Monday, August 10, 2009

Membuat Harddisk Menjadi Awet


Media yang paling penting dalam komputer PC/Notebook adalah Harddisk, tidak bisa digantikan dengan media yang lain, baik CD,DVD, FlashDisk, bisa digantikan dengan harddisk external tetapi membutuhkan cara dan prosedur yang lumayan rumit, dan untuk saat ini saya tidak akan membahasnya.
Yang akan saya ketengahkan kali ini adalah membuat harddisk anda menjadi lebih awet.
Yang namanya harddisk adalah barang yang paling rentan dari semua komponen komputer, ada dua sebabnya : pertama harddisk itu merupakan peralatan elektronik, bekerja secara elektris dan mempunyai motherboard dan berbagai macam komponen elektronik pula. Yang mana dengan ketidakstabilan listrik kita maka akan sangat berpegaruh kepada kinerja dan daya tahan HDD. Yang kedua : harddisk merupakan alat yang berbasiskan pada mekanik, khususnya untuk membuat putaran pada diska keras nya, bila komponen motor ini rusak atau "seret" sudah dipastikan kita pun akan kehilangan harddisk kita, alias rusak. Sayangnya bila harddisk sudah rusak mekaniknya tidak bisa kita "akalin" mau tidak mau segera back-up data dan ganti dengan yang baru, yang lebih sehat. Yang mempengaruhi keawetan mekanik ini adalah pemakaiannya, bila harddisk tidak dipakai/dihidupkan dalam waktu lama, maka harddisk akan mengalamai gangguan bisa bad sector, bisa mati total atau malah seret dan macet.

Nah tindakan apa yang membantu anda untuk membuat harddisk menjadi optimal dan fit ?
1. Gunakan komputer dengan prosedur yang benar terutama dalam hal SHUT DOWN, jangan dimatikan langsung kecuali sangat terpaksa.
2. Gunakan komputer secara reguler, artinya jangan didiamkan sampai berbulan-bulan karena ada kemungkinan harddisk menjadi macet, bad sector ataupun malah rusak.
3.UPS adalah sebagai salah satu sarana penolong harddisk anda yang efektif, bisa digunakan ketika tiba-tiba saja listrik down atau mati lampu, sehingga kita "masih sempat" mematikan komputer sesuai prosedur dengan SHUT DOWN.
4.Untuk mengurangi panas pada HDD pasang kipas HDD, ini akan sangat membantu.
5.Defrag sebulan sekali untuk mempercepat akses data dan mengetahui adanya ancaman kerusakan harddisk.
6.Bila anda membawa harddisk usahakan : jangan terguncang terlalu keras, jangan menggunakan tas plastik/plastik biasa yang mengandung listrik statis - bisa merusak harddisk -, jangan terlalu dekat dengan magnet, berakibat sama dengan listrik statis.
7.Harddisk yang terawat baik akan bertahan hingga 5 tahun, sehingga bila terlalu tua sebaiknya segera diganti, untuk menghindari hilangnya data karena kerusakan permanen HDD kita.

Tips dari saya hanya itu saja.

BONUS DOWNLOAD
1.AVG PRO Antivirus.
2.Lagunya Virgin - Cinta terlarang
3. Ikutan Ziddu dengan Saya

2 comments:

  1. Ada cara lain lagi ??
    Usahakan selalu membersihkan debu-debu yang ada dipermukaan harddisk, agar listrik statis tidak menyerangnya, dan jangan lupa pula untuk mengecek suara harddisk, bila sudah terlalu keras dan seperti terseok-seok segera back-up data dan ganti yang baru,...thanks

    ReplyDelete
  2. Yang jelas harga dan rupa itu dekat,...ya kan fi??

    ReplyDelete