Thursday, May 5, 2011

RAM - RANDOM ACCESS MEMORY




RAM (Random access memory)

Menurut Wikipedia RAM adalah Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.




Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.


RAM MASA KINI

Anda tentu sudah sangat akrab dengan memory komputer ini, berbentuk seperti sebuah kotak persegi panjang dengan antarmuka (interface) yang berwarna kuning keemasan dan beberapa chipset hitam yang menempel di kotak persegi panjang tersebut. Mulai dari EDO-RAM biasanya digunakan untuk kmputer sebelum pentium yakni 386, dan 486 atau malah dibawahnya. Untuk RAM pentium satu sampai dengan pentium 4 awal disebut SDRAM dengan menggunakan PC 66, PC 100 dan PC 133. Kemudian untuk Pentium 4 sampai dengan LGA awal menggunakan DDRAM 1 dan DDRAM 2, pernah ada peralihan dari SDRAM menjadi DDRAM yakni RDRAM yang berdurasi sangat singkat menjadikan barang ini sangat langka dan mahal harganya, dengan motherboard komputer yang tidak UMUM atau khusus hanya untuk RDRAM biasanya pentium 4 (1,4 GHz atau 1,5Ghz), dan yang paling banyak beredar saat ini dengan asumsi masih diproduksi dan dijual sekond nya yakni DDRAM 2 mulai PC 4200 s/d PC6400) dan yang sedang mulai keluar adalah DDRAM 3 (PC 6500 ke atas) yang disebut dengan DIMM dan untuk memori Notebook/Netbook adalah disebut SODIM (Small outline DIMM), sama dengan RAM untuk PC, RAM Notebook juga ada tipe SDRAM, dan DDRAM, untuk PC dan lainnya sama yang berbeda bentuknya SODIM hanya kurang lebih separuh fisiknya dari DIMM. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.




TIPS

RAM ibarat roh dari sebuah sistem PC tanpanya tidak akan jalan sebuah PC atau Notebook (walaupun kadang ada notebook yang mempunyai RAM Internal) akan tetapi tetap saja ada RAM nya - hanya dengan adanya RAM inilah komputer akan bekerja dan bisa beroperasi dengan baik. Beberapa tips yang akan saya berikan semoga bermanfaat.
1. Ada beberapa motherboard yang COMBO artinya mempunyai SLOTDIMM dua jenis (ada yang SDRAM dan DDR1 atau ada yang DDRAM 2 dan DDRAM 3) saya menyarankan kepada anda untuk memilih RAM yang kastanya lebih tinggi, karena akan bekerja lebih cepat. Combo yang DDRAM 2 dan DDRAM 3 anda pilih saja yang DDR 3, kabar baiknya DDR 3 lebih murah.
2. Memasangkan RAM DEENGAN PC YANG SAMA. Sebab PC pada RAM juga membawa indikasi FREKUENSI (dalam Hertz), sebagai contoh saja DDRAM PC 2700 berfrekuensi 333Hz dan PC 3200 dengan frekuensi 400Hz, bila dipasangkan maka akan terjadi kesenjangan yang signifikan karena kita tahu RUMUS FISIKA dari Frekuensi adalah f=1/t, satu gelombang arus listrik pada RAM per t (dalam detik), bayangkan bila digabung antara PC 2700 dan PC 3200 kesenjangannya besar sekali bukan tiap detik bisa dihitung sederhana 400-333= 67hz, dalam jangka waktu yang sebentar maka RAM dengan PC yang tinggi "memaksakan" menyesuaikan dengan PC yang rendah, tetapi dalam jangka waktu lama maka Ram PC tinggi tidak "tahan" lagi memaksakan diri dan berubah ke frekuensinya yang sebenarnya. Dan bila berlangsung demikian akan rusaklah salah satu dari RAM tersebut, yang paling sering terjadi adalah yang ber PC rendah.
3.Ram jangan ditekuk, jangan dikenai sinar matahari langsung, jangan terkena bensin, jangan dibersihkan dengan air, bersihkan interface nya dengan hapusan pensil.
4. Bila perlu dikasih heatsink (sirip) untuk ram yang ber PC tinggi biasanya.
5. Kalau beli usahakan yang Lifetime warranty, setidaknya dari toko hanya setahun tetapi bisa ditukarkan ke vendornya bila lewat garansi toko/lebih dari satu tahun.
6. Jangan mencabut ram saat PC/notebook menyala/hidup.
7. Memasang RAM jangan sampai terbalik karena bisa terbakar slot dan RAM nya.
8. Memasang RAM sesuaikan dengan kemampuan Motherboard biasanya ditengarai dengan adanya FSB dari sebuah motherboard dan besarnya sampai UP-TO....Gb, dan bila ada yang dual channel isikan dengan ram yang identik ataupun dengan PC yang sama dan besar Memory yang sama akan membooster lebih cepat daripada dipasang yang berbeda memori atau berbeda PC atau malah dipasang SATU ram saja walau memorinya besarnya sama dengan yang DUA RAM tadi.
9. Memasang ram MELAMPAUI Kemampuan motherboard adalah mubazir atau bahkan membuat komputer/notebook menjadi lambat. Misalnya memorinya UP-to(baca:mentok) 4 Gb dan slot DIMM nya ada 2 maka maksimum dipasang per slot adalah 2GB lebih dari itu sia-sia saja karena terbacanya juga tetap 2 GB saja perslot atau bahkan menjadi lemot/berat.

Hanya itu saya yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment