Tuesday, June 23, 2009

Tips Aman Operator PC

Setiap hari kita pasti menggunakan komputer, baik dikantor, dirumah ataupun di warnet-warnet, pendeknya komputer telah menjadi "alat" yang keberadaannya wajib ada. Disamping karena harga komputer (PC dan Notebook, Netbook) saat ini telah sangat terjangkau, juga dalam dunia kerja semua pekerjaan sudah computerized dan rasanya aneh kalau jaman sekarang ini suatu kantor tidak menggunakan komputer.
Dalam hal ini saya tidak akan membahas bagaimana cara kerjanya tetapi saya akan memberikan sedikit tips kepada user end yakni pemakai (operator) PC yang berada dirumah saja, karena komputer dikantor pasti telah diberi standar "keamanan dan kenyamanannya" oleh kantor/perusahaan dalam hal ini Departemen IT, atau Teknisi, sedangkan kita mengetahui tidak semua user/operator adalah orang IT, teknisi atau orang yang "tahu jeroan" PC, karena ada sebagian user/operator memang hanya berfokus pada Software saja semisalnya dia sangat ahli Linux, SPSS, atau MSQL tetapi tidak bisa melakukan "trouble shooting"/perbaikan/service bila komputernya tiba-tiba hang, terkena virus ataupun bluescreen, dlsb.
Tips dari saya, semoga sedikit membantu dan berguna bagi kita semua:
1. Ada beberapa komputer yang suka "nyetrum" ketika user/operator memegangnya sementara dia tidak memakai alas kaki (sebagai penyekat listrik/isolator), agar kejadian ini tidak terjadi maka sebaiknya PC diberi ARDE/Grounding, caranya adalah sediakan kurang lebih 1/2 s/d 1 meter kabel serabut, paku kecil,...caranya adalah kupas kedua ujung kabel lalu tancapkan paku didinding atau ubin/tembok, lalu ikat dengan kabel yang dikupas tadi hingga betul-betul menempel (paku dan kabel menempel erat), lalu ujung kabel yang satu lagi dilekatkan pada body/chasis /casing PC yang tidak bercat biasanya ada mur unruk menutup casing PC, lekatkan disitu, agar ada arus listrik yang dinegatifkan/digrounding melalu kabel ke dinding/ubin/tembok. Dengan demikian sekalipun kita tidak memakai alas kaki memegang PC tidak lagi akan terkena "setrum kejut".
2.Gunakan Screen Anti Radiasi agar mata menjadi aman khususnya dalam pemakaian jangka panjang yang masih menggunkan monitor tabung (CRT), karena LCD realif lebih sedikit radiasinya.
3.Untuk daerah yang listriknya tidak stabil (kalau sore hari listriknya tegangannya turun/spanning) kami sarankan hendaknya menggunakan Stabilizer. Yang bagus yang menggunakan rotor(stabilizer motor bukan yang menggunakan Trafo saja), karena ini akan sangat membantu kinerja PC juga keawetannya, sebab awet tidak nya PC sangat tergantung kepada stabil tidaknya listrik dirumah/area anda.
4.Gunakan UPS untuk kemanan kerja dari insiden mati lampu,....apalagi sekarang kan sudah berjalan "giliran mati lampu", UPS (Uninterruptable Power Supply) memungkinkan kita masih - sempat - menyimpan pekerjaan kita karena mati lampu tadi,...UPS tahan sampai 1 jam atau sangat tergantung dengan kapasitas UPS itu sendiri makin besar kapasitasnya maka akan semakin lama menyediakan setrum/powernya, sehingga pekerjaan yang sedang tanggung dikerjakan atau sebuah deadline bisa selamat sentosa, sekalipun mati lampu. Di sarankan digunakan UPS yang sekaligus Stabilizer.
5.Cek Kipas Processor (bagi yang bisa melihat melalui BIOS cek temperatur CPU nya lalu RPM kipasnya apakah normal - bila tambah panas CPU nya normalnya RPM kipaspun akan tambah tinggi - sediakan kuas kecil untuk membuang debu yang menutupi "kisi-kisi" heatsink(pendingi)prosesor, karena bila tertutup kisi-kisi pendingin prosesor tidak "dialiri angin dingin" dari kipas, maka prosesor tetap panas sekalipun kipas berjalan normal, cek juga apakah kipas prosesor "seret" atau kelihatan berat bila berputar, bila demikian segera saja diganti, atau kalau anda mau sedikit repot bisa digunakan minyak pelumas setetes saja diteteskan disumbu kipasnya biar "enteng" berputarnya, bersihkan debu dikipas-kipas yang lainnya fan casing, fan VGA, fan HDD agar semua berjalan baik, sebab kipas yang macet bisa terbakar dan memakan daya yang besar pada Power Supply, bisa juga menjadi konsleting.
6.Bila sedang mendung atau hujan saya tidak menyarankan untuk internetan - khusus yang menggunakan line telepon (bisa speedy, teklkomnet instan) karena bisa teraliri petir, modem wireless aman dari hal ini, tetapi bila hujan sebaiknya jangan internetan, kecuali yang wireless (laptop di hotspot adalah aman).
7.Bila komputer tidak dipakai sebaiknya lepaskan semua hubungan ke listrik PLN, karena dalam keadaan terhubung dengan listrik PLN jika terkena petir/konslseting digardu PLN bisa juga menyebabkan NAIKNYA TEGANGAN yang bisa mengakibatkan kerusakan PowerSupply PC kita.
8.Matikan PC sesuai dengan prosedur yakni menggunakan ShutDown.
9.Untuk keamanan FlashDisk jangan langsung mencabut Flashdisk dari PC tanpa "Safe Remove" terlebih dahulu.
10.Pasang antivirus pada PC anda agar setidaknya bila ada Virus masih bisa ada filternya, jadi tidak semua virus masuk walaupun tidak semua virus tertangkap, sebab virus saat ini sangat banyak dan selalu diupdate dan diupgrade oleh pembuat virusnya, setiap dari rental/warnet pastikan anda "scan" dulu Flasdisk anda, kalau ada virusnya nantinya tidak sempat menginfeksi PC anda.
11.Back-up data anda di media statik seperti CD/DVD. Tetapi kelemahan dari media ini adalah :baret sehingga tidak terbaca, atau terkena jamur pun sama akibatnya, jadi setelah back-up langkah selanjutnya adalah simpan CD/DVD data anda dengan apik dan ditempatkan ditempat sejuk dan kering.
12.Bila ada kerusakan PC percayakanlah pada orang yang menguasai di bidangnya, teknisi atau dealer dari PC/notebook anda.
13.Gunakan Software original, khususnya bagi mereka yang sering pergi keluar negeri dengan membawa Notebook/laptop karena bila terperiksa petugas bandara OS/softwarenya Bajakan bisa dikenai denda - yang paling sering Bajakan Windows - karena Linux Free Software, maka bisa saja Linux menjadi alternatif untuk anda gunakan dengan aman, walaupun kita akui Free Software (linux) ini belum familiar untuk kita.
14.Komputer yang OPTIMAL adalah komputer yang disesuaikan dengan kebutuhannya, untuk kebutuhan kantor tidak semahal untuk kebutuhan game,... karena menggunakan komputer kelas (game dan multimedia) hanya untuk "mengetik saja dan bermain soliter misalnya" adalah sangat disayangkan, karena kalau sekedar untuk "mengetik" tidak perlu mengeluarkan Budget yang sebesar untuk PC game/multi media, dan sebaliknya bila PC untuk kerja Office saja kemudian dipakai untuk Game/multimedia pasti tidak akan jalan. Jadi bukan PC yang mahal yang OPtimal tetapi yang sesuai dengan kebutuhan, karena semuanya memerlukan biaya, untuk apa mengeluarkan biaya yang mubazir hanya karena beli PC high-end sedangkan kerja kita kenyataannya bisa berjalan dengan sangat baik hanya dengan PC biasa ? Tetapi semua terserah anda.

Demikian Tips dari saya dan bila ada yang menambahkan bisa berbagi dengan saya disini. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment