Monday, April 26, 2010

Motherboard Platform AMD Masih Sensitif

BELI MOTHERBOARD SEKOND
Saya termasuk PENGGEMAR AMD, maaf bukannya saya mengecilkan keluaran INTEL, selera orang berbeda-beda,....
Beberapa waktu lalu saya membeli Motherboard dan Processor AMD sekond, dan kipas yang khusus secara tersendiri. Betapa kagetnya saya ketika saya test ternyata MATI. Tidak habis pikir sebab ketika saya mau membelinya Motherboard dan Processornya masih terpasang di casing dan berjalan normal. Apakah karena kesalahan saya sehingga motherboardnya mati atau karena kesensitifan motherboard AMD tadi ?

BONGKAR DAN PASANG MEMANG HARUS DI UN-PLUG DARI LISTRIK JALA-JALA (PLN)

Dari dulu memang AMD terkesan sensitif dan harus ekstra hati-hati kalau mau mencopot atau memasang hardware ke motherboardnya. Listrik haruslah dicopot dari powersupplynya sebab kalau tidak bisa dipastikan akan SHORT dan menjadikan motherboardnya mati, saya sudah melihat dan pernah mengalami peristiwa seperti itu, seperti yang saya sebutkan diatas.
Sekarang sebetulnya lebih bandel dibanding dengan jamannya PROSESORnya yang masih "telanjang" belum ada iron belted (iron shield) seperti sekarang yang mulai diterapkan pada AMD versi soket 754. Sebelum itu dari versi K...sampai dengan Athlon XP, masih telanjang, kelihatan prosesornya dan SANGAT SENSITIF, tidak boleh heatsink dilepas dengan sembarangan apalagi kita "menyentuh" permukaan prosesor bisa mati. Beralihnya teknologi iron shield (seperti pada intel mulai pentium 4) membuat kesensitifan dari prosesor AMD berkurang.

PANAS DAN SENSITIF

Jaman dahulu keluaran AMD terkenal dengan kecepatannya sayangnya kecepatannya jarang dikomplain, benar....yang dikomplain adalah karena PANASNYA,.... tetapi jaman sekarang AMD adem-adem saja,...karena ada SMART-COOLER nya,...teknologi ini mematahkan anggapan orang bahwa AMD PANAS. Jadi untuk masalah panas bukan persoalan lagi, enaknya sebenarnya bisa di overclock dan kinerja yang mantap dengan harga yang relatif lebih murah dari produk Intel, sayang spare partnya agak sulit didapat.
Yang masih sensitif adalah seperti yang saya bahas tadi bahwa ketika anda membongkar atau memasang RAM, VGA, PROCESSOR, PCI-express, PCI lainnya, HARUSLAH power DICABUT dari POWER SUPPLY. Kalau kita lakukan dalam keadaan tercolok/plug dengan LISTRIK PLN (sekalipun dalam kondisi MATI), biasanya akan mengakibatkan SHORT/konsleting, yang menyebabkan matinya Prosesor atau rusaknya motherboard. Ini hanya informasi, bila ada tips atau trik dari anda boleh tambahkan di komentar. Tips satu lagi, gunakan sarung tangan ketika anda merakit komputer, baik AMD maupun INTEL.

Semoga bermanfaat.

BONUS DOWNLOAD

1. Software berguna mengubah FLASHDISK anda dari 1GB ke 2Gb. Tidak berlaku untuk yang berkapasitas lainnya baik yang lebih atau kurang dari 1 GB. Download Sini.
2. Browser FLOCK. Unduh Sini.
3. Symantec Antivirus Corporate Edition versi 10.0. Download Sini.
4. Crack Games ALAWAR. Unduh Saja Sini.

No comments:

Post a Comment