitu kita Upload data (file) ke server ziddu.com, ada cara dan triknya biar uang yang siap diunduh bisa “diuangkan” lewat akun PayPal. Proses kadang memang lebih memakan waktu daripada kita memotong kompas atau bekerja secara instan. Mendapatkan uang yang banyak dan kontinyu tidak bisa dilakukan secara instan – saya kira – di semua bisnis, baik yang online maupun yang offline.

Adapun yang akan saya berikan sebagai tips kali ini adalah agar bisa sedikit “mempercepat” earning/pendapatan uang dari ziddu.com, antara lain :
1. Upload file-file yang penting dan PECAHLAH MENJADI BAGIAN YANG KECIL-KECIL ukuran Byte-nya, sebab kadang server Ziddu.com sibuk – busy – dan tidak diperkenankan menggunakan download accelerator, maka memecah file menjadi beberapa bagian yang lebih kecil tentulah akan mempercepat si pendownload mendapatkan file unduhannya.
A. File penting yang dimaksud bisa saya berikan contohnya :
- File driver untuk laptop/Pc yang sangat penting dan langka, seperti file Sound driver, AHCI – harddisk sata – driver, yang merupakan bagian penting dari sebuah system operasi – operating system – dimana tanpa file driver ini operating system tidak berjalan dengan sempurna, tidak ada bunyinya, VGA/tampilan menjadi tidak jernih dan tidak bisa menggunakan program 3D ( tiga dimensi), Dirext X dan lain sebagainya.
- File-file yang dicari dan digemari pembaca – kumpulan link situs khusus – forum kaskus, lowongan pekerjaan, tutorial dan lain sebagainya.
- Tips dan Trik
- File crack, patch dan keygen dari berbagai software
- File Freeware dan firmware
- File game kecil – game house, popcap dan lainnya.
- File lagu dan video
- File gambar, ikon, ornament dan wallpaper
- File-file penting lainnya
B. Dipecah-pecahnya file yang kita upload setidaknya akan memudahkan dalam tiga hal, pertama ketika meng-upload jauh lebih cepat dan keberhasilannya lebih tinggi, yang kedua file kita jumlahnya jauh lebih banyak – terdiri dari beberapa part, dan setiap part yang terdownload merupakan unique download, sehingga lebih banyak earning yang mungkin kita dapatkan – dan yang ketiganya adalah memudahkan pen-download memperoleh unduhan dengan cepat, walaupun repot karena mendownload beberapa kali – part dari file kita memang harus ter-download semua untuk di gabungkan menjadi satu file yang UTUH, dan bisa digunakan – file-file yang memang merupakan satu rangkaian/paket bila salah satu part rusak/tidak ter-download maka file yang dimaksud tidak mungkin bisa digunakan.
- Cara memecah file-file (besar) kita adalah dengan menggunakan program compress WINRAR, hal mana software ini termasuk freeware sehingga dengan mudah kita mendapatkannya dan installnya pun tergolong sangat mudah. Setelah WINRAR terinstall di Operating System kita ( baca:windows), maka yang anda lakukan adalah sebagai berikut:
Sorot File yang akan kita PECAH, klik kanan padanya, Sorot ADD TO ARCHIVE, akan muncul kotak Archive name and parameters ada pilihan Archive Format: RAR atau ZIP, silahkan pilih RAR atau Zip nya sama saja, Compression Method : normal atau pilih sendiri, Update mode: biarkan saja, Archiving Options, centanglah CREATE SFX ARCHIVE, lalu Split Volume To Bytes, inilah yang penting bagi anda dalam membagi filenya, ukurannya ada ukuran disket, Zip 100, CD dan lainnya, tergantung besarnya file anda, bisa juga anda TULIS MANUAL, misalnya file anda besarnya 10Mb (10 megabyte) dan akan anda bagi tiga (3) maka dalam kotak Split Volume To Bytes anda tuliskan angka : 4Mb, atau 3,5Mb dan seterusnya, DAN KLIK OK, maka akan dengan sendirinya membagi menjadi ukuran 4Mb (3800kb) dan sisanya biasanya paling kecil, saya menyarankan jangan membagi file melebihi 4 bagian, kasihan yang download. Terdiri dari 1 file executable (gambar kotak RAR dan ada tanda panahnya). Dengan membaginya kita lebih cepat dalam meng-upload dan lebih cepat dalam men-download bagi para pengunduh file kita. Akan sangat berbeda waktunya bila kita mendownload 10Mb secara langsung – utuh dan bulat – dibandingkan dengan mendownload 3.8Mb tiga kali atau empat kali,…. Tingkat kebberhasilannya – tidak macet waktu men-download - adalah lebih besar. Jangan lupa setelah dipecah anda beri nama dan nomor urut masing-masing PART nya. Dan 1 file executable ditambah download 3 part yang lain maka yang terdowload akan menjadi 4 unique download, bandingkan dengan anda membuat 10Mb sendirian (utuh) begitu mendownload file kita hanya 1 unique download. Anda pasti tahu yang saya maksud, ya benar earning kita lebih besar.
2. Sebarkan file yang telah anda upload di server ziddu.com, melalu berbagai media dan cara, seperti:
- Share atau bahkan kirimkan link ziddu kita kepada teman yang memang membutuhkan file kita.
- Share atau pajang link ziddu kita di blog/website yang kita kelola sebagai BONUS download.
- Share file anda di forum-forum yang sesuai atau relevan dengan kandungan/manfaat file anda.
- Share link anda lewat facebook, twitter forum, multiply, atau yang lainnya.
3. Perbanyak kemungkinan – file anda terdownload orang – dengan memuatnya di banyak blog (bila anda mempunyai banyak blog) dan sesuaikan dengan isi tulisan/postingan anda.
4. Bagikan link ziddu kepada teman anda, siapa tahu dia membutuhkan file anda.
5. Membuat pertemanan di ziddu.com
6. Blog walking – mengunjungi blog – dengan meninggalkan jejak, salah satunya untuk mengunjungi blog/website anda dan beri link ziddu kita sebagai bonus dari anda.

Semoga bisa menjadi manfaat buat anda yang sudah mempunyai file-file yang anda upload/unggahkan di server ziddu.com dan bagi yang belum mempunyai akun ziddu.comsilahkan daftar disini.

BONUS DOWNLOAD
1. Lagu jadul Tragedi Buah Apel – Anita Sarawak
2. Game Kecil Rocket Mania

MEMBUAT USB FLASHDISK INSTALLER WINDOWS 7

BEBERAPA CARA MENG-INSTALL WINDOWS 7
Bila anda ingin upgrade operating system dari windows XP atau Vista menjadi windows7 tetapi tidak ingin menggunakan CD/DVD ROM, atau karena DVD ROM nya rusak, atau memang belum mempunyai External DVD/CD ROM pada Netbook anda, maka salah satu jalan adalah menginstall menggunakan USB FLASHDRIVE yang terkenal dengan FlashDisk. Atau bagi anda yang ingin sekedar menginstall dengan cara lain. Kabar baiknya sekarang USB FlashDisk harganya sudah sangat ekonomis dengan kapasitasnya semakin besar. Install dengan menggunakan FlashDisk barangkali bisa menjadi kelihatan lebih trendy dan yang jelas irit tempat.

PERALATAN DAN CARANYA
Siapkan peralatan yang anda butuhkan, dan alat-alatnya relatif sudah tersedia pada PC/Notebook anda:
1. Pastikan ada DVD-ROM Drive, atau – ini tidak disarankan – pinjam ke saudara anda atau teman anda, DVD ROM drivenya. Saya anggap keeping windows seven adalah kapasitasnya sekitar 3 GB jadi format kepingnya adalah DVD. Dan asumsi saya semua PC/Notebook sekarang sudah menggunakan Drive DVD-RW, dan untuk Netbook sudah menggunakan DVD-RW drive External, jadi ini tidak masalah, kecuali Drive DVD anda rusak.
2. Siapkan keeping DVD Windows Seven ( saran saya yang Original) – bajakan juga boleh tapi tidak saya sarankan,….
3. Flashdisk dengan kapasitas 4Gb – harga dipasaran sekita 50-75 ribu sekarang.

Cara membuat FlashDisk 4Gb anda menjadi Usb Installer Windows 7:
1. Format FlashDisk 4Gb anda menjadi Format FAT32.
2. Copy dan paste seluruh isi DVD Windows 7 anda ke dalam Flashdisk 4Gb nya.
3. Flashdisk siap digunakan dan pastikan FirstBoot PC/Notebook anda adalah Via USB REMOVABLE DISK. Bahkan pada merk tertentu FlashDisk bisa terbaca sebagai Harddisk – ini lebih menguntungkan – yang saya pakai adalah merk SandDisk Cruizer Micro, bisa terbaca sebagai Harddisk.
4. Install Windows Seven – nya seperti anda menggunakan DVD ROM, sampai dengan selesai.
Mengapa repot-repot menggunakan FlashDisk kalau ada DVD ROM nya? Ya betul, akan tetapi bagi para teknisi yang kadang perlu sebuah ke- simple-an maka DVD installer nya digantikan dengan USB installer, terlihat lebih ringkas dan high-tech – kata oom Habudi di Republik Impian. Atau seperti yang terjadi pada teman saya, DVD ROM nya rusak, maka dia membawa Keping DVD Windows 7 dan FlashDisk 4Bg nya ketempat (workshop) saya dan copy-paste ke dalam FlashDisk nya menggunakan computer kerja saya, dan dia menginstall Notebooknya dengan USB tadi. Atau hanya ingin mencoba cara lain, seperti yang saya lakukan. Catatan saja untuk membuat Usb Installer Windows 7 termasuk sangat mudah, tinggal copas – copy dan paste – tidak seperti membuat Usb Installer Windows XP – ada di posting saya tahun 2010 – dengan menggunakan software BartPE dan format USB FlashDisknya FAT16 dan kapasitas flashdisknya 2Gb, dengan langkah yang cukup rumit. Semoga tips kecil ini bisa bermanfaat bagi para pembaca posting saya.