Saturday, July 2, 2011

Failed in Installing Windows Operating System

Installing windows
When you installing Windows (Xp, Vista and Seven), there are many possibilities to be failed, or not running well. I will tell you about that major causalities disturbing your Windows installations.
1.File corrupt to copy.
The most of this condition is when you installer CDs not good/hard optical drive (DVD/CD ROM) to read, so the essential file that need in developing Windows Syetem is corrupt, in the end it will make Windows System not running properly. Perhaps, stack. File can not to be copied when your optical drive (DVD/CD ROM) is damage (can not read Cds/DVDs). The solution of the both is to replace Installer Windows CDs and replace Optical Drive too.
2.Blue screen
Blue screen of the death in installing Windows because of RAM damages, Harddisk Not Normal, and Motherboard that Over Heat, or Processor damage. Note: when you installing Windows XP (that still don't have SATA/AHCI driver integrated in CDs), blue screen will appear with message : Setup did not find any harddisk (hard drive) on your system. In the other word, the SATA harddisk is not detected by XP Windows. You can make modification Installer CDs Windows XP, with Nlite software (free ware). When RAM/memory, Motherboard, and Processor is damage you should replace them. When the motherboard is over heat, you can put silicon gel on the bottom of processor heatsink fan, to shink the heat from the processor.

3.Under the spesification

Installing Windows needs its specification. Under specification will make Windows installation failed. The higer version of the Windows needs the higer specification too. The most important thing if you want to make good Operating System running is make sure that your computer specification is UPPER than minimum specification that windows needed.

Use the original Windows Installer Cds/DVDs, copy them maybe illegal or break the rule of the copyright.

EDISI BAHASA INDONESIA

Menginstall Windows
Menginstall windows adalah pekerjaan yang cukup mudah, akan tetapi ada beberapa masalah yang bisa terjadi yang kemudian menyebabkan gagalnya instalasi windows ini. Beberapa tips atau perkiraan yang akan saya berikan bila anda gagal menginstall windows baik di PC maupun di Notebook.

File tidak terkopi secara sempurna
Kita biasa menyebutnya “file corrupt”, ini dikarenakan ada file-file system yang diperlukan untuk sempurnanya instalasi windows akan tetapi file-file tersebut tidak bisa dicopy, tidak ditemukan atau sudah rusak. Yang anda cek adalah keadaan dari CD installernya apakah sudah usang/baret hingga tidak terbaca, cek CD/DVD ROM nya apakah masih bisa membaca dengan baik, dan kemugkinan terakhir adalah cek memorinya (RAM) apakah masih sehat dan berfungsi baik. Kemungkinan terbesar dari tidak tercopi nya file system adalah ketiga hal tersebut. Tidak menutup kemungkinan yang lainnya seperti motherboard yang mulai lemah/rusak, atau prosesor yang terlalu panas, mungkin juga harddisk yang sudah lemah dengan ditandai bunyi yang keras dan suhu yang terlalu panas.

Blue Screen
Pada waktu instalasi terjadi blue screen, kemungkinan yang paling sering dijumpai adalah adanya kerusakan pada RAM, pastikan ramnya baik dan sehat, bila anda mempunyai lebih dari satu slot RAM maka pasang salah satu saja yang digunakan untuk instalasi, kegunaannya untuk menambah stabil waktu penginstalasian. Bila RAM sehat dan tetap masih blue screen maka anda cek apakah harddisknya dalam keadaan baik dari segi suhu tidak terlalu panas, dari segi bunyi tidak terlalu keras dan terdeteksi dengan baik di BIOS. Akan tetapi bila yang menyebabkan blue screen adalah harddisk pada pesannya akan dicantumkan tentang “harddisk terkena virus, cek harddisk dengan fasilitas Fdisk, atau bagi harddisk yang tidak terdeteksi (pada windows XP ketika menginstall notebook) maka ada pesan bahwa harddisk tidak ditemukan. Pada kejadian harddisk tidak ditemukan berarti anda harus menggunakan versi windows lain yang lebih tinggi (vista/seven) atau anda harus memodifikasi windows Xp nya dengan menggunakan program N-lite untuk mengisikan kedalam Windows Xp nya driver AHCI/SATA yang diperlukan ketika anda menginstall. Bila harddisk dalam keadaan baik, maka kemungkinan ketiga adalah motherboardnya sudah lemah. Sebaiknya anda ganti motherboardnya.

Spesifikasi yang tidak terpenuhi

System windows mempunyai persyaratan tertentu agar operating system ini berjalanm dengan baik. Dengan persyaratan yang terpenuhi maka instalasi baru bisa berjalan dengan lancar. Spesifikasi untuk masing-masing versi windows tentu saja berbeda-beda, versi yang lebih tinggi memerlukan spesifikasi yang lebihtinggi pula, kelebihan dari spesifikasi tinggi bisa diinstall versi windows yang lebih rendah.

Hal lain yang mungkin mengagaglkan instalasi windows anda
Gampang sekali restart atau bahkan mati mendadak adalah gejala dari terlalu panasnya prosesor anda. Kemungkinan lain adalah asupan daya yang tidak terpenuhi dengan adekuat, artinya powersupply anda sudah lemah atau tidak mampu mencukupi daya yang diperlukan oleh PC. Yang ketiga seringnya restart juga bisa disebabkan voltase listrik jaringan PLN tidak stabil, beri solusi dengan menggunakan stabilizer atau UPS-stabilizer.

Kesimpulan
Banyak faktor yang menyebabkan instalasi windows anda tidak berhasil dengan baik. Contoh diatas hanyalah yang paling sering terjadi. Terima kasih semoga bisa membantu anda.

No comments:

Post a Comment