Thursday, April 21, 2011

TOOLS ANTIMALWARE GRATISAN

TOOLS ANTI MALWARE NAN GRATIS
Masa sekarang tidak ada yang tidak terkena imbas dari apa yang kita sebut malware. Apakah pengertian Malware (malicious software) itu, versi Majalah PC Media Edisi April 2011, malware didefinisikan sebagai software yang khusus dikembangkan untuk menyusup dan merusak system computer tanpa sepengetahuan dan izin dari pemiliknya. Jadi Malware adalah software buatan. Bentuk dari malware yang paling kita kenal adalah Virus, Spyware / Adware. Jenisnya memang hanya dikelompokkan menjadi dua akan tetapi varian dari mereka akan menjadi sangat banyak, dari virus saja bisa saya beri contoh: Trojan, worm, virus. Dari jenis yang berbeda kita bisa menamakannya dengan spyware. Dari variannya memang hanya sedikit dari nama dan jenis yang dibuat akan sangat banyak terutama virus, worm dan Trojan. Jumlahnya tidak terhingga,……. Untuk spyware lebih sering menular dari internet karena lahan kembang biak nya memang berada di internet biasanya secara online. Lain lagi dengan virus “vector” nya sangat beraneka ragam berasal dari flashdisk, disket, memory card, external harddisk, bahkan dari jaringan computer, tidak ketinggalan dari internet. Jadi kita memang tidak bisa “lolos” dari apa yang namanya MALWARE. Terutama Virus, saya bisa beri contoh kedua varian dari malware tadi.
Virus : sality, brontok, silly, almanahe, stuxnet,change up, tati my love, yuyun cantik, bluefantasi, erikimo dan lain sebagainya. Spyware yang sering menyerang kita adalah : Xp Total Security (saya tidak tahu apakah ini program yang dipatenkan atau tidak, tetapi yang versi trial selalu saja menjadi spyware….) terutama yang gemar berselancar diinternet. Gejalanya adalah mereka “memberi tawaran jasa” scanning virus dan ketidakberesan computer anda yang lain, dan setelah itu pembersihan hanya dilakukan separuh kerja, belum selesai dia akan meminta REGISTRASI = MEMINTA UANG, untuk membersihkan apa yang menjadi hasil SCANNING mereka (baca:spyware) dan bila tidak dibayar tentu saja dia menjadi GANAS dan malah sangat menganggu, bisa membuat computer kita “tidak berdaya” , tidak bisa menginstall antivirus, kalau sudah parah setiap Eksekusi diblokir, setiap start-uup selalu muncul. Di cancel prosesnya tidak bisa,……menjengkelkan memang. Dan karena ulah dari berbagai malware tadi menjadikan computer kita bukan barang yang aman lagi dari ancaman mereka.
LALU BAGAIMANA MENGHADAPI MEREKA ?
Tentu saja dengan menggunakan software anti malware, yang kita sangat familiar adalah dengan menggunakan ANTI VIRUS, dan yang jarang kita ketahui adalah ANTI SPYWARE. Dan menggunakan kedua TOOLS tadi tidaklah murah kalau anti malwarenya yang berbayar. Lalu solusinya bagaimana ?
Ada kabar baiknya, dengan mahalnya anti malware yang berlisensi, biasanya disebut PRO, kita tentu tidak mau membuang dana yang lebih gara-gara si malware tadi. Ya benar, ada anti malware yang gratisan, saya membacanya dari Majalah PC Media Edisi April ini, bisa saya sebutkan dan sedikit ulasan serta Link ke TKP anti malware tersebut, anda bisa mendownloadnya dengan gratis.
1. Adware Free Internet Security
Produk Lavasoft ini menyediakan perlindungan real-time terhadap malware, spyware, rootkit, dan memiliki utility yang bernama Neutralizer, untuk mentralisir malware pada Pc yang telah terinfeksi. .http://www.lavasoft.com


2. AVAST FREE ANTIVIRUS
Avast memberikan secara gratis produk keamanan untuk pengguna rumahan, tentu saja ada suite keamanan yang pro/berbayar. Tetapi yang gratispun ampuh dan bisa diandalkan kerjanya.
http://www.avast.com


3.AVG FREE ANTIVIRUS
Disamping menyediakan yang pro. Avg memang terkenal dari dulu menyediakan AVG free, bahkan AVG Internet Security, yang lengkap dalam member perlindungan dari malware, khususnya bagi mereka yang gemar berselancar didunia maya via internet tentunya.. http://www.grisoft.com

4. Avira Free Antivirus
Sama halnya dengan AVG free anti virus AVIRA pun menyediakan yang Free, kalau dibandingkan dengan antivirus lain dia lebih ringan baik dalam prosesnya maupun dalam meng-updatenya. http://www.avira.com

5. COMODO ANTIVIRUS
Comodo mengambil pendekatan perlindungan yang berbeda dengan kebanyakan anti virus lainnya. Cara kerjanya didasarkan kepada gagasan bahwa adalah tindakan ceroboh jika kita membiarkan kode berjalan tanpa terlebih dahulu membuktikan dirinya bisa dijinakkan. Comodo menerapkan serangkaian penyangkalan sampai kode membuktikan dirinya dapat dipercaya. Untuk menjaga agar softwares tidak terlalu bising, comodo menjalankan kode yang tidak dikenal di sandbox dimana perilaku kode dapat dipantau tanpa khawatir merusak system. http://antivirus.comodo.com/

6. Mc Afee Removal Tools
Disamping menjual suite perlindungan malware yang berbayar McAfee memberikan tools gratis yang dinamakan McAfee Removal Tools. Anda bisa mendownloadnya secara gratis .http://home.mcafee.com/VirusRemoval/Tools.aspx.

7. Microsoft Baseline Security Analyzer dan Microsoft Security Essential
Microsoft memberikan antivirus gratis bagi user rumahan. Bekerja dengan teknologi ForeFront, yakni anti malware Microsoft kelas atas, hanya saja Microsoft security essential ini dibatasi untuk rumahan saja dan bisnis yang mempunyai PC tidak lebih dari 10 buah saja. http://www.microsoft.com/security/pc-security/mse.aspx


8. Malicioous Software Removal Tools
Kerjanya sama dengan antimalware lain walaupun bukan yang tergolong komplit. Anti Malware ini tidak kompatibel dengan Windows 7, Vista, XP dan Server 2003.

9. PC Tools Free Anti Virus
Mempunyai kemapuan anti malware, ditambah dengan fitur search defender yang member tahu kita akan situs-situs yang berbaya, juga mempunyai FileGuard yang memonitor system file dan memblokir infeksi dari malware secara real-time. http://www.pctools.com/free-antivirus/


10. Secunia Personal Software Inspector
Mirip dengan kerjanya Microsoft baseline security analyzer, hanya saja dia lebih menguntungkan dalam memeriksa aplikasi pihak ketiga, ia bisa menentukan apa yang salah dan cara memperbaikinya. http://www.secunia.com

11. Windows Defender
Software perlindungan malware ini gratis untuk Windows, sduah disertakan pada win 7 dan vista, untuk win xp anda bis mendownloadnya untuk versi Xp. Bila anda menggunakan Windows 7/Vista software ini dalam defaultnya menjadi NON aktif, untuk mengaktifkannya anda doubleclick saja, setelah anda searching “defender”,….pada Windows Defender nya.
 

Memasang anti malware adalah ibarat memasang saringan pada pipa saluran air yang akan masuk ke kolam tempat kita memelihara ikan, bila tidak ada saringan semua yang melewati pipa saluran air akan masuk ke dalam kolam ikan kita, dan ini tentulah berakibat fatal, bila ada saringannya setidaknya memperkecil materi-materi yang merugikan ikut masuk. Demikian pula anti virus pada computer kita, bila tidak ada / tidak dipasang, sama saja tidak ada saringannya,sehingga semua materi yang merugikan (malware) masuk ke dalam system computer kita, bila dipasang anti virus/anti malware bila ada yang masuk pun pasti jumlahnya sedikit.
Sedikit dari saya semoga bisa membantu anda.

Tuesday, April 19, 2011

CARA INSTALL PRINTER EPSON L100


PRINTER INFUS PABRIKAN
Konon kabarnya (saya tidak tahu sumbernya) bahwa INFUSAN PRINTER HANYA ADA DI INDONESIA SAJA,...nah barangkali inilah uniknya bangsa kita, kreatif dan ekonomis, dan melihat peluang yang TIDAK MENGUNTUNGKAN BAGI PABRIKAN PRINTER DI INDONESIA inilah EPSON L100 lahir, barangkali daripada diinfus secara ILLEGAL mendingan dibuatkan PATEN PABRIKAN INFUS printernya, jawabannya adalah EPSON L100, saya baru menemui Infusan printer pabrikan ya hanya printer ini, yang lain belum menyusul barangkali. Tetapi saya berharap hasil infusan pabrikan lebih baik dari infusan lokal, karena harga yang jauh berbeda..... dan saya belum ada informasi apakah garansi dari EPSON L100 sama dengan EPSON T11/T20E atau jenis printer yang lain, karena telah mengalami "MODIFIKASI" yakni infusan, tetapi lagi ini kan INFUSAN dari "SONO" nya, ya barangkali garansi dari EPSON nya sama dengan produk printer EPSON lainnya. Semoga saja.

INSTALASI PERTAMA PRINTER EPSON L 100
Bagaimana Instalasi Pertama Printer Infusan dari pabrik merk Epson L 100
Tidak panjang lebar yang saya akan sampaikan dan memang sangat rumit bagi yang baru pernah menginstallnya.
1. Siapkan Komputer yang ada CD/DVR Drive nya
2. Ikuti petunjuk pada bagian dalam printer (manual book/berupa gambar-gambar yang sangat jelas).
3. Printer dalam keadan mati/tidak tercolok ke listrik PLN.
4. Cara melepaskan semua Cover material berupa selotip-selotip warna biru/merah, buang semuanya hati-hati ketika membuang di bagian HEAD printer.
Ingat didalam printer infusan ini (dekat head disebelah kanan depan) ada plastik/fiber transparan yang merupakan pengikat slang-slang infus, ini jangan diapa-apakan, biarkan saja.
5. Jangan ditarik slang infusannya.


6. Turunkan Kontener yang masih kosong, caranya angkat sedkit keatas lalu perlahan tarik sedikit kearah luar /menjauh dari printer. Terus buka tutupnya, disitu ada 4 kontener dengan tulisan BK(black/hitam), M (magenta/nila), Y(yellow/kuning),dan C (cyan/sian).
7. Sediakan Tissue untuk mengelap percikan yang mungkin terjadi agar tidak ada tetesan tinta yang tercampur/ mengotori printer/kontener. Isikan masing-masing botol sesuai dengan warnanya. Buka ulir botolnya, buang aluminium foil penutupnya, kemudian patahkan ujung tutup botol (cukup di tekuk saja ujungnya sudah patah dan bagian ujungnya jadi berlubang), Buka tutup kontenernya (berupa tutup dari bahan karet yang lentur, warna putih transparan), dalam pengisian ini anda harus sangat berhati-hati, warnanya harus seusai dengan label yang ada dikontenernya, dan oleh pabriknya sudah diatur sedemikian rupa sehingga satu botol warna untuk satu kali isi tidak ada lebih/sisa, sampai habis/kosong. Lalu tutup kembali tutup karet kontenernya.

BOTOLNYA JANGAN DIBUANG
Catatan : botolnya jangan dibuang karena ada KODE 13 digit angka dan huruf (alfa numeric) yang merupakan ID dari masing-masing botol refill epsonnya, yang nantinya akan digunakan dalam proses penginstalasian.

8. Pasang kembali keempat kontener yang sudah anda isi dengan tinta, sebelumnya tutup bagian tepi kotak hitam yang ada kontenernya, angkat sedikit, lalu dekatkan ke arah printer sehingga "kedua kunci siku/kait" nya bisa masuk, bentuknya seperti jari yang ditekuk sekitar sudut 90 derajat, dan berada dibelakang bok hitam yang berisi kontener di pojok kanan dan kiri atas, hati-hati jangan sampai ada slang tertarik atau tertekuk.
9. Mulailah langkah selanjutnya yakni penginstalasian, masukkan CD driver printer Epson L100, pilih menu SETUP, next EASY INSTALLATION, next, ada persetujuan tekan I AGREE, selanjutnya INSTALL, jangan colokkan printernya sampai dengan komputer instalasi memintanya untuk Connect, setelah beberapa saat anda harus menunggu, bila sudah ada perintah mengkoneksikan printer via USB silahkan hidupkan printer dan sambungkan kabel USB ke komputer,....instalasi selesai.
10. Disiniliah letak dari keunikan printer Epson,...
Anda berusaha mencoba untuk Test Print Page dan semua Tinta/Ink ditanda silang dan tidak ada hasil alias tidak mau kerja printernya ?
akan terjawab dengan langkah yang kesebelas nanti.

Hampir terlupa ada satu lagi kunci pada kontener printer EPSON ini yang perlu anda perhatikan, disitu hanya ada dua menu MENU PRITING dan MENU PERJALANAN/DIPINDAHKAN, ketika menu printing anda arahkan (dengan cara memutar searah jarum jam ke atas/ada gambar printer(, danbila tidak mencetak/nge-print anda putar kebawah (berlawanan dengan arah jarum jam/ ada gambar printer yang dibawa dengan alat pemindah), nah dalam langkah ini pastikan dalam MODE PRINTING, nantinya tintanya akan di CHARGE (dicas).

11. Browsing pada CD epson Driver lalu bukan folder My Epson *untuk my epson portal:, ada dua setup, pilih saja yang tidak ada tanda i (huruf I), klik SETUP, dan menjanyakan PROXY , user name, pasword dll, jangan khawatir, anda pilih SKIP saja,..... lalu tunggu sampai dengan selesai.
12. Kalau semua berjalan normal akan ada permintaan instalasi yakni ada Barisan Kotak-kotak yang minta diisikan kode tertentu, itulah yang saya maksudkan ID dari setiap botol tinta refillnya,....ada 13 digit angkadan huruf, isikan dengan melihat BK untuk botol wana hitam, Cy, untuk botol warna Cyan, Mg untuk botol warna Magenta, dan Y untuk botol warna Kuning, bila nomor ID nya benar akan ada tanda Centrang Hijau di belakangnya. Dan setelah isian OK, lalu printer akan MELAKUKAN CHARGING TINTA, PERHATIKAN LAMPU POWER PADA PRINTER AKAN BERKEDIP (BLINKING), Kurang lebih 20 menitan, jangan diinterupsi, karena bila proses instalasi ini dibatalkan anda harus mengulangInya dari awal. Langkah no.9 dst.
13. Setelah mengisi SELAMA KURANG LEBIH 20 MENIT dan lampu power printer sudah tidak berkedip/blinking lagi, berarti pengisian/charging tinta sudah selesai.
Langkah yang selanjutnya anda bisa lakukan seperti pada printer lain, Test print page,.... print foto dan lain-lain tentu saja sudah bisa anda lakukan. Selamat.




REFILL PUN HARUS MENGGUNAKAN CD DRIVER DAN REFILL YANG ORIGINAL
Untuk melindung dirinya dari pembajakan infusan, EPSON menggunakan ID number pada botol refill-nya, dan untuk isi ulang pun harus yang original dari epson dan tetap menggunakan INSTALLASI DRIVER EPSON L100 nya.

Sedikit Tips dari saya semoga membantu anda, atau kalau anda membelinya lebih sempurna anda meminta kepada penjual anda untuk "mengaktifkan" printer EPSON L100 ini di tokonya, jadi tidak ada langkah rumit nan panjang lagi seperti yang saya tulis ini. Terima kasih.

Sunday, April 17, 2011



ALEXA DAN PAGE RANK
Dalam perkembangannya kedua hal ini sangat terkait dengan jumlah kunjungan, link yang keluar dan masuk ke sebuah website/blog, kepopuleran pada sebuah situs/website. Tambah ramai Traffic nya tambah populer websitenya dan tambah tinggi skala google page ranknya.
Website yang akan digunakan untuk berbisinis sangat memerlukan untuk mengetahui "posisinya" masing-masing, sebab pemasang iklan tentu tidak akan memasang iklannya di website-website yang sepi. Yah ibarat sebuah mercusuar, alexa rank dan google page rank menunjukkan keberadaan website kita. Semakin tinggi alexa rank *dengan urutan paling baik rakning 1 dan seterusnya*, dan semakin besar skala google page rank kita (dengan urutan paling baik adalah 10, 9 dan turun sampai yang terrendah) maka secara otomatis para pemasang iklan akan berbondong-bondong menghampiri website kita, dan tidak menutup kemungkinan kita bisa mencetak banyak income dari hal ini. Dan sebaliknya semakin suram mercusuar kita semakin, sepi website kita maka semakin jarang atau malah tidak akan ada pemasang iklan yang mau menempatkan iklannya di website "sepi" kita.
Gambaran ini akan saya perjelas dengan definisi kedua mesin tolok ukur keberadaan website/blog kita dimata dunia maya.


ALEXA RANK
 
Versi wikipedia tentang Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa.com merupakan anak cabang perusahaan Amazon.com
Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

PENTINGNYA ALEXA RANK
Alexa rank berfungsi sebagai "penilaian kualitas sebuah website. Berbeda dengan google page rank website yang punya kualitas tinggi, baik dari segi konten, traffic, dan backlink memiliki Alexa Rank yang kecil. Contohnya Google.com Alexa Rank nya #1, Facebook.com Alexa Rank nya #2, dan website saya masih besar alexa rank nya.
Jadi untuk website yang bertujuan untuk mencari bisnis online/internet business ya jelaslah alexa rank sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Karena perkembangan didunia maya tidak terduga maka situs/website/blog yang muncul akan bertambah banyak dan tidak bisa tidak pasti akan terjadi fluktuasi/naik turunnya alexa rank. Dan sebagai blogger yang aktif dan ingin mendapat income seharusnya memperhatikan bagaimana caranya untuk mempertahankan alexa rank tetap kecil atau minimal tetap stabil. Sebab "perlombaan" ini bertaraf internasional dan "tanpa batas teritorial wilayah negara", akan menjadi sangat mungkin bila bulan ini alexa rank kita kecil dalam bulan berikutnya bisa menjadi turun dan rankingnya membesar, ini menjadi sebuah cermin diri dari kita (praktisi website terlebih yang ingin berbisnis diinternet), bagaimana kualitas isi website kita, pengunjung dan backlink yang ada padanya.
Adapun cara dari menaikkan/memperkecil alexa rank dengan memperbaiki secara keseluruhan website kita, bila posting pilih yang berguna dan sedang trend, tukar link, gunakan keunikan dari website kita, dan yang jelas kemurnian dari ide-ide kreatif kita. Tujuannya mudah agar para pemasang iklan mau dan dengan senang memberi kita income, sebab traffic (inbound link -link masuk dan outbound link - link keluar) dan kepopuleran website/blog kita yang memang bagus.
Dan sebaliknya jika ranking alexa kita turun, sebagai pemilik blog/website haruslah mawas diri dan meng-update diri dengan memeriksa ulang semua yang menyebabkan "minimnya traffic kunjungan ke website anda. Posting tidak berguna dan menarik, posting out-of date, atau malah hanya posting-posting asal-asalan, jiplakan atau copy-paste (copas) dari orang lain.

GOOGLE PAGE RANK
Menurut wikipedia, page rank (PR) didefinisikan sebuah algoritma ciptaan pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin yang berfungsi menentukan seberapa penting atau seberapa populer sebuah situs di dunia maya.
Bagaimana rumus algoritma page rank itu?
Algoritma page rank dihitung dengan rumus seperti di bawah ini:

Algoritma PR(A) = (1-d) + d [(PR(T1) /C(T1) ) + ... + ( PR(Tn)/ C(Tn)]
Rumus algoritma lain, PR(A) = (1-d)/N + d [(PR(T1) /C(T1) ) + ...
+ ( PR(Tn)/ C(Tn)]

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web yang terindex oleh google.

Dari rumus algoritma page rank ini, yang berpengaruh adalah page rank halaman yang mengacu ke halaman A dan jumlah link. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Sebuah halaman akan diangap penting (memiliki page rank tinggi) jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut.
2. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
3. Selain itu, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

Menjadi sangat mungkin bila semakin besar skala page rank nya semakin populer sebuah website/blog.

FUNGSI GOOGLE PAGE RANK
Fungsi sama dengan alexa rank, hanya saja skala yang dibuat oleh alexa rank dan google page rank adalah berbanding terbalik. Semakin besar skala google page rank semakin baik kualitas sebuah website/blog, dan sebaliknya semakin kecil skala ranking nya semakin buruk nilai sebuah website/blog. Bahhkan saya bisa menarik kesimpulan google page rank lebih penting dari alexa rank, walaupun kedua duanya penting. Tapi akan sangat janggal bila sebuah website dengan alexa rank kecil dengan skala google page rank kecil juga, sangat jarang, atau bahkan tidak ada, sebab mesin mereka berkerja dengan kriteria yang nyaris sama, konten, traffic, backlink yang diurutkan dari semua website/blog yang ada didunia maya, lalu mereka urutkan sesuai ranking nya. Google page rank menggunakan skala dari 1-10, sedangkan alexa rank menggunakan angka 1-tak terbatas, perbedaanya hanya dicara memberi skala saja. Google page rank memberi skala yang tinggi untuk website yang bagus, dan alexa rank memberi "ranking" yang kecil untuk website yang bagus. Jadi bergembiralah bila skala google page rank tinggi dan skala alexa rank kecil.
Saya mengatakan lebih penting google page rank bukan tidak ada alasannya, sebab yang paling banyak "dikejar" adalah sebuah affiliate iklan dari google yang merupakan pemasang iklan terbesar di dunia maya yakni googladsense.

SILAHKAN CEK DISINI
Untuk mengecek Google Page Rank SINI
Untuk mengecek Alexa rank SINI
Dan anda sendirilah yang paling berpengaruh kepada website anda. Jangan membuat kesalahan dengan berlaku kurang terpuji /curang, karena yang curang tidak akan bertahan lama sekalipun itu sebuah hegemoni.
Sedikit dari saya semoga membantu anda.

BONUS DOWNLOAD

1. Crak Untuk Games Kecil. Download
2. Masuk LinkWorth. Klik Sini

3. Yang suka Ngoprek. Download Free Softwares.
4. Oprek-oprek Flashdisk 1 Gb menjadi 2Gb. Ini software nya