Wednesday, August 10, 2011

RECOVERY NOTEBOOK

RECOVERY NOTEBOO/NETBOOK
Pada notebook/netbook yang berisi operating system Windows Bundling (bawaan) dari vendornya, biasanya disediakan citra (image) system original operating systemnya.Ciri dari notebook/netbook yang ada genuine operating system bawaannya adalah ada Stiker didekat Keyboard (pojok kanan bawah) dan di bagian bawah notebook/netbook ada Cd-Key yang terdiri dari 25 digit angka kode produk dari Microsoft.
Ketika system sudah terjangkit virus atau corrupt atau crash, maka adanya system recovery ini sangat membantu anda untuk menyegarkan kembali notebook/netbook anda. Karena setelah dikembalikan seperti setelan semula (settingan pabrik) maka notebook/netbook akan berjalan normal kembali. Karena kabar baiknya image operating system ini sudah berikut driver-drivernya (sudah terinstall)bahkan ada yang sudah diberi applikasi dan anti virus walaupun trial selama 60 hari saja.

DATA SEBAIKNYA DIBACK-UP TERLEBIH DAHULU
Ketika anda akan me-recovery notebook/netbook anda sebaiknya mem-back-up data yang penting terlebih dahulu karena setelah di rcovery biasanya settingannya kembali ke settingan pabrik - kecuali aspire/acer ada pilihan settingan pabrik atau settingan user - tetapi sebagian besar kembali ke settingan pabrikan-nya. Memback-up data adalah tindakan yang preventif apalagi data anda penting. Pertanyaannya adalah bagaimana mungkin bisa back-up data sedangkan notebook/netbooknya sedang trouble/tidak jalan ? Nah inilah yang perlu anda lakukan sebelum rcovery system total. Yakni anda gunakan CD WINDOWS LIVE, CD LINUX LIVE atau pun CD HIREN versi sebaiknya 10 keatas - sudah bisa mendeteksi Win 7 - dan anda back-up menggunakan CD LIVE tersebut, setelah data terback-up saatnya anda mercovery notebook/netbook anda dengan tidak ragu-ragu karena datanya sudah aman. Catatan saja bagi yang windowsnya tidak original biasanya tidak ada recovery image nya, kecuali anda membuatnya sendiri. Hal lain setelah terrecovery adalah hilangnya PARTISI pada notebook/netbook anda, tidak usah khawatir anda bisa menggunakan program PARTITION MAGIC dari PARAGON atau Acronis atau yang sejenis dengan itu. Untuk windows vista dan win 7 gunakan partition magic versi 10 keatas, karena versi dibawah itu belum bisa jalan di system vista dan win 7. Hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk tambahan pengetahuan bagi anda.

TOMBOL SHORTCUT UNTUK RCOVERY
1. Toshiba anda pencet HURUF "O" agak lama setelah anda merestart notebook/netbook anda. Maka akan muncul pilihan recovery.
2. Aspire/Acer anda tekan tombol ALT dan F10 secara bersamaan, beberapa saat setelah anda merestart notebook anda. Pilihan recovery seharusnya muncul
3. Lenovo/IBM anda terlihat ada tombol warna orange (anak panah yang melengkung diatas keyboard netbook)anda tinggal memencetnya setelah beberapa saat anda merestrat notebook lenovo anda, maka pilihan recovery akan muncul.
4. Dell/Inspiron anda tekan CTRL dan F11 secara bersamaan setelah beberapa saat anda merestart notebook/netbook anda. Itulah pilihan recovery system anda.
5. HP/Compaq anda bisa menekan tombol F11 saja setelah beberapa saat anda hidupkan notebook/netbook anda. inilah pilihan recovery pada HP/Compaq anda.

BAGI YANG INGIN MENAMBAHKAN BENDAHARA TOMBOL SHORTCUT INI ANDA BISA MENULISKANNYA DI KOMENTAR, TERIMA KASIH. Misalnya ADVAN, ANOTE, ASUS dan lain sebagainya.

Catatan saja tombol recovery akan berjalan dengan baik asalkan IMAGE RCOVERY FILE nya masih bagus (tidak rusak), bila rusak maka anda terpaksa menginstall ulang dengan manual, atau datang ke service center/toko anda membeli notebook/netbook dengan catatan masih ada garansinya (biasanya setahun).
Sedikit dari saya semoga dapat membantu.Terima kasih

9 comments:

  1. Jika keyword notebook ada masalah ada tips tips nya gak bos ?

    ReplyDelete
  2. maaf salah post pertanyaan , maksud saya jika keybord notebook ada masalah ada tips tips nya ? atas jawabannya saya mengucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  3. kalau hardware (dalam hal ini keyboard), itu ada beberapa kemungkinan, kalau karena kotor saja bersihkan dengan sikat halus disisi tuts keyboardnya kalau sudah bersih pastinya bisa bekerja kembali. kalau yang rusak memang keyboardnyanya maka mas harus ganti keyboard satu blok, akan lebih tidak baik lagi bila ternyata yang rusak adalah motherboardnya (bisa matrix dan blok keybordnya)terpaksa anda harus ganti motherboard tidak murah boss,...alternatif lain ya pakai keyboard mungil yang bercolokan USB,... semoga membantu.
    sebenarnya saya bukan tukang service notebook boss,...bang ranu terima kasih

    ReplyDelete
  4. pada netbook MSI anda bisa menggunakan hotkey F3

    ReplyDelete
  5. Bos maaf nih mau minta tolong, compaq presario cq41-207TU ku rusak gak mau booting win7, asalnya saat booting gak pake batere eee..mcb listrik trip, pas mau dibuka lagi gak mau jalan. Tolong bos gimana solusinya agar bisa booting lagi secara normal..

    ReplyDelete
  6. perlu diketahui win7 ori home premium Bos..

    ReplyDelete
  7. dan karena saya beli second, gak ada cd recovery-nya..

    ReplyDelete