Tuesday, April 6, 2010

Voltase Listrik dan UPS

UNIK YANG TIDAK MENARIK
Di Indonsia memang unik, tetapi keunikannya tidak serta merta menjadikan "fenomena unik" ini menjadi baik, bahkan sebaliknya menjadikan keadaan bertambah buruk. Fenomena yang saya bahas itu adalah pemadaman listrik bergilir ala PLN. Yang memang masyarakat dan kita semua mau tidak mau, terima tidak terima ya harus mau menerimanya. Kalau yang tidak mau ikut "aturan" Pln ya monggo beli Gen Set sendiri. Permasalahan terselesaikan, akan tetapi jelas genset bukan barang yang murah, ditambah lagi dengan BBM, ya, biar pahit lebih banyak yang "menurut" sama PLN.

PEMADAMAN LISTRIK SAMA DENGAN PEMUTUSAN ARUS

Ini bukan yang akan saya bahas dengan detil akan tetapi ada hubungan langsung dengan "pemadaman bergilir" tadi, yakni masalah VOLTASE,.... dengan dimatikannya arus listrik berarti voltase menjadi NOL, dan bila terjadi dengan tiba-tiba (karena lupa ada pemadaman hari ini atau berita pemadaman tidak sampai pada anda) maka yang terjadi adalah hilangnya voltase dengan cara yang ekstrim, seperti anda mencabut kabel power pada saat PC dalam keadaan bekerja, atau menekan tombol power hingga PC shutdown (force shutdown), atau listrik "down/anjlog", yang mengakibatkan kekagetan komponen komputer yang bekerja dengan menggunakan arus listrik, dimana kalau hal ini sering terjadi akan sangat menggangu komponen-komponen PC. Terutama Harddisk dan Power Supply. Bagi manusia mati lampu memang tak seberapa tetapi bagi komputer (PC) merupakan sebuah "peristiwa besar", apalagi ketika PC sedang bekerja. Voltase yang tidak stabil pun merupakan ancaman terhadap komponen PC, kalau terlalu tinggi akan membuat komponen-komponen (ELCO, IC, Resistor) "jebol/meledak", dan kalau terlalu rendah pun bisa mengakibatkan "kekurangan arus" dimana bisa menyebabkan "overheat" pada komponen PC juga. Kalau anda menggunakan stabilizer akan sangat jelas pada jarum pembaca (Voltmeter), tentang kesetabilan listrik (area) rumah anda. Secara hukum fisik W=Vxi, artinya Daya adalah hasil perkalian antara Voltase(V(volt)) dengan Arus(i(ampere)), dimana sering sekali terjadi salah paham mengenai DAYA LISTRIK dirumah dengan KESTABILAN LISTRIK AREA rumah anda.
Sering dikatakan "Lha listrik dirumah 2200 watt kok, masa PC saya tidak stabil ? Memang benar DAYA nya besar akan tetapi apakah VOLTASE (PLN) nya STABIL?
Bisa disimpulkan bila daya tidak stabil, maka akan sangat mempengaruhi keawetan komputer pada khususnya dan alat elektronik (yang memakan daya dari PLN) pada umumnya.

UPS dan STABILIZER
Lalu bukankah ada stabilizer ? Catatan saja, stabilizer ada berbagai macam, dan yang berkualitas sangat bagus saja yang bisa menjadi "stabilizer sesungguhnya" menggunakan "rotor" dengan mutu yang tinggi. Kalau yang ada dipasaran sebenarnya kurang mumpuni dalam menghadapi persolan kekurang stabilan listrik ini. Artinya yang ada dipasaran akan bisa berfungsi normal dan membantu selama perubahan VOLTASE nya tidak ekstrim (misalnya berkisar dari 230V-200V) saja, kurang (180v atau bahkan 160V) atau lebih dari itu(lebih dari 250v), stabilizer biasa tidak membantu.Terlalu rendah tidak bisa mencukupi daya PC dan terlalu tinggi akan merusak semua komponen listrik. Lalu apakah UPS (Uninteruptable Power Supply)membantu ? Jawabannya membantu sementara, karena UPS ditopang oleh batre/aki kering yang catu daya nya hanya berdurasi setengah sampai satu jam saja (kebanyakan UPS), tetapi pada saat yang sama UPS biasa akan terganggu dengan ketidakstabilan voltase tadi, ada UPS yang sekaligus stabilizer itu barangkali hal terbaik bagi PC ditempat litrik (area) yang tidak stabil. Tetapi dengan adanya UPS dan Stabilizer adalah cara terbaik dan langkah tepat untuk "membantu" memperpanjang usia PC anda. Hardware yang paling rentan adalah Harddisk dimana dia mempunyai MEKANIK dan ELEKTRIK secara bersama-sama dalam satu pak, yakni Harddisk (cakram yang berputar dan motherboard nya), bila salah satu tidak berjalan normal Harddisk "mati", tidak detek atau rusak. Dan yang menjadi ujung tombak (plug in langsung) dengan listrik adalah PSU, dimana di dalamnya ada sikring pemutus, dan bila sikring nya tidak berjalan normal maka PSU pasti terbakar.
Masa tidak stabil biasanya menjelang malam, dimana semua orang secara serentak menyalakan lampu,.... salah satu trik untuk menunjang keawetan PC, ya harus bersabar untuk tidak mengoperasikan pada waktu tersebut. Ciri dari ketidakstabilan listrik (voltase) adalah ketika menyalakan lampu menjadi redup, dan kipas angin lebih lambat berputarnya.

SOLUSI
1. Menggunakan UPS yang sekaligus stabilizer adalah sebuah langkah yang baik.
2. Menghindari "jam-jam genting" yang terjadi ketidakstabilan voltase, biasanya menjelang malam/maghrib, dimana semua orang menyalakan lampu penerangan.
3. Melaporkan kepada PLN tentang gangguan listrik ditempat anda, termasuk voltase yang tidak stabil.
4. Bila memakai Laptop, charge (cas) sampai penuh kemudian pada "jam-jam genting" gunakan dengan tidak mencolok (plug) ke listrik, ini lebih baik.


BONUS DOWNLOAD

1. WinRAR 3.9.3. Download sini.
2. Software untuk membuat Rakitan elektronik, amplifier, radio,power supply. Klik Sini.
3. Speed Connect, mempercepat koneksi internet anda, Download Sini.

No comments:

Post a Comment