Friday, June 3, 2011

GMAIL DAN BLOGSPOT APAKAH TERHACK?



Banyak Akun Google Yang Diserang Hecker
Konon kabarnya banyak akun google di Amrik (AS) diserang oleh hacker dari Cina sana, jumlahnya ratusan, belum lama ini, anda bisa googling dan cari informasinya. Ternyata itu berimbas kepada akun google ku yang "harganya cuma kecil atau kalau tidak mau dibilang tidak ada harganya". Akan tetapi bagi saya "lumayan berharga", banyak sekali forum dan bisnis online yang saya ikuti memakai akun tersebut, dan ternyata itu adalah akun google yang tertua yang saya miliki, saya buat sekitar tahun 2008, nah, akun-akun google ku yang baru ada 3 buah alhamdulillah tidak dicurigai dan baik-baik saja. Semuanya normal, yang saya sayangkan akun ini (akun tertua) saya gunakan untuk akun PayPal sebagai email utama, waduh.... gimana nih sedangkan saya belum sempat memback-up email di akun PayPal ku, segeralah aku membuat akun google yang lain yang khusus hanya untuk PayPal, tidak saya gunakan untuk yang lainnya. Des,... jadilah akun yang baru dan aku rekomendasikan untuk email utama akun PayPal, sedikit lega. Tetapi rasa penasaranku belum hilang, saya coba buka AKUN google sulungku....dan saya diminta memberi verifikasi. Padahal sudah saya isi email dan passwordnya, tetapi memang harus mengikuti prosedur, ada diblok untuk verifikasi ulang, lalu saya tidak menyerah saya mencoba membuka lewat blog saya di blogger.com, siapa tahu mbah google lupa dengan email saya,...hasilnya sama, bahkan kelihatan lebih mengkhawatirkan lagi, blog saya sudah DIHAPUS, yah....gimana nih, padahal itu blog tertua yang saya miliki sudah berumur 3 tahun - walaupun tidak berisi yang bagus-bagus dan tidak berharga tinggi - akan tetapi kenangan bersama blog saya ini begitu mendalam, dimana saya baru belajar membuat blog dengan trial and error, sehingga bisa menjadi tukang posting diblog saya yang lain - baca: RJ( COM). Rasa menyesal, sesak dan bahkan suudzon kepada Mbah Google semakin menjadi, akhirnya saya, mencoba untuk Gambling, (kalau memang akun,email dan blog saya hilang ya sudah). Saya masuk ke email dan passwordnya, kemudian mengikuti saran dari Mbah Google untuk memperbaiki akun, email dan blog saya sekali gus.
Memperbaharui Akun Google
1. Pastikan anda sedang berinternetan (online) bisa lewat wartel atau komputer atau malah lagi nebeng dirumah pacar yang kebetulan dekat hotspot gratisan....hmmm
2.Anda siapkan Phone Cell - jangan menggunakan Phonecell CDMA, pengalaman saya menggunakan Fren tidak terkirim - pokoknya siapkan HP yang GSM gitulah.
3. Pilih saja verifikasinya VIA MESSAGE, bukan yang Voice Mail, takutnya menggunakan bahasa cas..cis...cus sehingga kita malah bingung mendengarkannya dan hasil dari kode yang diberikan malah salah.
4. Masukkan NOMOR HP Yang akan menerima SMS, saya malah meminjam ke teman HP GSM nya karena HP saya CDMA bro/sis, yaitu fren tadi,... kalau HPnya sedang untuk internetan sekaligus, coba gunakan HP lain yang nganggur biar tidak repot ketika menerima SMS dari Google nya.
5. Pilih negaranya INDONESIA, bisa anda klik anak panahnya dan kemudian SOROT tepat di INDONESIA,....
6. Mbah google akan meng-SMS anda dengan kode angka, kalau tidak salah berjumlah enam angka, pokoknya kalau sudah dikirimin SMS dan masuk ke Phonecell anda segera isikan di Kotak
7. Langkah selanjutnya anda diminta membuat Password yang baru, saran saya buat saja yang baru dengan menggunakan, variasi angka dan huruf atau alfanumerik, pastilah akan berkategori STRONG passwordnya.
8. Kalau semua berjalan lancar, email, akun online dan blog anda kembali bisa dibuka. Alhamdulillah.

HAKCER YANG SALAH SERANGKAH ?
Saya tidak yakin hacker menyerang akun saya yang tidak ada apa-apanya. Akan tetapi barangkali Google sangat ekstra waspada ketika sedang ada penyerangan dari para hacker, sehingga email/akun google yang "mencurigakan" versi Google, pastilah akan diverifikasi ulang. Nah barangkali email saya demikian adanya. Saya tidak berbuat apa-apa, dan bahkan jarang membuka email tertua saya - yang sekarang berfungsi kembali - terakhir seminggu lalu ketika posting. Tetapi memang salah serang bisa menimpa siapa saja, salah hack bisa terjadi dimana saja, karena kampung dunia maya adalah kampung global tanpa batas teritorial negara, semuanya mungkin terjadi. Apakah mungkin sering berganti IP ADDRESS - ganti kartu boradband /pindah-pindah warnet ketika online - bisa menyebabkan kecurigaan pihak Google ? Saya tidak tahu, akan tetapi hal itu memungkinkan kecurigaan sebab IP yang selalu berganti bisa dicurigai sebagai "yang mencurigakan" atauh Spamming. Sedikit informasi dari saya semoga membantu anda.

No comments:

Post a Comment

FREE PAID TO CLICK ONLINE

PAID TO CLICK WEBSITE According to Wikipedia ( link ) Paid to click is an online business model that draws online traffic from peopl...