Saturday, March 13, 2010

Celeron dan Pentium

Celeron dan Pentium, sebenarnya isu dan nama ini tidak asing lagi bagi kita. Tetapi masih banyak yang salah paham dengan Celeron dan Pentium ini dikira sesuatu yang tidak ada bedanya, atau bahkan Celeron dijadikan lebih jagoan daripada Pentium. Ini sudah hampir ditinggalkan karena sudah keluar yang bernama i7(i seven), i5(i five) dan i3(i three), bersamaan dengan itu muncul pula intel Atom. Dengan kelas yang berbeda-beda dari kelas bawah, mainstream dan high-end. Dari Celeron, Atom sampai dengan embel-embel Extrem.

CELERON dan PENTIUM
Ini adalah merek jawara tahun 2000-an, sampai dengan akhir 2007, yang mana Intel tidak lagi mengeluarkan Pentiumnya yang ke Lima (Pentium 5), tidak jadi direlease. Muncul format LGA 775 yang pertama dengan Edisi pertamanya adalah LGA 775 format Solo Core, tetapi Celeron format LGA 775 tetap saja dibuat, dan Pentium tidak lagi dipakai sebagai respresentasi dari LGA 775, yang sering dipakai adalah Solo(single) core, Dual Core, Core Duo, Core 2 Dua, Core 2 Quad,... dengan tetap diiringi Celeron, bahkan ada Celeron Yang Dual Core.
Apa sih bedanya yang penting dari Celeron dan Pentium ?
Celeron ber CACHE lebih kecil dari Pentium, bahkan seringnya Cache Memory nya separuh dari Pentium. Contoh penulisan : Intel Pentium 2.4GHz/512/533 (Pentium 4 clocknya 2.4 Ghz dengan Cache memory 512 Mb dengan Front Side Bus (FSB) 533 Mhz. Celeron 2.13Ghz/256/533 (Celeron clock-nya 2.13Ghz dengan cache memory 256 Mb dengan FSB 533). Lalu apakah pengaruhnya Cache Memory pada processor ? Yang jelas untuk mempercepat kerja processor, semakin besar Cache memorynya semakin tambah cepat sebuah processor.
Mengapa Celeron lebih lambat kerjanya daripada pentium karena CACHE memorynya yang separuhnya dari Pentium.

Kerja cache memory secara sederhana saya bisa menggambarkan sebagai SEBUAH MEJA SEMENTARA pada sebuah PERPUSTAKAAN dengan berbagai buku yang berjumlah sangat banyak, dan buku yang paling banyak dipinjam diletakkan pada MEJA SEMENTARA tadi sehingga, petugas perpustakaan tidak perlu mengambil buku yang paling dicari itu di rak-rak besar, cukup memeriksa dan mengambilnya di MEJA SEMENTARA tadi. Makin besar Meja Sementara semakin banyak buku yang MOST WANTED bisa disimpan, sehingga pelayanannya semakin cepat, tidak harus berputar-putar keliling rak-rak perpusatakaan. Saya hanya bisa menerangkan dengan singkat seperti itu.
Buku yang paling banyak dicari ibarat DATA yang paling sering di proses pada processor komputer, sehingga disimpan di cache memory tidak perlu processor memroses semua data yang ada dikomputer, cukup yang tersimpan di cache memory tersebut, sehingga kerja processor lebih cepat. Karena tempat DATA sangat singkat mengambilnya,.....
Semakin besar cache memorynya semakin banyak data penting (yang paling sering digunakan/diproses) yang disimpan disitu. Jadi seperti sebuah shortcut untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk diproses processor. Itulah fungsinya cache secara sederhana...
Lalu mengapa dibuat Celeron ? Saya bisa menganalogikan dengan mengapa dibuat motor SUPRA FIT ? Ya benar antara Celeron dan Pentium ibarat motor adalah SUPRA FIT dan SUPRA , sama-sama dari pabrikan HONDA tetapi harganya dan performanya sangat berbeda, lebih bagus SUPRA. Dengan demikian Celeron dan Pentium (yang pada perkembanganya sampai saat ini sampai kepada processor i3 (i three)), bisa di mengerti mengapa Celeron lebih murah dari Pentium padahal sama-sama pabrikan Intel ? karena memang celeron dibuat untuk memenuhi segi ekonomis dan kerja komputasi yang tidak berat. Satu lagi celeron (jaman dulu setara pentium 3 dan socket 478) dikenal sangat PANAS dan TIDAK TAHAN KERJA JANGKA LAMA, walaupun kemudian Intel mereduksi panas yang berlebihan dari Celeron tetapi produk ini dibuat memang untuk KW 2 nya (untuk harga yang terjangkau).

Jadi bila anda ingin mempunyai komputer yang paling baik adalah menyesuaikan kegunaan komputer kita, untuk kemudian sesuaikan budget dengan kebutuhan pekerjaan kita yang bisa menunjang keoptimalan pekerjaan kita. Yang butuh kerja ringan Celeron sudah cukup, dan yang kerja KOMPUTASI BERAT bisa menggunakan Dual Core atau bahkan Core 2 Quad. Tentu saja semakin tinggi performa komputer harga berbanding lurus mengikutinya. Yang paling bijaksana adalah menyesuaikan kebutuhan dengan budget yang ada, agar tidak salah beli dan over budget alias mubazir.

Untuk lebih jelasnya anda bisa browsing pada situs majalah-majalah komputer Chip, PC Media, PC Plus, dll....

BONUS DOWNLOAD
1. Games Misteri, ringan dan belajar bahasa Inggris. Download saja disini.
2. Lagu sunda Kang DOeL SUmbAng. Selebritis. Lalaki. Album Laris.
3.

5 comments:

  1. So..bro... cari deh gimana nyepetin koneksi internet sehingga menjadi wuzzzzz........ dengan software atau trik tertentu.. gitu lho.. bisa? selamat mencari..

    ReplyDelete
  2. lihat nih caranya :

    Dun lut aja google accelerator. Disini....

    Untuk Pengguna Mozilla Firefox:

    1. Buka browser Mozilla Firefox
    2. Pada address bar ketikan : about:config
    3. Ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi : true
    4. Isi “network.http.pipelining.maxrequest” antara : 30 – 100 (makin besar makin cepat)
    5. Terakhir, Klik kanan dimana saja dan pilih New -> Integer, Tuliskan : nglayout.initialpaint.delay lalu isi dengan : 0

    ReplyDelete
  3. urun rembug boss....gimana kalo nge-hack hotspot,...pasti kenceng, tapi siapin tuh wifi nya baik yang usb/pci card atau yang embeded di notebook,...dapatkan software hacking wifi nya, DIJAMIN ngaciiiir....internetannya, tapi itu ILEGAL,....resiko berbanding lurus dengan hasil yang besar....

    ReplyDelete
  4. sekarang tidak lagi tertarik nge hack wifi sebab sudah ada modem 4g (merk B***t)

    ReplyDelete
  5. celeron memang ada yang kenceng larinya tapi panas suhunya yaitu celeron tipe prescott (celeron D), biasanya 2.53 Ghz,2.66Ghz, 3.06Ghz...sekarang yang ada celeronnya keluaran netbook asus 11.6 inci.

    ReplyDelete