Tuesday, September 27, 2011

Hardisk External Tidak terdeteksi di MACHINTOSH

NTFS FORMAT TIDAK TERDETEKSI DI MACHINTOSH ?
Ini sebuah pertanyaan yang saya sendiri sampai saat ini belum tahu jawabannya, keterbatasan saya adalah tidak mempunyai komputer yang berbasis Machintosh (dari apple macbook misalnya) sehingga saya tidak bisa menguasai operating sistem ini dengan baik. Saya tidak berbicara harddisk external pridadiku, akan tetapi punya teman yang kebetulan punya Apple Machintosh di kantornya. Bila anda mengetahui apa alasannya atau bisa memberi sedikit tips kepada saya tentang NTFS yang tidak terdeteksi di MAchintosh tersebut. Bisa memberi komentar dibawah nanti.

Membeli harddisk external dan di partisi menjadi 4 Bagian.
Beberapa kali saya mencoba dengan menggunakan Windows untuk memformat harddisk menjadi beberapa partisi, maksimum yang saya bisa adalah menjadi 4 partisi, setelah itu Windows tidak mau lagi memberi drive kepada harddisk yang akan kita format. Dan ketika ini terjadi saya menggunakan software PARTITION MAGIC (untuk windows XP tidak ada masalah tetapi untuk Vista/WIn 7 anda setidaknya mempunyai PMG versi 10 keatas). Dan saya berhasil membuat 5 partisi dalam satu harddisk external.

CARA MEMFORMAT HARDDISK VIA WINDOWS DISK MANAGEMENT.
Anda klik kanan pada MY COMPUTER lalu pilih MANAGE, ada pilihan DISK MANAGEMENT. dan anda bisa DELETE PARTITION, CREATE PARTITION,FORMAT. Nah yang penting adalah Tipe dari format yang anda inginkan pada kasus kita ini ingin yang berformat FAT32 agar bisa terbaca Machintosh, maka anda pilih (dengan menekan tanda panah disebelah kanan tulisan NTFS) pilih FAT32 dan anda bisa memberi LABEL atau nama kemudian cara memformat dengan cara QUICK atau NORMAL format. Sampai disini saya pikir tidak ada kesulitan sama sekali. Akan tetapi beberapa kendala mungkin terjadi yakni ada harddisk (external) yang tidak mau diformat FAT32 dan partisi tidak bisa lebih dari 4 partisi,.....maka terpaksa anda menggunakan SOFTWARE PARTITION MAGIC. seperti dibawah ini.

Lalu Bagaimana Agar hardisk External terdeteksi pada MACBOOK atau OPerating SYstem Machintosh ?
Jawabannya adalah dengan mengkonversi (convert) format FAT32. Bila tidak bisa diconvert menjadi FAT32 maka anda harus memback-up terlebih dahulu data yang ada di harddisk externalnya menggunakan operating system WINDOWS atau LINUx terlebih dahulu kemudian anda format menjadi FAT32, bila format biasa anda tidak bisa maka gunakanlah PARTITION MAGIC (PMG). Sangat mudah melakukannya. Anda bisa klik kanan dan CONVERT atau Delete terlebih dahulu kemudian FORMAT atau DELETE keseluruhan kemudian CREATE tentukan kapasitasnya, lalu jangan lupa APPLY perubahan yang sudah anda lakukan. Bila tidak ada masalah maka semuanya akan berjalan normal. Dan harddisk anda berformat FAT32 yang memungkinkan dibaca oleh Operating System Machintosh. Semoga membantu.

2 comments:

  1. http://guntingbatukertas.com/hardware/jaringan/setting-speedy-pada-modem-adsl-tp-link-td-8817/

    setting ulang SPEEDY TELKOM
    Urun rembug saja bro

    ReplyDelete
  2. thks sobat atas informasinya sangat bermanfaat !!

    http://myapotekacemaxs.com/

    ReplyDelete