Tuesday, September 27, 2011

Hardisk External Tidak terdeteksi di MACHINTOSH

NTFS FORMAT TIDAK TERDETEKSI DI MACHINTOSH ?
Ini sebuah pertanyaan yang saya sendiri sampai saat ini belum tahu jawabannya, keterbatasan saya adalah tidak mempunyai komputer yang berbasis Machintosh (dari apple macbook misalnya) sehingga saya tidak bisa menguasai operating sistem ini dengan baik. Saya tidak berbicara harddisk external pridadiku, akan tetapi punya teman yang kebetulan punya Apple Machintosh di kantornya. Bila anda mengetahui apa alasannya atau bisa memberi sedikit tips kepada saya tentang NTFS yang tidak terdeteksi di MAchintosh tersebut. Bisa memberi komentar dibawah nanti.

Membeli harddisk external dan di partisi menjadi 4 Bagian.
Beberapa kali saya mencoba dengan menggunakan Windows untuk memformat harddisk menjadi beberapa partisi, maksimum yang saya bisa adalah menjadi 4 partisi, setelah itu Windows tidak mau lagi memberi drive kepada harddisk yang akan kita format. Dan ketika ini terjadi saya menggunakan software PARTITION MAGIC (untuk windows XP tidak ada masalah tetapi untuk Vista/WIn 7 anda setidaknya mempunyai PMG versi 10 keatas). Dan saya berhasil membuat 5 partisi dalam satu harddisk external.

CARA MEMFORMAT HARDDISK VIA WINDOWS DISK MANAGEMENT.
Anda klik kanan pada MY COMPUTER lalu pilih MANAGE, ada pilihan DISK MANAGEMENT. dan anda bisa DELETE PARTITION, CREATE PARTITION,FORMAT. Nah yang penting adalah Tipe dari format yang anda inginkan pada kasus kita ini ingin yang berformat FAT32 agar bisa terbaca Machintosh, maka anda pilih (dengan menekan tanda panah disebelah kanan tulisan NTFS) pilih FAT32 dan anda bisa memberi LABEL atau nama kemudian cara memformat dengan cara QUICK atau NORMAL format. Sampai disini saya pikir tidak ada kesulitan sama sekali. Akan tetapi beberapa kendala mungkin terjadi yakni ada harddisk (external) yang tidak mau diformat FAT32 dan partisi tidak bisa lebih dari 4 partisi,.....maka terpaksa anda menggunakan SOFTWARE PARTITION MAGIC. seperti dibawah ini.

Lalu Bagaimana Agar hardisk External terdeteksi pada MACBOOK atau OPerating SYstem Machintosh ?
Jawabannya adalah dengan mengkonversi (convert) format FAT32. Bila tidak bisa diconvert menjadi FAT32 maka anda harus memback-up terlebih dahulu data yang ada di harddisk externalnya menggunakan operating system WINDOWS atau LINUx terlebih dahulu kemudian anda format menjadi FAT32, bila format biasa anda tidak bisa maka gunakanlah PARTITION MAGIC (PMG). Sangat mudah melakukannya. Anda bisa klik kanan dan CONVERT atau Delete terlebih dahulu kemudian FORMAT atau DELETE keseluruhan kemudian CREATE tentukan kapasitasnya, lalu jangan lupa APPLY perubahan yang sudah anda lakukan. Bila tidak ada masalah maka semuanya akan berjalan normal. Dan harddisk anda berformat FAT32 yang memungkinkan dibaca oleh Operating System Machintosh. Semoga membantu.

Sunday, September 25, 2011

Menyiasati Akun 4shared Gratisan agar tidak diblokir

Membuat Akun 4Shared.com
Membuat akun 4Shared.com termasuk tidak sulit, sangat mudah, dan kabar baiknya yang gratisan pun masih ada. Mengapa memilih 4shared.com? satu jawaban mudah dalam upload dan downloadnya tergolong cepat seperti lokal dan bisa di paralel dalam downloadnya walaupun menunggu selama 20 detik. Urusan upload dan download memang tidak menjadi persoalan asalakan anda tidak melanggar Term Of Services nya 4Shared.com. Team 4Shared.com biasanya memberi email khusus untuk anda dengan tanda penyalahgunaan (abuse)

Konten atau Isi apa saja yang sering diblokir ?
Yang paling sering adalah konten yang berisi file-file dan atau link pronografi. Terus link dan atau file yang berisi tentang penyalahgunaan HAK CIPTA, seperti Mp3, Video dan Tulisan (buku beserta kontennya biasanya yang belum digratiskan). Konten yang berisi SARA dan sejenisnya.Lebih jelasnya anda bisa membacanya sendiri diaturan yang diberikan pada TOS (term of services)nya.
Diperingatkan Sampai Dengan 3 (tiga) kali.
Bila diperingatkan sebanyak 3 kali peringatan anda tetap menyalagunakan (abuse) biasanya dilaporkan oleh pihak atau orang yang merasa hak ciptanya anda langgar atau melaporkan isi dari uploadan anda adalah berisi konten pornografi dan hal merugikan lainnya. Maka akun anda akan diblokir.
Terima kasih semoga bisa membantu anda.

Beberapa Cara Membuat Profil Koneksi Broadband

Software Bawaan Modem Dengan Mesin Huawei
Ketika ada teman yang tidak bisa mengoneksikan modem huaweinya karena windows yang dipakai adalah Vista (win 7 juga), maka saya mencoba merreinstall progam /software mobile partnernya, hasilnya,... ternyata image installernya rusak (installer yang dibuilt-in di dalam modem, sebagai contoh ZTE mempunyai image installer Join Air, huawei mempunyai image installer mobile partner). Lalu saya mencari akal bagaimana caranya biar modem bisa terdeteksi dan melakukan koneksi internet dengan sempurna.

Menggunakan Image Installer dari Modem lain yang sejenis mesinnya.
Inilah yang saya alami beberapa hari lalu, saya menggunakan modemku (baca:bersoftware mobile partner dengan versi yang sedikit lebih tinggi dari modem huawei temanku), lalu install seperti biasa. Dan semuanya berjalan normal. Karena versi mobile partnernya memang sudah kompatibel dengan windows vista atau Win 7.
Sedikit tip merubah Profil koneksi pada mobila partner.
Tentu saja anda harus menyesuaikan SIM-CARD/atau kartu broadband yang anda gunakan. Langkah pertama adalah :Install mobile partner sampai dengan selesai, ditandai dengan terdeteksinya modem, terlihat adanya sinyal, dan tentu saja kartu broadband anda sudah diaktifkan. Lalu anda klik TOOLS (alat)>>>OPTIONS (pilihan)>>>Profile Management>>> bila dan baru membuat profile pilih NEW dan bila anda memperbaharui/merubah profil anda pilih EDIT>>>lalu isikan pada Profile name:isikan bebas, boleh nama anda,...>>> Dial/access number isikan:*99#,>>> use static APN>>>> tergantung kartu anda bila indosatm2 (isikan :indosat), telkomsel:(isikan internet), bila XL :(isikan xlunlimited), bila tri:(isikan 3data), lalu isikan pada tri username dan password :sama yakni 3data. Pada Indosat, telkomsel dan XL username dan password dikosongkan. Tambahan saja untuk axis, APN "axis", Username:axis, Password:123456,... dan setelah itu anda SAVE>>> lalu (SET AS) DEFAULT. Bila profile koneksi sudah sukses anda buat, silahkan anda koneksikan.
Tambahan : untuk modem sierra wireless pada windows 7 gunakan 3gwatcher versi terbaru yang berwarna merah.
Terima kasih semoga bisa membantu.