Friday, October 21, 2011

HP Pavilion G4 Core I3 Downgrade Ke Windows XP

Alasan Downgrade
Sebenarnya Hp Pav G4 Core i3 ini sudah didisain untuk Windows 7 untuk kinerja yang lebih optimal, dengan ketersedian drivernya di situs HP/Compaq yang diperuntukkan operating system Win 7 saja. Akan tetapi ada sebuah alasan yang membuat teman saya mendowngrade dari Windows 7 ke Windows Xp adalah karena ada program yang penting dan wajib bisa running di notebook HP Pavilion G4 ini, sehingga mau tidak mau teman saya ini menggunakan windows XP. Barangkali ada yang mempunyai alasan lain untuk mendowngrade Windows 7 nya menjadi Windows XP.

Nlite dan Driver SATA AHCI
Yang biasa kita gunakan adalah Software Nlite untuk mengintegrasikan driver SATA pada Windows XP. Software Nlite ini juga memerlukan Microsft Framework versi 2.0, dan tentu saja driver SATA nya,yang bisa anda download disini.
Cara yang digunakan untuk mengintegrasikan Driver SATA nya
Langkah yang paling penting adalah anda install MSFrameWork versi 2 dan kemudian Nlitenya, dan anda lebih sempurna menggunakan DVD/CD RW yang mana nanti untuk memburning CD Windows XP yang sudah terintegrasi dengan Driver SATA Hp Pavilion G4 Core i3 ini. Caranya sudah banyak yang diupload saya juga sudah pernah upload sekitar tahun 2009, yang terpenting adalah intergrasi DRIVER DAN BOOTABLE ISO, setelah itu anda INSERT >> SINGLE DRIVER >>IAHCI >>TEXT MODE >> sorot Intel (R) Mobile Express Chipset SATA AHCI Cntroller. klik OK dan proses integrasi segera berlangsung. Nah saya sudah mencobanya dan bisa mendowngrade Windows 7 menjadi Windows XP. Semoga membantu.
Catatan: Kekurangan dari downgrade ini adalah sulitnya mencari DRIVER nya, saya belum bisa memberikan linknya untuk anda. Terima kasih