Sunday, May 17, 2009

Blue Screen (Pada Windows Xp)

Kadangkalah PC kita tiba-tiba "bluescreen". Layar menjadi biru, dengan sebait tulisan putih, dan ada tulisan yang bergerak dibagian paling bawah,...sambil menghitung sesuatu, beginning.......dst. Tidak bisa bergerak sama sekali bahkan tombol "Ctrl+Alt+Del" pun tidak mempan, terpaksa kita pencet tombol reset manual,.... lalu muncul lagi dan "percayalah" bluescreen datang lagi.
Adanya bluescreen pasti telah terjadi sesuatu yang tidak beres, dan hanya sehat bila sesuatu yang tidak beres tersebut kita benarkan, kita atasi.
Sebelum bluescreen terjadi biasanya komputer menjadi lambat loadingnya orang depok bilang lelet atau bahkan lemot,... nah setelah lama hal ini terjadi barulah terjadi bluescreen. Atau bisa jadi waktu mematikannya kita tidak dengan prosedur yang biasanya, atau listrik tiba-tiba down/njepret/mati lampu, ini akan sangat mempengaruhi komputer salah satunya yakni bluescreen tadi. Saya tidak akan membahas blusescreen secara software atau hardware, tetapi saya hanya akan memberi solusi bila bluescreen terjadi.
Solusi :
1. Bluescreen yang terjadi karena "memory(RAM)" , kotor, sudah lemah atau rusak, caranya, Bila kita duga RAM nya yang kotor, matikan komputer kita cabut power untuk Harddisk(karena harddisk sangat rentan) lalu kita cabut RAMnya, kemudian dibersihkan dengan hapusan pensil bagian "interface"nya (yang berwarna keemasan dan berjejer membentuk persis gigi warna emas) yang biasa ditancapkan di "memory bank"(wadah RAM), lalu pasang lagi, bila ada beberapa memory coba satu-satu dulu, yang mana yang membuat bluescreen,....Setelah RAM dibersihkan, kita nyalakan komputernya, terlebih dahulu tidak menggunakan harddisk (jangan pasang dulu kabel power yang ke harddisk), setelah berjalan dengan baik, matikan komputer sekali lagi, pasang kabel power harddisk dan nyalakanlah, bila memang hanya karena RAM yang kotor, biasanya komputer akan normal kembali.
Bila memory telah lemah dan rusak memang sebaiknya diganti, karena kalaupun dibersihkan dan berjalan, pasti tidak akan berjalan normal dengan lama, sebentar-sebentar "hang" dan bluescreen lagi, atau restart-restart terus. Nah bila hal ini terjadi sebaiknya RAM anda (SDRAM, DDR1, DDR1) segera diganti.
2.Bluescreen yang terjadi karena Harddisk.
Yang pertama karena harddisknya sendiri yang tidak normal/fit lagi, ditandai dengan panas yang berlebihan bila dipegang, bunyi yang terlalu keras (kecuali pada hardisk SCSI sebuah pengecualian), dan loadingnya biasanya lambat (salah satu penyebab bluescreen tadi), ada tanda-tanda dari hardisk yang lemah/tidak fit, yaitu pada waktu windows masih normal, setelah windows login..... tidak langsung login tetapi "scan harddisk" dulu,....dan ini terjadi setiap kali windows login, sekalipun waktu mematikan Komputer kita dengan benar (melalui shutdown). atau kadang terdetksi kadang tidak terdeteksi,.... atau bahkan sudah badsector fisiknya, kalau ada salah satu gejala yang saya sebutkan di atas, sebaiknya Backup data dulu, lalu segera harddisk di ganti.
Yang kedua memang berhubungan dengan harddisk tetapi bukan fisik harddisk tersebut tetapi lebih mengarah kepada operating systemnya (biasanya WINDOWS), salah format, windows yang corrupt filenya, dan bila ini yang terjadi mau tidak mau harus diformat dan install ulang, tentu saja terlebih dahulu dibackup data anda.
3. Bluescreen karena Motherboard, ini lah yang paling berat, dan ciri-cirinya adalah sering hang lalu bluescreen, bila jalan "normal" tetapi aneh-aneh yang terjadi tiba-tiba restart dilanjutkan dengan bluescreen lalu normal lagi sementara, soundnya tidak jalan, vga nya jadi tidak masuk driver nya dan hal-hal yang tidak terjadi pada motherboard yang normal. Nah, kalau yang ini saran saya segera diganti motherboard anda, ini memang "sakit" yang paling mahal dari penyebab bluescreen.

Sedikit tip dari saya, dan ini semoga membantu, tetapi bila memang ada penyebab lain yang belum saya sampaikan dan anda mengalaminya....boleh sharing bareng saya. Thanks

12 comments:

  1. Pak kompi saya suka bluescreen sendiri tiap x start up...
    tulisan d' bluescreennya :
    *** STOP : 0x0000008E ()0xC0000005, 0xF7B66F, 0xBADB3934, 0x00000000), dst...

    Itu karna RAM, HDD, OS, atau mobonya ??
    Trima kasih atas bantuannya Pak.

    ReplyDelete
  2. Kalau dilihat dari tulisan pada bluescreennya, ini dari harddisknya, coba lepaskan dulu power HDD nya lalu anda nyalakan tanpa HDD, apakah tetap Restart dan Bluescreen? bila tanpa HDD normal kemungkinan besar HDD nya yang kena, kemungkinan ke duanya OS nya saja,apakah ada perintah lain sebelumnya yang menyinggung NTFS, atau FAT32 agar di check atau backup datanya? Kalau iya berarti HDD-nya, coba anda dengarkan "bunyi HDD nya akah keras dan tidak wajar seperti bunyi dipukul-pukul? atau gemeretak ?, sebagian ini tanda HDD yang tidak sehat. Kemungkinan pertama adalah HDD nya yang tidak sehat.
    Kemungkinan ke dua adalah RAM nya sudah lemah atau kotor sehingga interface (antar mukanya tidak menempel dan terhubung dengan sempurna)copot dan bersihkan RAM nya dengan hapusan pensil, lalu pasang.... bila lebih dari satu RAM perlu dicoba satu-satu dulu, kalau normal berarti RAM sehat.
    Kemungkinan yang ketiga adalah OS nya, apakah sebelum terjadi bluescreen komputer anda mati tidak sesuai prosedur dengan menggunakan shutdown? atau mati lampu atau listrik "down/anjlok"? atau barangkali ada game atau program /driver lainnya yang anda install tapi kurang sempurna sehingga malah "mengganjal OS", bila ciri HDD sakit tidak ditemukan sudah dipastikan hanya OS nya saja, langkah pertama coba masuk ke SAFE MODE dengan cara TEKAN F8 sebelum kompi masuk OS (dalam hal ini sebelum bluescreen terjadi), pilih menu SAFE mode (paling ATAS), lalu UNINSTALL Program/game/driver yang tidak sempurna tadi,....biasanya kalau karena terganjal sebab ini berhasil normal lagi, tetapi bila ada file yang Corrupt sebaiknya anda merepair OS nya saja. Jangan lupa untuk jaga-jaga diback-up dulu data yang di drive C (data yang se Drive dengan system, biasanya tersimpan di MyDocuments, atau Folder buatan anda sendiri),kalau memang direpair tidak bisa dengan berat hati anda format ulang saja,...
    Dari keterangan di atas saya tidak menemukan adanya bluescreen yang disebabkan MOBO,...walaupun tidak menutup kemungkinan.
    Saya hanya memberi sedikit informasi bagi anda, semoga bermanfaat, bila belum berhasil menangani sendiri saran saya datanglah ke teknisi yang anda percayai, saran saja,... HDD yang rusak sebaiknya jangan diservis untuk dipakai lagi, kecuali terpaksa ingin ditarik datanya,... setelah data bisa diback-up sabaiknya HDD jangan dipakai lagi, takutnya bisa mati sewaktu-waktu, apalagi kalau sudah diisi data yang "amat penting" akan sangat merugikan. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas bantuannya Pak. Jadi gini, saya kan orang awam tentang hal beginian.. wkt pertama x install win saya kan buat partisi utk HDD saya. Lalu saya buat 2 partisi, nah dua2nya itu NTFS baik C maupun D, biasanya kan yg d'drive C itu NTFS, sedangkan yg di D biasanya FAT..
    Apa ada pengaruhnya ya ??

    ReplyDelete
  4. kayaknya tidak masalah mas, kalo partisinya memakai NTFS malah lebih bagus daripada FAT 32,

    ReplyDelete
  5. kalu kabel hdd di lepas trs first boot na di ganti apa gan ???

    ReplyDelete
  6. Maaf saya coba jelaskan kurang lebih begini:
    Pengalaman saya kalau kabel harddisk dilepas kemungkinan PC/Notebook tidak akan beroperasi (jalan),...karena Windows memang adanya didalam harddisk tersebut.
    Tetapi bila anda ingin menjalankan PC/Notebook dengan Windows live CD/linux live CD maka first bootnya di CD/DVD ROM saja, yang memungkinkan bisa menggunakan Windows live/MiniPE atau USB Live atau OS lainnya LinuxLive... jadi tanpa harddisk-pun bisa beroperasi.

    Kemungkinan kedua kalau ada dua harddisk, firstbootnya pake harddisk yang ada windows/linux-nya tentunya.
    Yang menjadi pertanyaan anda barangkali saya jawab bootingnya (first boot) nya pake CD/DVD ROM saja, tetapi bila anda ingin menggunakan USB FLASHDISK WINDOWS LIVE pun bisa,...tetapi saya belum posting,..atau kalau anda ingin meneruskan installasi Windows, firstbootnya pun dari CD/DV ROOM, tetapi kabel harddisk "memang seharusnya" dicolokkan, karena Windows yang ada di CD/DVDROM akan terkopi/mengarah ke Harddisk anda, sehingga windows/linuxnya bisa "bersemayam" dan "jalan" diharddisk anda, sehingga PC berjalan Normal.
    Terima kasih, maaf atas keterbatasan jawaban saya.

    ReplyDelete
  7. tambahan bang ranu, pc/notebook akan jalan juga dalam DOS PROMPT tanpa harddisk, tetapi tidak bisa beroperasi dengan windows,...DOS operating sistem jaman dulu bro..

    ReplyDelete
  8. Awesome issues here. I am very happy to look your article.
    Thank you so much and I am looking forward to touch you.
    Will you please drop me a mail?

    Here is my blog post: travel

    ReplyDelete
  9. Good web site you have here.. It's hard to find quality writing like yours nowadays. I honestly appreciate individuals like you! Take care!!

    My homepage - vakantiehuis frankrijk huren

    ReplyDelete
  10. Heya i am for the first time here. I found this board and I find It truly useful
    & it helped me out a lot. I hope to give something back and aid others like you helped me.


    My website ... vakantiehuisjes frankrijk - vakantiehuisjesfrankrijk.wordpress.com -

    ReplyDelete
  11. I like the valuable information you supply for your articles.

    I will bookmark your blog and check again here frequently.
    I'm reasonably certain I will learn lots of new stuff right right here! Good luck for the following!

    Here is my homepage - particuliere vakantiehuizen ()

    ReplyDelete
  12. What's up it's me, I am also visiting this website regularly,
    this site is truly good and the viewers are in fact sharing good thoughts.


    My web blog; vakantiehuis

    ReplyDelete