Saturday, May 21, 2011

Devid.info - Solusi Driver PC dan Notebook Anda



DRIVER PADA KOMPUTER (PC DAN NOTEBOOK/NETBOOK)
Bagi pengguna PC/Notebook OS (operating system) yang paling lazim digunakan di Indonesia adalah WINDOWS, dari windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan bahkan masih ada Windows 2000 dan 98. Ketika terkena virus atau memang sudah tidak mau jalan lagi OS-nya maka jalan termudah adalah memformat ulang dan menginstall ulang PC/Notebook anda. Dengan format/install ulang maka semua software dan drivernya pun ikut hilang. Untuk software banyak dijual dipasaran baik yang original maupun yang bajakan. Saya tidak menyarankan yang bajakan, melanggar hak cipta. Yang menjadi masalah adalah Driver nya, bila driver bawaan PC/notebook kita hilang atau rusak maka tidak ada jalan lain kita mencarinya. Bila banyak waktu dan sarana tidaklah menyebabkan kesulitan. Tetapi bagi yang ingin menginstall ulang sendiri maka mau tidak mau memang harus repot bila terjadi driver bawaan (biasanya berupa CD/DVD) rusak. Fungsi dari driver itu sendiri adalah agar computer bejalan dengan optimal, contoh: driver VGA agar grafiknya bagus, jelas dan bisa berresolusi tinggi, ada 3d (tiga dimensinya), driver sound agar computer bisa bunyi bisa memutar lagu, menonton film dan bersuara, driver LAN untuk memasang jaringan atau jalur SPEEDY, Driver WIFI agar bisa menerima sinyal hotspot dan lain sebagainya. Driver juga mempercepat kerja computer.

SOLUSI
Bila anda tidak mempunyai driver/drive bawaannya hilang atau rusak, maka yang anda lakukan adalah menuju situs dari motherboard pada PC dan situs Merk Notebook nya. Contoh PC dengan motherboar ASUS maka anda masuk saja ke ASUSTEK.COM maka anda memilih jenis motherboardnya. Misalnya P5KPL-AM SE, pilih type/versinya dan pilih pula OPERATING SYSTEMNYA,…. Maka anda bisa mendownload (biasanya secara gratis), driver-driver yang anda perlukan. Kalau notebook contohnya dalah ACER anda masuk ke situs ACER.COM atau ACER.CO.ID (area Indonesia), pilih type notebooknya misalnya Aspir 4730, maka anda diarahkan kepada Type/versi nya dan anda pilih Operating Systemnya, dan download driver yang anda perlukan.

DEVID.INFO, situs penyedia driver PC/Notebook secara umum.
Saya menemukan sebuah Situs yang memungkinkan anda untuk mendownload dan meng-upload, driver computer. Dan kebanyakan dari kita biasanya mendownloadnya. Yakni situs DEVID.INFO, disitus ini anda memang bisa mendownloadnya secara gratis.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Anda buka MYCOMPUTER>>MANAGE>>DEVICE MANAGER
2. Cari driver yang belum ditemukan ditandai dengan tanda tanya (warna kuning) atau bahkan Unknown device/unsupport device.
3. Lalu klik kanan didriver yang belum ditemukan tersebut. Kemudian klik PROPERTIES
4. Anda pilih DETAILS, lalu ada KOTAK dibawah dan tertulis pada kotak tersebut driver nya : PCI/VEN_…… lalu anda copy dengan cara SOROT dengan mouse dan dengan menggunakan KEYBOARD anda tekan tombol CTRL bersamaan dengan huruf C. Anda boleh mem-paste-nya di NOTEPAD. Dan simpan. Atau langsung mem-paste-nya di situs devid.info nya.
5. Buka situs devid.info, lalu akan ada KOTAK yang memanjang diujung sebelah kanan ada tulisan OK berwarna biru.
6. Anda PASTE –nama drivernya PC/VEN_... – ke dalam kotak tersebut dan klik OK.
7. Maka akan muncul links yang menggambarkan driver yang anda cari, biasanya diberikan pilihan yang banyak, anda pilih yang sesuai operating system anda saja, bisa download yang besar kapasitasnya biasanya lebih lengkap, atau yang kecilpun tidak masalah – biasanya bisa digunakan juga.
8. Setelah mendownloadnya anda sudah mempunyai driver yang diperlukan. Lakukan utuk semua driver.

KEKURANGAN YANG ADA
Tidak ada gading yang tak retak, tidak ada yang sempurna. Begitu pula dengan situs yang sangat bagus ini, Yang sering saya alami kekurangan mereka hanya bila memang driver yang kita perlukan BENAR-BENAR belum ada diserver mereka. Dan kita diperkenankan meng-upload- driver yang tidak ada pada server mereka tersebut. Sebuah situs yang sangat berguna khususnya bagi para praktisi dan teknisi PC atau Notebook/Netbook. Yang saya anggap menggunakan operating system windows.
Semoga informasi ini bermanfaat.

BONUS
1. Download Crack. Alawar Crack.
2. Download Games Kecil. Mencari Benda Tersembunyi. TYcoon.Beachead 2000.FarmFrenzy2. Dinner Dash.Cooking Academy.
3. Percepat Koneksi Internet.Speedy. Indosat.Lain2.
4. Game House Crack - Universal

2 comments:

  1. bagaimana dengan software SkyDrive dari MuareAsia.cn ? Apa tidak lebih efektif SkyDrive ini?

    ReplyDelete
  2. pada motherborad lama (sebelum g31) kadang ada driver yang belum bisa terinstall. misalnya yang berchipset 815 845 865, dan souncardnya biasanya tidak terinstall, karena memang terlalu rendah. atau barangkali versi skydrive-nya yang rendah saja. Apakah anda pernah menggunakan driver universal untuk melengkapi skydrive ini ?

    ReplyDelete

FREE PAID TO CLICK ONLINE

PAID TO CLICK WEBSITE According to Wikipedia ( link ) Paid to click is an online business model that draws online traffic from peopl...