Monday, May 2, 2011

Membuat Website dengan Domain dan Hosting Gratis

WEBMASTER BLOGGER PUN TIDAK KALAH SERU
Yang akan saya bahas barangkali sudah "lame...atau...kadaluwarsa" tetapi tidak enak rasanya kalau pengalaman pribadi yang ada tidak saya "share" dengan anda. Banyak jalan membuat website gratisan alias tidak berbayar, yang paling populer ya forum blogger kita ini. Tidak kalah seru dengan pesaing-pesaingnya macam (maaf saya sebut nama ya tidak bermaksud untuk melakukan apa-apa hanya sebut saja) yaitu: wordpress.com, blog.com, multiply.com dan lain sebagainya. Paling mudah dan paling upgradable adalah BLOGGER kita dong.....kalau mo upgrade domainnya biar ga ada kata -blogspotnya- siapkan kartu kredit untuk membayar dulu sih sekitar 10USD, lalu masuk ke setting - publishing - nah disitu ada kata-kata domain.... klik saja anda akan ditawari beli/upgrade domain oleh google (oh ya blogger berada di bawah google bro/sis). Caranya tidak ribed dan beberapa hari saja sudah menjadi hilang tuh blogspotnya dan bila kesulitan tanya pada google langsung. Ehm ngomongin upgrade mengapa saya belum upgrade ? Saya hanya berpikir bahwa saya belum mampu untuk lebih progfesional lagi, dengan kata lain pencurahan waktu untuk mengelola blog belum tersedia dengan luas.....jadi blogspot pun tidak masalah yang penting bisa membantu para pengunjung untuk berbagi dan memberi solusi tentunya.
Nah mengapa saya menulis membuat website gratis dengan domain (nama website) dan hosting (inang/induk database dari website kita), saya tidak akan menunjukkan tutorial yang full, hanya bagian penting saja biar anda bisa membuat blog/website gratis dengan nama yang sesuai selera kita *asal unik*, dan hostingnya gratis pula. Bila punya file penting bisa diupload dan tidak hilang,.....mari kita mulai.

Untuk membuat DOMAIN dan HOSTING gratis langkah apa yang perlu anda lakukan ?
1. Siapkan koneksi internet itu sebuah keharusan.
2. Bagi yang belum punya email yang buatlah email di yahoo atau gmail.
3. Yang penting dan perlu diingat sebenarnya websitenya untuk apa, bisnis-online kah, atau jualankah atau yang lain, untuk itu perlu diketahui tujuan yang pastinya.
4. Membuat domain klik saja logo ini....
CO.CC:Free Domain
Lalu anda daftar/sign up, gunakan data yang valid saja yah,... walapun kadang kita tidak mau. Tetapi saran dari saya gunakan data yang valid.
5.Setelah terdaftar anda masuk saja ke kotak GETTING NEW DOMAIN, Beri nama domain, bebas lalu di cek ketersediaannya (availability)nya, tuliskan nama dan klik CHECK, bila sudah tersedia nama DOMAIN anda sudah jadi.
Tinggal melanjutkan ke DOMAIN SETTINGS, dan SETUP, dan anda ditawarkan untuk mengisi cara membuat hostingnya pilih yang NOMOR SATU/NAME SERVER.
5. Isikan dikotak pertama dengan :ns01.000webhost.com
isikan kotak kedua dengan :ns02.000webhost.com
6.Centang Apply...... klik SETUP dan berhasil.
7. Anda tunggu sekitar 24 jam,.... atau kalau lagi bagus bisa langsung di tujukan ke HOSTING nya kalau yang sudah punya HOSTING. kalau belum mari kita menyewa hosting gratisan yaitu disitus ini. 000webhost.com atau anda klik Logo ini
Free Website Hosting
Anda masuk ke triple kosong (bukan huruf O) ya saudara 000webhost.com.
1. Cari kotak SIGN-UP di bagian kanan bawah warna biru muda.
2. Setelah proses selesai, karena mendaftarnya tidaklah sulit.
3. Anda lihat dipojok kiri atas, ada MANAGE DOMAIN... masukkan nama domain anda yang telah anda buat sebelumnya.
4. Ada di kotak itu tulisan ACTION, klik dibagian bawahnya untuk ACTIVATE,... ini pun menunggu domain anda aktif,(bila harus menunggu 24 jam, ya berarti hari berikutnya anda login ke 00webhost.com nya.)
5. Bila domain anda telah aktif, maka klik dibawah ACTION tersebut dengan ACTIVATE, maka akan muncul Go to CPanel. Sebelumnya anda harus membuka terlebih dahulu email yang untuk mendaftar di 00webhostnya, disitu ada panduan mengenai beberapa cara masuk ke Cpanel, FTP dan lain sebagainya. Yang terpenting anda masuk ke Cpanel dan ada disana Ad-on domain, isikan domain anda dan sudah aktiflah website dengan domain dan hosting gratis <000webhost>.
6. Langkah selanjutnya anda mengeditnya sendiri dengan mengeklik WEBSITE BUILDER karena yang autoinstaller fantastico lagi tidak jalan saat ini.....(waktu saya membuatnya).
Nah tentang bagaiman dan caranya anda yang lebih tahu mengenai website anda sendiri, ada upload file ada yang lainnya.
Sedikit dari saya dan semoga membantu bila ada saran karena kekurangan posting ini terima kasih sebelumnya.

No comments:

Post a Comment