Saturday, March 20, 2010

Install Sound Pada Windows XP di Notebook ASPIRE 4732Z

Telah kita ketahui saat ini Windows XP sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian orang, tetapi sebagian yang lain masih tetapi "enjoy" dan memang merasa lebih mudah menggunakan opoerating system yang sudah lumayan lama ini (keluar sekitar tahun 2001), sehingga seolah-olah Windows Xp sudah mendarah daging bagi sebagian user. Dan memang kinerja dari Xp diakui memang mumpuni, driver yang mudah dan yang paling penting dukungan dari produsen hardware sangat mendukung, begitupun dukungan dari pembuat software sangat beragam dan fleksibel mendukung XP hingga sampai tahun 2010 pun masih banyak yang menggunkannya sekalipun sudah keluar Vista (dari penggodokannya sampai dengan release nya sudah berumur sekitar 8 tahun), dan terakhir Windows Seven,... alasan yang paling gampang adalah hardware pendukung untuk kedua Operating System (vista dan windows seven), masih banyak yang belum kompatibel. Dan yang biasa memakai XP terasa canggung dan perlu belajar lagi, sehingga mempertahankan status quo:baca: tetap memakai OS windows XP. Tidak ada yang salah dengan semua itu, terpenting adalah bagaimana kita bisa bekerja dengan optimum. Menggunakan XP bila tidak optimum tentu sebaiknya berpindah ke VIsta/Windows Seven dengan berbagai konsekuensi yang diperlukan. Dan bila menggunakan Windows Xp masih optimal yang tidak menjadi sebuah kesalahan tetap menggunakannya sekalipun sudah ada Operating System (OS) yang lebih mutakhir. Pilihan terserah anda, ada juga OS yang lain Machintos - khusus Apple - dan Linux - software opensource. Saya tidak akan membahasnya dengan detil. Cukup sebagai pembuka posting saya kali ini.

Install Sound Aspire 4732Z pada Windows XP.
Salah satu yang menjadi kendala dalam menginstall windows Xp pada notebook type ini adalah Sound dan webcamnya. Sebenarnya Aspire 4732Z ini yang sudah Dual-Core didedikasikan untuk diinstall windows vista atau windows 7, akan tetapi seperti cerita saya yang diatas tadi bahwa masih banyak diantara user yang kerjanya dan operasinya lebih optimum dan mudah dengan menggunakan windows Xp. Nah yang sangat membuat saya kaget adalah waktu menginstall Aspire 4732Z adalah "DALAM driver bawaannya tidak ada driver sound dan aplikasi webcam yang COCOK, dengan windows XP. Padahal tertulis disitu driver untuk XP, tetapi kenyataanya tidak bisa diinstall dan tidak bisa webcam app(application) tidak bisa berfungsi dengan baik, sound nya tidak mau diisntall (ada driver realtek hd audio) dan suyin/chicony webcam application, dan ketiga-tiganya tidak berfungsi. Bila anda mengalami hal semacam ini, saya akan memberi sedikit trik atau saran.

1. Pada setiap driver (bluetooth, vga , LAN, Wifi, chipset, touchpad. Lauch manager, cardreader) semuanya berjalan normal. Untuk bluetooth coba anda perhatikan pada bungkus Aspire 4732Z anda lihat spesifikasinya, ada colcknya (berapa giga processor dual corde anda, VGA, Wifi,..dll), bila di kemasannya ada bluetoothnya berarti pada notebook anda ada fasilitas bluetoothnya, bila pada kemasan/box notebook anda tidak ada berarti memang tidak ada fasilitas bluetooth pada Notebook Aspir anda, karena pada keyboard Notebook aspire 4732Z ini yang ada bluetoothnya ataupun yang tidak ada, tetap saja ada gambar bluetoothnya di deretan tombol fungsi. Saya telah memperhatikan beberapa kali, bila kapasitas harddisknya yang 160Gb biasanya tidak ada fasilitas bluetoothnya - beberapa kasus - dan bila yang 320Gb biasanya ada fasilitas bluetoothnya.

2.Untuk webcam aplikasinya gunakan BISON CAMERA. Saya telah mencobanya dan berhasil, karena driver dari Aspire 4732Z ini sudah bisa terbaca dalam windows Xp yang tidak ada adalah aplikasinya, gunakan aplikasi BISON CAMERA. Bisa anda download di link blog ini (perhatikan disebelah kiri ada HOTTEST LINK) cari link ACER INDONESIA. Pilih Operating Systemnya dan cari drivernya kemudian download saya. Sangat mudah...
Dan pengalaman saya bila Aspire/Acer notebook bisa menyebabkan "tidak mau shutdown" kalau driver Cameranya Crash atau terlalu banyak (lebih dari satu bisa menyebabkan crash). Caranya uninstall semua driver/aplikasi camera, lalu pilih SATU driver yang cocok saja. Kalau pada Aspire 4732Z ini cukup APLIKASINYA saja yang diinstall, yakni aplikasi BISON CAMERA.

3. Nah ini yang saya utarakan sebagai intinya. Yakni Sound nya. Anda bisa Download File ini. Lalu install seperti biasa, sangat mudah dan setelah di reboot akan terdengar suara yang anda tunggu-tunggu.

4. Tips yang keempat, bila anda belum mengintegrasikan driver sata (AHCI) pada Windows XP anda (dengan menggunakan Nlite - ada diposting saya sebelumnya tahun 2009), maka gunakan Windows XP biasa, hanya anda harus MENGGANTI MODE HARDDISK dari AHCI Mode dengan IDEMODE, ada pada BIOS Aspire anda.

Semoga bisa membantu anda yang kesulitan menginstall Aspire 4732Z ini.

BONUS DOWNLOAD
1. Internet Download Manager.
2. FLV Player + Plugin Flash Player 10.