Tuesday, June 8, 2010

AMANKAN AKUN FACEBOOK (EMAIL) ANDA




HACK FACEBOOK DAN EMAIL
Berita terkini adalah santernya akun artis di"hack" orang, dan saya hanya berkata bila ini tidak terjadi pada seorang public figur barangkali tidak akan santer seperti ini, contoh saja temanku, bukan hanya facebook yang dihack, bahkan situs/website nya dia dihack hingga rugi jutaan rupiah, dan tidak ramai dibicarakan karena memang dia bukan artis, seorang netter yang ulet seperti netters lainnya.
Ada pula yang dianggap spam oleh hosting yang diikuti, sangat mungkin karena dihack, sebab saya merasakan sendiri betapa "memelihara" website itu tidak bisa main-main apalagi ngawur, itu tidak mungkin sama sekali, tetapi terjadi pada teman saya yang lain dimana dia "membesarkan" situs "gratisan" dan sudah mulai bagus baik trafik dan page rank nya, kemudia ada pemasang iklan yang "deal",...lalu apa yang terjadi, situs kawan saya tadi dihack orang, maka situs yang sedang berkembang dan bagus tersebut diblokir dengan alasan SPAMMING, tidak masuk akal memang.

BAGAIMANA MENGHINDARI HACKER

Sayang tidak ada yang "tahu isi hati" hacker kecuali hacker itu sendiri dan Tuhan Yang Maha Mengetahui tentu saja, artinya apa ? Antara saya dan hacker bila berjalan, makan dan "tampak" dikehidupan sehari-hari tidak bisa dibedakan, dia orang seperti kita, hanya saja setelah dia berada didepan komputer yang tersambung dengan internet "menjadi orang lain", dan sayangnya hacker-hacker diidentikan dengan hacker jahat, dan memang demikian beritanya, walaupun saya yakin masih lebih banyak HACKER PUTIH yang menolong orang yang dihack (oleh HACKER HITAM), situs ataupun akun e-mail nya. Menghindari mereka adalah sulit karena betapa mereka itu orang-orang yang sangat ulet dan sabar dalam membongkar sesuatu yang mereka incar (akun email akun pembayaran online, akun bank dll), sehingga tidak ada kata "aman" dari sepak terjang mereka. TETAPI, tidak ada gading yang tak retak, kita bisa membuat mereka "tidak berdaya" yakni membuat akun dengan password yang "rumit", strong dan unik. Biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka, syukur-syukur yang panjang, karena semakin panjang password akan semakin besar "permutasi" dan "probabilitas" dari kombinasinya, bila diacak akan membuat waktu semakin lama dan semakin "sulit" untuk dibobol, apalagi menggunakan alphanumeric tadi, sangat kuat. Juga buatlah untuk satu forum satu akun email anda, misalnya untuk fesbuk, buat akun sendiri, untuk paid to click buat akun sendiri, untuk ikutan forum buat akun sendiri dan lain sebagainya. Akan lebih baik untuk akun-akun yang berhubungan dengan uang (paypal, alertpay dan banking) dibuat secara khusus dan jangan diberikan kepada orang lain,..tidak digunakan untuk korespondensi dan jangan pula digunakan untuk ikut forum dan jejaring internet,....untuk mempersempi kemungkinan diketahui oleh hacker. Akun email jangan diperlihatkan saat anda memberi komentar pada sebuah website. Akun email jangan diertakan (ditampilkan) pada situs anda.
Jangan ikutan forum yang "enggak jelas", ikutlah forum yang yakin bonafid, bukan yang berisi hacker dan orang iseng lainnya. Menghadapi mereka barangkali kalau "ketahuan" gampang, tinggal laporkan saja ke polisi, tetapi bila dia telah berada didunianya, adalah haruslah kita hati-hati dan cerdas, jangan sembarang "menerima" tawaran orang yang tidak kita kenal ataupun kita kenal tetapi aneh, tanyakan melalui handphone terlebih dahulu (copy darat=ketemuan didunia nyata bukan dunia maya),...bila tawarannya jelas dan bukan spamm/hacker boleh anda terima. Kalau ada surel ( surat elektronik = e-mail) masuk yang mencurigakan "jangan dibuka" dan "tandai sebagai spam" saja, lalu delete saja.

KEJAHATAN MASA DEPAN

Kejahatan dunia maya adalah kejahatan masa depan, dan yang menjadi incaran adalah akun anda, termasuk akun yang berisi dollar,...rekening bank, paypal atau bahkan kartu kredit anda. Tetapi disamping kejahatan tentu saja akan ada "pembasminya" ada Cybercop yang mana mereka menangkap hacker dengan kemampuan menjelajahi dunia maya dan memang mereka benar-benar polisi, dan di Indonesia barangkali harus lebih di-upgrade CyberCop nya, karena hacker Indonesia adalah sangat "genius", licin dan Iseng (ini tidak berdasarkan data valid karena pada dasarnya semua hacker hitam wataknya "relatif sama"), sehingga kejahatan mereka dapat digulung. Dan untuk hal ini bukan urusan saya sebagai penggemar dan pelaku Blogger.
Kejahatan masa depan ini, sudah sangat mengganggu dan gangguan demi gangguan pasti akan semakin intens dan variatif, dari mulai dihacknya akun facebok, dan dicurinya chip poker, dihacknya situs-situs dan dibobolnya kartu kredit, sebenarnya masih lebih banyak lagi yang mereka bisa lakukan dan akan dirancang untuk dilakukan. Anda pasti tidak asing dengan virus, worm, spyware, adware, malware, dan jenis lainnya, padahal "penentang mereka" sudah membuat firewall, antivirus, antispyware, tetapi tetap saja "mereka jebol" dan inilah sebenarnya, persamaan semua kejahatan bila dibandingan dengan "pembela kebenaran" kejahatan "satu langkah" lebih maju daripada si penangkalnya. Ini logis, karena kita tidak tahu masa depan, virus apa yang akan disebar hacker, situs mana yang akan mereka jebol.

TIPS KECIL
Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur profil anda:
1. Alamat Email. Disarankan alamat email tidak ditampilkan pada profil anda. Caranya: Pilih Settings lalu klik Privacy Settings, lalu pilih menu Profile, kemudian pilih Contact Information, kemudian di drop down menu IM Screen Name dan Email Screen Name di ubah menjadi "no one". Sehingga email anda tidak nampak di facebook.

2. Website. Inilah cara yang kedua oleh si pembajak lakukan guna mencari alamat email anda, karena jika anda menyertakan alamat website pribadi anda seperti Multiply, Blogger, Wordpress, Friendster, Twitter, Plurk dan lain-lain, si pembajak sangat pintar dan banyak akal untuk mencari email anda. Untuk itu jika anda memiliki website dan menyertakannya di Facebook harap jangan menampilkan alamat email di website pribadi anda.

3. Password. Ubahlah password anda, caranya pilih menu Settings lalu klik Account kemudian di Password pilih Change. Untuk password disarankan tidak sama dengan password email, dan minimal 10 karakter lebih kuat password-nya menggunakan komobinasi angka dan huruf(alphanumerik). walaupun pada kenyataannya kita bebas membuat password yang unik dan mudah diingat.
Contoh: shinta270584cute. Kenapa password harus seperti itu?, karena dengan format seperti itu akan mempersulit si pembajak untuk mengacak password anda dan jangan sekali-kali anda memakai password tanggal lahir kecuali dibuat seperti diatas.Atau kalau perlu ganti password sesering mungkin usahakan setiap seminggu sekali dan buat password yang kuat dengan mencampurkan angka, huruf dan karakter spesial(aphanumeric). Jangan pernah memberitahukan passwordmu kepada orang lain.

Saran dalam penggantian password
a. Gunakan password yang mudah kamu ingat, boleh panjang tetapi yang unik dan tidak terprediksi, tidak gampang ditebak.
b. Gunakan password minimal 6 karakter dengan menggunakan huruf, angka dan karakter spesial (alphanumeric)
c. Jangan memberitahu passwordmu kepada orang lain
d. Jangan gunakan password yang sama dengan akun yang berbeda

4. Jangan menambahkan teman yang tidak kamu kenal. Pilih teman dengan jumlah mutual friendnya lebih banyak.

5.Jangan memberitahukan alamat email kamu kepada orang lain atau disebarluasakan ke internet. Jika ingin di add seseorang sebaiknya menggunakan alamat URL profilmu atau gunakan Facebook Username untuk memperpendek URL tersebut. Untuk membuat Facebook Username masuk ke Settings > Account Settings > Username
-Setelah kamu login pastikan kamu logout dan Clear Recent History dengan menekan (tekan CTRL+SHIFT+DEL untuk Mozilla) .Hal ini harus kamu lakukan terutama jika kamu di warnet atau dipinjami laptop temanmu,...

6. Pastikan alamat Facebook yang kamu akses adalah situs resmi facebook.

7. Atur Info Profile yang kamu berikan seminim mungkin dan pada pengaturan privasi buat semua settingannya agar hanya dapat dilihat teman saja ("Only Friends").

8. Bermain game memang mengasyikkan tetapi jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi/game dan bergabung dengan group/pages yang tidak jelas, sebab kemungkinan si hacker menyelinap adalah sangat besar,....dan bila anda mempunyai akun (email terutama)yang penting jangan untuk membuat fesbuk atau jejaring internet lainnya, khususkan email cadangan yang anda gunakan untuk masuk ke forum atau jejaring internet tadi.

Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. saran saja, gunakan email yang digunakan untuk jejaring sosial macam (fb, twitter, dll) gunakan email yang tidak terlalu penting....

    ReplyDelete
  2. kalo ga repot juga bisa ganti password setiap sebulan sekali.
    kalau sempat kunjungi blog saya di www.rushinbrava.co.cc

    ReplyDelete