Saturday, June 4, 2011

Menginstall Compaq Presario CQ41-207TU


Windows 7 Bawaan
Menginstall ulang notebook Core i3 ini, tidak terlalu sulit bila file recovery windows 7 nya masih tersimpan dan berfungsi dengan sempurna, tinggal Restart Notebook anda kemudian sebelum masuk windows – yang akan anda perbaiki – tekan F11, maka dengan otomatis akan menuju menu recovery, ikuti saja perintahnya, maka akan disetting sesuai dengan waktu pertama anda membeli laptop ini. Yakni setingan dari pabriknya – kalau tidak salah Windows 7 Home Premium – yang mana fitur-fiturnya memang masih terbatas bila dibandingkan dengan Windows 7 Ultimate. Nah setelah itu sudah beres dari driver-driver yang terinstall sempurna sampai aplikasi standar sudah diberikan dari pabriknya. Bila ingin menambah software lain anda bisa menambahkannya seperti Adobe Photoshop – saran yang CS3 atau lebih baru lagi – Corel Draw – saran yang X4 atau X5, sehingga tidak menyulitkan anda waktu menginstall - dan lain sebagainya. Bila ingin menambahkan freeware seperti Winamp – versi 5 keatas -, browser Mozilla Firefox – versi 3.4 keatas - , Opera – versi 10 – Itunes – versi 9.0 -, winrar/winzip – semua versi tetapi yang bagus winrar versi 3 keatas – dan - winzip versi 6 keatas – kalau ingin memasang software download accelerator saya memilih IDM versi 6 keatas, cari yang tidak Trial – banyak kok di googling saja - , untuk antivirus yang umum gratisan sesuaikan saja dengan keluaran terakhir seperti AVG versi 9, Avira versi 9, McAfee versi 8.7 keatas, Symantec versi 10.2 keatas, kalau PC media dan SMADAV, ARTAV malah fleksibel bisa dipasang dimana-mana. Tapi saran saya sesuaikan antivirus anda dengan aktivitas computer anda, tambah sibuk dan beragam aktivitasnya maka antivirus yang lebih “telaten” wajib anda pasang, walaupun dengan konsekuensi berat, seperti Kaspersky, BitDefender, Norton Internet Security dan lain sebagainya. Menginstall Compaq Presario CQ41-207TU tidak seperti generasinya yang terdahulu, CQ41-110AU, CQ40 dan lainnya yang berprosesor masih dibawah processor Core i3, karena generasi sebelumya masih bisa di downgrade menjadi windows XP, kalau CQ41-207Tu Core i3 ini saya sudah mencoba tetapi tetap tidak berhasil menggunakan program yang biasa saya pakai yakni N-LITE, ternyata harddisk SATA nya sudah mencapai Familiy ICH9 atau bahkan ICH10, dan saya sudah integrasikan ke Windows XP nya tetapi keduanya tetap tidak bekerja dengan normal dan GAGAL mendeteksi harddisk SATA pada CQ41-207TU core i3 ini. Saya jadi berpikir memang sudah tidak bisa didowngrade ke XP nya lagi.

INSTALL DENGAN WINDOWS 7 ULTIMATE
Drive untuk Recovery Masih ada dan ada pula Drive HP TOOLS, yah keduanya memang masih ada tetapi sudah tidak berfungsi dengan baik, maka saya coba install manual – tidak menggunakan RECOVERY. Waktu pertama install dengan Windows 7 yang baru – ultimate – saya install seperti biasa karena harddisknya memang cukup besar 500GB maka saya coba untuk membaginya menjadi Dua partisi – yakni C untuk system dan D untuk DATA, dan berhasil saya bagi menjadi dua bagian, akan tetapi saya kaget ketika yang seharusnya menjadi Drive D tertulis UNALLOCATED dan bila diklik tidak bisa dirubah, tidak bisa juga dikemblikan menjadi 500GB nya, nah… gimana ini ? Saya tetap teruskan install windows 7 ultimate nya sampai dengan selesai, dengan harapan saya akan bisa membuat partisi dari Windows 7 nya (under Windows menggunakan Disk Management). Install selesai dan saya teruskan dengan langkah yang tadi memformat Drive DATA yang masih UNALLOCATED biar bisa aktif dan diisi data, namun yang terjadi memang diluar dugaan saya, tidak bisa diformat dan memakan waktu yang sangat lama tetapi tidak juga O% (dari formatnya) berganti angka….. saya restart ulang,….. lebih menyedihkan lagi, kali ini malah tidak bisa masuk Windows 7 ultimate nya – hanya berupa cursor di layar hitam notebook CQ41-207TU nya – semakin membuat saya deg-degan. Setelah kejadian itu – memformat drive DATA dan gagal – saya mencoba menginstall Windows 7 Ultimate nya sekali lagi,….saya heran kok lama banget ketika proses yang kedua yakni EXPANDING FILE….. hampir setengah jam belum beranjak dari 0%, ini mengkhawatirkan, tunggu lebih lama dan tidak ada hasil alias tetap saja NOL persen. Bagaimana ini ?


Menggunakan Linux Ubuntu Versi 10.10
Ketika menggunakan installer windows mentok, saya tidak kehilangan akal, saya menggunakan CD Hiren yang berbasis Linux tetapi bisa menjalankan Windows XP live, dan berhasil mendetek harddisk semuanya, kecuali si driver Bandel yakni drive DATA yang masih UNALLOCATED itu. Masuk Disk Management pada Windows CD Live tidak bisa berfungsi. Dan sampai menggunakan CD hiren versi 11 ini persoalan belum terselesaikan. Masih belum bisa beroperasi Notebooknya, malah karena saya format systemnya dari CD Hiren tadi menjadikannya NTLDR IS MISSING,….. harapan saya begitu besar untuk mempertahankan FILE RECOVERY DAN HP TOOLS nya sehingga dari semua jalan yang saya lakukan diatas belum “menyentuh” kedua drive tadi. Tetapi bila keadaanya demikian saya sudah tidak sayang lagi untuk membuang – WINDOWS ORIGINAL BAWAAN NOTEBOOK – ini. Karena pada dasarnya memang sudah RUSAK, kalau tidak rusak tentulah tidak akan serumit ini bukan ?
Akhirnya jalan terakhir saya menggunakan Installer Linux Ubuntu versi 10.10 yang sudah langsung “mengenali harddisk SATA nya”, maka saya coba untuk membuat partisi sama dengan ketika menginstall windows 7 ultimate – tidak mengusik flie recovery dan hp tools nya – dan berhasil, satu partisi saya jadikan drive SYSTEM dan yang satu lagi saya jadikan Drive DATA, dan untuk sementara berhasil membaginya bisa memformat dan siap untuk menginstallnya. Yang terjadi adalah sama dengan kejadian yang lalu, terlalu lama untuk sebuah format dan copy file linux nya, NOL persen berlangsung lebih dari setengah jam, ini tidak mungkin terjadi bila keadaan Harddisk dan hardware lainnya sehat/normal. Maka yang saya takutkan terjadi, saya berkesimpulan untuk memudahkan instalasi yang baru ini – menggunakan windows 7, ketika saya ulangi sekali lagi masih bermasalah di partisi DATA nya – kalau kedua partisi bawaan notebooknya yakni File Recovery dan Hp Tools masih ada pastilah akan selalu bermasalah dengan instalasi apapun, termasuk linux ubuntunya. Dan benar dengan menggunakan linux ubuntu saya format habis itu partisi, dan tinggal partisi yang benar-benar baru dari harddisk SATA 500Gb nya. Anda sudah bisa menyangka bahwa perkiraan saya memang betul adanya, ketika saya install sekali lagi dengan menggunakan Windows 7 Ultimate semuanya berjalan lancer, masih belum terdeteksi driver untuk HDMI – terbaca sebagai PCI COMMUNICATION CARD - nya dan Network nya,…. Tetapi itu bukan sebuah persoalan, tinggal mencari di google atau di DEVID.INFO, atau disitus HP-COMPAQ nya.


KESIMPULAN
Menginstall ulang Notebook CQ41-207TU adalah mudah bila masih ada FILE RECOVERY DAN HP TOOLS nya yang masih bisa digunakan dengan normal. Akan tetapi bila sudah tidak normal atau memang sudah rusak terpaksa anda harus menghilangkannya. Itu pengalaman saya, bila ada pengalaman lain dari anda atau solusi yang lebih baik dari anda, silahkan berbagi disini, dengan memberi komentar atau bahkan memberi link anda agar orang lain tidak seperti pengalaman saya. Sedikit informasi dari saya semoga membantu. Terima kasih.


BONUS DOWNLOAD
1. Game Kecil Rocket Mania


2.


3. Inilah link gratis untuk freeware FileHipppo
4. Situs freeware lain seperti D60PC.COM, Projectw, Down Archive, Agak bervirus Katz.cd atau bahkan Kaskus, IDWS

2 comments:

  1. projectw.org hampir/sudah dijual servernya, jadi tidak bisa lagi untuk sumber dowload. saya kunjungi ternyata keadaannya demikian. thanks kang ranu

    ReplyDelete
  2. Bos laptop saya dipake anak, agar batere tidak over charging, saya sarankan untuk menggunakan listrik langsung melalui adaptor charger langsung, eee malah listrik mati saat mau masuk win7, dan saat ini tidak dapat booting lagi ke win7. Tolong dong dikasih tahu cara booting normally. Karena saya beli compaq cq 41-tu second, jadi gak punya cd recovery. Tolong dong penerahannya biar bisa booting normal kembali ke win7..

    ReplyDelete

FREE PAID TO CLICK ONLINE

PAID TO CLICK WEBSITE According to Wikipedia ( link ) Paid to click is an online business model that draws online traffic from peopl...