Wednesday, March 24, 2010

Cara Download Update-an Anti virus Mc Afee, AVG, Avira Dan Symantec-Norton

Meng-update antivirus bagi yang ONLINE (mempunyai akses internet langsung) adalah hal yang lebih mudah bagi yang tidak ONLINE alias OFFLINE, atau yang malas menunggu update-nya karena koneksi dan bandwidth internetnya kecil alias lama banget kalau update antivirusnya, akan terasa sedikita lebih repot. Karena anda akan kerja dua kali, pertama mendownload file updaten-nya kemudian meng-update antivirsunya. Anda bisa meng-update secara OFFLINE dengan mendownload file update yang disediakan oleh beberapa lab antivirus, yang akan saya kemukakan adalah hanya beberapa dari berbagai macam antivirus yang ada (saya asumsikan sebagai yang paling sering saya jumpai dipakai oleh banyak user, meskipun ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi). Biasanya yang update Off-Line bukanlah Perusahaan atau Instansi pemerintah, tetapi User yang tidak mempunyai waktu untuk update Online pada komputernya yang dirumah. Anda bisa menggunakan akses internet ditempat lain untuk mendownload update off-line ini untuk selanjutnya anda simpan di flashdisk dan siap untuk memperbaharui antivirus dirumah anda atau teman anda. Kapasitas file update setiap bulan bisa meningkat/membesar karena signature dari virus (jumlah virus yang setiap hari bertambah), dan itu menjadi sebuah keniscayaan.

UPDATE OFF-LINE
Berbeda dengan Update Online yang tinggal klik kanan lalu START UPDATE, selanjutnya tinggal menunggu waktu dan selesai. Meng-update secara Off-line memang lebih repot karena harus Download file update nya dan kemudian melakukan Update Off-line nya. Perlu cara dan sedikit trik yang harus anda kuasai. Saya memberi sedikit saja dari tips ini.

PcMedia antivirus dan SMADAV
Banyak sekali anti virus yang ada didunia ini, termasuk yang lokal bagi negara Indonesia ini, PC Mav dan Smadav adalah salah satu contohnya. Dan untuk mendapatkan update-annya anda cukup memasuki websitenya lalu cari update (biasanya ada yang free dan berbayar). Kalau Smadav kita bisa membukanya di www.smadav.net dan kalau PcMedia.biz, kedua link tersebut boleh anda klik lalu menuju link-link website antivirus tadi, kalau bahasa internet gaulnya MENUJU TKP.... karena file updatenya (saat ini relatif kecil) maka akan sangat cepat dengan mendownload file updatenya. PcMaV (Mb)lebih besar kapasitas filenya daripada Smadav(Kb).

Update McAfee
Link dari McAfee saya terbiasa dengan link www.nai.com, tetapi untuk meng-update file SDAT nya anda bisa mengelink ke link agreement langsung, untuk menyetujui dan memilih jenis update-an dan operating systemnya. Ini link untuk menuju agreement di McAfee
Linknya saya tuliskan saja :
http://www.mcafee.com/apps/downloads/security_updates/dat.asp?region=us&segment=enterprise

Atau Klik sini

Setelah anda setuju dengan mengeklik I Agree... maka pilih yang bisa anda download untuk update Offline. Yakni file SDAT, di kolom dua, lalu pilih file update-nya sesuai operating system anda Windows, Unix, Mac (intosh) atau Linux. Tinggal didouble klik anda langsung bisa download filenya. Akan lebih baik kalau anda menggunakan Internet Dowload Manager, bisa didownload di posting saya sebelumnya.


AVG
Saya biasa menge-link AVg dengan website www.grisoft.com
dan untuk mendapatkan download update filenya silahkan anda link ke link ini

http://www.avg.com/id-en/download-update

atau KLIK SINI

Dimana anda bisa mendownload file update yang bisa digunakan untuk update offline (dengan menggukan flashdisk/media penyimpan lainnya). Setelah anda klik link updatenya pilih operating system yang sesuai dengan komputer anda. Kalau windoews pilih yang ber extension .Bin, yang paling bawah biasa bertuliskan AVI. Bisa untuk update secara offline versi 7,8 dan 9.
Kalau pada Operating System Windows cara update offline nya adalah sebagai berikut.
Versi AVG 7 dan 8.0 adalah dengan mengeklik kanan ikon AVG pada taskbar ( gambar AVG dikanan bawah layar anda), lalu klik kanan, pilih FOLDER lalu cari dimana FOLDER Update an berada dan anda tinggal mengarahkannya lalu AVG ter-update dengan sendirinya s/d finish.
Versi 8.5 s/d 9, caranya adalah Klik Tool, lalu Klik Update From Directory, langkahnya sama dengan cara versi 7 dan 8.0.

Avira
Link yang bisa anda gunakan untuk menuju Homepage nya avira adalah www.avira.com
Sedangkan untuk mendapatkan file update-an offline yang anda bisa mendownload di link:

http://www.avira.com/en/support/vdf_update.html

Atau Klik Sini

Pilih Yang IVDF bundle. Dnegan ukuran file kira-kira 30Mb an.
Cara updatenya adalah dengan membuka antivirus avira yang ada pada komputer anda lalu cari UPDATE pilih MANUAL UPDATE, cari dimana folder update-an anda lalu double klik/sorot kemudian di OK, maka avira akan mengupdate secara offline sampai denan sukses.

Symantec-Norton
Untuk link Antivirus ini bisa anda buka di www.symantec.com
dan untuk mendapatkan virus definiton/update nya anda bisa mendownloadnya di link ini:

http://www.symantec.com/business/security_response/definitions.jsp

Atau Klik sini

Kemudian anda Pilih Produk antivirusnya (bisa Norton atau Symantec), ada yang Endpoint, Enterprise dan lain-lain, Kemudian anda pilih Versi dan Operating Systemnya sesuaikan dengan antivirus Symantec/Norton yang anda pasang di komputer anda, lalu download dengan cara mendouble klik file berwarna merah yang berada dekat FTP, bila anda menggunakan windows Xp maka yang anda pilih yang X86 atau yang i32. Kalau menggunakan operating system lain anda harus menyesuaikannya.

Semoga bermanfaat.

BONUS DOWNLOAD
1. GOM player alternatif lain untuk memutar lagu dan filem anda.
2. Nero 9 Lite. Nero ukuran Minimalis.
3. Net Scream untuk mempercepat koneksi internet anda.
4. Anti Deepfreeze. Untuk membuka DeepFreeze bila anda lupa passwordnya.