Saturday, May 23, 2009

Cara mem-format- hadrdisk dengan DOS (Win98)

Kadang kita tidak teliti dalam memilih harddisk waktu membeli khususnya harddisk sekond, asal beli tetapi tidak ditest terlebih dahulu, kalaupun di test dengan mengunakan OS windows XP, asal beres.... "Mas ini sudah jalan dengan baik di windows XP" kok....", kata si penjual, tetapi tunggu dulu, ada hal yang akan saya beritahukan kepada anda. Bahwa tidak jaminan harddisk sehat sewaktu bisa diinstall windows XP, apalagi di GHOST, ini akan sangat merugikan pembeli "user end", bila berpatokan bagusnya harddisk hanya karena bisa menampung Windows XP, konon yang di GHOST, karena secara kebetulan saya telah mengalami berbagai pengalaman yang menyimpulkan bahwa mem FORMAT di Windows XP (atau Linux) adalah sangat "kalah teliti" bila dibandingkan dengan memformat dengan WINDOWS 98/ME.
Mengapa ? Karena kerja windows 98 tidak terlalu jauh sistem dasar harddisk yakni (FAT), karena windows 98 kerja di FAT32, yang memungkinkan lebih teliti dibanding dengan sistem NTFS nya XP. Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang hal ini, karena secara keilmuan saya tidak mumpuni dibidang ini, boleh anda memberi masukan dan saran kepada saya bila ternyata saya salah dalam menulis hal ini.

Cara mem FORMAT dengan Windows 98 adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke BIOS (berbagai cara dengan menekan :del (paling umum), F2 (laptop dan mobo\asrock), F1(laptop dan mobo IBM), bahkan F10(paling sering Laptop Compaq V series dan desktop Dell) masing-masing pabrikan berbeda-beda.
2. Siapkan CD Windows 98, pilih boot from CD (bukan dari Harddisk)
3. Setelah masuk kepada windows 98 tekan saja enter, sampai dengan anda pada pilihan. Setuju atau F3 keluar, pilih F3 keluar dari Setup Windows 98 (karena kita tidak akan menginstall HDD kita dengan Win 98 hanya akan memformatnya saja)
4. Akan muncul prompt. ....Win98>
5.win98>Fdisk lalu enter,
6.Pilihlah yang sesuai dengan keadaan harddisk anda, bila belum ada Primary DOS nya anda pilih angka 1 terus enter, bila ingin menghapus primary DOS nya anda pilih 3 dan bila ada NTFS nya anda pilih 3, kemudian 4 (ada perintahnya).... setelah semua LOGICAL DRIVE terhapus, maka buat lagi LOGICAL DRIVE (primary DOS) dengan menekan angka 1.
7. Nanti akan ada pilihan (Y/N) pilihlah Y lalu tekan enter, tunggu sampai dengan 100%
8.Ada pilihan sekali lagi setelah 100%, pilih lagi Y, sampai dengan selesai. Lalu sistem minta di reboot agar prosesnya sempurna.
9.Ulangi langkah nomor 3 dan 4
10. pada tampilan yang persis dengan nomor 5 yaitu ....win98>format C:/s lalu tekan enter
(catatan bila harddisk yang tidak baik akan menolak memformat menggunakan sistem (/s), dan jelas harddisk yang begitu jangan dibeli).
11.Lalu akan ada peringatan : attention !, format will ..... data lost (Y/N)
12. Pilih saja Y, lalu tekan enter.... akan ada tulisan KAPASITAS harddisk anda dalam bilangan BYTE (misal 40 GB biasnya tertulis,...3800156210) dst dan diikuti dengan persentase harddisk yang sudah terformat (angka berjalan menggunkan persentase) tunggu sampai dengan 100 persen.
(catatan: bila ada kata-kata : trying to recovery..... berarti harddisk nya BAD sector jangan digunakan lagi karena berbahaya - cepat mati)
13. Setelah berhasil ada keterangan kapasitas, file yang dihidden, tidak ada bad sector dan terakhir meminta anda memberi nama.... atau enter untuk NONE.
14. Selamat mencoba bila diformat dengan win98 OK, pasti akan OK untuk semua sistem, percayalah.
Terima kasih
anda bisa berbisnis dengan saya GRATISSS.... klik saja ini lalu join ya.... saya tunggu anda, setelah anda bergabung dengan saya ajak teman anda,,,.... thanks.

6 comments:

  1. gimana caranya...menggunakan cd boot hirens 10 ??
    dan mengopi file yang ada di file C: untuk masuk ke plesdis..saat menggunakan cd bootnya??(oparsi sistem dos)saya mau ambil file yg ada di dokumennya,karna lektopku keburu ruasak sistem windosnya,jadi lektopnya gelpa..tak ada gambr...trims sebelumnya
    ZULKARNAIN...email zulyinnoni@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Boss, anda bisa menggunakan windows Pirate Edition, Hiren dan menggunakan software get mydata back (ada bisa didownload disini, FAT32, dan yang NTFS), tetapi dengan catatan harddisk masih bisa terdeteksi, dan untuk file hiren saya bisa memberi linknya, cukup besar file nya (300 Mb), ini link nya.
    cara untuk get my data back tentukan dulu jenis filenya FAT32 atau NTFS. Software ini harus dicrak dulu,...cara backup datanya bisa dari komputer lain kemudian harddisk anda yang "mulai" rusak direndeng(gandeng), kemudian datanya diback up. kalau menggunakan Windows pirate edition, gunakan software back-up data....(easy recovery, get my data back juga ada)....selamat mencoba.

    ReplyDelete
  3. Ini Link Hiren nya salah sebut bukan 300Mb tetapi 194Mb. Monggo di DOWNLOAD DISINI.

    ReplyDelete
  4. Klo win98 yg gampang di instal versi apa saja,saya coba mau instal di PC P4 soket prosi 478

    ReplyDelete