Friday, January 1, 2010

Install Laptop Lama Presario 700

Sebenarnya akan sangat mudah bila saja CD ROM dari notebook yang tergolong uzur ini berfungsi dengan baik, sayang karena tidak berfungsi inilah maka saya dengan pertarungan kebosanan yang tinggi, pada akhirnya berhasil juga membuatnya "bernyawa / berwindows" lagi.

Sebenarnya ini jurus lama tetapi barangkali bagi anda yang kebetulan menemui problem dan kendala yang sama dengan saya = yakni menginstall tetapi dengan CD ROM rusak/ tidak mau baca, dan "kebetulan yang lainnya" ini laptop tidak bisa BOOTING LEWAT USB/CD ROM External, nah lo.... tetapi sebagai orang yang mau bersusah payah tentunya harus menemukan hal lainnya, tertujulah saya kepada HARDDISK yang bisa dilepas tukar dan berbasis IDE (belum SATA bro), nah muncul masalah yang lainnya ketika saya ketahui laptop ini adalah berbasis AMD Athlon 1200, bukan bermasalah secara serius sih, hanya saja dalam pengerjaannya nanti saya juga harus menemukan SPER yang AMD juga,...

Cara yang saya lakukan
1. Saya install AMD PC dengan Windows XP SP1, hanya sampai dengan windowsnya saja kemudian saya, buang di device managernya, chipset motherboard (yang saya pake VIA, kemudian di uninstall menjadi standar), ethernet (via juga saya disable),USB saya disable (USB nya juga Via Versi 5), sound dan lainnya kebetulan belum terinstall alias masih tanda kuning,
2. Saya persiapkan Windows mini Pirates Edition(miniPE),...Windows Live yang didalamnya ada Ghost (kalau harddisk laptopnya berpartisi)atau AcronisTrueImages (kalau tidak ada partisinya),....anda tinggal memilihnya saja, tetapi dalam pengerjaan saya yang kemarin memilih Acronis True Images (atau Acronis saja).
3. Siapkan converter dari USB ke IDE (tetapi IDE harddisk laptop/ukuran yang kecil(2,5"), bukan IDE biasa(3,5"), kalau memang adanya ide biasa anda harus repot lagi mencari satu converter lagi yang saya sebut REDUCER, dari IDE 3,5" menjadi 2,5", sebenarnya lebih mudah mencari yang converter daripada Reducer nya, karena sekarang teknologi sudah kearah USB dan SATA sudah meninggalkan IDE dan SERIAL.
4. Setelah Siap semua, booting dari CD ROM yang diisi WIndows miniPE, jangan lupa colokkan/plug harddisk laptop nya lebih dahulu, juga mouse/usb yang lainnya karena Windows Mini PE, tidak bisa HOT PLUG(deteksi hardware /periperal setelah masuk ke sistem) tetapi harus dicolok/plug dari awal,....nah bebarapa langkah lagi anda bisa memulainya.
5.Pilih WInminiPEX >> StartSystem >> Back UP >> Acronis Versi ...
6. Tentukan saja CLONE DISK
7. Pilih SOURCE nya (yakni harddisk PC yang sudah kita install) lalu tentukan DESTINATION nya yakni harddisk Laptop, klik bergantian dan jangan sampai keliru.
Catatan saja : bila salah dalam menentukan Source/sumber dan destination/tujuan, maka hardisk yang sudah kita install malah bisa BLANK / atau rusak sistemya yang sama dengan kerusakan sistem di harddisk laptop (karena semua sistem dalam clone harddisk ini di jiplak 100%), maka hati-hati dan teliti adalah wajib.
8.Setelah itu minta automatic, delete semua partisi (jadi tidak usah menggunakan partisi (yang berrpartisi sebaiknya menggunakan GHOST), lanjutkan proses sampai dengan selesai dengan sempurna, bila ada pesan yang mengatakan bahwa sector/ada file yang tidak tercopy, sebainya diulangi saja sebab kekurangan sedikit dari clone harddisk ini bisa membuat sistem yang ditransfer ke harddisk laptop tidak sempurna (corrupt).
9. Setelah selesai anda bisa restart, dan setelah itu shutdownlan WindowsMiniPE nya dengan pilihan Reject CD and Shutdown.
10. Ini pekerjaan setengah selesai, dan setelah itu pasang kembali di compaq presario 700 nya (catatan : bila anda notebook nya AMD usahakan pengerjaannya di PC AMD juga syukur-syukur dengan "level" yang sama, demikian juga dengan yang intel juga dengan PC yang berprocessor intel, dengan level yang sama, misalnya notebook pentium 3 yang kerjakan di PC pentium 3), ini yang utamanya syukur-syukur dengan CHIPSET yang sama...
11. Setelah berjalan sistem di notebook anda berarti sudah berhasil, tinggal dilengkapi semua program dan driver anda (bila notebook presario 700 for xp bisa anda download di bawah nanti),...

catatan yang mungkin juga sebagai alternatif lain : misalnya saja notebook anda tidak mau langsung menggunakan windows xp, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan WIndows ME (millenium Edition),....cepatnya setelah melakukan cara yang sama dengan diatas, nomor 1 s-d 11,..., copot sekali lagi harddisk nya, lalu gunakan converter/reducer ke sembarang PC / laptop yang ada CD/DVD-ROM nya, untuk mengcopy seluruh CD/WINDOWS XP mentah nya, buat FOLDER DI DALAM harddisk laptop yang berisi Windows XP,...setelah selesai, anda bisa langsung "MENG-UPGRADE" dari windows ME menjadi Windows XP, caranya : setelah Running Windows ME (kalau normal tidak bisa SAFE MODE pun boleh), cari FOLDER XP yang kita copy tadi lalu jalankan SETUP dan Upgrade/install seperti biasa hanya saja waktunya jauh lebih lama sekitar 50-70 menitan,...karena presario 700 ini notebook jaman dulu maka waktunya sekitar 65 menitan lah.
Selamat mencoba

***BONUS DOWNLOAD***
1. Acronis True ImagesKlik to download
2. Driver Laptop Presario 700 khusus XP
Klik Download A, Klik download B, dan Klik download C
3. Driver Corega WLBG54GT (wireless cardbus COREGA WLBG54GT)Download sini.
4. Crack games House. Download Sini

1 comment:

  1. Cara yang lebih praktis akan yang posting dihari yang akan datang (dan sekarang sudah ada install xp via usb) sebagai blog yang memuat tentang sedikit ilmu praktek komputer tentu saja saya akan selalu memperbaharui apa yang telah saya posting, tidak akan saya biarkan begitu saja,silakhkan beri komentar kepada saya, bila ada kesalahan boleh diluruskan. Thanks

    ReplyDelete