Tuesday, May 31, 2011

MEMBUAT USB FLASHDISK INSTALLER WINDOWS 7

BEBERAPA CARA MENG-INSTALL WINDOWS 7
Bila anda ingin upgrade operating system dari windows XP atau Vista menjadi windows7 tetapi tidak ingin menggunakan CD/DVD ROM, atau karena DVD ROM nya rusak, atau memang belum mempunyai External DVD/CD ROM pada Netbook anda, maka salah satu jalan adalah menginstall menggunakan USB FLASHDRIVE yang terkenal dengan FlashDisk. Atau bagi anda yang ingin sekedar menginstall dengan cara lain. Kabar baiknya sekarang USB FlashDisk harganya sudah sangat ekonomis dengan kapasitasnya semakin besar. Install dengan menggunakan FlashDisk barangkali bisa menjadi kelihatan lebih trendy dan yang jelas irit tempat.

PERALATAN DAN CARANYA
Siapkan peralatan yang anda butuhkan, dan alat-alatnya relatif sudah tersedia pada PC/Notebook anda:
1. Pastikan ada DVD-ROM Drive, atau – ini tidak disarankan – pinjam ke saudara anda atau teman anda, DVD ROM drivenya. Saya anggap keeping windows seven adalah kapasitasnya sekitar 3 GB jadi format kepingnya adalah DVD. Dan asumsi saya semua PC/Notebook sekarang sudah menggunakan Drive DVD-RW, dan untuk Netbook sudah menggunakan DVD-RW drive External, jadi ini tidak masalah, kecuali Drive DVD anda rusak.
2. Siapkan keeping DVD Windows Seven ( saran saya yang Original) – bajakan juga boleh tapi tidak saya sarankan,….
3. Flashdisk dengan kapasitas 4Gb – harga dipasaran sekita 50-75 ribu sekarang.

Cara membuat FlashDisk 4Gb anda menjadi Usb Installer Windows 7:
1. Format FlashDisk 4Gb anda menjadi Format FAT32.
2. Copy dan paste seluruh isi DVD Windows 7 anda ke dalam Flashdisk 4Gb nya.
3. Flashdisk siap digunakan dan pastikan FirstBoot PC/Notebook anda adalah Via USB REMOVABLE DISK. Bahkan pada merk tertentu FlashDisk bisa terbaca sebagai Harddisk – ini lebih menguntungkan – yang saya pakai adalah merk SandDisk Cruizer Micro, bisa terbaca sebagai Harddisk.
4. Install Windows Seven – nya seperti anda menggunakan DVD ROM, sampai dengan selesai.
Mengapa repot-repot menggunakan FlashDisk kalau ada DVD ROM nya? Ya betul, akan tetapi bagi para teknisi yang kadang perlu sebuah ke- simple-an maka DVD installer nya digantikan dengan USB installer, terlihat lebih ringkas dan high-tech – kata oom Habudi di Republik Impian. Atau seperti yang terjadi pada teman saya, DVD ROM nya rusak, maka dia membawa Keping DVD Windows 7 dan FlashDisk 4Bg nya ketempat (workshop) saya dan copy-paste ke dalam FlashDisk nya menggunakan computer kerja saya, dan dia menginstall Notebooknya dengan USB tadi. Atau hanya ingin mencoba cara lain, seperti yang saya lakukan. Catatan saja untuk membuat Usb Installer Windows 7 termasuk sangat mudah, tinggal copas – copy dan paste – tidak seperti membuat Usb Installer Windows XP – ada di posting saya tahun 2010 – dengan menggunakan software BartPE dan format USB FlashDisknya FAT16 dan kapasitas flashdisknya 2Gb, dengan langkah yang cukup rumit. Semoga tips kecil ini bisa bermanfaat bagi para pembaca posting saya.

1 comment:

  1. Izal : mau tanya gan itu cara mengcopy file windowsnya dengan menggunakan format ISO,IMage atau langsung dicopy langsung aja.
    biar bisa jadi bootable:

    ReplyDelete