Sunday, May 23, 2010

CEK KOMPUTER ANDA

Komputer (bahasa forum-"dunia maya"nya kompi), sekarang sudah menjadi bagian dari kebutuhan setiap kita, tidak hanya masyarakat perkotaan tetapi juga didaerah pedesaan. Yang menarik adalah komputer saat ini harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan jaman dahulu, yang bisa seharga satu unit sepeda motor, ya benar sekarang bisa ada komputer murah karena adanya RAKITAN komputer  atau anda bisa merakit sendiri komputer - CPU yang spare part (suku cadangnya) bisa anda beli secara terpisah dan banyak dipasarand , sayangnya kebanyakan "maaf" menggunakan  program bajakan (-ini akan jauh lebih murah lagi - tetapi saya tidak menyarankannya). Dan sudah pasti menjadi berita gembira bagi para user-end tentang adanya program gratis semacam linux yang dikenal dengan open source, yang mana program ini memang betul-betul gratisan dan kinerjanya juga handal, hanya sayangnya disebagian besar masyarakat Indonesia yang menggunakan program open source/ gratisan ini relatif lebih sedikit, lebih banyak yang memilih jalan abu-abu, yakni menggunakan program bajakan, tetapi ini realita tidak bisa kita memaksakan kehendak agar para user menggunakan program yang original yang kita tahu harganya bisa menyamai harga satu unit PC, walaupun bagaimana hak cipta memang sebaiknya jangan dilanggar, kasihan yang membuat dengan segala daya dan upaya pada akhirnya hanya di bajak,....tetapi It's OK, lha gimana lagi.
Saya tidak akan membahas hak cipta dan tukang bajak, biarlah mereka hidup berdampingan dengan damai...

Komputer terutama PC dan Notebook atau Netbook, kadang mengalami sakit atau kerjanya tidak optimal. Dan banyak faktor yang menyebabkannya, dan saya hanya akan menuliskan garis besarnya saja dari beberapa pengalaman yang saya dapatkan, dan pengecekan komputer bukan merupakan "ilmu terawang" tetapi dicek satu persatu dari semua kemungkinan yang ada.

KOMPUTER SERING HANG
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hang nya komputer kita, antara lain yang bisa anda lakukan adalah :
1. Cek suhu dari BIOS (bisa menekan del,F1,F4,F10 tergantung motherboardnya), lalu periksa hardware monitornya rujukan suhu bisa anda perkirakan sebagai berikut :
Untuk processor intel soket 478 1,7Ghz s/d 2Ghz bersuhu dibawah 36 derajat Celsius adalah masih aman
Untuk processor intel soket 478 2,13Ghz - 2,4Ghz bersuhu dibawah 40 derajat Celsius adalah aman
Untuk processor intel soket 478 2,6Ghz keatas suhu masih aman dibawah 53 derajat Celsius.
Untuk AMD dan Soket LGA yang Prescott suhu memang lebih tinggi bisa antara 50 s/d 60, diatas itu kurang sehat dan sebaiknya dicek kipasnya. Khusus dualcore terbaru (versi E6000 keatas) suhunya relatif lebih dingin dibanding keluaran sebelumnya, dan core 2duo suhu nya sebaiknya dibawah LGA dan AMD, sekitar 40-50 derajat Celsius itu suhu yang aman.
Bila suhunya melebihi (ini bukan standar karena lebih baik anda melihat di buku petunjuknya dan sekarang barangkali sudah sangat jarang untuk soket 478 ini) yang ada diatas maka bisa anda periksa kipasnya, putarannya dan kekencangannya (menempelnya harus kokoh ke motherboard). Bila sudah diperbaiki kipasnya pasti suhu akan menjadi baik dan dingin. Dan bila suhunya memang berada jauh (lebih dari 4 derajat Celsius) biasanya komputer HANG pada kasus yang lebih extrem panasnya komputer akan mati otomatis, tetapi jangan biarkan hal ini berlarut-larut karena sensor pada komputer (thermal sensor) bisa rusak dan akibatnya dengan suhu sepanas apapun tetap jalan tetapi dengan resiko yang fatal yakni terbakarnya prosesor ataupun motherboardnya, atau bahkan kedua-duanya.
2. Cek suhu melalui tangan di chipset (khusus southbridge seharusnya tidak sepanas northbridge pada intel), pada AMD  hanya ada northbrige saja dan dipegang dengan bagian punggung tari telapak tangan (bukan bagian jari telapak tangannya), kalau masih terasa hangat (bukan panas membakar) chipset berarti sehat, dan bila terlalu panas berarti chipset anda yang "kena" dan sayangnya anda memang harus mengganti motherboard.
3. Cek kipas (heatsink) dan kipas Powersupply, bila tidak berputar adalah salah satu penyebab hang - nya komputer kita. Pada heatsink prosesor akan sangat masuk akal karena prosesor adalah bagian paling berat kerjanya disistem komputer kita, bila kipasnya tidak berputar maka panas yang dihasilkan tidak tersalurkan dan mengumpul sehingga menjadi hang  karena overheat dan jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa merusak prosesor, apalagi produk AMD anda harus lebih teliti dan hati-hati  karena dia lebih sensitif.
Sedangkan kipas powersupply bila tidak berputar akan menyebabkan overheat komponen-komponen psu yang menyebabkan pecah (khususnya elco) dan gosong pada IC, kejadiannya sama dengan heatsink tadi.
Segera ganti kipas heatsinknya atau kipas psu nya, kalau elco dan IC sudah tidak layak sebaiknya PSU segera diganti sebab sumber hang dan restart (secara simultan) biasanya dari PSU yang "berkurang dayanya tersebut".
4.Cek bagian komponen motherboard anda, yang paling sering menyebabkan hang adalah "meletus/melembung" nya elco, karena motherboard banyak menggunakan kapasitor elektrolit ini, dan bila ada yang menggelembung (walaupun cuma satu) tetapi sistem di motherboard akan menurun keoptimalannyan dan bila sudah banyak yang melembung pasti akan hang atau malah motherboardnya mati sama sekali.
Ada sebagian dari teman-teman teknisi yang bisa mengganti elco ini akan tetapi kit dan sirkuit dari motherboard komputer biasanya doublesided, artinya atas dan bawah ada jadi harus sangat hati-hati agar tidak salah solder dalam mengganti elco tadi, saran saya sih kalau sudah parah sebaiknya ganti motherboard anda. Bila menggunakan VGA external, cek juga elco dibagian VGA bila ada yang melembung/pecah sebainya ganti VGA external anda. Ini juga salah satu penyebab hang-nya komputer anda.
5. Cek RAM/memory anda, bila sudah lemah dia akan mudah sekali untuk hang, blue screen dan restart-restart juga tidak bisa untuk menginstall Office baik yang 2003 apalagi yang 2007. Bersihkan interface (bagian yang kuning seperti kotak-kotak kecil yang berjajar) dengan menggunakan hapusan pensil, s/d dakinya hilang...., bila agak dibengkokan berbunyi seperti KREK/KRES, maka sudah tentu memori anda yang rusak dan sayangnya tidak bisa diperbaiki, sebaiknya diganti. Atau kalau dua slot memori diisi dengan dua memori yang berbeda PC nya (dalam hal ini frekuensinya, misalnya: DDR PC 2100 ber frekuensi 226mhz, DDR PC 2700 berfrekuensi 333mhz dan DDR PC 3200 berfrekuensi 400mhz), dalam waktu yang lama biasanya akan menyebabkan hang karena rusaknya salah satu dari memori tersebut, biasanya yang ber PC rendah akan rusak terlebih dahulu.Sebainya anda pasang dengan PC yang sama apalagi yang berfasilitas dual channel akan sangat membantu menambah kecepatan komputer anda bila diisi dengan DDR/SDRAM PC yang sama.
6. Cek Harddisk anda, bila bunyi dan suhu tidak sehat akan menyebabkan hang dan bluescreen. Bila bunyinya terlalu keras dan tidak stabil seperti nit.nit.nit atau tak.tak.tak...segera back-up data anda dan ganti harddisk secepatnya sebelum anda kehilangan data yang berharga.Saya tidak menyarankan men-service harddisk karena terlalu riskan, kecuali anda tidak punya data yang "super penting". Untuk mengecek suhu harddisk saya akan sertakan dibawah nanti softwarenya.
7.Cek Operating sistemnya ada beberapa virus yang menyebabkan hang nya komputer anda, atau paling sering ada file yang pada waktu instalasi belum tercopy dengan sempurnya, atau file corrupt. Biasanya komputer akan hang dan stagnan/diam saja.
8. Cek software yang anda instal, sesuaikan software dengan spesifikasi komputer anda, bila anda memasang /isntall software yang terlalu berat bisa juga membuat komputer anda menjadi "seperti" hang, atau malah hang betulan. Setiap kali anda membeli software sebainya dibaca terlebih dahulu spesifikasi minimum untuk bisa program terinstal, jangan menginstall pada spek/spesifikasi dibawah minimum, pasti tidak akan jalan atau hang tadi.

KOMPUTER SERING RESTART
Sama seperti diatas hanya bisa ditandaskan biasanya restart ada berberapa macam, restart langsung bluescreen biasanya ada file windows yang corrupt, terkena virus, harddisk dan memori lemah.(anda bisa baca posting saya di tahun 2009 tentang blue screen dan pesan-pesannya).
Restar terus dan balik lagi ke BIOS biasanya windowsnya memang corrupt/NTLDR is Missing, dan lainnya silakan install ulang atau di repair saja.
Jalan sebentar kemudian Restart biasanya suhu porsesor anda terlalu panas (over heat). Cek kipas prosesor kalau masih bagus tambah thermal paste nya kalau sudah tidak bagus segera diganti saja.
Restart terus baik masuk maupun tidak masuk windows, biasanya POwerSUpply (PSU) nya yang tidak cukup catu dayanya, cek komponen dalam PSU anda apakah ada elco yang melembung/pecah ?

KOMPUTER SEHAT MENJADI AWET
Komputer yang sehat akan menjadikan komputer kita awet, perhatikan sirkulasi udaranya, suhu ruangan dan suhu dalam komputer anda (termasuk suhu di BIOS nya), rajinlah membersihkan debu (khususnya yang berada dan menghalangi fan (baik fan casing ataupun heatsink), bersihkan minimal sebulan sekali bagi yang tidak berada diruangan AC dan yang berada diruangan AC barangkali duabulan sekali harus dibersihka dari debu dan kotoran statik, dengan menggunakan "semprotan nyamuk" atau kompresor kecil, atau vacum cleaner yang kecil khusus untuk peralatan kantor dan elektronik, sudah banyak dijual dipasaran. Men-defrag PC secara rutin sebulan sekali juga baik, meng-update antivirus minimal sepekan sekali, memback-up data-data penting juga merupakan tindakan preventif untuk keselamatan data anda, bila dari rental/warnet usahakan flashdisk discan terlebih dahulu, sebab banyak virus yang menggunakan flashdisk sebagai media penularannya. Menggunakan UPS atau Stabilizer juga membuat komputer anda lebih awet.
Sekedar tips yang sederhana dari saya semoga bisa membantu.
Adapun kasus diatas bisa jadi ada kesalahan, tetapi ini berdasarkan pengalaman dan modusnya memang demikian, bila ada masukan dan koreksi silahkan tulis dicoment anda.

BONUS DOWNLOAD
1. Alat Cek Harddisk anda. Download sini.
3. Windows Live installer. Klik sini.

2 comments:

  1. Tambahan kalau boleh, sebaiknya pastikan memory komputer cukup, soalnya kebutuhan memory software2 jaman sekarang rakus banget. Ini bisa jadi salah satu penyebab komputer sering hang.

    ReplyDelete
  2. dengan kata lain games disesuaikan dengan spesifikasi kompi kita bro...

    ReplyDelete