Sunday, July 25, 2010

Install Windows XP pada ACer Aspire 4732Z


DOWN GRADE DARI VISTA KE WINDOWS XP SP2
baru saja men-downgrade windows vista/seven pada Notebook Acer aspire seri 4732Z yang mana anda harus menggunakan program integrasi driver sata bila menginginkan speed yang lebih dari windows xp nya, dan kita tahu untuk windows xp belum ada driver AHCI (sata) yang terintegrasi dari sononya,...artinya bila tidak menggunakan driver sata harddisknya "tidak terdetek", tidak dikenali. Dan anda bisa menggunakan program N-Lite yang ada pada posting saya tahun 2009,...dan driver SATA/AHCI (advanced host controller interface)nya akan saya sertakan diposting ini. Bagi anda yang suka "mengoprek" tentu akan sangat senang mencoba hal baru (walaupun cara ini sebenarnya sudah sangat lama.....tapi tidak ada jeleknya bukan kalau saya coba menyajikannya kembali ?)
ADA KABAR BAIKNYA
Pada aspire versi 4732Z ini anda bisa menggunakan setting IDE pada harddisk menggantikan AHCI MODE (nanti harddisk terbaca sebagai IDE bukan lagi sata), dengan kata lain bisa instalasi dengan windows "biasa" tanpa integrasi driver AHCI pada kepingan CD windows Xp sp2 nya tersebut.Tetapi yang saya katakan tadi kecepatannya kalah dengan MODE AHCI. Karena intinya sata ahci adalah harddisk tingkat lanjut tentu saja sudah diperhitungak speed dan transfer rate nya, tetapi tidak ada gading yang tak retak kestabilan IDE lebih bagus dibanding SATA/AHCI, gampangnya harddisk sekarang jauh lebih rapuh dari harddisk yang tempo doeloe.


CARA SWITCH dari MODE AHCI KE MODE IDE GIMANA ?
Semua ada cara mudahnya anda tinggal masuk ke BIOS dengan memencet Tombol F2, ketika anda barus saja menghidupkan komputer atau setelah merestart nya. Lalu pada BIOS ADVANCED (MAIN) dibagian paling bawah ada terdapat setingan MODE AHCI, sorot dan ganti dengan menggunakan tanda panah keatas dan kebawah sebelumnya anda ENTER terlebih dahulu,...diganti menjadi IDE, nah ini sudah sangat mudah untuk diinstal dengan mengggunakan windows xp biasa saja,....
Mudah sekali dan anda akan segera menuntaskan instalasi ini.
Bocoran saja ketika anda menggunakan windows XP drivernya bisa saya beritahukan sebagai berikut : Boleh kok sekalian di download...:
1. Intel chipset.
2. Vga Intel Graphic Media Accelerator.
3. Atheros WLAN
4. Lan Atheros Khusus ini dia atau yang ini.
5.Webcam Cichony. Pilih App(likasinya) saja, ga usah drivernya...
6. Sound Conexant HD AUDIO.
7. Modemnya Agere
8. Card Reader
9. Touchpad
10. Lauch Manager
11. Wallpaper
12.Driver SATA AHCI bagi yang ingin mencoba dengan program N-Lite.(integrasi driver sata, caranya ada diposting saya tahun 2009,sekitar bulan februari 2009.
Nah semoga bisa membantu bagi anda yang ingin menginstall notebook ini dengan menggunakan Operating System Windows XP.
Terima kasih.

BONUS DOWNLOAD
++ Aisiteru - Zhifila- Menunggu