Saturday, May 7, 2011

MEMPERKECIL KEMUNGKINAN PENIPUAN DI DUNIA MAYA

SEMUA ADA RESIKONYA
Menjadikan dunia maya sebagai dunia bisnis memang penuh dengan resiko yang tidak ditemui dalam dunia nyata, seperti berjualan online yang seolah-olah berjualan dengan computer ataupun makhluk lain yang tidak tampak kasat mata, atau dengan kata lain tidak bertatap muka (face-to-face) antara kita sebagai subyek dan orang lain sebagai partner/target pejualan atau sebaliknya kita sebagai konsumen dan mereka sebagai penjualnya, sehingga memungkinkan untuk membuat “celah” yang memungkinkan adanya kecurangan yang berupa penipuan. Dan sayangnya ini sangat rentan dan anda bisa menjadi korban dalam posisi sebagai penjual maupun sebagai pembeli (konsumen). Hal inilah yang membuat resiko dalam bisnis di dunia maya, walapun di dunia bisnis “nyata” pun tidak jarang terjadi yang demikian, hanya kerentanan atau celah yang dibuat oleh dunia maya ternyata lebih besar/lebar.
Tetapi dengan semakin kita mengenal dunia maya semakin hafal dengan berbagai trik yang dilakukan oleh si pebisnis nakal (yang senang melakukan cybercrime) dengan berbagai ciri yang mereka punyai dan berbagai cara dari kita untuk menangkalnya. Semakin kita hati-hati semakin baik, tetapi dengan berprasangka buruk pada semua pebisnis online juga bukan tindakan yang bagus, malah sebuah ketidakberanian mengambil resiko. Tidak arif beranggapan bahwa semua pebisnis online adalah penipu/nakal. Karena saya yakin pebisnis yang ingin langgeng pastilah menjaga nama baik dan reputasinya.
Yang akan kita bicarakan adalah bagaimana memperkecil usaha para penipu untuk mendapatkan uang dari kita. Ada dua posisi dari cara ini yakni posisi sebagai penjual dan posisi sebagai pembeli. Bagaimana yang dilakukan seandainya anda akan menjadi penjual dan bagaimana yang anda lakukan bila anda bertindak sebagai pembeli di dunia maya ini.

PENJUAL
Yang perlu diperhitungkan dalam melayani pembeli online adalah dengan membuat pembayaran transfer via Paypal/Alertpay ataupun ATM yang sudah bisa diakses online, sehingga tertera dengan jelas uang yang masuk ke rekening kita, bila sudah masuk berarti valid dan memang dia bukan pembeli “nakal”. Justru muncul sebuah pertanyaan baru, “bagaimana agar pembeli yakin kita bukan penjual yang nakal”, ini pertanyaan yang umum tetapi sebagai inti dari profesionalisme kita sebagai penjual (baca:bisnis online).
1. Berikan alamat yang jelas dan memang valid bagi perusahaan/toko yang anda punyai di dunia nyata, entah itu referensi tempat, perusahaan, toko, atau gerai yang memang ada, bukan ilusi atau hanya fiktif belaka. Bila pembeli mendatangi tempat anda bisa dilayani secara off-line. Ini akan menambah kepercayaan pembeli kepada anda.
2. Jangan lupa nomor telepon, harus dicantumkan dan anda harus aktif menanggapi semua telepon yang masuk. Bila deal tidak terjadi didunia maya anda usahakan untuk deal di dunia nyata dengan mengadakan pertemuan (appointment) dengan pembeli anda.
3. Membuat pembayaran via transfer, dan setelah kedua hal diatas dilakukan pastilah tidak ada masalah dengan para pembeli yang “jelas tidak ragu dan takut transfer uang ke rekening anda” sebab dengan jelas anda yang menerima dan menindaklajuti dengan baik.
4. Bila meragukan lebih baik COD =cash on delivery= atau ketemuan sambil membawa barang dan tansaksi dibayar ditempat pertemuan.
5. Garansi adalah hal yang sangat jelas, tidak mungkin akan “merasa aman dan nyaman” seorang pembeli tanpa adanya garansi yang jelas dari produk yang dibelinya. Sekalipun mahal akan tetap dibeli bila garansinya jelas dan mudah.
6. Begitu pula dengan harga haruslah jelas, kalau bisa dinego tulislah bisa dinego akan tetapi kalau tidak bisa nego, tulis saja NETT dan ongkos kirim bila memang ada ongkos kirimnya.
7. Anda bisa dengan diam-diam mencari track record dari pembeli anda tentu saja secara diam-diam, mintalah nomor telepon dari konsumen anda hanya untuk memastikan “keseriusan” dan “kebonafidan” dari si pembeli. Ingat andalah yang menelepon pembeli…..
8. Bila dalam pencarian siapa sih pembeli kita ini anda menemui black-list anda harus berhati-hati atau batalkan saja transaksi anda dan misalnya kalau ragu-ragu, anda lebih baik COD saja.
9. Adanya kota kritik dan saran jaman sekarang lewat EMAIL khusus untuk itu,…..
10. Mempunyai system security yang harus aman dari pembobol situs anda. Untuk yang satu ini anda harus mengeluarkan biaya untuk bagian IT yang anda pekerjakan.
11. Iklan adalah penting, dari mulut ke mulut, via media cyber, media cetak atau bahkan televisi. Ada satu iklan yang sangat bagus yakni testimoni dari pembeli yang telah puas dengan pelayanan dari kita, ini kredit poin yang tinggi untuk membuat reputasi kita membaik dan terpercaya.

PEMBELI
Pembeli adalah raja, sayangnya didunia maya kadang-kadang raja “ditipu” juga. Nah inilah perbedaan yang lumayan besar antara bisnis dunia nyata dan dunia maya. Karena faktor tidak adanya tatap muka inilah yang menyebabkan “keberanian” si penipu muncul, tidak lain karena identitas mereka “aman” tertutup. Nah, sebagai pembeli memang harus jeli dalam memilah dan memilih apa dan dari mana yang akan dibeli. Apa tentu saja berhubungan dengan barang yang akan dibeli, tentang harga, tentang kebutuhan yang kita harus ada, tentang perbandingan harga dengan pesaing yang ada. Dari mana tentu merujuk kepada tempat kita membeli dari situs apa, dari Negara mana dan lain sebagainya. Untuk memperkecil celah penipuan oleh penjual yang nakal – dan biasanya menjual hanya sekali dengan nama yang sama – kemudian setelah itu ia mengganti nama atau menghilangkan jejak. Apa yang perlu dilakukan pembeli untuk mengantisipasinya, bisa saya sebutkan sebagai berikut:
1. Cari penjual online yang bonafid, bisa dilihat dari situsnya dari tempatnya dan memang ada/nyata bukan fiktif/ tempat penjualan off-line nya. Kalau perlu anda datangi alamat gerai/tempat penjualan off-line nya. Situs yang terpercaya dan member informasi yang jelas, bisa di COD. Situs yang terpercaya dan memberi informasi yang jelas.
2. Nomor telepon yang bisa dihubungi dan aktif serta bisa member informasi yang akurat. Carilah testimoni dari pembeli yang telah memakai jasa layanan pembelian ditempat yang akan anda beli, bila reputasinya bagus anda dalam keadaan aman, dan pasti bukan situs penipu. Dan bila sebaliknya batalkan saja transaksi anda.
3. Masalah harga haruslah anda lihat dengan baik, bisa di-nego-kah, bisa ditransfer lewat mana atau adakah ongkos kirimnya. Anda juga harus melihat beberapa situs yang serupa sebagai pembanding bagi situs penjualan yang akan anda datangi untuk membeli. Ada yang menggunakan cara pembayaran dengan dollar dan rupiah, kartu kredit ataupun debet, bila semuanya ada berarti lebih bonafid lagi sebuah situs penjualannya.
4. Lebih aman bila anda telepon dahulu dengan customer service dari penjual online dan deal harga lalu anda datang saja ke alamat bila itu memungkinkan, bila tidak memungkinkan anda minta dipaketkan.
5. Jangan menipu didunia maya, sebab penjual juga melihat reputasi dan track record anda.
6. Segera laporkan (testimonikan) bila ternyata sebuah situs adalah situs penjualan yang menipu. Bisa anda lakukan diforum-forum atau tempat jejaring sosial.
7. Situs penjualan yang terpercaya biasanya mempunyai forum tersendiri atau minimal price list/daftar harga yang di update.
8. Bertanya pada teman atau forum tentang situs penjualan yang akan kunjungi untuk bertransaksi.
9. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang apa yang akan anda beli dan harga juga darimana barang yang akan anda beli, bila masuk akal dan aman transaksi dilanjutkan.
10. Garansi haruslah jelas, bila barang yang anda terima adalah via kiriman/tiki maka kerusakan apa saja yang bisa diklaim, berapa lama garansi yang diberikan, berapa ongkos kirimnya, segel garansi haruslah ada.
11. Berhubungan dengan garansi, carilah penjual online yang mudah dan pasti dalam memberi garansi kepada anda, biar anda merasa aman dan nyaman dalam membeli secara online ini.

KESIMPULAN
Semua ada resikonya akan tetapi bila kita lebih hati-hati dalam berbisnis dan transaksi di dunia maya maka akan memperkecil resiko dirugikan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan pihak-pihak yang memanfaatkan celah dalam melakukan kejahatan ini. Pada akhirnya para penipu akan tersisih sendiri walaupun mereka telah memakan korban, akan tetapi para penipu harusnya menyadari bahwa pelaku bisnis dunia maya tidak senaif itu dalam menjalankan transaksi, sudah diperhitungkan untung ruginya, sudah dicek track-recordnya sudah di antisipasi dengan sistim keamanan yang ada, dan testimoni dari pelanggan sebelumnya, tentang oknum, modus dan korban yang telah terjadi.
Tips dari saya hanya beberapa poin saja, bila ada masukan atau kritik tolong poskan lewat komentar anda. Semoga bisa membantu kita semua.

SPEK = SPESIFIKASI KOMPUTER

SPESIFIKASI = SPEK

Wah.... untuk bermain Games sekarang komputernya harus berspek tinggi, biar tidak nge-lag.Ini kata yang lazim dan sering terdengar dalam dunia komputer.Spesifikasi atau lebih gampang disebut SPEK. Apakah itu spek (spesifikasi)? Dapat disederhanakan dengan kriteria komputer berdasrkan isi dari komponen-komponen utamanya yang ada dalam sebuah PC/Notebook. Komponen-komponen itu adalah prosesor, motherboard, VGA, RAM, dari semua itu yang paling utama adalah Microprocessor atau yang biasa kita bilang prosesor saja. Prosesor pula yang menjadi acuan dari seluruh komputer artinya kasta atau kelas sebuah komputer bisa PC atau Noebook atau Netbook adalah prsesornya, ada yang disebut Pentium 4 karena prosesornya pentium 4, ada yang disebut Core 2 Duo, itu karena prosesornya core 2 duo, Intel Corei7 karena prosesornya core i7, yang AMD sempron, duron atau athlon XP karena prosesornya adalah sempron, duron atau athlon xp.
Sebenarnya komputer adalah sebuah sistem semuanya saling mendukung, akan tetapi ketika berbicara masalah spesifikasi yang akan jelas terlihat adalah komponen utamanya saja. Sebab berjalannya sistem tidak tergantung kepada spesifikasi. Akn lain sekali bila ditanya SPEED dan KINERJA dari operating system atau softwarenya, maka peran spesifikasi/spek adalah sangat signifikan. Contoh saja pentium III bisa beroperasi dengan normal untuk OS (operating system) windows 2000, MS Office 2000 dan Freehand 8,....Pentium II juga bisa digunakan untuk software kasir, dan Amd Phenom II juga bisa digunakan untuk windows 7, akan tetapi bila sudah ditanya apakah pentium III speednya akan tinggi bila menggunakan windows XP atau bahkan Vista ? Inilah yang kita maksud spesifikasi memegang peranan dalam kinerja dan speed (kecepatan kerja).

Komponen Lain Yang Saling Mendukung adalah sebagai berikut:
1. Motherboard mengambil peran yang paling penting di dalam sebuah sistem PC,... karena dia disebut juga MAINBOARD, yakni papan utama. Motherboard biasa disingkat MOBO ini jelas fungsinya dalam menjadikan sebuah komputer itu berkecepatan tinggi atau rendah, support dengan prosesor yang tinggi atau hanya prosesor yang rendah, mempengaruhi feature/fasilitas sebuah PC adakah didalamnya VGA -onboard, SOUND - On Board, LPT1 On-board, USB3 - On Boaard dan lain sebagainya, biasanya kalau bagus kualitas mobonya maka komputer pasti speed dan kinerjanya jempolan.
2 Kita tidak boleh mengesampingkan RAM, bagaiamanapun bagus sebuah prosesor maka RAM adalah "darah" dari sistem komputer ini, tanpa RAM maka Operating Systemnya tidaka dapat berjalan secara Optimal. Terutama para Gamer yang ingin bermain sempurna maka harus menambah RAM nya untuk mencapai spek game yang diinginkan. Jaman dahulu Ram adalah begitu kecil dalam ukuran Kb (kilo byte), maju lagi menjadi Mb (mega byte) dan sekarang sudah mencapai Gb (giga byte). RAM ibarat darah maka bila RAM nya kurang maka prosesor menjadi tidak "bergairah" dalam bekerja dan komputer sering disebut lemot karena kurang RAM.
3.VGA - wikipedia menyebutnya Video Graphic Array, kita sudah mahfum dan tahu banget apa VGA itu, ya benar jelaslah komponen ini memang untuk grafis atau tampilan gambar di monitor anda. Kehalusan, kecerahan dan kekontrasan menjadikan VGA komponen yang penting bagi komputer, dan untuk software yang memerlukan VGA secara khusus adalah GAME, GRAFIS DAN MULTIMEDIA. Game dengan VGA yang kurang memenuhi spesifikasi maka dia akan tersendat-sendat (nge-lag), bila anda bermaik di grafis misalnya saja photoshop maka jelaslah VGA harus memenuhi syarat untuk menjalankan software ini, bila tidak maka software grafis ini tidak mau jalan atau kalau jalan loading-nya lama. Multimedia yang saya maksud adalah editing movie, ada sesi yang paling memerlukan VGA yang bagus adalah sesi render.

Komponen Lain Dalam Spek
Komputer adalah sistem, sistem tidak bisa berjalan sendirian, jadi seluruh komponen harus normal dan bekerja dengan baik, meskipun demikian spek yang lazim sudah saya sebut komponen utamanya diatas. Komponen penting itu adalah Power Supply - jantungnya PC/notebook, Casing - Wajah atau tampilan PC/Notebook, Harddisk - Perutnya PC sekligus Penampung Nyawa (operating syetemnya biasanya di harddisk), monitor adalah penyampai informasi kepada kita, Sound System dan kabel Power, komponen lainnya lagi adalah komponen tambahan seperti mouse dan keyboard, webcam, Wifi dan masih banyak lagi.
Satu lagi yang berpengaruh dari spek selain kinerja dan kasta juga mempengaruhi harga. Tambah tinggi spek komputer anda tambah dalam kocek yang harus kita rogoh. Hukum ekonomi semakin bagus sebuah produk maka harganya mengikuti.
Sedikit dari saya semoga bisa menjadi informasi yang berguna.

BONUS DOWNLOAD

1. Windows Genuine Advantage Remover pada win XP. Klik Sini untuk download.
2. Game kecil Rocket Mania. Download.

Thursday, May 5, 2011

RAM - RANDOM ACCESS MEMORY




RAM (Random access memory)

Menurut Wikipedia RAM adalah Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.




Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.


RAM MASA KINI

Anda tentu sudah sangat akrab dengan memory komputer ini, berbentuk seperti sebuah kotak persegi panjang dengan antarmuka (interface) yang berwarna kuning keemasan dan beberapa chipset hitam yang menempel di kotak persegi panjang tersebut. Mulai dari EDO-RAM biasanya digunakan untuk kmputer sebelum pentium yakni 386, dan 486 atau malah dibawahnya. Untuk RAM pentium satu sampai dengan pentium 4 awal disebut SDRAM dengan menggunakan PC 66, PC 100 dan PC 133. Kemudian untuk Pentium 4 sampai dengan LGA awal menggunakan DDRAM 1 dan DDRAM 2, pernah ada peralihan dari SDRAM menjadi DDRAM yakni RDRAM yang berdurasi sangat singkat menjadikan barang ini sangat langka dan mahal harganya, dengan motherboard komputer yang tidak UMUM atau khusus hanya untuk RDRAM biasanya pentium 4 (1,4 GHz atau 1,5Ghz), dan yang paling banyak beredar saat ini dengan asumsi masih diproduksi dan dijual sekond nya yakni DDRAM 2 mulai PC 4200 s/d PC6400) dan yang sedang mulai keluar adalah DDRAM 3 (PC 6500 ke atas) yang disebut dengan DIMM dan untuk memori Notebook/Netbook adalah disebut SODIM (Small outline DIMM), sama dengan RAM untuk PC, RAM Notebook juga ada tipe SDRAM, dan DDRAM, untuk PC dan lainnya sama yang berbeda bentuknya SODIM hanya kurang lebih separuh fisiknya dari DIMM. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.




TIPS

RAM ibarat roh dari sebuah sistem PC tanpanya tidak akan jalan sebuah PC atau Notebook (walaupun kadang ada notebook yang mempunyai RAM Internal) akan tetapi tetap saja ada RAM nya - hanya dengan adanya RAM inilah komputer akan bekerja dan bisa beroperasi dengan baik. Beberapa tips yang akan saya berikan semoga bermanfaat.
1. Ada beberapa motherboard yang COMBO artinya mempunyai SLOTDIMM dua jenis (ada yang SDRAM dan DDR1 atau ada yang DDRAM 2 dan DDRAM 3) saya menyarankan kepada anda untuk memilih RAM yang kastanya lebih tinggi, karena akan bekerja lebih cepat. Combo yang DDRAM 2 dan DDRAM 3 anda pilih saja yang DDR 3, kabar baiknya DDR 3 lebih murah.
2. Memasangkan RAM DEENGAN PC YANG SAMA. Sebab PC pada RAM juga membawa indikasi FREKUENSI (dalam Hertz), sebagai contoh saja DDRAM PC 2700 berfrekuensi 333Hz dan PC 3200 dengan frekuensi 400Hz, bila dipasangkan maka akan terjadi kesenjangan yang signifikan karena kita tahu RUMUS FISIKA dari Frekuensi adalah f=1/t, satu gelombang arus listrik pada RAM per t (dalam detik), bayangkan bila digabung antara PC 2700 dan PC 3200 kesenjangannya besar sekali bukan tiap detik bisa dihitung sederhana 400-333= 67hz, dalam jangka waktu yang sebentar maka RAM dengan PC yang tinggi "memaksakan" menyesuaikan dengan PC yang rendah, tetapi dalam jangka waktu lama maka Ram PC tinggi tidak "tahan" lagi memaksakan diri dan berubah ke frekuensinya yang sebenarnya. Dan bila berlangsung demikian akan rusaklah salah satu dari RAM tersebut, yang paling sering terjadi adalah yang ber PC rendah.
3.Ram jangan ditekuk, jangan dikenai sinar matahari langsung, jangan terkena bensin, jangan dibersihkan dengan air, bersihkan interface nya dengan hapusan pensil.
4. Bila perlu dikasih heatsink (sirip) untuk ram yang ber PC tinggi biasanya.
5. Kalau beli usahakan yang Lifetime warranty, setidaknya dari toko hanya setahun tetapi bisa ditukarkan ke vendornya bila lewat garansi toko/lebih dari satu tahun.
6. Jangan mencabut ram saat PC/notebook menyala/hidup.
7. Memasang RAM jangan sampai terbalik karena bisa terbakar slot dan RAM nya.
8. Memasang RAM sesuaikan dengan kemampuan Motherboard biasanya ditengarai dengan adanya FSB dari sebuah motherboard dan besarnya sampai UP-TO....Gb, dan bila ada yang dual channel isikan dengan ram yang identik ataupun dengan PC yang sama dan besar Memory yang sama akan membooster lebih cepat daripada dipasang yang berbeda memori atau berbeda PC atau malah dipasang SATU ram saja walau memorinya besarnya sama dengan yang DUA RAM tadi.
9. Memasang ram MELAMPAUI Kemampuan motherboard adalah mubazir atau bahkan membuat komputer/notebook menjadi lambat. Misalnya memorinya UP-to(baca:mentok) 4 Gb dan slot DIMM nya ada 2 maka maksimum dipasang per slot adalah 2GB lebih dari itu sia-sia saja karena terbacanya juga tetap 2 GB saja perslot atau bahkan menjadi lemot/berat.

Hanya itu saya yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

Monday, May 2, 2011

Membuat Website dengan Domain dan Hosting Gratis

WEBMASTER BLOGGER PUN TIDAK KALAH SERU
Yang akan saya bahas barangkali sudah "lame...atau...kadaluwarsa" tetapi tidak enak rasanya kalau pengalaman pribadi yang ada tidak saya "share" dengan anda. Banyak jalan membuat website gratisan alias tidak berbayar, yang paling populer ya forum blogger kita ini. Tidak kalah seru dengan pesaing-pesaingnya macam (maaf saya sebut nama ya tidak bermaksud untuk melakukan apa-apa hanya sebut saja) yaitu: wordpress.com, blog.com, multiply.com dan lain sebagainya. Paling mudah dan paling upgradable adalah BLOGGER kita dong.....kalau mo upgrade domainnya biar ga ada kata -blogspotnya- siapkan kartu kredit untuk membayar dulu sih sekitar 10USD, lalu masuk ke setting - publishing - nah disitu ada kata-kata domain.... klik saja anda akan ditawari beli/upgrade domain oleh google (oh ya blogger berada di bawah google bro/sis). Caranya tidak ribed dan beberapa hari saja sudah menjadi hilang tuh blogspotnya dan bila kesulitan tanya pada google langsung. Ehm ngomongin upgrade mengapa saya belum upgrade ? Saya hanya berpikir bahwa saya belum mampu untuk lebih progfesional lagi, dengan kata lain pencurahan waktu untuk mengelola blog belum tersedia dengan luas.....jadi blogspot pun tidak masalah yang penting bisa membantu para pengunjung untuk berbagi dan memberi solusi tentunya.
Nah mengapa saya menulis membuat website gratis dengan domain (nama website) dan hosting (inang/induk database dari website kita), saya tidak akan menunjukkan tutorial yang full, hanya bagian penting saja biar anda bisa membuat blog/website gratis dengan nama yang sesuai selera kita *asal unik*, dan hostingnya gratis pula. Bila punya file penting bisa diupload dan tidak hilang,.....mari kita mulai.

Untuk membuat DOMAIN dan HOSTING gratis langkah apa yang perlu anda lakukan ?
1. Siapkan koneksi internet itu sebuah keharusan.
2. Bagi yang belum punya email yang buatlah email di yahoo atau gmail.
3. Yang penting dan perlu diingat sebenarnya websitenya untuk apa, bisnis-online kah, atau jualankah atau yang lain, untuk itu perlu diketahui tujuan yang pastinya.
4. Membuat domain klik saja logo ini....
CO.CC:Free Domain
Lalu anda daftar/sign up, gunakan data yang valid saja yah,... walapun kadang kita tidak mau. Tetapi saran dari saya gunakan data yang valid.
5.Setelah terdaftar anda masuk saja ke kotak GETTING NEW DOMAIN, Beri nama domain, bebas lalu di cek ketersediaannya (availability)nya, tuliskan nama dan klik CHECK, bila sudah tersedia nama DOMAIN anda sudah jadi.
Tinggal melanjutkan ke DOMAIN SETTINGS, dan SETUP, dan anda ditawarkan untuk mengisi cara membuat hostingnya pilih yang NOMOR SATU/NAME SERVER.
5. Isikan dikotak pertama dengan :ns01.000webhost.com
isikan kotak kedua dengan :ns02.000webhost.com
6.Centang Apply...... klik SETUP dan berhasil.
7. Anda tunggu sekitar 24 jam,.... atau kalau lagi bagus bisa langsung di tujukan ke HOSTING nya kalau yang sudah punya HOSTING. kalau belum mari kita menyewa hosting gratisan yaitu disitus ini. 000webhost.com atau anda klik Logo ini
Free Website Hosting
Anda masuk ke triple kosong (bukan huruf O) ya saudara 000webhost.com.
1. Cari kotak SIGN-UP di bagian kanan bawah warna biru muda.
2. Setelah proses selesai, karena mendaftarnya tidaklah sulit.
3. Anda lihat dipojok kiri atas, ada MANAGE DOMAIN... masukkan nama domain anda yang telah anda buat sebelumnya.
4. Ada di kotak itu tulisan ACTION, klik dibagian bawahnya untuk ACTIVATE,... ini pun menunggu domain anda aktif,(bila harus menunggu 24 jam, ya berarti hari berikutnya anda login ke 00webhost.com nya.)
5. Bila domain anda telah aktif, maka klik dibawah ACTION tersebut dengan ACTIVATE, maka akan muncul Go to CPanel. Sebelumnya anda harus membuka terlebih dahulu email yang untuk mendaftar di 00webhostnya, disitu ada panduan mengenai beberapa cara masuk ke Cpanel, FTP dan lain sebagainya. Yang terpenting anda masuk ke Cpanel dan ada disana Ad-on domain, isikan domain anda dan sudah aktiflah website dengan domain dan hosting gratis <000webhost>.
6. Langkah selanjutnya anda mengeditnya sendiri dengan mengeklik WEBSITE BUILDER karena yang autoinstaller fantastico lagi tidak jalan saat ini.....(waktu saya membuatnya).
Nah tentang bagaiman dan caranya anda yang lebih tahu mengenai website anda sendiri, ada upload file ada yang lainnya.
Sedikit dari saya dan semoga membantu bila ada saran karena kekurangan posting ini terima kasih sebelumnya.