Sunday, April 17, 2011



ALEXA DAN PAGE RANK
Dalam perkembangannya kedua hal ini sangat terkait dengan jumlah kunjungan, link yang keluar dan masuk ke sebuah website/blog, kepopuleran pada sebuah situs/website. Tambah ramai Traffic nya tambah populer websitenya dan tambah tinggi skala google page ranknya.
Website yang akan digunakan untuk berbisinis sangat memerlukan untuk mengetahui "posisinya" masing-masing, sebab pemasang iklan tentu tidak akan memasang iklannya di website-website yang sepi. Yah ibarat sebuah mercusuar, alexa rank dan google page rank menunjukkan keberadaan website kita. Semakin tinggi alexa rank *dengan urutan paling baik rakning 1 dan seterusnya*, dan semakin besar skala google page rank kita (dengan urutan paling baik adalah 10, 9 dan turun sampai yang terrendah) maka secara otomatis para pemasang iklan akan berbondong-bondong menghampiri website kita, dan tidak menutup kemungkinan kita bisa mencetak banyak income dari hal ini. Dan sebaliknya semakin suram mercusuar kita semakin, sepi website kita maka semakin jarang atau malah tidak akan ada pemasang iklan yang mau menempatkan iklannya di website "sepi" kita.
Gambaran ini akan saya perjelas dengan definisi kedua mesin tolok ukur keberadaan website/blog kita dimata dunia maya.


ALEXA RANK
 
Versi wikipedia tentang Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa.com merupakan anak cabang perusahaan Amazon.com
Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

PENTINGNYA ALEXA RANK
Alexa rank berfungsi sebagai "penilaian kualitas sebuah website. Berbeda dengan google page rank website yang punya kualitas tinggi, baik dari segi konten, traffic, dan backlink memiliki Alexa Rank yang kecil. Contohnya Google.com Alexa Rank nya #1, Facebook.com Alexa Rank nya #2, dan website saya masih besar alexa rank nya.
Jadi untuk website yang bertujuan untuk mencari bisnis online/internet business ya jelaslah alexa rank sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Karena perkembangan didunia maya tidak terduga maka situs/website/blog yang muncul akan bertambah banyak dan tidak bisa tidak pasti akan terjadi fluktuasi/naik turunnya alexa rank. Dan sebagai blogger yang aktif dan ingin mendapat income seharusnya memperhatikan bagaimana caranya untuk mempertahankan alexa rank tetap kecil atau minimal tetap stabil. Sebab "perlombaan" ini bertaraf internasional dan "tanpa batas teritorial wilayah negara", akan menjadi sangat mungkin bila bulan ini alexa rank kita kecil dalam bulan berikutnya bisa menjadi turun dan rankingnya membesar, ini menjadi sebuah cermin diri dari kita (praktisi website terlebih yang ingin berbisnis diinternet), bagaimana kualitas isi website kita, pengunjung dan backlink yang ada padanya.
Adapun cara dari menaikkan/memperkecil alexa rank dengan memperbaiki secara keseluruhan website kita, bila posting pilih yang berguna dan sedang trend, tukar link, gunakan keunikan dari website kita, dan yang jelas kemurnian dari ide-ide kreatif kita. Tujuannya mudah agar para pemasang iklan mau dan dengan senang memberi kita income, sebab traffic (inbound link -link masuk dan outbound link - link keluar) dan kepopuleran website/blog kita yang memang bagus.
Dan sebaliknya jika ranking alexa kita turun, sebagai pemilik blog/website haruslah mawas diri dan meng-update diri dengan memeriksa ulang semua yang menyebabkan "minimnya traffic kunjungan ke website anda. Posting tidak berguna dan menarik, posting out-of date, atau malah hanya posting-posting asal-asalan, jiplakan atau copy-paste (copas) dari orang lain.

GOOGLE PAGE RANK
Menurut wikipedia, page rank (PR) didefinisikan sebuah algoritma ciptaan pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin yang berfungsi menentukan seberapa penting atau seberapa populer sebuah situs di dunia maya.
Bagaimana rumus algoritma page rank itu?
Algoritma page rank dihitung dengan rumus seperti di bawah ini:

Algoritma PR(A) = (1-d) + d [(PR(T1) /C(T1) ) + ... + ( PR(Tn)/ C(Tn)]
Rumus algoritma lain, PR(A) = (1-d)/N + d [(PR(T1) /C(T1) ) + ...
+ ( PR(Tn)/ C(Tn)]

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web yang terindex oleh google.

Dari rumus algoritma page rank ini, yang berpengaruh adalah page rank halaman yang mengacu ke halaman A dan jumlah link. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Sebuah halaman akan diangap penting (memiliki page rank tinggi) jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut.
2. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
3. Selain itu, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

Menjadi sangat mungkin bila semakin besar skala page rank nya semakin populer sebuah website/blog.

FUNGSI GOOGLE PAGE RANK
Fungsi sama dengan alexa rank, hanya saja skala yang dibuat oleh alexa rank dan google page rank adalah berbanding terbalik. Semakin besar skala google page rank semakin baik kualitas sebuah website/blog, dan sebaliknya semakin kecil skala ranking nya semakin buruk nilai sebuah website/blog. Bahhkan saya bisa menarik kesimpulan google page rank lebih penting dari alexa rank, walaupun kedua duanya penting. Tapi akan sangat janggal bila sebuah website dengan alexa rank kecil dengan skala google page rank kecil juga, sangat jarang, atau bahkan tidak ada, sebab mesin mereka berkerja dengan kriteria yang nyaris sama, konten, traffic, backlink yang diurutkan dari semua website/blog yang ada didunia maya, lalu mereka urutkan sesuai ranking nya. Google page rank menggunakan skala dari 1-10, sedangkan alexa rank menggunakan angka 1-tak terbatas, perbedaanya hanya dicara memberi skala saja. Google page rank memberi skala yang tinggi untuk website yang bagus, dan alexa rank memberi "ranking" yang kecil untuk website yang bagus. Jadi bergembiralah bila skala google page rank tinggi dan skala alexa rank kecil.
Saya mengatakan lebih penting google page rank bukan tidak ada alasannya, sebab yang paling banyak "dikejar" adalah sebuah affiliate iklan dari google yang merupakan pemasang iklan terbesar di dunia maya yakni googladsense.

SILAHKAN CEK DISINI
Untuk mengecek Google Page Rank SINI
Untuk mengecek Alexa rank SINI
Dan anda sendirilah yang paling berpengaruh kepada website anda. Jangan membuat kesalahan dengan berlaku kurang terpuji /curang, karena yang curang tidak akan bertahan lama sekalipun itu sebuah hegemoni.
Sedikit dari saya semoga membantu anda.

BONUS DOWNLOAD

1. Crak Untuk Games Kecil. Download
2. Masuk LinkWorth. Klik Sini

3. Yang suka Ngoprek. Download Free Softwares.
4. Oprek-oprek Flashdisk 1 Gb menjadi 2Gb. Ini software nya

4 comments:

  1. Penjelasan yg Cukup Detail dan bermanfaat Mas...
    Sebelum x salam blogger n trims atas kunjungan n Comment x...
    Blog nya Bagus Mas...Dan Menggunakan Template Klasic... Karena di minta untuk sumbang Saran, Saya hanya sarankankan Sidebar x di pindah ke sebelah Kanan supaya lebih SEO Friendly.
    Yg kedua, Blog sobat belum ada Meta Tagx, Segera di pasang..
    Sementara ini Dulu Mas...

    ReplyDelete
  2. thanks buat DAENKBLOG *asumsi saya bang DAENG,...atas sarannya, dan sudah saya pindah,...
    lain kali pasti mampir lagi ke web bang Daeng

    ReplyDelete
  3. gimana caranya bikin google backlink boss?

    ReplyDelete
  4. kalo yahoo saya bisa, tapi google lewat feedburner aja kali yah,
    kalau yahoo anda masu ke Yahoopipes, syaratnya anda mempunyai akun yahu, masuk, pilih FEED FETCH, drag dengan mouse sampai membentuk kotak, isikan tulisan URL blog anda, contoh saja:
    http://www.nawaabdullah.blogspot.com/feeds/posts/default. setelah itu tari dari bulatan yang dikotak tadi sambungakn dengan kotak Pipeout, nanti di drag membentuk pipa warna biru, setelah itu (tersambung) klik di Pipeout-nya, beberapa lama mencari website anda, bila tidak keluar-keluar tekan refresh. setelah keluar maka posting yang ada di blog anda terlihat, selanjutnya SAVE. Kasih nama Pipe nya, bebas. setalah itu masuk ke MyPipes (yahoo pipes) terlihat nama pipe kita, cari kolom publish, klik saja, dan yahoo back link sudah dimulai.... semoga membantu. kalo sempat kunjungi saya di www.rushinbrava.co.cc

    ReplyDelete