Monday, May 9, 2011

Perdana Unlimited Broadband

Belum Lama Berinternetan KOK SUDAH Tidak Mau Konek Lagi
Sering terjadi hal ini, "Saya membeli perdana broadband unlimited yang sebulannya Rp.50 ribu, dengan kuota kecil saja 150mb, cukup untuk facebook-an saja, atau malah saya taruh di handphone saja, tapi kenapa saya baru pakai semalam kok sekarang tidak mau terkoneksi lagi? putus-putus terus, problem loading with network, error loading with this page,.. apakah ada yang salah atau kartunya rusak ?
"Saya membeli unlimited 3 (tri) dan sudah saya pasang dimodem kok ya belum juga terkoneksi.... ada yang belum saya lakukan ?
Saya hanya melihat beberapa contoh saja yang sering saya dengar dari end-user karena saya bekerja pada sebuah gerai toko kommputer yang juga menyediakan paket-paket unlimited broadband dan juga modemnya. Saya bisa menyebutkan paket unlimited yang paling sering dijual di gerai saya adalah telkomsel - flash/internet, indosatm2 - broom, asik, merdeka, 3(tri)- kuota 1gb, 2gb dan 5gb, xl - xl unlimited, axis - axis unlimited, yang CDMA biasanya ada AHA paketan Esia dalam layanan EVDO, modem CDMA dan flexy - dalam layanan CDMA 1x, mobi - fren dalam layanan EVDO. Yang menyebabkan terputusnya paling sering terjadi adalah:
1. Nomor belum teregistrasi/belum didaftarkan terutama mendaftar untuk unlimited di antara lain:
a. Flash/telkomsel :biasanya nomor sudah aktif dan tinggal SMS ke 3636 paket perdana yang seharga 55 ribu dengan menuliskan UL(spasi)ON(spasi)50,....tunggu jawaban dari telkomnya, kurang lebih begini anda akan mengaktifkan paket unlimited...., jawab dengan SMS/reply ketik UL(spasi)YA, sekali lagi tunggu konfirmasi bahwa paket unlimited anda sudah aktif, ganti profile connection anda isi APN :internet, dial/access number :*99#, dan profile name :bebas saja, username dan password:kosongkan saja/jangan diisi. Dijamin sudah siap internetan biasanya paket ini masa aktifnya 14 hari dengan kuota 102Mb, paket promosi saat ini masa aktif 30hari dan kuota 307Mb. Untuk mengecek dan mengetahui masa aktif dan kuota anda bisa SMS ke 3636, ketik UL(spasi)INFO.
b. IndosatM2, bila terjadi tidak mau terkoneksi, biasanya anda harus aktivasi (instant) terlebih dahulu, siapkan data diri KTP/SIM, lalu pilih paket yang BROOM UNLIMITED, setelah aktif maka isikan user name = customer id, dan passwor - activation code, dialed number:*99#, profile name:bebas saja. Terjadi penurunan speed otomatis dengan adanya peringatan bahwa kuota paket anda sudah melewati batas fair usage menjadi lebih lambat tentunya, otomatis ke menu topup bila masa aktif telah habis. Kelebihan indosatm2 bisa deposit untuk bulan berikutnya dan akan diperpanjang masa aktifnya secara otomatis. Ada pula paketan unlimited indosatm2 yang tidak perlu dengan aktivasi instant, paketan asik seharga 27.500 rupiah biasanya tidak perlu aktivasi, bila anda lakukan aktivasi instant dia akan mengatakan bahwa nomor (customer id) sudah pernah didaftarkan. Yang kedua bila paketan indosatm2 yang menggunakan PIN biasanya sudah didaftar/aktif dari sananya, akan tetapi bila kurang yakin pastikan aktivasi instant terlebih dahulu, bila sudah terdaftar, memang kartu anda sudah aktif. Untuk melihat masa aktif anda masuk terlebih dahulu ke www.indosatm2.com, lalu masuk member login dan anda bisa mengecek akun/account anda dan tertera didalamnya masa aktif, kalau kuota memang kadang-kadang tidak disebutkan seperti pada telkom dan 3.
c. Pada Ul(unlimited) tri(3) paling sering cara aktivasinya dengan meregistrasi kartu saja (keluaran yang terbaru) SMS ke 4444, seperti registrasi nomor biasa saja, lalu anda cek paket unlimitednya sudah aktif/ada ataukah belum ketik SMS ke 234, INFO(spasi)DATA, maka bila ada jawabannya paket unlimited anda sudah aktif, sering kali begitu anda registrasi kartu Unlimited nya langsung aktif, isikan Username:3data,password:3data dan APN (access point name):3data, dialed/access number:*99#. Jika belum didaftar unlimitednya anda perlu mendaftarkan terlebih dahulu SMS ke 234 ketik MAU(spasi)DATA atau paketannya, MAU(spasi)1GB,....Mau*spasi(2Gb) dan seterusnya. Diketahui aktif atau belumnya paketan unlimited ini dari informasi setelah SMS ke 234 INFO(spasi)DATA.
d.Untuk XL coba anda klik sini, isikan APN:xlunllimited, password dan Username: kosongkan saja, dialed number:*99#, dan profile name: bebas.
e. Axis anda bisa klik disini, isikan saja username:axis password:123456, APN:axis, Dialed number:*99#, profile name: bebas.

2. Layanan atau signal tidak bagus atau tidak ada/tidak ter-cover.

3. Salah memasukkan username atau password atau apn atau dialed numbernya, untuk GSM dialed/access numer adalah *99# dan untuk CDMA atau EVDO adalah #777, dan untuk paketan AHA dan MOBI biasanya ditentukan oleh vendornya tentang USERNAME DAN PASSWORD-nya.

4.Modem belum terinstalasi dengan baik, belum terdeteksi sebagai modem dengan ditandai belum terlihat signal/layanan (EDGE, UMTS, GPRS atau HSDPA). Bila ini terjadi anda bisa buka MyComputer>>properties>>Hardware>>Devicemanager>>cari yang bertanda kuning menunjukkan nama dari modem anda (huawei,ZTE atau yang lain) klik kanan pada tanda yang kuning tersebut dan UPDATE DRIVER, pilih otomatis saja, kalau tidak bisa arahkan kepada folder software modem anda (mobile partner,joinair,atau yang lain), pilih driver sesuaikan dengan Operating systemnya/windowsnya... lalu klik OK, bila sudah terdeteksi dan driver terinstall maka akan terdeteksi sebagai modem, tidak lagi terlihat tanda kuningnya. Dan internet siap dijalankan.

5. Operating systemnya terkena gangguan virus/rusak.

SOLUSI

Bila terjadi yang demikian memang tidak ada garansi dari penyedia layanan Broadband kecuali kerusakan dari sononya, bukan karena kelalaian/ketidaktahuan kita - paling sering terjadi adalah belum didaftar unlimited sudah internetan akibatnya berinternetan paket reguler dan sangat mahal, habis pulsa dan tidak bisa daftar unlimited lagi sebelum diisi ulang - dan sebaiknya ketika membeli mintalah langsung di aktifkan, atau kalau membawa notebook sekalian langsung diaktifkan dan setting sekaligus. Ketika modem tidak detek dan anda belum mahir silahkan bawa ketempat service komputer/gerai broadband terdekat. Untuk yang tidak ada layanan/signa didaerahnya segera ganti kartu yang paling bagus sinyalnya....
Untuk operating systemnya yang rusak anda sebaiknya datang saja ketempat service komputer, kalau disekitar depok boleh juga anda kegerai kami di alathea computer, depan kampus g gunadarma.
Sedikit dari saya semoga membantu.

1 comment:

  1. mohon saran,
    aku udah pake 3 unlimited udah hampir sebulan, browsingnya cepet, tapi waktu lagi asyik2 OL tiba2 putus, dan gag bs connect lg, wktu coba dial malah 'error;you can't connect before register an available network' kira2 penyebabnya apa ya? Truz gmn solusinya?
    Thanks..mohon saran,
    aku udah pake 3 unlimited udah hampir sebulan, browsingnya cepet, tapi waktu lagi asyik2 OL tiba2 putus, dan gag bs connect lg, wktu coba dial malah 'error;you can't connect before register an available network' kira2 penyebabnya apa ya? Truz gmn solusinya?
    Thanks..

    ReplyDelete