Thursday, July 30, 2009

Images atau ISO sebagai salah satu Alternatif Keamanan data

Dalam posting ini saya akan berbagi cara menyimpan program/data yang sudah tersimpan di dalam CD,..setelah anda memback-up data penting ke dalam kepingan CD anda...
Jaman sekarang memang jamannya komputer terkena virus, apa sebabnya ?? Karena komputer saat ini sudah begitu mudah koneksinye ke internet, dimana kita semua mengetahui bahwa internet adalah "lahan subur yang tak terhingga" bagi semua jenis virus, lokal maupun internasional, yang hanya iseng-iseng saja ataupun yang merusak sistem bahkan merusak hardware - sehingga dengan berbagai media yang kontak langsung ke internet - bisa PC anda yang terkoneksi langsung ke internet lalu terinfeksi, flsahdisk yang terinfeksi di warnet atau rental - rental dan warnet juga merupakan gudang virus, dan hanya sedikit yang memberi fasilitas bebas virus - free from germ -.. Saya tidak akan memberikan contoh virus karena sudah saya bicarakan diposting saya yang lain, sebelumnya. Saya hanya akan memberi sedikit keterangan kepada anda bahwa dengan banyaknya virus maka tambah mungkin data anda terinfeksi. Kita semua tahu bahwa data adalah barang yang mahal, berharga dan tidak tergantikan. Data yang mahal adalah data pekerjaan kantor anda yang terdiri dari angka-angka yang jumlahnya banyak, berisi formula yang rumit dan berjumlah halaman banyak,...dan itu belum ada cetak birunya maka akan sangat sulit dan makan waktu jika anda mengulang data tersebut. Ini begitu berharga, coba bayangkan bila data tersebut terinfeksi virus....maka anda akan sangat kehilangan di bukan ??? Back-up data anda dengan MEDIA STATIK, yang berupa CD/DVD keping, lalu selamatkan juga isi dari MEDIA STATIK itu dalam bentuk file IMAGES dan ISO.

DATA IMAGES dan ISO
Data images dan ISO adalah sebuah data yang berbentuk citra yang mana sedemikain rupa bisa dicopy ke keping CD, atau diputar atau dibuka dengan software tertentu, yang saya pilih dan paling sering digunakan adalah Alcohol 120%(.MDS,.MDF), dan Nero(.ISO), biasanya bundel dari pembelian CD/DVD RW, yang mana kedua software tersebut memang sangat membantu dalam "mengamankan" data dari serangan virus. Dengan syarat-syarat tertentu maka data anda akan aman dan tidak korup. Cara yang akan saya terangkan adalah sangat sederhana. Sebelum back-up data dalam bentuk IMAGES/ISO, adalah sebagai berikut:
1. Pastikan anda mempunyai CD/DVD RW drive, dan software alcohol 120%, bisa download di posting saya sebelumnya, Software nero pada komputer anda yang biasanya sudah di install / dibundel dengan drive CD/DVD RW, begitu anda membeli CD/DVD RW.
2.Pastikan juga komputer anda bebas virus
3.Ada Space yang kosong di harddisk - saran saya jangan meletakkan back-up-an data di drive system (biasanya drive C:), letakkanlah di drive lain, D, E, F atau bahkan harddisk external anda.
4. Install salah satu software di atas, nero ataupun alcohol 120%
5. Setelah install selesai. Anda mulai bisa memback-up data CD/DVD anda.

Cara membuat image dan ISO adalah sangat mudah, tinggal menyiapkan space harddisk yang besar untuk back-up berbagai macam, data. Lalu dengan menjalankan program alcohol 120% dan Nero, pastikan CD back-up berada di drive CD/DVD RW, lalu siap-siaplah anda menempatkan data anda dalam bentuk IMAGE dan ISO. Dimana kedua file jenis ini sampai saat sekarang belum "terjamah" virus.

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung saja membuka blog-blog yang berhubungan dengan hal tersebut.
Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Bonus DOWNLOAD
1. Games House Supercow Trial.
2. Walpapers Cantik.
3.Download saja cacknya (supercow) disini.

No comments:

Post a Comment