Saturday, July 25, 2009

Memasang DEEPFREEZE


Bagi anda yang sering berhubungan dengan dunia "pervirusan" pasti kenal dengan nama software DEEP FREEZE, program pembeku sistem pada Operating System Windows - saya belum pernah mencoba di Operating System lain Linux, Machintos - dan program ini memang cukup ampuh untuk mengusir virus dari Drive yang kita bekukan (freeze),...bagi yang ingin menginstall dan sudah dirasa cukup semua programnya maka tinggal di install DeepFreeze yang mana program yang sudah cukup itu tidak bisa lagi ditambah, dengan catatan DeepFreeze aktif. Timbul satu pertanyaan kalau begitu sangat riskan bila kita memasang DeepFreeze sedangkan kita ingin merubah dan menambah program-program terbaru..... Ada kabar baiknya. DeepFreeze ini bisa di NON-AKTIFKAN, dengan cara mencentang THAWED, pada 3 pilihan yang tersedia di menu DeepFreeze, yang mana ada 1. Frozen,...2.Thawed next boot...3.Thawed.
Lalu bagaimana cara menginstall DeepFreeze ?
1.Download File DeepFreeze disini.
File DeepFreeze ini dalam bentuk RAR file maka anda perlu juga mendownload WinRar - ada di posting saya yang lain sebagai bonus download. Installah terlebih dahulu WinRar untuk bisa meng-ekstrak file DeepFreeze ini.
2.Untuk anda yang sering lupa dan "otomatis" menyimpan file-file kerja anda di My Documents (secara default baik Word /Excel kalau menyimpan langsung ke folder My Documents,...catatan : bila anda menggunakan deepfreeze semua yang tersimpan di C (system) akan hilang setelah komputer di reboot/restart. Untuk menghindari hal ini maka anda saya beri tips sedikit untuk menghindari hilangnya file yang anda simpan secara otomatis di My Documents, yakni dengan "memindah" folder My Documents ke drive selain C (system) bisa di D, E atau drive lainnya. Saya akan memberi contoh yang dipindahkan ke D saja, ini yang paling umum dilakukan.
Caranya adalah :klik folder My Documents, lalu klik Properties, ada Restore As Default, Move, Find Target. Klik Move, lalu Klik My Computer dan Pilih drive mana yang akan dijadikan "TEMPAT FOLDER MY DOCUMENTS" anda,...setelah itu klik OK, nah sekarang bila anda menyimpan dokumen dan file-file kerjaan anda begitu "save" otomatis ke folder My Documents yang telah anda pindahkan, dan tidak terhapus oleh aktifnya DeepFreeze anda. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.


dan Gambar ini


3.Perhatikan gambar di bawah ini,... anda JANGAN memulai INSTALL/menekan tombol install bila belum menghilangkan centang selain di DRIVE C (system), sisakan centang pada DRIVE C saja...., karena yang dicentang adalah yang akan dibekukan. Nah setelah anda centang Drive C -nya saja, segera anda bisa menginstall DeepFreeze nya. Sampai dengan selesai. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini. Ada tulisan VOLUME TO FREEZE, centang C (system), yang saya beri tanda merah, karena pada saat saya posting ini saya ada 4(empat) drive di komputer saya, jadi yang terlihat ada C.D.E.F, kalau komputer anda hanya ada dua partisi yang akan muncul adalah C.D atay C.E, tetapi pilih saja C (system).
GAMBAR AWAL INSTALLER DEEPFREEZE


Setelah berhasil menginstall anda akan reboot terlebih dahulu, dan Drive yang dibekukan (volumes to freeze), sudah ditentukan yakni C, dan kalau berhasil anda akan aman dari virus yang menganggu drive C / system anda. Tanda DeepFreeze sudah aktif akan terlihat gambar beruang (beruang kutub) di pojok kanan bawah desktop komputer anda, dan bila tidak aktif (centang thawed lalu reboot)maka gambar beruang tadi diberi tanda silang yang menandakan DeepFreeze NON-AKTIF dan anda bisa menambahi Program di C dengan normal (tidak hilang setelah komputer di reboot)

Menampilkan DeepFreeze, adalah dengan menekan tombol SHIFT (pada Keyboard) diikuti dengan KLIK KIRI MOUSE anda DUA KALI. Maka akan muncul DeepFreeze.
Untuk menon-aktifkan DeepFreeze anda tampilkan dahulu dengan cara di atas, lalu klik OK, akan muncul 3 pilihan, dan pilih yang paling bawah yaitu THAWED. Setelah di reboot maka DeepFreeze anda akan Non_aktif dengan tanda gambar beruang nya disilang.
Untuk mengaktifkan kembali setelah di THAWED adalah dengan mencentang FROZEN (pilihan paling atas) lalu di reboot, maka DeepFreeze anda sudah aktif kembali.

Anda bisa juga bisa membuat PASSWORD untuk menjaga keamanan DeepFreeze anda, buatlah password yang gampang anda ingat, sebab kalau anda lupa password agak repot juga.

Hal Yang Perlu diingat sebelum menginstall DeepFreeze
1. Bahwa Drive yang di Freeze haruslah SATU saja yakni DRIVE C/SYSTEM, karena kalau Drive lain juga di FREEZE maka dia tidak bisa menyimpan file apapun, setelah direboot komputernya semua file/program yang dimasukkan ke Drive Yang di FREEZE adalah HILANG/TIDAK TERSIMPAN. Jadi Anda harus hati-hati dalam menginstallnya
2.Kabar baiknya dia bisa dibuat TIDAK AKTIF....dengan jalan men THAWED, lalu rebootlah Komputer anda.


MENG-UNINSTALL DEEPFREEZE
Berbeda dengan software lain, meng-uninstall/remove DeepFreeze tidak bisa dengan cara
ADD Remove Programs di COntrol Panel atau dari membuka Programs dari Start, tetapi anda harus mempunyai Installer DeepFreeze ini, lalu anda jalankan dan UN-INSTALL, maka DeepFreeze akan ter-uninstall dengan baik.

Selamat Mencoba.

BONUS DOWNLOAD:
1.DeepFreeze
2.WinRAR
3.Lagu Pemain Cinta ADA BAND

3 comments:

  1. gimana kalau waktu memasang deepfreeze kompi kita sudah terkena virus atau sebelum terkena virus....???
    Lalu bisakah saya meng update anti virus bila memakai deepfreeze?
    Tolong saya menunggu jawaban anda, atau pengunjung lainnya yang mungkin bisa mencari pencerahan untuk saya yang masih newbie...

    ReplyDelete
  2. Tapi menurut pengalaman saya ini software yang sangat merepotkan, saya CD installernya hilang,lalu file windowsnya rusak, mau membuang program ini malah jadi semakin runyam dan rumit,...gimana ini biar saya tidak usah memformat sistem saya....

    ReplyDelete
  3. Bro n sis, sekalian saya ada anti deepfreezenya. Silakan di download di link ini. Caranya jalankan saja program ini, nanti deepfreze akan muncul dan bisa diuninstall. Thanks

    ReplyDelete