Wednesday, May 11, 2011

UNLIMITED DAN KUOTA

SALAH PAHAM UNLIMITED
Banyak diantara kita "tertitpu" dengan apa yang disebut dengan UNLIMITED pada broadband. Yang mana kita "mengira" yang namanya UNLIMITED ya tak berbatas, tidak ada ada habisnya. Bebas download bergiga-giga byte asal masih aktif kartunya ya seharusnya bisa-bisa saja.
Akan tetapi yang terjadi adalah bahwa unlimited ini memang tidak semanis iklannya, anda harus mengetahui dengan pasti bahwa yang namanya unlimited pada broadband yang ada adalah UNLIMITED DENGAAN KUOTA. Saya sering menggambarkan unlimited ini dengan menyewa motor berikut bensinnys. Masa sewa motor adalah masa aktif dan bensin adalah kuotanya. Anda masih bisa pergi kemana-mana bila bensinnya masih ada, dan bila bensin habis sementara masa sewa motor belum habis tentu saja motor masih bisa dinaiki akan tetapi tidak bisa jalan seperti masih menggunakan bensin, didorong misalnya atau kecepatannya pasti tidak akan secepat menggunakan bensin. Demikian juga dengan broadband yang kita beli, selama kuotanya masih banyak maka akan terasa cepat dan bisa download kesana-kemari, bisa facebookan dengan cepat dan lain sebagainya, akan tetapi bila kuota sudah habis maka dia akan turun menjadi 64-128KbPs, sebuah speed yang sangat lambat. Dan hanya bisa digunakan untuk browsing saja. Jadi internet di negeri kita ini memang sangat mahal dan membuat pernyataan yang harus anda jeli membaca dan mengartikannya, paket unlimited yang ada adalah unlimited BROWSING, bukan unlimited yang seperti anda kira dan anda inginkan.

ADAKAH YANG UNLIMITED BETULAN ?

Yang bisa download dan browsing secara unlimited memang jarang tetapi ada, yaitu broadband yang Corporate. Ceritanya adalah begini, sebuah perusahaan membeli bandwidth yang tertentu dari perusahaan broadband (telkomsel,indosat atau Xl, dll) lalu menyewakan bandwidth kepada user/client yang jumlahnya dibatasi, misalmya 20 megabyte digunakan hanya untuk 30 orang klien/user, dan biasanya memang sedikit lebih mahal dari broadband biasa, kelebihannya adalah lebih cepat dari broadband di pasaran sebab jumlahnya sudah pasti sebagai contoh adalah bila semua kartu telah laku maka kecepatannya (minimal speednya 20Mb/30) karena bandwidthnya dibagi rata kepada 30 orang, sementara bila kartu "biasa", satu bandwidth dipakai ramai-ramai maka tidak heran kalau broadband pada masa sibuk akan menjadi lemot, karena terjadi antrian dan rebutan bandwidth/kuota. Kekurangan dari broadband unlimited corporate ini adalah cara mendapatkannya/mendaftarkannya.
Saya sendiri tidak tahu cara mencarinya dimana kartu ajaib ini, meskipun jarang tetapi saya yakin ada. Teman saya mendapatkan dari kantornya, khusus untuk karyawan, dan pembayarannya adalah potong gaji. Nah barangkali memang harus ada bendera perusahaan (corporate) untuk membeli bandwidth untuk disewakan.
Informasi mungkin bisa anda cari dipusat-pusat broadband, atau googling saja.

CEK SPEED UNTUK BROADBAND
Anda bisa mengeceknya di SPEEDTEST.NET, anda bisa melihat upload dan downloadnya semakin tinggi angkanya berarti semakin bagus broadband anda. Misalnya download 0.6Mbps dan upload 0.4Mbps, dan sebagainya. Speedtest tidak mengetes kuota.
Bila anda ingin mengecek pemakaian ataupun kuota yang ada, sebagai berikut:
1. Kartu tri anda SMS bisa lewat HP atau modem, kirim INFO(spasi)DATA kirim ke 234.
2. Telkomsel anda SMS ke 3636 ketik UL(spasi)INFO.
3. XL dan Indosatm2 memang terkadang tidak mencantumkan sisa pemakaian/kuota akan tetapi bila telah habis akan ada peringatan dari provider tersebut.

LALU YANG TERBAIK BAGAIMANA
Yang terbaik adalah bila anda adalah pengguna internet dan gemar download pastikan kuota yang anda beli adalah cukup, kalau bisa beli kartu yang corporate. Bila anda hanya sekedar facebookan dan browsing, email saja anda bisa menggunakan kartu broadband ulimited dengan kuota kecil saja.
Sedikit informasi semoga membantu anda.

3 comments:

  1. bagaimana dengan Xl yang unlimited bro

    ReplyDelete
  2. setahu saya XLUNLIMITED sama saja dengan yang lain memakai KUOTA,...ga tahu dah kalau speedy apa pake kuota apa tidak. Yang jelas-jelas tidak pake quota ya nebeng HOSTSPOT tentangga bro, tapi apa ada yah....

    ReplyDelete
  3. wah aq jg agk merasa ketipu sm 3..ni kuota udah abis jadi super lemot padahal pas baru beli cepat minta ampun,tuh ferari,lambho am skyline yg kclkaan di jepang aj kalah cepet.tp sekarang??haduhh,.
    tag kira kuota tuh jumlah maksmal yang bsa di,buka..

    ReplyDelete