Saturday, June 27, 2009

Beberapa Istilah dalam Komputer


Istilah yang sering dijumpai dalam dunia computer.

ACPI
ACPI (Advanced Configuration Power Interface) Pengertian : Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state).

ADSL
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines) Pengertian : Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video. ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dart kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

ADSL (Asymmetric Digital Suscriber Line) Pengertian : Adalah sebuah teknologi DSL yang menyalurkan data lebih cepat untuk downstream dari pada upstream. Kecepatan downstream maksimal adalah 8mbps sementara upstream tercepat adalah 640Kbps. Koneksi

ADSL baik hingga jarak sekitar 5 Km dari STO terdekat melalui kabel telephone tembaga.

Adapter
Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.

AGP
AGP (Accelerated Graphics Port) Pengertian : Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66mhz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33mhz. AGP lx melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

Algorithm
Secara umum, sebarang kumpulan instruksi yang dapat dilaksanakan untuk suatu tugas khusus. Pada bidang komputer dapat secara eksplisit disendi menjadi kumpulan instruksi dalam bahasa komputer yang memanipulasi suatu jenis data.

AMD

AMD
AMD singkatan dari Advance Micro Device
Pabrikan lain selain Intel, Cyrix.

AMD760 Pengertian : Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon. Chipset ini terdiri dart dua chip yaitu AMD761 sistem bus controller atau yang dikenal sebagai Northbridge dan AMD 766 peripheral bus controller atau Southbridge. Chipset AMD760 memberikan standar bare pada teknologi memori yang lebih bertenaga yaitu memori DDR PC1600 dan DDR PC 2100 yang memungkinkan performa tinggi pads aplikasi multitasking dan multimedia intensif. Chipset AMD760 mendukung sampai FSB26 mhz dan memori DDR 266mhz dan juga AGP 4x.

ANSI.SYS
Device driver yang dapat diinstalasi, tersedia bagi pengguna komputer MS-DOS yang memungkinkan penggunaan instruksi ANSI (Urutan escape) untuk mengendalikan konsul (layar dan keyboard).

Arc
Extensi/Sambungan suatu nama fail yang dikompres dengan memakai program ARC lainnya untuk menjimatkan ruang.

Batch
Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.

Batch Processing
Berlangsungnya batch fail pada mikro komputer dan suatu simpanan 'batch' instruksi(pentunjuk) sistem operasi yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi(gangguan) pengguna.

Benchmark
Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.

BIOS

BIOS (Basic Input Output System) Pengertian : 1. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk memboot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. 2. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

Bit map
Suatu bit image, khususnya struktur data yang menyatakan bit image yang ada pada memori, yang mewakili suatu gambar yang akan ditampilkan pada layar.

Bit/ Binary Digit
Pada pemrosesan atau penyimpanan data, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fizikal diwakili oleh suatu aksara tunggal yang disalurkan ke media.

CAD/ Computer Aided Design
Istilah yang diaplikasikan untuk program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alat-alat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.

CAM/ Computer Aided Manufacturing
Istilah yang menjelaskan penggunaan komputer dalam manufaktur sebuah produk. Sebuah produk diselesaikan ke dalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditransmisikan ke dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.

Cache Memory
Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

Card
Istilah umum yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB) yang dapat dipasang di dalam komputer untuk menyediakan fungsi tambahan atau kemampuan baru.

Capture
Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

CD-I
Kependekan dari compact disc-interactive, sebuah piawaian hardware dan software dalam bentuk CD (Compact Disc) yang dapat mengkombinasikan audio, video dan teks pada CD berkapasiti tinggi.

CD-ROM

CD-Read Only Memory media penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 MB) yang memakai laser optik , bukan magnetik, untuk membaca data.

CD (Compact Disc) Pengertian : Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer

CD Drive (Drive CD) Pengertian : Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).

CD ROM (Compact Disc Read Only Memory) Pengertian : Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data computer

CDMA

CDMA (Code Division Multiple Access) Pengertian : Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

Chip
Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.
Computer Graphics Interface/ CGI
Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

Complier
Sebarang program yang mengubah kumpulan simbol ke kumpulan lain dengan mengikuti sintaksis, atau sebuah program yang menerjemahkan seluruh kod sumber suatu program, yang ditulis dalam bahasa program tingkat tinggi ke dalam kod objek sebelum program dieksekusi.

Crash
Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

CRT/ Cathode Ray Tube
Merupakan asas atau nama teknik dari layar televisyen atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.

Config.sys
Sebuah fail teks khusus yang mengendalikan aspek perilaku sistem operasi dalam komputer PC.

COM

Nama alat logik untuk komunikasi, merupakan nama sejumlah port serial (COM1, COM2, COM3, dan COM4) dalam komputer PC melalui perintah sistem operasi DOS. Jika sebuah modem dihubungkan ke salah satu port lain, maka peralatan tersebut ditetapkan sebagai COM1, dan COM2 oleh sistem operasi.

Coaxial
Suatu gulung kabel yang menggunakan dua konduktor, sebuah kawat pusat di dalam sebuah pelindung silinder yang dihubungkan dengan tanah/ bumi.

Cray
Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 mhz.

Daisy-wheel Printer
Printer yang menggunakan elemen logam atau plastik berbentuk seperti roda atau bunga aster (daisy) dengan tonjolan karakter di setiap ujung jari-jarinya. Cara kerjanya dengan mengetukkkan logam berhuruf timbul ke pita yang menyentuh kertas di bawahnya seperti mesin ketok.

Data compression
Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien

Desktop Publishing
Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.

Dial Access
Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa .

DRAM (Dynamic RAM)
Bentuk RAM (Random Access Memory) semikonduktor yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor atau piranti lainnya. Lokasi penyimpanan data pada rangkaian terpadu (chip) yang mengandung kapasitor dengan kapasiti lebih besar.

Download
Proses hantar salinan fail dari komputer jauh ke komputer pemanggil dengan pertolongan modem atau jaringan.

DOS
Sinngkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputer beroperasi

DBMS
Singkatan dari Data Base Management System atau sistem manajemen asas data. Adalah sebuah lapisan peringkat lunak di antara asas data fisik dan pengguna. DBMS mengatur seluruh permintaan untuk tindakan asas data (seperti pembaruan) dari pengguna.

DDR

DDR SDRAM (Double Data Rate synchrousdram) Pengertian : Tipe memori generasi penerus SDRAM yang memiliki FSB dua kali lebih cepat dari SDRAM biasa (FSB-200 dan FSB-266) memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM.
Double Data Rate-Random Access Memory. Tipe RAM yang bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada SDRAM. Biasanya digunakan pada PC dengan processor Pentium 4 atau yang setara.

DIMM

DIMM Pengertian : Dual Inline Memory Module, merupakan jenis memori yang menggunakan 168 pin. Bentuk yang paling lazim dari DIMM adalah SDRAM. DIMM adalah penerus teknologi dari SIMM (Single Inline Memory Module). Bentuk yang paling banyak digunakan dari SIMM adalah EDO (Extended Data Output) dan digunakan pada komputer Pentium yang lama. SODIMM adalah memori untuk Notebook/laptop, bentuknya lebih pendek untuk menyesuaikan “ke mobile an” dari Notebook/Laptop yang memang ringkas dimensinya.

EDO

EDO RAM/ Extended Data Out RAM
Chip RAM yang menyertakan komponen logik yang mengorganisi aliran data keluar yang menawarkan aliran data lebih cepat bila ada permintaan dengan susunan berurutan. Jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memori ini banyak menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page Memory) RAM. Karena dapat menyimpan dan membaca secara simultan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM ini dapat lebih cepat.


EMAIL


E-Mail Virus Pengertian : Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail, virus bare akan bekerja dan menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti virus Worm.Explorelip.

E-mail Pengertian : Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja

EGA

EGA (Enhanced Graphics Adaptor) Pengertian : Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350 titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATI Technologies Inc dengan card bernama EGA WONDER, dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX mengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics Adapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot) dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar (pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (Proffesional Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Proffesional Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43 karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, dan fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 bans.

Expansion Bus
Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer. Expansion bus memungkinkan kita meng-upgrade- hardware, misalnya VGA onboard diganti dengan VGACard, Sound Onboard diganti dengan SoundCard.

Encryption/ Enkripsi
Proses pembuatan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari pengguna yang tidak sah, khususnya selama transmisi atau ketika informasi tersebut disimpan pada medium magnetik yang boleh diangkat-angkat.

Ethernet
Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.

Feature
Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.

Firewall
Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

FAT
FAT (File Allocation Table) Pengertian : Sistem yang dipakai Windows untuk menata file dalam harddisk. Windows 95 menggunakan FAT16. Windows 98 dan Me menggunakan FAT32, antara lain agar bisa menangani nama file yang lebih dari delapan karakter.Pengembangan dari FAT32 adalah NTFS

FSB
FSB (Front Side Bus) Pengertian : Pada mikroprosesor FSB menghubungkan prosesor dengan memori utama. FSB digunakan untuk mengkomunikasikan antara motherboard dengan komponen lainnya.

GIF/ Graphics Interchange Format
Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded (dikirim) ke online services.

Grapical User Interface / GUI
Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.

Groupware
Tipe software/ peringkat tinggi yang mendukung penggunaan objek pada waktu yang bersamaan (seperti dokumen, kalender, dan spreadsheet) oleh banyak pengguna jaringan.

Home PC
Merupakan jenis komputer pribadi yang dirancang untuk dipakai di rumah dan harganya sesuai dengan barang rumah tangga termasuk dengan fasiliti hiburannya.

Host
Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.

Hypertext
Metafora untuk menyajikan informasi dimana teks, gambar suara dan tindakan menjadi terkait bersama jaringan asosiasi yang rumit, tidak berurutan, yang memungkinkan melihat topik yang bersangkutan tanpa pedulikan urutan topik.

Hypermedia
Integrasi grafik, suara dan video, atau sebarang kombinasi menjadi penyimpanan dan pemanggilan sistem inforamsi asosiasi yang primer.

Impact Printer
Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

Ink-jet Printer
Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.

Intel
Salah satu perusahaan pembuat mikroprosesor yang mempopularkan Pentium yang terkenal di dunia. Sekarang sudah merillis:CoreDuo (Dualcore), Core 2 Duo(generasi kedua CoreDuo), QuadCore, I7....

IDE/ Integrated Devide Elektronic
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri. Sering disebut dengan ATA

ISO/ International Piawaiands Organization
Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional.

Intranet
Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi.

Imaging
Proses yang terlibat dalam penangkapan, penyimpanan, penampilan dan pencetakan gambar atau dokumen secara grafik atau dapat juga dikatakan jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan.

Jack
Konektor yang dirancang khusus untuk menerima stopkontak. Biasanya jack dihubungkan ke rangkaian untuk membuat hubungan audio-video.

LGA
Land Grid Array, adalah keluaran soket baru Motherboard dari Intel, yang mempunyai karakter berebeda dengan soket sebelumnya yakni 478, pada soket 478 "pin/jarum" ada pada prosesor, sedangkan LGA pin/jarum ada pada Motherboardnya, sehingga prosesor LGA tidak ada jarum/pin nya hanya berupa interface-interface yang keluaran sering disebut soket LGA 775.

Log-on atau Log-in
Proses awal 'menggunakan' suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

Multiuser system
Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.

Modem
Singkatan dari modulator/demodulator; alat komunikasi yang memungkinkan komputer mengirimkan informasi melalui saluran telepon piawaian. Modem sekarang sudah ada yang berbasis nirkabel dengan jenis-jenis band dan speed yang berbeda-beda, UMTS, EDGE, HSDPA, HSUPA, GPRS, 3G. Yang menggunakan kabel ADSL, serta serat optik.

Motherboard
Komponen terbesar di dalam PC. Disebut 'mother' karena papan ini menjadi tempat seluruh komponen PC seperti prosesor, memori utama, rangkaian pendukung dan bus controller.

MPEG Card
Kependekan dari Motion Picture Expert Group. Yaitu card yang melengkapi CD-ROM agar mampu menampilkan full motion video secara mulus, satu full motion video harus dijalankan pada kecepatan 30 frame per detik (fps). Dengan memasang MPEG card dan CD-ROM drive di PC, kita boleh menonton film CD maupun berkaraoke di PC.

MMX/ Microprocessor Multimedia Exstensions
Prosesor Pentium generasi baru yang dapat mendongkrak kinerja multimedia dan komunikasi sampai 60% di atas pentium. Secara umum MMX membuat game/ permainan lebih realistik, video lebih baik dan fasiliti grafik lebih sempurana .

Offline
Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Online
Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Postcript Page Description Language
Bahasa pemrograman yang khusus untuk mendefinisikan tampilan dokumen, biasanya menyediakan kapabilitas huruf yang fleksibel dan grafik dengan kualitas tinggi.

Plotter
Alat untuk menggambar grafik, diagram dan grafik garis lainnya yang menggunakan pena atau muatan elektrostatik dan toner.

Pentium
Sebutan untuk prosesor Intel 80586 disebut juga P5. Prosesor Pentium berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 3.1 juta buah transistor.


Pentium Pro

Sebutan untuk prosesor Intel 80686 disebut juga P6. Yaitu prosesor berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 5.5 juta buah transistor. Sasaran pasar umumnya untuk komputer jaringan dengan sistem operasi Windows NT (New Technology).


Peripheral

Istilah dalam komputer yang digunakan untuk peralatan seperti penggerak disik, printer, modem dan lainnya yang dihubungkan ke komputer dan dikendalikan oleh prosesornya.

Prosesor
Disebut juga unit pemrosesan pusat chip tunggal, yaitu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruki yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

Pixel/ Picture element
Unsur terkecil yang ditampilkan atau dicetak yang dapat ditangani oleh hardware dan software untuk membentuk huruf, angka atau grafik. Atau suatu titik kisi-kisi yang terdiri dari ribuan titik satu per satu untuk membentuk suatu gambar pada layar oleh komputer atau pada kertas printer.

Port
Soket, sejenis stopkontak pada hardware komputer, disebut juga konektor input/ output; yaitu tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.

Power Supply
Alat yang mengubah listrik dari soket listrik menjadi tegangan yang lebih rendah (khususnya 5 sampai 12 volt DC) yang dibutuhkan oleh sistem komputer.

Query
Proses pengambilan data dari suatu asas data dan menyediakannya untuk dipakai atau suatu himpunan tertentu yang berisi instruksi untuk mengambil data tertentu secara berulang.

Real time
Operasi real time adalah lingkungan di mana aktiviti mesin sesuai dengan persepsi manusia mengenai waktu atau di mana operasi komputer berjalan dengan kecepatan dengan proses fizikal atau eksternal.

Resolution/ Resolusi
Ke
jernihan atau kehalusan detil yang diperoleh monitor atau printer dalam menghasilkan gambar. Resolusi biasanya dipakai untuk menunjukkan jumlah total pixel yang ditampilkan secara horisontal atau vertikal pada tampilan video.

Router
Alat perantara pada jaringan komunikasi yang melancarkan pengiriman pesan. Scan
Menggerakkan alat peka cahaya sepanjang permukaan yang ditempati gambar seperti halaman teks, mengkonversi berbagai bidang pada permukaan menjadi digit biner yang dapat diinterpretasi oleh komputer.

Spreadsheet program
Paket program komputer yang digunakan untuk memproses data keuangan dan data lain yang berhubungan dengan angka seperti anggaran, analisa cash flow, dan sebagainya.

Shareware
Program yang boleh digunakan secara terhad untuk jangka waktu percobaan tertentu.

Sotfware Tiga Dimensi
3D Studio Max Pengertian : Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet, produsen 3D Studio Max, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi terbarunya, yaitu versi 5, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan pada polymodelling, mapping dan beberapa beberapa revisi pada tool untuk animasi. Namun dari fitur-fitur yang ada, fitur yang paling menarik dari 3D Studio Max versi 5 adalah reactor. Reactor ini terintegrasi dengan interface dari 3D Studio Max dan menyediakan tool untuk membuat simulasi. 3D Studio Max ini sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game

SRAM/ Static RAM
Chip RAM yang dapat menyimpan sekitar seperempat data pada chip DRAM tetapi jauh lebih cepat dari pada DRAM. Harganya masih mahal.

Stack
Daerah memori yang dicadangkan dimana program menyimpan data status, seperti prosedur dan fungsi yang memanggil return address, meneruskan parameter, dan (kadang-kadang) variabel setempat.

Storage
Suatu alat yang secara fisik dapat digunakan menyimpan data atau informasi mengenai fail/ arsip dan dapat dibaca komputer.

SIMM
Singkatan dari Single In-line Memory Module. Papan rangkaian kecil yang dirancang untuk menempati chip/IC memori.

SCSI/Small Computer System Interface
Interface paralet dengan tahap kecepatan tinggi yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke alata lainnya seperti harddisk, printer, atau ke komputer lain secara jaringan.

Serial port
Konektor/ soket untuk lokasi input/output untuk transmisi data serial seperti printer atau mouse.

Sound clip
Koleksi suara pada sebuah disk yang dapat diambil dan digabungkan ke dalam dokumen dengan bantuan software atau hardware tertentu.

Token Ring
Struktur objek data yang unik atau pesan yang berkeliling secara bersambung di antara node-node suatu jaringan yang bertopologi gelang (topologi tertutup, ring) dan menggambarkan status yang ada di jaringan.

Universal Serial Bus/ USB
Kombinasi hardware, software dan kabel listrik yang menghasilkan suatu cara berkomunikasi antara semua bagian komputer yang berlainan secara universal, satu per satu.

Validasi
Pengujian untuk mengukur persesuaian dengan piawaian .


Visual Image

Deskripsi gambar yang disimpan dan dirakam dengan berbagai cara dan merupakan suatu salinan atau reproduksi yang diedit untuk sebuah citra di komputer.

Video Card
Card yang dapt mengubah data analog dari kamera, VCR, laser disc, maupun televisi menjadi data digital, sehingga dapat disimpan di harddisk. Selanjutnya data video diolah oleh komputer dan hasilnya dapat ditampilkan di layar komputer, pesawat TV, atau dirakam ke kaset video.

VGA/ Video Graphic Array
Merupakan video adapter yang diperkenalkan oleh IBM pada 1987, yang menduplikasikan sampel suatu variabel fisik, seperti suara. Makin tinggi samping rate atau makin banyak sampel diambil persatuan waktu, makin rapat hasil digitasi menyerupai aslinya.

Wavetable synthesizer
Sistem yang berdiri sendiri, membangkitkan suara digital yang bukan karena manipulasi alat fisik atau rekaman suara dan dapat menghasilkan suara yang realistis tanpa gangguan.

WORM/ Write Once, Read Many
Jenis disk optik yang dapat dan dibaca ulang tetapi tidak dapat diubah setelah dirakam dengan ruang penyimpanan kapasiti tinggi.

Worksheet
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan fail data yang dibentuk dan dipakai oleh dan dengan program lembar kerja elektronik. Contoh MS Excel

Xing MPEG Software
Program yang dapat memainkan aplikasi MPEG berupa filem-filem dalam media CD/ Video CD.

ZIP
Extensi/Sambungan ada nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP. Contoh motor.zip. Jenis Zip lain adalah RAR.



Sumber:

1.http://www.ilmukomputer.com

2.Kamus Istilah Informasi : Untuk Pelajar, Mahasiswa & Profesional
oleh Wahyu Hidayat

Bonus Download: Tips Dari Mas Joko susilo

Friday, June 26, 2009

Cara masuk ke Ziddu.com

Saya telah mengikuti Ziddu.com karena memang saya gemar meng-upload file untuk dibagi-bagi kepada teman dan untuk blogging juga, biasanya file untuk troubleshooting, yang berguna untuk service komputer, ataupun aplikasi yang aneh-aneh. Kabar baiknya adalah bahwa semua Upload di Ziddu.com adalah gratisdan dengan mengeklik link Ziddu.com di posting saya kali ini anda akan bisa sign-up/register di Ziddu.com dan manfaatnya adalah kita bisa mendapatkan uang dari pekerjaan yang kita sukai, khususnya yang suka Upload File, memberikannya kepada teman dan setelah itu ada sistem yang bekerja dan memberi kita uang, jangan lihat jumlahnya bila masih dalam taraf awal dan belum banyak orang yang mendowload file kita, tetapi bila sudah jumlahnya ribuan adalah akan sangat terasa signifikan dan tidak terasa anda bekerja dibantu sistem Ziddu.com.
Tidak ada sesuatu yang tidak berguna bagi kegiatan ini.
Cara kerjanya begini:
1. Anda register disini.
2.Diperlukan hanya email dan data diri yang valid.
3.Akan sangat bagus kalau anda sudah punya website (yang berbayar ataupun yang gratis), untuk tempat sharing dan promosi dari anda nantinya.
4.Mempunyai akses internet untuk upload dari komputer anda (data anda) masuk ke server ziddu.com.

Anda telah masuk jadi member dari Ziddu.com dan Di salah satu sudut website Ziddu.com adalah tersedia "UPLOAD FILE", dan setelah diklik maka kita bisa memilih file-file (bisa multi upload, walau kenyataannya bila kita tidak kenceng internetnya akan sangat memakan waktu). Setelah itu anda akan mempunyai file yang tersimpan di server Ziddu.com, INILAH cerita baiknya bahwa dengan adanya file yang telah bisa di download inilah sumber uang kita, dengan di download oleh orang lain maka Ziddu.com memberikan uang satu sen Dollar AS, kecil memang kalau yang download sedikit, tetapi bila yang download ribuan, bagaimana akan disebut kecil ? Nah kabar baiknya yang lain si pendowload tidak dipungut bayaran, alias gratis, inilah yang sangat menarik dari Ziddu.com.

Kapan anda akan bergabung dengan saya ? Apakah menunggu sampai orang sukses dulu baru anda memulai atau akan memulainya dari sekarang ?
Keputusan penting ini hanya anda yang bisa memutuskannya.

Lebih baik hal kecil yang kita lakukan daripada hal yang sangat besar tetapi "KITA TUNDA" untuk melakukannya.

Semoga bermanfaat.

BONUS DOWNLOAD:
1. Internet Download Manager 1.7
2.Game House Feeding Frenzy
3.Enhancer untuk Winamp

Thursday, June 25, 2009

Bagaimana Membuat Internet Menghasilkan Uang ?

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan orang senang dengan internet ? FaceBook setiap hari, Googling berjam-jam, download filem dari YouTube, lihat berita dari Detik.com, informasi olahraga dari ESPN, download driver dari Free download driver, blogging, chatting dan bahkan bisnis.
Yang paling sering kita main internet adalah masih mengarah kepada "entertainment" masih sering untuk hiburan, daripada melamun jam istirahat kantor "buka fesbuk", daripada pusing mikirin pemerintah "klik situs berita digital", pengin tahu siapa yang jadi juara liga champion lihat di situs berita olah raga dan lain sebagainya.
Ada yang janggal dengan hal ini ? Tentu saja tidak, tetapi menurut saya masih ada yang terlewatkan, yakni "BAGAIMANA DENGAN INTERNETAN KITA MENDAPAT TAMBAHAN PENGHASILAN"?,...
Mungkinkah ?
Jawabannya adalah sangat memungkinkan, dengan luasnya yang tidak terbatas - menembus dinding negara dan kebudayaan, konon jarak, sangat tidak terasa jauhnya - ada yang sedang "0n-line di Paris bisa berbicara langsung bahkan dengan adanya web camera bisa bertatap muka dengan orang yang sedang berada di Bandung misalnya.
Hal ini jelas menambah peluang, dengan banyaknya pembeli yang tidak "disekat" jarak, maka akan sangat memungkinkan bertambahnya - lahan - penawaran. Ini seharusnya yang kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, dengan belajar internetan jangan sekedar untuk kesenangan dan hiburan, tetapi belajarlah mulai sekarang untuk mendapatkan uang tambahan dari internetan. Sebab dengan internetan yang menghasilkan kita tidak akan rugi dalam semua hal, jangka waktu yang tidak terbatas dengan lahan penawaran yang juga tidak terbatas,...mungkin pernah anda mendengar jutawan karena "sekedar" internetan ???

Caranya bagiamana?
Sebelum kita berbisinis diinternet ada baiknya anda mengetahui bagaimana kita menarik dana dari hasil usaha kita, tidak akan berguna ribuan dollar anda yang ada di internet bila tidak bisa dicairkan di bank dunia nyata,....
Untuk itu anda harus mempunyai semacam ATM di dunia maya,...yang paling sering digunakan adalah :paypal dan alertpay walaupun ada yang lainnya,...
Cara mendaftarnya anda adalah GRATIS. Sediakan Kartu Kredit anda untuk verifikasi Paypal, Alertpay nya, meminta email dan data diri anda, termasuk rekening bank anda(bagi yang tidak punya kartu kredit). Waktu mendaftar sebaiknya khusus untuk ATM dunia maya ini jangan menggunakan data yang TIDAK VALID, gunakan data yang seakurat mungkin karena akan berhubungan dengan PENCAIRAN UANG di rekening bank anda. Silahkan mencoba mendaftarkan diri anda agar mempunyai "alat pencair dana di dunia maya"...untuk informasi kode bank bisa anda link di "blognya mas eko" yang ada di "hottest link" di blog ini, untuk paypal dan alertpay bisa klik di posting ini.

Sebagai contoh bisnis diinternet adalah sebagai berikut:
1. Paling sederhana adalah ikut Klik untuk dibayar (pay to clikc), bisnis ini saya ikuti sampai hari ini, tetapi akumulasi dari PTC sangat lambat karena setiap klik berkisar antara 1 - 2 sen dollar amerika, dan bila ingin cepat berhasilnya anda harus mempunyai banyak referral, yakni orang yang mengikuti kita/mendaftar ikut sebuat PTC melalui kita sebagai contoh anda boleh ikut PTC di blog saya ini,... ada solusi dari PTC biar cepat banyak penghasilannya yakni dengan menggunakan "pembelian" referral, artinya penyedia PTC memberi layanan (saya belum tahu apakah itu sebuah mesin untuk nge klik secara otomatis) penjualan referral, misalnya beli 100 dollar untuk 10 referral, maka anda akan mendapat tambahan pendapatan dari 10 referral yang anda beli tadi, jadi tidak nge klik sendiri. Oh ya PTC ini adalah bisnis melihat iklan, rata-rata begitu kita klik langsung muncullah iklan, dia meminta kita untuk melihat setidaknya 30 detik untuk dapat satu sen dollar amerika.
Bila ingin cepat balik modal memang sudah seharusnya kita berbisnis ini dengan membeli referral atau dengan giat kita ajak para netter yang aktif di dunia maya, semakin banyak referral semakin baik untuk kita. Ada hal lain yang jadi pertimbangan untuk bisnis ini yakni perhatikan "bonafiditas" dari PTC yang kita ikuti, lihat di forum-forum BUXTALK.com misalnya, atau cari informasi apakah PTC yang kita ikuti sehat atau tidak, kalau sehat ikutlah terus kalau kelihatan sudah bangkrut dan menawarkan sesuatu yang muluk-muluk jangan ikuti lagi, tetapi untuk pemula sebaiknya cari yang gratisan dulu (tidak usah beli referral), karena kalau ada apa-apa adalah nothings to loose, tidak apa-apa palin rugi waktu. Anda boleh mencobanya, ada beberapa PTC yang saya ikuti di blog saya ini, deppaco, bux.to,neobux,...karena saya masih belajar maka saya belum berniat membeli referral,...coba klik sini bila anda ing jadi referral saya di bux.to, bila ingi menajadi referal saya di deppaco,..cukup klik saja deppaco.com yang ada di blog ini.

2.Mengikuti GoogleAdsense
Seperti seorang agen iklan anda akan dapat komisi dari google dengan perhitungan tertentu, tetapi syaratnya anda harus mempunyai website (diutamakan website yang berbayar), tetapi website gratis pun bisa bila memenuhi syarat yang ditentukan googleadsense team,...nantinya GoogleAdsense akan menyiapkan iklan untuk ditempatkan di blog/website anda. Informasi saja sampai saat ini saya belum "di approve" di GoogleAdsense, dan bagi anda yang ingin belajar membuat website gratis posting saya sebelumnya ada yang berisi tutorial belajar membuat blog/website "gratis" sendiri. Bila anda telah disetujui GoogleAdsense anda harus menjaga nama baik anda sendiri, bila team mereka tidak mempercayai anda karena konten/isi dari website anda, atau anda diketahui berbuat curang, maka persetujuannya pasti dicabut,...anda akan sangat sulit untuk dipercaya kembali sebagai "pengiklan" dari Google. Jadi bagi anda yang telah disetujui/diapprove oleh GoogleAdsense,...selalu ikuti aturan main yang bersih saja, jangan berbuat curang karena akan merugikan anda sendiri.

3.Adbrite
sama dengan GoogleAsense, tetapi dia lebih baru dari GoogleAdsense. Anda bisa lihat di blog ini.

4.Linkworth;
hampir sama dengan GoogleAdsense,anda bisa lihat di blog ini

5.BidVertiser
kalau anda ingin mengikutinya tinggal klik dan bergabung dengan BidVertiser di blog saya ini.

6.Ziddu
Bila anda hobi dengan Upload file, ini adalah salah satu pemecahannya. lho apa hubungannya dengan bisnis diinternet ? Ya jelas ada karena Ziddu.com itu mempunyai program Upload-share-earning,...anda meng -upload file anda lewat Ziddu, terus ada orang lain yang download (karena anda share kepada mereka), lalu pada setiap file upload-an anda yang di download mereka anda dapat jatah satu sen dollar.
Bila anda ingin bersama saya di ziddu.com, silahkan klik disini, saya tidak akan merugikan anda.

7.Komisigratis
Bila anda ingin mendapat tambahan uang salah satunya mengikuti ini, tetapi dalam setiap usaha diinternet anda tidak usah berharap yang terlalu besar, santai saja dan ketika semua sudah berjalan baik dan lancar juga cashflow nya deras, barulah anda usaha dengan tekun diinternet ini. Kalau mau gabung di komisi gratis, silahkan klik disini,..sekali lagi tidak ada yang dirugikan, saya hanya memberi jalan kepada anda. Ajak 6 orang teman anda dan bisa berpendapatan sangat bagus, secara teori, tetapi dalam kenyataannya "tidak ada makan siang gratis" tidak ada sesuatu yang menghasilkan uang diperoleh dengan cuma-cuma ataupun "mudah", semua perlu usaha dan semua tidak mudah. Tetapi optimisme dan iman kita akan mengalahkan semua itu, menjadikan kita sabar dan ulet. Setelah itu :hanya tinggal sejengkal: pasti anda sukses.

dan masih banyak lagi, hanya itu yang bisa saya tuliskan untuk sementara, bila anda mempunyai link-link untuk bisnis didunia maya, anda boleh sharing dengan saya, bila saya memang diajak untuk jadi referral/mitra anda saya tidak keberatan.

Pepatan orang jawa bilang JEr BAsuki Mawa Beya, arti singkatnya segala kesuksesan perlu pengorbanan (semua kesejahteraan yang ingin dicapai butuh invsetasi).
Semoga menjadi perenungan untuk anda menuju kesuksesan.

Bonus lagu : Mbah Surip = Tak Gendhong...

Wednesday, June 24, 2009

Driver SATA untuk HP COMPAQ Presario V3000


CARA MENGINTEGRASIKAN DRIVER SATA KE DALAM WINDOWS XP


Sebetulnya sudah sangat banyak Blog dan Website yang memuat tentang artike ini, tetapi tidak ada salahnya untuk pengunjung blog saya, saya akan tuliskan caranya.
Khusus untuk Notebook/laptop sekarang yang menggunakan harddisk SATA, tidak bisa lagi diinstall denan menggunakan OS Windows XP, mereka telah dibundle dengan Windows Vista (hal ini dibuktikan dengan driver bawaannya (CD Driver Original) hanya untuk driver OS Windows Vista. Dan kita ketahui masih banyak User yang menggunakan dan gemar menggunakan OS Windows XP. Dan dengan kreativitas sebagai orang Indonesia banyak diantara Master Netter(saya tidak senang dengan istilah hacker karena berkonotasi menjadi jahat) yang dengan gigih mencari solusi dari keadaan ini, yakni menyediakan Driver untuk OS Windows XP nya. Muncul masalah baru setelah Notebook/Laptop tidak lagi menggunakan HDD ATA (IDE) ataupun di BIOS nya menggunakan pilihan SATA tetapi bisa diubah / diswtich menjadi IDE, yang memungkinkan Windows Original – bukan hasil integrasian Nlite – bisa menginstall tanpa ada halangan tidak terdeteksinya HDD, karena memang HDD nya tidak memerlukan driver untuk deteksi (iaAHCI, iaStor) ini.Berbeda sekali dengan HDD Serial ATA yang kita kenal dengan SATA, SATA RAID, semuanya memerlukan driver untuk mendeteksinya (yang paling sering digunakan adalah iaAHCI driver untuk HDD SATA yang berbasis SATA RAID). Nah kebetulan di OS Windows XP belum ada kedua file penting tersebut – file pendeteksi HDD SATA – yakni iaAHCI dan iaStor, maka dari itu diusahakanlah agar Windows XP bisa mendeteksi HDD SATA/RAID yakni dengan MENAMBAHKAN file-file (iaAHCI dan iaStor) tadi tergantung kebutuhan.
Nah software untuk mengintegrasikan ini adalah Nlite, anda bisa berkunjung ke situs pembuatnya yakni www.nliteos.com.

Adapun yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1.Pastikan Anda punya setidaknya CD-RW, untuk mem-burning CD yang telah diberi
driver tambahan nantinya.
2.OS Windows XP (usahakan yang masih sangat bagus jangan ada satupun file yang
hilang/corrupt)
3.Software Nlite. Bisa anda peroleh disini atau download disini.
4.FrameWork (dotnet) versi 2. Bisa andadownload sini.
5.Driver SATA ini khusus untuk, Compaq Presario. Download saja ini.

Driver SATA V3760TU & Driver SATA CQ-40 Celeron.

Tulisan ini hanyalah pembukanya saja, selengkapnya anda bisa download file ini.
CARA KERJA NLITE. Part1, Part2, Part3, Part4, Part5.
Bonus Lagunya :Mbah Surip Tak Gendong

Dengan mengintegrasikan DRIVER SATA maka Notebook/Laptop kita sekarang akan bisa bekerja dengan Platform Windows XP.

Catatan : filenya banyak tetapi ukurannya kecil-kecil, kecuali Framework V2 sekitar 20Mb-an, Part1-5 adalah file RAR dan tulisan bentuk Words 2003.

Semoga bermanfaat.

Tutorial Blog Gratisan

Saya ingin anda bisa membuat website, yang gratisan saja seperti blog saya ini, ada kelemahannya dari hosting grtis yaitu kita harus terima tampilan dan aturan sesuai host kita, sedikit saja yang bisa kita modif dan memodifikasinya pun harus sesuai dengan "kehendak" host kita (dalam hal ini diblog saya adalah BLOGGER, syaratnya sebetulnya gampang sekali membuat website gratisan ini. saya akan sebutkan syaratnya,....
1.Siapkan data diri lengkap (kalau yang terbaik sih yang valid bukan nama samaran,
karena kita bermaksud baik, karena blog gratis ini bisa juga untuk mencari uang
tambahan, jadi bila data tidak valid akan sangat merepotkan dalam hal penarikan
uang, dan dengan data yang valid kita ada rasa tanggung jawab untuk tidak
melakukan tindakan kejahatan di dunia maya.
di internet (on line))
2.Buat account (e-mail anda), kalau blogger biasanya menggunakan
Google Mail (Gmail.com),
sedangkan Wordpress biasanya menggunakan
Yahoo Mail, dengan persyaratan memasukkan data
diri anda dengan lengkap, nanti ada kotak-isiannya. Akan lebih cepat membuat
blog/website gratis bagi yang sudah punya account Gmail, atau Yahoomail atau
yang lain seperti plasa.com,...atau yang lainnya.
3.Pastikan anda terhubung dengan internet.
4.Membuka tutorial dari sini bisa anda download disini dalam bentuk pdf.
TUTORIALS
5.Terakhir coba Googling di internet untuk keterangan lebih lanjut.

Terima kasih.
NB. Mas Ferry di Pitara, ini pesanan anda yang bisa saya upload,...

Internet Gratis (free Internet) Axis, XL, GPRS, HSDPA दान Proxifier

Ini ada trik internet gratis axis, tetapi karena gratis kekurangannya adalah banyak, biasanya putus-putus, lambat atau hanya sekedar browsing saja.

Ini Bocorannya:

1.Setting pada hp/modem untuk login pake
Apn = axis, user name = axis , password = 123456
2. Install Program Proxifier download sini ya http://www.proxifier.com/download.htm
3. Setting proxy di proxifier dengan ip standar axis yaitu 10.8.3.8 port 8080 pilih HTTPS
4. Pada DNS setting di proxifier pilih remotely
5. Proxification rulesnya pilih Process All except the folowing + manually proxified
Setelah proxifier ok skrg install toonel bisa didownload disini, beres download,

pada settingan toonel pilihan
**proxy dikosongin aja
**set mapping setting menjadi
pada hostname:127.0.0.1
pada local port masukin 8080
pada web interface port masukin 7999

**Setelah semua ok sekarang tinggal setting proxy di mozzila firefox ato internet explorer
**Setting proxynya masukin 127.0.0.1 port 8080
**Jangan lupa toonel perlu adanya java runtime untuk menjalankannya, bisa download disini tapi kalo gak mau pake toonel, pake onspeed atu nitro juga bisa kalo emang punya accountnya..bisa juga dengan menggunakan ultrasurf, download disini


Kalau yang memakai Ultrasurf
sama setelah konek dengan axis maka jalankan Ultrasurf nya, tunggu sampai dengan "successfully connect to server", tapi sebelum browsing setting Internet explorer dan mozilla nya dengan settingan proxy httpnya :127.0.0.1 port nya 9666

Syarat trik internet gratis axis unlimited ini adalah pulsa harus dibawah 1000, kalo tidak pulsa kmu akan dimakan oleh axis. kalo perlu dalam masa tenggang juga boleh.

Setelah itu browsing semoga gratis beneran, tapi putus2... atau ada bro/sis yang punya tips atau software agar bisa nyambung terus tanpa putus, dengar-dengar sih softwarenya AlwaysConnect, karena belum saya coba maka saya belum link-kan dulu, nanti kalo dah bisa akan saya beri deh bocorannya

ada tips gratisan lain yang saya paste kemari, ini beberap untuk anda semua, netter gratisser di blogger....internetan sampe....muter-muter.
1. Proxy gratis :Free Private Proxy
Buat yang pusing cari proxy gratisan, silahkan pake free private proxy dibawah ini: anyone who need free proxy may use free private proxy from this blog now. free private proxy IP address: 72.55.165.86 free private proxy username: odongodong free private proxy password: seribu Open port: 3128, 8088, 8080, 443, 554, 8000, 4444, 1745, 53.
Free SSH Account
Bagi yang butuh SSH gratisan, silahkan pake SSH gratis Harry Sufehmi dibawah ini: anyone who need free SSH account for tunneling may use free SSH account provided by Harry Sufehmi now. SSH account gratis / free SSH account IP address: 72.36.215.178 port: 222 username: net password: cepat123
2.Yang pake Your-freedom (saya tidak berhasil, kalau bro/sis berhasil tolong sharing dengan saya,...konek sih konek tapi pulsa nyedot terus, bukan gratis namanya...)
Langsung aja ya ..........................
Registrasi account di www.your-freedom.net. Jangan takut.....Gratis kok.......
Download Java Runtime Environtment di www.java.com. Instal...........
Download Your Freedom di www.your-freedom.net. Instal....
Download Proxifier versi 2.8 di www.proxifier.com. tapi ini trial 31 hari, tak apa bisa dicari cracknya, googling aja; lalu Instal......
Catt. : Kalau kesulitan, coba minta bantuan mbah GOOGLE

KONFIGURASI YOUR FREEDOM
Jalankan Your Freedom
Pilih Configure >> Server Connection
Isikan parameter sebagai berikut :
Address : ems09.your-freedom.de
Port : 53
Protocol : udp

Pada bagian bawah hanya centang yang bagian :
Reconnect after server shutdown
SOCKS4/5 DNS lookups on server
Enable Encryption
Enable re-keying

Pilih Account Information
Isikan username dan password yang didaftarkan di www.your-freedom.net

Click SAVE dan Exit
Lalu Start Connection
Pada tab ports centang sock4/5 port 1080

KONFIGURASI PROXIFIER
Jalankan Proxifier
Pilih proxy setting >> Add...
Isikan parameter sebagai berikut :
Adress : 127.0.0.1
Port : 1080
Protocol : SOCKS version 4
Settings : centang "Use SOCKS 4A extension. (remote hostaname resolving feature)
Clik OK

Pilih Proxification Rules
Centang "Process All Except the following manually proxified".
Hal tersebut akan mengakibatkan semua koneksi outbound inbound dilewatkan proxifier
Clik Default >> OK

Sekarang check proxy Your Freedom apakah sudah jalan di Proxifier
Kembali ke proxy setting
Arahkan mouse ke setting proxy yang tadi dibuat..clik check

PROXY YOUR FREEDOM :
ems01.your-freedom.de 67.159.5.116 US
ems02.your-freedom.de 193.164.133.61 DE
ems03.your-freedom.de 87.98.241.26 FR
ems04.your-freedom.de 91.121.13.62 FR
ems05.your-freedom.de 91.121.13.63 FR
ems06.your-freedom.de 81.169.130.185 DE
ems07.your-freedom.de 85.214.22.104 DE
ems08.your-freedom.de 91.121.2.175 FR
ems09.your-freedom.de 85.214.73.35 DE
ems10.your-freedom.de 85.214.45.170 DE
ems11.your-freedom.de 87.98.217.227 FR
ems12.your-freedom.de 87.98.243.6 FR
ems13.your-freedom.de 66.90.104.142 US
ems14.your-freedom.de 87.98.128.61 FR
ems14.your-freedom.de 91.121.9.81 FR
ems15.your-freedom.de 193.37.152.232 DE
ems16.your-freedom.de 67.159.5.52 US
ems17.your-freedom.de 91.121.1.185 CA
ems18.your-freedom.de 85.214.116.165 DE
ems19.your-freedom.de 77.92.68.5 UK
ems20.your-freedom.de 67.212.67.75 CA
ems23.your-freedom.de 62.193.231.70 FR
ems24.your-freedom.de 91.121.94.101 FR
kabarnya sih ini proxy gratis luar negeri dari berbagai belahan dunia, terus minjem YF, digabung OpenVPN, dan setting-setting yang "kreatif" jadi deh minjem internet gratisan luar pada YF, dan ini tidak merugikan....
Ini endingnya.....




3. Ngakalin Axis dan GPRS - tidak gratis hanya sedikit murah ini sih settingnya saja biar bisa nyambung.

Axis (NTS) Indonesia

GPRS

1. Access point name (APN) : axis
2. User name : axis
3. Password : 123456
4. Phone IP Address : Automatic
5. Proxy Server Address : 10.8.3.8 atau 10.8.1.8
6. Proxy port number : 8080 atau 9201
7. Home : wap.axisworld.co.id

MMS

1. Access point name : axismms
2. User name : axis
3. Prompt Password : No
4. Password : 123456
5. Authentication : Normal
6. Gateway IP address : 0.0.0.0
7. Proxy server address : 10.8.3.8 atau 10.8.1.8
8. Proxy port number : 8080 atau 9201
9. Homepage : mmsc.axis

3G/HSDPA
sama dengan GPRS

4.Kalo ini juga biar hemat doang, di"oprek" di start>run>services.msc....
yup yang ngenet nya berbayar kususnya yang gak pake unlimeted meski kudu puter otak untuk dapet menik mati tarif murah , akses kenceng serta durasi lama. Dulu ane telah share cara hemat dengan set servirce,mscservice.msc yang ane dapet dulu dari mas dedi di Cp. na ini ada tambahan pilihan yang disabled

yaitu:
1.Alerter
2.Application Layer Gateway Service,
3.Application Management
4.Automatic Updates
5.Background Intelligent Transfer
6.Clipbook
7.Distributed Link Tracking Client
8.Distributed Transaction Coordinater
8.Error Reporting Service
9.Fast User Switching Compatibility
10.IMAPI CD-Burning
11.Indexing Service
12.IPSEC Services
13.Messenger
14.Net Logon
15.Net Meeting
16.Remote Desktop Sharing
17.Network DDE
18.Network DDE DSDM
19.Portable Media Serial Number
20.Remote Desktop Help Session Manager
21.Remote Registry
22.Secondary Logon
23.Smartcard
24.SSDP Discovery Service
25.Uninterruptible Power Supply
26.Universal Plug and Play Device Host
27.Upload Manager
28.Webclient
29.Wireless Zero Configuration < — kalu kamu pake laptob gak usah disabled biarkan default
30.WMI Performance Adaptor
Wuih...cukup banyak yah

Kayanya ini dulu, saya sudah ngantuk dan saya sampai saat pake Axis dengan pulsa Rp.140 bisa ngenet semaleman pake Sierra Wireless 881, alhamdulillah banget.

Tuesday, June 23, 2009

Tips Aman Operator PC

Setiap hari kita pasti menggunakan komputer, baik dikantor, dirumah ataupun di warnet-warnet, pendeknya komputer telah menjadi "alat" yang keberadaannya wajib ada. Disamping karena harga komputer (PC dan Notebook, Netbook) saat ini telah sangat terjangkau, juga dalam dunia kerja semua pekerjaan sudah computerized dan rasanya aneh kalau jaman sekarang ini suatu kantor tidak menggunakan komputer.
Dalam hal ini saya tidak akan membahas bagaimana cara kerjanya tetapi saya akan memberikan sedikit tips kepada user end yakni pemakai (operator) PC yang berada dirumah saja, karena komputer dikantor pasti telah diberi standar "keamanan dan kenyamanannya" oleh kantor/perusahaan dalam hal ini Departemen IT, atau Teknisi, sedangkan kita mengetahui tidak semua user/operator adalah orang IT, teknisi atau orang yang "tahu jeroan" PC, karena ada sebagian user/operator memang hanya berfokus pada Software saja semisalnya dia sangat ahli Linux, SPSS, atau MSQL tetapi tidak bisa melakukan "trouble shooting"/perbaikan/service bila komputernya tiba-tiba hang, terkena virus ataupun bluescreen, dlsb.
Tips dari saya, semoga sedikit membantu dan berguna bagi kita semua:
1. Ada beberapa komputer yang suka "nyetrum" ketika user/operator memegangnya sementara dia tidak memakai alas kaki (sebagai penyekat listrik/isolator), agar kejadian ini tidak terjadi maka sebaiknya PC diberi ARDE/Grounding, caranya adalah sediakan kurang lebih 1/2 s/d 1 meter kabel serabut, paku kecil,...caranya adalah kupas kedua ujung kabel lalu tancapkan paku didinding atau ubin/tembok, lalu ikat dengan kabel yang dikupas tadi hingga betul-betul menempel (paku dan kabel menempel erat), lalu ujung kabel yang satu lagi dilekatkan pada body/chasis /casing PC yang tidak bercat biasanya ada mur unruk menutup casing PC, lekatkan disitu, agar ada arus listrik yang dinegatifkan/digrounding melalu kabel ke dinding/ubin/tembok. Dengan demikian sekalipun kita tidak memakai alas kaki memegang PC tidak lagi akan terkena "setrum kejut".
2.Gunakan Screen Anti Radiasi agar mata menjadi aman khususnya dalam pemakaian jangka panjang yang masih menggunkan monitor tabung (CRT), karena LCD realif lebih sedikit radiasinya.
3.Untuk daerah yang listriknya tidak stabil (kalau sore hari listriknya tegangannya turun/spanning) kami sarankan hendaknya menggunakan Stabilizer. Yang bagus yang menggunakan rotor(stabilizer motor bukan yang menggunakan Trafo saja), karena ini akan sangat membantu kinerja PC juga keawetannya, sebab awet tidak nya PC sangat tergantung kepada stabil tidaknya listrik dirumah/area anda.
4.Gunakan UPS untuk kemanan kerja dari insiden mati lampu,....apalagi sekarang kan sudah berjalan "giliran mati lampu", UPS (Uninterruptable Power Supply) memungkinkan kita masih - sempat - menyimpan pekerjaan kita karena mati lampu tadi,...UPS tahan sampai 1 jam atau sangat tergantung dengan kapasitas UPS itu sendiri makin besar kapasitasnya maka akan semakin lama menyediakan setrum/powernya, sehingga pekerjaan yang sedang tanggung dikerjakan atau sebuah deadline bisa selamat sentosa, sekalipun mati lampu. Di sarankan digunakan UPS yang sekaligus Stabilizer.
5.Cek Kipas Processor (bagi yang bisa melihat melalui BIOS cek temperatur CPU nya lalu RPM kipasnya apakah normal - bila tambah panas CPU nya normalnya RPM kipaspun akan tambah tinggi - sediakan kuas kecil untuk membuang debu yang menutupi "kisi-kisi" heatsink(pendingi)prosesor, karena bila tertutup kisi-kisi pendingin prosesor tidak "dialiri angin dingin" dari kipas, maka prosesor tetap panas sekalipun kipas berjalan normal, cek juga apakah kipas prosesor "seret" atau kelihatan berat bila berputar, bila demikian segera saja diganti, atau kalau anda mau sedikit repot bisa digunakan minyak pelumas setetes saja diteteskan disumbu kipasnya biar "enteng" berputarnya, bersihkan debu dikipas-kipas yang lainnya fan casing, fan VGA, fan HDD agar semua berjalan baik, sebab kipas yang macet bisa terbakar dan memakan daya yang besar pada Power Supply, bisa juga menjadi konsleting.
6.Bila sedang mendung atau hujan saya tidak menyarankan untuk internetan - khusus yang menggunakan line telepon (bisa speedy, teklkomnet instan) karena bisa teraliri petir, modem wireless aman dari hal ini, tetapi bila hujan sebaiknya jangan internetan, kecuali yang wireless (laptop di hotspot adalah aman).
7.Bila komputer tidak dipakai sebaiknya lepaskan semua hubungan ke listrik PLN, karena dalam keadaan terhubung dengan listrik PLN jika terkena petir/konslseting digardu PLN bisa juga menyebabkan NAIKNYA TEGANGAN yang bisa mengakibatkan kerusakan PowerSupply PC kita.
8.Matikan PC sesuai dengan prosedur yakni menggunakan ShutDown.
9.Untuk keamanan FlashDisk jangan langsung mencabut Flashdisk dari PC tanpa "Safe Remove" terlebih dahulu.
10.Pasang antivirus pada PC anda agar setidaknya bila ada Virus masih bisa ada filternya, jadi tidak semua virus masuk walaupun tidak semua virus tertangkap, sebab virus saat ini sangat banyak dan selalu diupdate dan diupgrade oleh pembuat virusnya, setiap dari rental/warnet pastikan anda "scan" dulu Flasdisk anda, kalau ada virusnya nantinya tidak sempat menginfeksi PC anda.
11.Back-up data anda di media statik seperti CD/DVD. Tetapi kelemahan dari media ini adalah :baret sehingga tidak terbaca, atau terkena jamur pun sama akibatnya, jadi setelah back-up langkah selanjutnya adalah simpan CD/DVD data anda dengan apik dan ditempatkan ditempat sejuk dan kering.
12.Bila ada kerusakan PC percayakanlah pada orang yang menguasai di bidangnya, teknisi atau dealer dari PC/notebook anda.
13.Gunakan Software original, khususnya bagi mereka yang sering pergi keluar negeri dengan membawa Notebook/laptop karena bila terperiksa petugas bandara OS/softwarenya Bajakan bisa dikenai denda - yang paling sering Bajakan Windows - karena Linux Free Software, maka bisa saja Linux menjadi alternatif untuk anda gunakan dengan aman, walaupun kita akui Free Software (linux) ini belum familiar untuk kita.
14.Komputer yang OPTIMAL adalah komputer yang disesuaikan dengan kebutuhannya, untuk kebutuhan kantor tidak semahal untuk kebutuhan game,... karena menggunakan komputer kelas (game dan multimedia) hanya untuk "mengetik saja dan bermain soliter misalnya" adalah sangat disayangkan, karena kalau sekedar untuk "mengetik" tidak perlu mengeluarkan Budget yang sebesar untuk PC game/multi media, dan sebaliknya bila PC untuk kerja Office saja kemudian dipakai untuk Game/multimedia pasti tidak akan jalan. Jadi bukan PC yang mahal yang OPtimal tetapi yang sesuai dengan kebutuhan, karena semuanya memerlukan biaya, untuk apa mengeluarkan biaya yang mubazir hanya karena beli PC high-end sedangkan kerja kita kenyataannya bisa berjalan dengan sangat baik hanya dengan PC biasa ? Tetapi semua terserah anda.

Demikian Tips dari saya dan bila ada yang menambahkan bisa berbagi dengan saya disini. Terima Kasih

Klik MANTAF untuk cari RECEHAN DOLLAR US

Untuk menjadi kaya, anda harus bekerja keras, untuk menjadi pintar anda harus belajar, untuk menjadi orang yang disegani anda harus bisa mengendalikan diri, nah untuk mendapatkan satu klik satu dollar, anda GABUNG DISINI.
Ini bukan kerja SIM SALA BIM jadi TAJIR kiwir-kiwir, tetapi kerja sampingan yang mengasyikkan,...syaratnya anda hanya mau saja.
Sedikit pemicu dari saya semoga memberi manfaat bagi anda semua. Selamat bergabung

Monday, June 22, 2009

Bluescreen dan Solusinya

Menanggapi komentar dari saudara pengunjung pada bluescreen pada OS XP bulan lalu, maaf saya baru bisa posting sekarang,...
1.Pertama bluescreen yang terjadi karena OS nya yang terganggu sebab sebelum nya biasanya adalah: mati lampu sementara komputer sedang aktif bekerja, misalnya sedang main game,atau sedang menulis tiba-tiba mati lampu, ini bisa menimbulkan files corrupt salah satu penyebab bluescreen,....yang serupa dengan mati lampu adalah listrik down/njepret, atau dimatikan tidak sesuai prosedur shutdown (biasanya karena putra-putri anda yang masih kecil tidak sengaja memencet tombol power), sebab lain adalah bila anda tengah menginstall game/driver atau program tetapi "tidak sempurna", macet ditengah jalan atau "crash"... sehingga malah menggajal OS dan menjadi restart-restart dan bluescreen,...yang ketiga tetapi sangat jarang karena terinfeksi virus sehingga mengakibatkan file systems nya ada yang hilang (corrupt), solusi dari sebab pertama adalah OS nya direpair (bila direpair tidak bisa dengan berat hati anda format ulang kompinya, sebelumnya back-up dulu data yang di Drive C),...dengan merepair OS nya berarti menambal file yang CORRUPT/hilang tadi, setelah direpair,...seharusnya OS berjalan dengan baik. Solusi yang kedua anda UNINSTALL program/game/driver yang kurang sempurna tadi, sehingga tidak CRASH lagi dan OS normal kembali, langkah untuk uninstall ini adalah sebagai berikut : Start-Settings-Control Panel-Add and remove progrmas----pilih yang akan anda uninstall/remove dan yang terinfeksi virus anda "terpaksa" kerja dua kali, pertama repair dulu OS anda dan setelah beres bersihkan virusnya sebelum "memakan" files system nya kembali,.....
2.Yang disebabkan karena HDD yang tidak sehat
Sebelum BlueScreen terjadi biasanya di BIOS (sebelum masuk OS ada peringatan bahwa Harddisk anda BAD dan perlu segera diback-up), atau perhatikan bunyinya apakah mirip seperti bunyi"dipukul-pukul? tak-tak-tak beraturan setiap kurang lebih satu detik ?, atau bunyi yang bergemeretak, lalu menjadi LOADING nya lama dan lambat....lalu tampil OS sebentar dan Bluescreen lagi. Kalau perkiraan besar HDD nya yang tidak sehat, saran saya adalah segera DATA anda DIBACK-UP, dengan kompi lain (direndengkan/diparalel) lalu anda cari HDD yang sehat,...saya tidak menganjurkan anda men-SERVICE HDD, sebab akan sangat "riskan" untuk mati selamanya, dengan tidak kenal waktu, secara tiba-tiba tidak terdeteksi,....dan mati, data anda tidak lagi bisa ditarik,....bukan saya menakuti anda atau menentang para penyervis HDD, tidak saya berbicara idealnya dan amannya. Solusinya anda harus ganti dengan HDD yang sehat bila DATA pada komputer anda memang data yang penting, bila bukan data penting, coba diformat lalu jadikan saja dia HDD untuk data bukan HDD unuk systems (OS) tetapi dengan catatan resiko yang saya sebutkan tadi.
3.Kalau Bluescreen yang disebabkan karena MOBO, itu sangat jarang,....karena kalau MOBO sudah lemah, ada saja hal-hal yang menjadikan kompi kita "rewel" yang minta tekan F1 lah untuk resume, yang CMOS error lah, yang tiba-tiba "hang" lah, yang HDD ga "detect" lah dan masih banyak lagi, kalau mobo yang bermasalah biasanya tidak sempat sampai dengan BLUESCREEN, sudah mati duluan atau setidaknya tidak sampai OS muncul. Saran saya kalau mobo sudah lemah (ada yang tanda fisiknya kelihatan ELCO nya pada "kembung mau pecah/gemuk", atau ada yang kelihatan "gosong" biasanya disekitar chipset,...saya juga tidak menganjurkan mobo diservice, mobo kompi lain sekali dengan kita amplifier atau radio yang lebih banyak toleransinya. Mobo rusak sebaiknya diganti yang sehat.
4.Paling lazim Blusescreen itu terjadi karena RAM nya yang bermasalah.
Masalahnya adalah :a.Bisa karena RAM nya yang rusak (fisik maupun elektronik - fisik bila dipegang terlalu panas, gosong atau bunyi "gemeretak" kalau kita sedikit bengkokkan RAM nya - ini jangan dicoba karena RAM yang sudah lama bisa langsung MATI, lalu secara elektronik nilainya bisa berkurang (tadinya bisa 256Mb terbaca 128Mb di mobo yang sama /bukan karena tidak cocok/compatible),lemah dan menyebabkan bluescreen kalaupun tidak bluescreen biasanya "hang", kalau RAM nya yang rusak memang harus segera diganti atau kalau lebih dari satu keping, gunakan yang sehat saja,...yang tidak sehat dipensiunkan... b. karena interfacenya tidak "nyambung sempurna", biasnya karena debu,...caranya bisa anda gosok bagian interfacenya (warna keemasan- seperti gigi yang kecil-kecil dibagian bawah RAM/persis gigi sisir) dengan menggunakan hapusan pensil dengan hati-hati dan perlahan. Atau bisa juga pindah RAM ke Slot (memory bank) yang lain,...pasanglah dengan kencang sampai berbunyi klik, dan jangan sampai terbalik,... karena jarak COAKAN pada slot sedemikian rupa tidak bisa terbalik,.. kalau terbalik bisa terbakar RAM dan SLOT nya, dan pastikan itu tidak terjadi (pada DDR coakannya satu, tempatkan coakan pas pada pembatasnya - panjang dari ujung slot yang satu ke pembatas ke ujung slot yang satunya lagi tidak sama - panjang sebelah, RAM pun demikian dari ujung RAM - COAKAN - Ujung lainnya tidak sama panjang) intinya jangan sampai "terbalik" memasangnya.
5.Kesimpulan,...kemungkinan terjadi bluescreen penyebab utamanya adalah RAM, setelah RAM dicek bagus, baru HDD, kalau HDD sehat RAM sehat berarti OS nya dan bila OS (bisa CRASH bisa Virus). MOBO yang menyebabkan Bluescreen sangat jarang, sebab urutan untuk ke bluescreen memerlukan BIOS yang sehat, BIOS yang sehat menandakan MOBO yang sehat, secara logika bluescreen kemungkinan besar mobo masih bekerja normal.
Ini sharing dari saya bila ada kekurangan dan kesalahan saya boleh anda memberikan saran dan kritik di Komentar. terima kasih