Saturday, May 23, 2009

Crimping RJ45

Bagi anda yang baru belajar jaringan LAN, jangan merasa ketinggalan karena komputer adalah teknologi tercanggih manusia saat ini, biarpun orang sedang gencar-gencarnya menggunkan WLAN (Wireless/accesspoint), nah bagi yang sudah bisa bisa mengoreksi saya dan bagi yang belum inilah yang akan saya beri tahukan kepada anda:
1. Syarat nya adalah anda harus mengenali perbedaan warna dengan baik
2. Kabel LAN (orang bilang kabel BELDEN) ada 8 serabut yakni : Hijau dan Hijau Putih, Orange dan orange putih, Biru dan biru putih, Coklat dan coklat putih.
3. Ada dua macam jenis crimpingan yakni : stright (lurus /PC ke Hub) dan Cross (peer to peer atau PC ke PC (laptop ke laptop).
4. Adapun yang diperlukan tentu saja : tang Crimping - bukan tang biasa yang dibengkel motor- bentuknya khusus bisa untuk Crimping RJ45 atau yang combo bisa RJ11 juga.
Gunting kalau tang crimpingnya tidak tajam lagi.
RJ45 minimal sepasang untuk ujung dan pangkalnya.
Kabel UTP/LAN/Belden sepanjang yang dibutuhkan,... bisa 1 m atau bahkan mentok 100 m (tidak disarankan lebih dari 80 m bisa data lost)
5. Pengecek LAN (LAN tester banyak dijual di toko komputer terdekat harga berkisar 25-50 ribu)
6. adapun susunannya adalah sebagai berikut :
a. PC to Hub (lurus) =
1=OP 1=OP
2=O 2=O
3=HP 3=HP
4=B 4=B
5=BP 5=BP
6=H 6=H
7=CP 7=CP
8=C 8=C

PC to Hub ujung yang satu dengan yang lain lurus terhubung (sama susunannya)

b.Cross
1=OP 1=HP
2=O 2=H
3=HP 3=OP
4=B 4=B
5=BP 5=BP
6=H 6=O
7=CP 7=CP
8=C 8=C

perhatikan hanya warna Orange&Orange Putih yang bertukar dengan Hijau&Hijau Putih.

7. Penentuan nomor adalah : RJ45 ada semacam PENGANCING, nah Pengancingnya posisinya ada dibawah, berarti paling kiri adalah KABEL nomor 1.
8. Setelah anda beres dengan GENTLE menekan tang crimping, pastikan ditest dahulu, kalau PC to Hub berarti lampu di tester kedua-duanya menunjukkan angka yang sama antara 0 sampai dengan 8.
9. Kalau PC to PC (peer to peer/cross), Akan menunjukkan

1=3
2=6
3=1
4=4
5=5
6=2
7=7
8=8

Kalau masih ada kesalahan potong saja crimpingan pada kabel yang salah urutannya, lalu periksa dengan teliti,.... selamat mencoba, lain waktu akan saya tuliskan cara men setting jaringan.
Semoga bermanfaat

Bisnis sampingan ini bisa jadi sebuah alternatif bagi anda gabung saja dengan saya disini.
Ajak teman anda dan siap-siap mendapat duit. Jangan lupa buat PAYPAL nya disini karena nanti anda akan ditanya email yang anda gunakan untuk registrasi PAYPAL nya. Untuk membuay paypal yang diperlukan adalah email dan rekening bank (kode bank ada diblog maseko, yang saya link kan disamping kanan blog RJ9 Com ini), saya berharap anda menjadi orang yang sukses bersama saya, tidak ada rekayasa dan keberhasilan ada ditangan anda dalam berusaha dan saya hanya memberitahu sedikit jalan saja. Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Wat.. ada adobe acrobat reader dan adobe professional ya..

    dan.. wat.. gabung nang deppacco. bukak situse nuneik www.lydianuniekagustina.blog.com men dadi refferal Hesti.. lumyan lo...join ulih 100 Euro.. se klik ulih 0.5 Euro.. nek email 10 Euro...
    minimal payment 5000 Euro...

    Men bisa cepet ulih duwit wat..

    Good Luck

    ReplyDelete
  2. Oke dech,... nanti aku buka blognya Nuniek dan sekalian berbisnis

    ReplyDelete