Saturday, December 3, 2011

LCD dan LED Si Hemat Energi


Monitor CRT

Dekade 2000 sudah berlalu dua tahun ini, dan raja dari dekade 2000 adalah Monitor CRT dari yang Monokromatik sampai yang Full Color, dan bergantinya jaman digantikanlah si dominan ini oleh super slim dan sihemat energi LCD - Liquid Chrystal Display - dan terbaru adalah LED - Light Emitting Diode -, saya tidak akan membandingkan keduanya dalam hal resolusi dan saturasi ataupun ketajaman, jumlah radiasi dan lainnya. Saya akan membandingkan kehematan ENERGI nya.

Satu Monitor CRT bisa disetarakan dengan 8-10 Monitor LCD/LED
Ibarat makan tentu saja monitor CRT dikategorikan GEMBUL bagaimana tidak satu monitor CRT yang 15" saya perkirakan memakan listrik ketika mengangkat/awal menyala sekitar 200Watt - konon monitor yang lama yang belum ada power saving nya bisa lebih besar lagi - bandingkan dengan monitor terkini yang per unitnya hanya makan 15-25 watt saja, sangat irit dan sangat hemat energi. Semua peningkatan ada di dalam peralihan dari CRT ke LCD/LED yakni dari segi resolusi, segi kehematan energinya, dari segi radiasi yang dipancarkan, dari segi dimensi yang semakin hemat, dan dari segi kenyamanan dimata. Kelemahannya sebenarnya hanya dimasalah harga - dan itu barangkali sebuah hukum ekonomi kualitas bagus ya harganya mahal - tidak bisa dihindari. Kadang yang sering menjadi permasalahan adalah ketika anda mempunyai LCD/LED yang berformat WIDE (16:9) menggangu ketika anda bermain/mengerjakan pekerjaan GRAFIS atau Gambar, akan terjadi DISTORSI. Artinya bila kita menggambar kelihatan sudah sangat bulat ketika diprint/cetak maka akan terlihat LONJONG/OVAL, nah kelemahan ini sekarang sudah bisa ditanggulangi oleh pabrikan LCD/LED dengan adanya settingan ASPECT RATIO, sehingga bisa diubah menjadi monitor yang square FORMAT KOTAK BUJUR SANGKAR (4:3) sehingga tidak terjadi distorsi lagi.
Memang sangat menguntungkan menggunakan LCD/LED dalam hal ini tentang TEMPAT yang lebih ringkas dan yang paling jelas adalah HEMAT LISTRIK dan resiko radiasi yang semakin minim.

USB Modem Tidak Mau Di Install - Smartfren dan Mobile Partner -

Image Driver
Ketika pertama kali keluar USB modem baik yang CDMA maupun yang GSM, masing-masing modem itu mempunyai DRIVER yang terpisah menggunakan CD/CD MINI yang mana bila drivernya hilang - terselip - maka akan sangat merepotkan kalau kita menginstall ulang komputer/PC kita. Nah maka dari itulah Usb Modem yang terbaru diisi IMAGE DRIVER yang built-in di dalam Usb Modemnya. Dengan file eksekusi yang bisa menjadi CD VIRTUAL IMAGE. Yang mana begitu di colokkan langsung autorun dan siap untuk di install. Bila semua berjalan normal kita hanya tinggal butuh memencet tombol NEXT dan INSTALL sampai dengan selesai. Lalu bagaimana bila tidak mau berjalan ATORUN nya dan CD Virtual Image Driver nya tidak mau muncul ?

PENYEBABNYA MENGAPA TIDAK TERDETKSI IMAGE DRIVERNYA
Paling mungkin adalah Windowsnya tidak lengkap, corrupt ataupun sudah terinfeksi virus. Nah lalu bagaimana caranya agar modem anda bisa diinstall ?
Yang diperlukan adalah "
1. Siapkan USB flasdisk
2. Ada komputer yang normal dan hidupkan untuk mengcopy drivernya.
3. Secangkir kopi dan gorengan.

Caranya sangat sederhana, hidupkan komputer yang masin normal dalam hal ini bisa mendeteksi IMAGE DRIVER menjadi VIRTUAL CD DRIVER - biasanya tergambar merek softwarenya (mobile partner warnah hijau, mobinil warna orange, smartfren warnah magenta dan lain sebagainya), ketika USB MODEM DICOLOKKAN, kemudian colokkan pula flashdisk kita (tidak usah yang besar kapasitasnya, 1 atau 2 giga lebih dari cukup), copy (salin) image driver USB MODEM lalu paste (masukkan) ke flashdisk kita. Nah setelah itu rampung, tugas komputer yang ini sudah selesai boleh di shut down. Lalu hidupkan komputer yang "membandel" dan colokkan USB MODEM dan USB FLASHDISK nya secara bersama-sama. Lalu terdeteksi dua-duanya, langkah yang anda ambil adalah INSTALL DRIVER MODEM yang ada di USB FLASHDISK, sampai dengan selesai. Hanya itu saja dan bila semua berjalan normal akan terdeteksi USB MODEM dengan sempurna dan anda bisa menginstall software modem yang anda perlukan. Bila cara ini tidak berhasil berarti komputer anda memang sudah waktunya diinstall ulang.
NB: Bila tidak ada dua komputer di rumah anda bisa mengcopy driver USB modemnya ke toko service komputer terdekat dengan membawa modem dan flashdisk.
Sedikit dari saya semoga bisa membantu anda.

Internet Download Manager (IDM) ku mengapa mendadak TRIAL

INTERNET DOWNLOAD MANAGER
Ini sebenarnya software pembantu untuk mempercepat download. Dan sudah bukan rahasia lagi bahwa software ini rata-rata adalah TRIAL atau bahkan BAJAKAN. Lalu mengapa awal-awal menginstall bisa dipakai dengan normal ?

Jawabannya:
1. Bila anda mendownload software yang memang TRIAL maka dia ada batasan waktunya biasanya hanya 15 hari, dan karena anda memang menginstall software yang trial makan mau tidak mau anda harus menghapusnya dan menginstall kembali, bila hanya meng-unisntall secara normal tentu jejak-jejak sisa program ini masih ada terutama dimasalah masa waktu software IDM tersebut. Untuk menghilangkan secara TOTAL anda bisa memakai software YOU UNINSTALLER, sehingga semua bisa ter-uninstall secara sempurnah. Atau dengan cara un-install biasa hanya anda perlu menghapus programnya lagi melewati Start>>RUN>>REGEDIT>>FIND>>INTERNET DOWNLOAD MANAGER, dan hapus semua file yang berhubungan dengan IDM di dalam REGISTRY EDITORNYA. Kemungkinan pertama telah selesai anda lakukan. Install ulang IDM nya dengan software IDM yang ada atau download-an baru yang lebih tinggi versinya, sekalipun TRIAL tidak mengapa.
2. Cara kedua adalah install IDM yang ada CRACK-nya (biasanya berupa CRACK (gambarnya IDM) dan REG FIX (gambarnya kotak-kotak berwarna biru muda persis ketupat bentuknya), caranya install sampai dengan selesai (bila anda ingin menimpa yang sudah ada usahakan timpa dengan versi IDM yang sama atau yang LEBIH TINGGI), install sampai dengan selesai. Dan anda masih akan mendapati ketika penginstallan selesai muncul peringatan bahwa IDM anda masih TRIAL. Untuk menghilangkan hal itu anda TUTUP software. Lalu anda copy CRACK nya (gambar IDM (file exe) dan REG FIX nya masukkan ke dalam folder Internet Download Manager. Buka My computer>>DRIVE C>>Program Files>>Internet Download Manager>>Paste disitu...TIMPA/REPLACE file exe IDM yang ada sebelumnya dan klik OK! Lalu jangan lupa DOUBLE CLICK REG FIX nya, anda akan melihat keterangan bahwa File IDM nya sudah masuk ke REGISTRY lalu ketik OK!
Sudah beres dan bila IDM menggunakan modem sebagai DIAL UP nya boleh anda klik OK, tidak mengapa. Dan bila semuanya sudah berjalan NORMAL berarti anda berhasil.
NB: Seringnya IDM yang tadinya bisa terpakai kemudian menjadi TRIAL karena ANDA MENG-UPDATE IDM nya setelah menerima TAWARAN dari situs IDM resminya. Biasanya berbunyi IDM VERSI TERBARU KINI TERSEDIA, yang harus anda LAKUKAN ADALAH TEKAN TOMBOL CANCEL alias jangan DI-UPDATE. Bila anda meng-update nya yang terjadi adalah seperti yang saya ceritakan diatas, IDM meminta Serial Number dan lainnya dan yang jelas tidak bisa digunakan lagi,.... walaupun sudah tahu caranya, biar tidak repot mendingan kita membatalkan UPDATE dari awal. Terima kasih.