Saturday, May 23, 2009

Crimping RJ45

Bagi anda yang baru belajar jaringan LAN, jangan merasa ketinggalan karena komputer adalah teknologi tercanggih manusia saat ini, biarpun orang sedang gencar-gencarnya menggunkan WLAN (Wireless/accesspoint), nah bagi yang sudah bisa bisa mengoreksi saya dan bagi yang belum inilah yang akan saya beri tahukan kepada anda:
1. Syarat nya adalah anda harus mengenali perbedaan warna dengan baik
2. Kabel LAN (orang bilang kabel BELDEN) ada 8 serabut yakni : Hijau dan Hijau Putih, Orange dan orange putih, Biru dan biru putih, Coklat dan coklat putih.
3. Ada dua macam jenis crimpingan yakni : stright (lurus /PC ke Hub) dan Cross (peer to peer atau PC ke PC (laptop ke laptop).
4. Adapun yang diperlukan tentu saja : tang Crimping - bukan tang biasa yang dibengkel motor- bentuknya khusus bisa untuk Crimping RJ45 atau yang combo bisa RJ11 juga.
Gunting kalau tang crimpingnya tidak tajam lagi.
RJ45 minimal sepasang untuk ujung dan pangkalnya.
Kabel UTP/LAN/Belden sepanjang yang dibutuhkan,... bisa 1 m atau bahkan mentok 100 m (tidak disarankan lebih dari 80 m bisa data lost)
5. Pengecek LAN (LAN tester banyak dijual di toko komputer terdekat harga berkisar 25-50 ribu)
6. adapun susunannya adalah sebagai berikut :
a. PC to Hub (lurus) =
1=OP 1=OP
2=O 2=O
3=HP 3=HP
4=B 4=B
5=BP 5=BP
6=H 6=H
7=CP 7=CP
8=C 8=C

PC to Hub ujung yang satu dengan yang lain lurus terhubung (sama susunannya)

b.Cross
1=OP 1=HP
2=O 2=H
3=HP 3=OP
4=B 4=B
5=BP 5=BP
6=H 6=O
7=CP 7=CP
8=C 8=C

perhatikan hanya warna Orange&Orange Putih yang bertukar dengan Hijau&Hijau Putih.

7. Penentuan nomor adalah : RJ45 ada semacam PENGANCING, nah Pengancingnya posisinya ada dibawah, berarti paling kiri adalah KABEL nomor 1.
8. Setelah anda beres dengan GENTLE menekan tang crimping, pastikan ditest dahulu, kalau PC to Hub berarti lampu di tester kedua-duanya menunjukkan angka yang sama antara 0 sampai dengan 8.
9. Kalau PC to PC (peer to peer/cross), Akan menunjukkan

1=3
2=6
3=1
4=4
5=5
6=2
7=7
8=8

Kalau masih ada kesalahan potong saja crimpingan pada kabel yang salah urutannya, lalu periksa dengan teliti,.... selamat mencoba, lain waktu akan saya tuliskan cara men setting jaringan.
Semoga bermanfaat

Bisnis sampingan ini bisa jadi sebuah alternatif bagi anda gabung saja dengan saya disini.
Ajak teman anda dan siap-siap mendapat duit. Jangan lupa buat PAYPAL nya disini karena nanti anda akan ditanya email yang anda gunakan untuk registrasi PAYPAL nya. Untuk membuay paypal yang diperlukan adalah email dan rekening bank (kode bank ada diblog maseko, yang saya link kan disamping kanan blog RJ9 Com ini), saya berharap anda menjadi orang yang sukses bersama saya, tidak ada rekayasa dan keberhasilan ada ditangan anda dalam berusaha dan saya hanya memberitahu sedikit jalan saja. Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat

Cara mem-format- hadrdisk dengan DOS (Win98)

Kadang kita tidak teliti dalam memilih harddisk waktu membeli khususnya harddisk sekond, asal beli tetapi tidak ditest terlebih dahulu, kalaupun di test dengan mengunakan OS windows XP, asal beres.... "Mas ini sudah jalan dengan baik di windows XP" kok....", kata si penjual, tetapi tunggu dulu, ada hal yang akan saya beritahukan kepada anda. Bahwa tidak jaminan harddisk sehat sewaktu bisa diinstall windows XP, apalagi di GHOST, ini akan sangat merugikan pembeli "user end", bila berpatokan bagusnya harddisk hanya karena bisa menampung Windows XP, konon yang di GHOST, karena secara kebetulan saya telah mengalami berbagai pengalaman yang menyimpulkan bahwa mem FORMAT di Windows XP (atau Linux) adalah sangat "kalah teliti" bila dibandingkan dengan memformat dengan WINDOWS 98/ME.
Mengapa ? Karena kerja windows 98 tidak terlalu jauh sistem dasar harddisk yakni (FAT), karena windows 98 kerja di FAT32, yang memungkinkan lebih teliti dibanding dengan sistem NTFS nya XP. Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang hal ini, karena secara keilmuan saya tidak mumpuni dibidang ini, boleh anda memberi masukan dan saran kepada saya bila ternyata saya salah dalam menulis hal ini.

Cara mem FORMAT dengan Windows 98 adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke BIOS (berbagai cara dengan menekan :del (paling umum), F2 (laptop dan mobo\asrock), F1(laptop dan mobo IBM), bahkan F10(paling sering Laptop Compaq V series dan desktop Dell) masing-masing pabrikan berbeda-beda.
2. Siapkan CD Windows 98, pilih boot from CD (bukan dari Harddisk)
3. Setelah masuk kepada windows 98 tekan saja enter, sampai dengan anda pada pilihan. Setuju atau F3 keluar, pilih F3 keluar dari Setup Windows 98 (karena kita tidak akan menginstall HDD kita dengan Win 98 hanya akan memformatnya saja)
4. Akan muncul prompt. ....Win98>
5.win98>Fdisk lalu enter,
6.Pilihlah yang sesuai dengan keadaan harddisk anda, bila belum ada Primary DOS nya anda pilih angka 1 terus enter, bila ingin menghapus primary DOS nya anda pilih 3 dan bila ada NTFS nya anda pilih 3, kemudian 4 (ada perintahnya).... setelah semua LOGICAL DRIVE terhapus, maka buat lagi LOGICAL DRIVE (primary DOS) dengan menekan angka 1.
7. Nanti akan ada pilihan (Y/N) pilihlah Y lalu tekan enter, tunggu sampai dengan 100%
8.Ada pilihan sekali lagi setelah 100%, pilih lagi Y, sampai dengan selesai. Lalu sistem minta di reboot agar prosesnya sempurna.
9.Ulangi langkah nomor 3 dan 4
10. pada tampilan yang persis dengan nomor 5 yaitu ....win98>format C:/s lalu tekan enter
(catatan bila harddisk yang tidak baik akan menolak memformat menggunakan sistem (/s), dan jelas harddisk yang begitu jangan dibeli).
11.Lalu akan ada peringatan : attention !, format will ..... data lost (Y/N)
12. Pilih saja Y, lalu tekan enter.... akan ada tulisan KAPASITAS harddisk anda dalam bilangan BYTE (misal 40 GB biasnya tertulis,...3800156210) dst dan diikuti dengan persentase harddisk yang sudah terformat (angka berjalan menggunkan persentase) tunggu sampai dengan 100 persen.
(catatan: bila ada kata-kata : trying to recovery..... berarti harddisk nya BAD sector jangan digunakan lagi karena berbahaya - cepat mati)
13. Setelah berhasil ada keterangan kapasitas, file yang dihidden, tidak ada bad sector dan terakhir meminta anda memberi nama.... atau enter untuk NONE.
14. Selamat mencoba bila diformat dengan win98 OK, pasti akan OK untuk semua sistem, percayalah.
Terima kasih
anda bisa berbisnis dengan saya GRATISSS.... klik saja ini lalu join ya.... saya tunggu anda, setelah anda bergabung dengan saya ajak teman anda,,,.... thanks.

Friday, May 22, 2009

Driver SATA untuk XP pada Presario CQ40 (AMD Turion)

Saya hanya mau memberi linknya saja dan inilah linknya, setelah itu downloads program Nlite.
driver sata intel disini, dan yang AMD disini.
Kalau program Nlite-nya disini.

Langkah yang diperlukan adalah PC yang sehat tidak bervirus dan ada CD-RW/DVD-RW nya untuk burning CD XP EDITAN (yang sudah dikompilasi driver SATA nya).
Persiapkan 1(satu) CD kosong, 1(satu) CD Windows XP yang masih lengkap dan bagus. Driver SATA yang di download di atas,
Nlite yang harus diinstall untuk kompilasi.

1. Cara pertama adalah install Nlite. Jangan lupa ya dibutuhkan Microsoft Dot.net 2 (frame work), bisa download disitusnya microsoft, atau ada pada installer VGA - biasanya ATI Catalyst.
2. Copy seluruh isi CD windows XP di Driver C, berinama foldernya, bebas yang penting kita
tahu itu folder yang berisi Windows Xp.
3. Setelah itu jalankan Nlite. Bisa link dan lihat di blog ini
(catatan waktu insert driver sata pilih yang serinya 9 pada intel dan AMD X86 pada amd),... karena AMD ini termasuk versi baru

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Sunday, May 17, 2009

Blue Screen (Pada Windows Xp)

Kadangkalah PC kita tiba-tiba "bluescreen". Layar menjadi biru, dengan sebait tulisan putih, dan ada tulisan yang bergerak dibagian paling bawah,...sambil menghitung sesuatu, beginning.......dst. Tidak bisa bergerak sama sekali bahkan tombol "Ctrl+Alt+Del" pun tidak mempan, terpaksa kita pencet tombol reset manual,.... lalu muncul lagi dan "percayalah" bluescreen datang lagi.
Adanya bluescreen pasti telah terjadi sesuatu yang tidak beres, dan hanya sehat bila sesuatu yang tidak beres tersebut kita benarkan, kita atasi.
Sebelum bluescreen terjadi biasanya komputer menjadi lambat loadingnya orang depok bilang lelet atau bahkan lemot,... nah setelah lama hal ini terjadi barulah terjadi bluescreen. Atau bisa jadi waktu mematikannya kita tidak dengan prosedur yang biasanya, atau listrik tiba-tiba down/njepret/mati lampu, ini akan sangat mempengaruhi komputer salah satunya yakni bluescreen tadi. Saya tidak akan membahas blusescreen secara software atau hardware, tetapi saya hanya akan memberi solusi bila bluescreen terjadi.
Solusi :
1. Bluescreen yang terjadi karena "memory(RAM)" , kotor, sudah lemah atau rusak, caranya, Bila kita duga RAM nya yang kotor, matikan komputer kita cabut power untuk Harddisk(karena harddisk sangat rentan) lalu kita cabut RAMnya, kemudian dibersihkan dengan hapusan pensil bagian "interface"nya (yang berwarna keemasan dan berjejer membentuk persis gigi warna emas) yang biasa ditancapkan di "memory bank"(wadah RAM), lalu pasang lagi, bila ada beberapa memory coba satu-satu dulu, yang mana yang membuat bluescreen,....Setelah RAM dibersihkan, kita nyalakan komputernya, terlebih dahulu tidak menggunakan harddisk (jangan pasang dulu kabel power yang ke harddisk), setelah berjalan dengan baik, matikan komputer sekali lagi, pasang kabel power harddisk dan nyalakanlah, bila memang hanya karena RAM yang kotor, biasanya komputer akan normal kembali.
Bila memory telah lemah dan rusak memang sebaiknya diganti, karena kalaupun dibersihkan dan berjalan, pasti tidak akan berjalan normal dengan lama, sebentar-sebentar "hang" dan bluescreen lagi, atau restart-restart terus. Nah bila hal ini terjadi sebaiknya RAM anda (SDRAM, DDR1, DDR1) segera diganti.
2.Bluescreen yang terjadi karena Harddisk.
Yang pertama karena harddisknya sendiri yang tidak normal/fit lagi, ditandai dengan panas yang berlebihan bila dipegang, bunyi yang terlalu keras (kecuali pada hardisk SCSI sebuah pengecualian), dan loadingnya biasanya lambat (salah satu penyebab bluescreen tadi), ada tanda-tanda dari hardisk yang lemah/tidak fit, yaitu pada waktu windows masih normal, setelah windows login..... tidak langsung login tetapi "scan harddisk" dulu,....dan ini terjadi setiap kali windows login, sekalipun waktu mematikan Komputer kita dengan benar (melalui shutdown). atau kadang terdetksi kadang tidak terdeteksi,.... atau bahkan sudah badsector fisiknya, kalau ada salah satu gejala yang saya sebutkan di atas, sebaiknya Backup data dulu, lalu segera harddisk di ganti.
Yang kedua memang berhubungan dengan harddisk tetapi bukan fisik harddisk tersebut tetapi lebih mengarah kepada operating systemnya (biasanya WINDOWS), salah format, windows yang corrupt filenya, dan bila ini yang terjadi mau tidak mau harus diformat dan install ulang, tentu saja terlebih dahulu dibackup data anda.
3. Bluescreen karena Motherboard, ini lah yang paling berat, dan ciri-cirinya adalah sering hang lalu bluescreen, bila jalan "normal" tetapi aneh-aneh yang terjadi tiba-tiba restart dilanjutkan dengan bluescreen lalu normal lagi sementara, soundnya tidak jalan, vga nya jadi tidak masuk driver nya dan hal-hal yang tidak terjadi pada motherboard yang normal. Nah, kalau yang ini saran saya segera diganti motherboard anda, ini memang "sakit" yang paling mahal dari penyebab bluescreen.

Sedikit tip dari saya, dan ini semoga membantu, tetapi bila memang ada penyebab lain yang belum saya sampaikan dan anda mengalaminya....boleh sharing bareng saya. Thanks