Saturday, May 7, 2011

SPEK = SPESIFIKASI KOMPUTER

SPESIFIKASI = SPEK

Wah.... untuk bermain Games sekarang komputernya harus berspek tinggi, biar tidak nge-lag.Ini kata yang lazim dan sering terdengar dalam dunia komputer.Spesifikasi atau lebih gampang disebut SPEK. Apakah itu spek (spesifikasi)? Dapat disederhanakan dengan kriteria komputer berdasrkan isi dari komponen-komponen utamanya yang ada dalam sebuah PC/Notebook. Komponen-komponen itu adalah prosesor, motherboard, VGA, RAM, dari semua itu yang paling utama adalah Microprocessor atau yang biasa kita bilang prosesor saja. Prosesor pula yang menjadi acuan dari seluruh komputer artinya kasta atau kelas sebuah komputer bisa PC atau Noebook atau Netbook adalah prsesornya, ada yang disebut Pentium 4 karena prosesornya pentium 4, ada yang disebut Core 2 Duo, itu karena prosesornya core 2 duo, Intel Corei7 karena prosesornya core i7, yang AMD sempron, duron atau athlon XP karena prosesornya adalah sempron, duron atau athlon xp.
Sebenarnya komputer adalah sebuah sistem semuanya saling mendukung, akan tetapi ketika berbicara masalah spesifikasi yang akan jelas terlihat adalah komponen utamanya saja. Sebab berjalannya sistem tidak tergantung kepada spesifikasi. Akn lain sekali bila ditanya SPEED dan KINERJA dari operating system atau softwarenya, maka peran spesifikasi/spek adalah sangat signifikan. Contoh saja pentium III bisa beroperasi dengan normal untuk OS (operating system) windows 2000, MS Office 2000 dan Freehand 8,....Pentium II juga bisa digunakan untuk software kasir, dan Amd Phenom II juga bisa digunakan untuk windows 7, akan tetapi bila sudah ditanya apakah pentium III speednya akan tinggi bila menggunakan windows XP atau bahkan Vista ? Inilah yang kita maksud spesifikasi memegang peranan dalam kinerja dan speed (kecepatan kerja).

Komponen Lain Yang Saling Mendukung adalah sebagai berikut:
1. Motherboard mengambil peran yang paling penting di dalam sebuah sistem PC,... karena dia disebut juga MAINBOARD, yakni papan utama. Motherboard biasa disingkat MOBO ini jelas fungsinya dalam menjadikan sebuah komputer itu berkecepatan tinggi atau rendah, support dengan prosesor yang tinggi atau hanya prosesor yang rendah, mempengaruhi feature/fasilitas sebuah PC adakah didalamnya VGA -onboard, SOUND - On Board, LPT1 On-board, USB3 - On Boaard dan lain sebagainya, biasanya kalau bagus kualitas mobonya maka komputer pasti speed dan kinerjanya jempolan.
2 Kita tidak boleh mengesampingkan RAM, bagaiamanapun bagus sebuah prosesor maka RAM adalah "darah" dari sistem komputer ini, tanpa RAM maka Operating Systemnya tidaka dapat berjalan secara Optimal. Terutama para Gamer yang ingin bermain sempurna maka harus menambah RAM nya untuk mencapai spek game yang diinginkan. Jaman dahulu Ram adalah begitu kecil dalam ukuran Kb (kilo byte), maju lagi menjadi Mb (mega byte) dan sekarang sudah mencapai Gb (giga byte). RAM ibarat darah maka bila RAM nya kurang maka prosesor menjadi tidak "bergairah" dalam bekerja dan komputer sering disebut lemot karena kurang RAM.
3.VGA - wikipedia menyebutnya Video Graphic Array, kita sudah mahfum dan tahu banget apa VGA itu, ya benar jelaslah komponen ini memang untuk grafis atau tampilan gambar di monitor anda. Kehalusan, kecerahan dan kekontrasan menjadikan VGA komponen yang penting bagi komputer, dan untuk software yang memerlukan VGA secara khusus adalah GAME, GRAFIS DAN MULTIMEDIA. Game dengan VGA yang kurang memenuhi spesifikasi maka dia akan tersendat-sendat (nge-lag), bila anda bermaik di grafis misalnya saja photoshop maka jelaslah VGA harus memenuhi syarat untuk menjalankan software ini, bila tidak maka software grafis ini tidak mau jalan atau kalau jalan loading-nya lama. Multimedia yang saya maksud adalah editing movie, ada sesi yang paling memerlukan VGA yang bagus adalah sesi render.

Komponen Lain Dalam Spek
Komputer adalah sistem, sistem tidak bisa berjalan sendirian, jadi seluruh komponen harus normal dan bekerja dengan baik, meskipun demikian spek yang lazim sudah saya sebut komponen utamanya diatas. Komponen penting itu adalah Power Supply - jantungnya PC/notebook, Casing - Wajah atau tampilan PC/Notebook, Harddisk - Perutnya PC sekligus Penampung Nyawa (operating syetemnya biasanya di harddisk), monitor adalah penyampai informasi kepada kita, Sound System dan kabel Power, komponen lainnya lagi adalah komponen tambahan seperti mouse dan keyboard, webcam, Wifi dan masih banyak lagi.
Satu lagi yang berpengaruh dari spek selain kinerja dan kasta juga mempengaruhi harga. Tambah tinggi spek komputer anda tambah dalam kocek yang harus kita rogoh. Hukum ekonomi semakin bagus sebuah produk maka harganya mengikuti.
Sedikit dari saya semoga bisa menjadi informasi yang berguna.

BONUS DOWNLOAD

1. Windows Genuine Advantage Remover pada win XP. Klik Sini untuk download.
2. Game kecil Rocket Mania. Download.

1 comment:

  1. spek = performa = harga....betul kan bang ranu?
    bila speknya rendah berarti tidak mahal. dan sebaliknya semakin baik spek semakin mahal harganya.

    ReplyDelete