Sunday, May 22, 2011

MENAMPILKAN FILE YANG DISEMBUNYIKAN (HIDDEN) OLEH VIRUS



FILE YANG DISEMBUNYIKAN /HIDDEN
Saat ini kita sering menggunakan falshdisk dan seringnya flashdisk kita tertular virus. Baik dari internet atau rental atau computer teman yang terinfeksi virus dan menulari flashdisk kita. Dalam banyak hal akan sangat mengganggu kita. Salah satu gangguannya adalah adanya file yang terhidden/disembunyikan oleh virus. Dan ada kalanya kita menyangka file kita hilang ataupun terhapus oleh virus.


CEK DENGAN MELIHAT SPACE YANG TERPAKAI PADA FLASHDISK
Bagaimana kita mengetahui ada file di flashdisk kita yang terhidden ? Caranya adalah kita SOROT pada drive Flashdisk lalu klik kanan, ada yang terpakai (used space = warna biru tua) dan ada yang belum terpakai (freesapce = warna merah muda). Dari situ kita mengentahu seberapa besar space memory/tempat yang sudah terpakai dan yang belum terpakai. Lalu kita lihat file-file yang tampak (tidak terhidden) lalu sorot dan klik kanan berapa byte kapasitasnya,….. misalnya flashdisk 4 Gb dan yang terlihat kita ukur misalnya hanya 200 Mb, sedangkan secara keseluruhan kita cek sudah terpakai sebanyak 3Gb (terlihat yang warna biru tua 3GB dan warna merah muda 1GB) maka yang dihidden/sembunyikan sebesar 3Gb dan dikurangi 200Mb sekitar 2 Gb dan 800Mb. Ini lah yang akan kita buka dan inilah yang sering kita kira hilang atau terhapus oleh virus.

CARA MENAMPILKAN FILE YANG HIDDEN/TERSEMBUNYI
1. Anda masuk ke menu START>>RUN>>ketik CMD, maka akan muncul COMMAND PROMPT. Lalu anda ketik drive Flashdisknya dengan diikuti titik dua ( : ), Misalnya flashdisk terletak di drive F maka anda ketik di command promt- nya F: lalu tekan enter.
2. Setelah sudah masuk ke drive F:\> misalnya drive F, ketik di belakangnya
ATTRIB(spasi)-S(spasi)-H(spasi)/d(spasi)/S lalu tekan enter.
Mudahnya bisa saya BACA sebagai berikut :
Hilangkan (dengan tanda minus( - ))ATTRIBUT SUPERHIDDEN(s) dan ATTRIBUT HIDDEN(H), dan FOLDER(/d) dan SUB FOLDER(/s).
3. Setelah semuanya berjalan lancar seharusnya file yang tersembunyi bisa terlihat kembali, termasuk RECYCLER dan SYSTEM INFORMATIONS, dan kedua file/folder tersebut kalau bisa dihapus kalau tidak bisa jangan dihapus karena tidak mengapa (tidak mengganggu) data anda.

BONUS
1. Nero LITE 9 untuk XP
2. ELECTRONIC BENCH
3. turbo cv45

2 comments: