Friday, May 20, 2011

MENGGAJI DIRI SENDIRI DARI ADSENSE DI WEBSITE KITA




ADANYA ADSENSE
Dalam perkembangannya para webmaster selalu ingin berexperimen dan mengulik websitenya sendiri. Dari yang gratisan sampai yang berbayar selalu saja memodifikasi lay-out –website – nya, isi dan gaya postingnya, bahkan yang semula benar-benar untuk iseng-iseng nge-blog malah sekarang menjadikan websitenya sebagai tempat memasang iklan atau yang disebut sebagai pemasang adsense. Ini bisa dimengerti karena membuat dan mengelola website yang gratis apalagi yang berbayar adalah jelas-jelas memakan waktu dan biaya, yang tadinya memang sekedar hobi dan kegemaran membuat postingan/tulisan, maka setelah “MENGETAHUI” bahwa websitenya bisa dijadikan ladang dollar/income maka para webmaster dan pengelola blog dengan berbagai upaya mengusahakan agar websitenya disamping untuk menyalurkan hobi juga menjadi tempat mencari uang atau income tambahan.

ADSENSE
Seperti saya yang baru belajar mengelola beberapa blog, dan saat ini masih gratisan semua, mencoba untuk belajar mencari celah dan kesempatan seperti para webmaster pendahulu saya. Yakni yang sudah sukses dan bisa mendapat penghasilan yang sangat bagus dari website yang dikelolanya. Dan mencoba untuk menjadi publisher dari beberapa adsense – adbrite, adsensecamp, speedyads, adhitz, bidvertiser dan chitika - semua itu memang mendatangkan uang dalam bentuk dollar/rupiah. Walaupun saat ini jumlahnya memang sangat kecil, ibarat menanam saya baru saja menyemainya dan belum menjadi pohon, dalam kenyataanya memang mencari uang tidak ada yang MUDAH. Dan saya mengakuinya, dengan kerja yang keras dan smart – cerdas – anda baru bisa menikmati apa yang menjadi keberhasilan yang kita impikan. Caranya adalah memperbaiki diri – dalam hal ini webistenya deri penampilan dan isinya – tentu saja yang menarik dan otentik akan tetapi yang tren atau aktual isinya. Yang menjadikan website anda popular karena banyak yang membaca dan banyak memerlukan “sesuatu” dari website anda.
Saya memang sedang dalam taraf belajar dan selalu belajar agar bisa membuat website saya ini bisa menjadi ladang income seperti yang saya inginkan, disamping memang saya memang hobi posting, berbagi dengan para netter dan sharing pengalaman yang memang pernah saya alami, bila pengalaman yang pahit/kegagalan semoga para netter dan webmaster lain tidak mengalaminya dan bila pengalaman saya adalah sebuah keberhasilan maka semoga langkahnya bisa ditiru.
Adsense yang paling diburu oleh para webmaster adalah GoogleAdsense, yakni adsense milik google yang dari tahun ke tahun memang sangat banyak yang berminat, dengan banyaknya minat makan kriteria dan persyaratan yang dijadikan partner oleh googleadsense pun semakin tinggi dan selektif, dengan kata lain SULIT mendapatkan approval dari mereka. Yang saya alami – saat ini saya belum disapprove oleh Googleadsense – mereka memberi persyaratan pada website yang berbayar/primary, bukan seperti yang ada ini. Contoh: www.ranoojenecomputer.blogspot.com mereka menginginkan/memberi saran dan syarat : www.ranoojenecomputer.com, dan bahasa yang dipakai dalam website/blog adalah yang berbahasa inggris /English language website. Walaupun syarat diatas bisa “ditutup” dengan keunikan dan kepopuleran blog/website anda, artinya biarpun blog/website anda gratisan dan berbahasa lokal/bahasa Indonesia asalkan blog/website anda unik - dengan ditandai jarang ada yang bernama dan berkreasi seperti blog/website anda – dan populer isinya bagus dan sedang trend - dengan diindikasikan dari besarnya trafik kunjungan di website anda, backlink dan page rank yang bagus, serta banyaknya postingan yang “most wanted”di website anda yang benar-benar dari ide dan kreativitas anda, bukan jiplakan atau copy-paste (copas) dari tempat lain – yang merupakan isi dan website anda. Dan biasanya googleadsense dan adsense yang lain pasti diterima/approve.


APAKAH BILA ADSENSE SUDAH DISAPPROVE/DITERIMA AKAN BEGITU SAJA MENDATANGKAN INCOME?
Inilah yang selalu menjadi pekerjaan tambahan/ekstra bagi para webmaster yang sudah menjadi partner sebuah adsense – termasuk partner googleadsense – karena yang paling sering dari adsense yakni PAY PER CLICK artinya kurang lebih mereka (adsense) akan membayar kita (publisher) dengan jumlah tertentu per kliknya BILA IKLAN YANG DIPASANG ADSENSE DIWEBSITE KITA ADA YANG MENG-KLIK NYA. Dan ini menjadi sangat menarik, sebabnya adalah sudah ada jalan dan sudah ada alat, tergantung kita bagaimana menggunakannya, bila kreatif dan baik cara penggunaannya maka akan berhasil. Bagaimana caranya? Berbagai macam cara, salah satunya yang saya lakukan adalah agar iklan dari adsense menarik untuk DIKLIK para pengunjung, maka sesuaikan dengan isi posting (yang menarik) dengan iklan yang ada, biar ada relevansi dan hubungannya. Misalnya iklan di adsense membicarakan masalah bisnis online ya kita sebisa mungkin posting bisnis online dan bila di iklan/adsense nya ada bisnis online maka akan ada kemungkinan pengunjung/pembaca posting akan mengeklik iklan kita. Atau baguskan posting dengan konten yang unik, sesuai dengan keyword yang ada pada adsense kita, ditentukan waktu mengajukan menjadi partner adsense. Cara yang lain masih sangat banyak dan tergantung dari kejelian dan kekretifan masing-masing webmaster. Bagaimana mengetahui sesuatu sedang ngetren dan yang paling populer? Anda harus sering-sering sharing dan browsing, cari keyword yang paling tinggi dalam searching engine, atau anda coba cari posting yang paling banyak dicari dan dibaca oleh pengunjung website, dan anda bisa membacanya kemudian membuat artikel posting yang unik namun mengacu kepada hal yang sama,…. Tidak menjiplak secara langsung – copy – paste – mentah-mentah. Dimodifikasi, lain koki lain masakannya sekalipun bahannya sama, demikian pula anda lain "rasa" postingannya seklipun topik yang dibahas adalah sama.
Jangan melakukan KLIK PADA IKLAN DIWEBSITE SENDIRI atau dengan menggunakan software AUTOCLICK, yang mana ini merupakan bentuk dari kecurangan yang dilarang oleh semua adsense, dan bila diketahui kita melakukannya akan di banned/suspended adsense kita (kita ditolak oleh adsense kita/dicoret), dan efeknya anda sudah diblacklist oleh adsense yang bersangkutan, menjaga nama baik adalah sebuah keharusan bagi kita, untuk kepentingan kita sendiri. Ini memang peraturannya.
Jadi memang benar begitu adsense di"approve" tidak serta merta mendatangkan uang tanpa ada partisipasi klik dari orang lain/pengunjung website kita.

ORANG MEMASANG IKLAN DI BLOG / WEBSITE KITA
Bila ada advertiser (orang yang memasng iklan) yang akan memasang iklan diwebsite kita baik dengan perantara adsense maupun secara langsung, maka ini akan menjadi sebuah berita yang sangat menggembirakan bagi para wesbmaster. Bila pemasang iklan menawari anda secara langsung, maka pendapatan mungkin bisa menjadi besar bagi anda karena yang menentukan jumlah uang sewa/harga diwebsite adalah anda sendiri, bila pemasang iklan setuju dengan tawaran anda maka ini sebuah keuntungan, jangan memasang harga yang terlalu tinggi, karena bagi pemula memasang harga yang standar saja atau untuk memulai boleh anda memasang harga yang murah.Tapi jangan memasang iklan terlalu murah juga, yah... ada kode etik nya tersendiri. Semakin populer website anda biasanya semakin mahal harga yang bisa anda ajukan/patok. Karena pemasang iklan juga melihat potensi produknya bisa tersebar dengan luas bila memasang iklan di website anda. Dan keuntungan ini harus anda pertahankan. Yang kedua ada pemasang iklan tetapi memasang iklan lewat adsense partner anda, maka biasanya harga dan uangnya sudah ditentukan oleh adsense anda, ketika membuat akun disebuah adsense, dan ini jauh lebih aman, akan tetapi nilainya adalah kecil karena dibagi dengan adsense anda.

MENGGAJI DIRI SENDIRI DENGAN ADSENSE
Bila anda telah berhasil mempunyai klien (advertiser yang memasang iklan diwebsite anda)yang banyak dan permanen/langganan maka anda harus mempertahankan kepercayaan mereka. Karenanya anda juga harus meningkatkan kualitas dari website yang anda kelola. Bila sudah banyak advertiser yang memasang iklan di website anda sebaiknya anda membuat website yang gratisan di"upgrade" menjadi website yang berbayar. Untuk memudahkan dan memperluas daya sebarnya di search engine, ini akan membuat klien anda senang.
Setelah anda berhasil mengelola satu website yang sukses, maka anda pikirkan faktor kali-nya, mengapa anda tidak membuat website lain dengan isi dan tema yang berbeda dan membuat lahan baru untuk para advertiser kita ? Dan dengan jumlah website yang banyak dan terpelihara atau terkelola dengan professional, maka jelas adsense akan menggaji anda, bukan dengan gaji yang kecil, dan menjadi internet businessman adalah sebuah jalan yang sudah anda tempuh dan berhasil.
Tetapi semua ada bayarannya, tidak gratis, tidak Cuma-Cuma, bagi anda yang menginginkan ke jalan tersebut tidaklah mudah dan murah, fokuskan pada pengelolaan website anda secara professional, sekalipun website anda masih gratisan.
Sedikit tips dari saya, semoga menjadi pemacu bagi para webmaster untuk meraih impian kita bersama, digaji oleh adsense dan advertiser dari website yang kita kelola.

BONUS
1. Daftar Neobux.Daftar Sini
2. Adsense Chitika. Daftar Sini
3. Bila anda belum mempunyai Akun PayPal, silahkan klik di blog saya ini ada di kolom sebelah kanan, atau ingin mendaftar bisnis lainnya.

No comments:

Post a Comment