Monday, February 22, 2010

Komputer Yang Tepat Guna

Sering saya menemui pernyataan sebagai berikut "Pak saya beli komputer yang murah saja asalkan anak saya bisa main game Assasin Creek, ya bangsa 3 jutaan saja bisa kan pak?", Atau "Bisa nggak merakit komputer murah ya sekitar 2,5 jutaan, Cpu saja untuk program multi media, dan video editing, bisa kan pak?",....

Pernyataan di atas adalah sering terjadi, dimana permasalahannya adalah ketidakpahaman user-end akan software sekligus hardware,...ini menjadi tugas bagi para penjual/vendor komputer agar bisa menjelaskan bagaimana sebuah komputer bisa menjadi tools yang optimal bukan menjadi barang yang diterjemahkan dengan salah kaprah. Seperti contoh diatas komputer yang bisa untuk "menjalankan game assasin creek adalah dengan spesifikasi/spek yang tinggi, harus dengan VGA Card yang sesuai, (Byte, Shrader dan Bitnya harus sesuai dengan spek gamenya), harus dengan RAM yang 2 Gb an atau lebih dan dengan processor yang minimal Dual-Core, lebih tinggi lebih bagus, catatan saja dengan semua komponen yang tinggi tentu saja bisa berharga lebih dari 5 jutaan, artinya kita membuat pernyataan yang boleh dibilang salah paham. Saya beli BMW seharga bajaj, maaf hanya sebuah perumpamaan sebab ketidaktahuan user-end. Bukan gamer atau programer, apalagi teknisi dan vendor, bukan....tetapi kebanyakan dari user-end yang masih awam. Perlu diketahui semakin tinggi spek sebuah game akan menjadikan semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer dan tentu saja harganya semakin mahal, ini logis.
Bagi anda yang senang berkecimpung didunia multimedia dan grafis pun sudah sangat tahu jenis komputer apa yang anda perlukan, tentu saja dengan budget yang telah anda persiapkan agar pekerjaan anda berjalan optimal. Demikian juga bagi anda yang memerlukan komputer "hanya" untuk pengetikan dan kerja Office, bisa diberi solusi bahwa dengan budget yang jauh dibawah para pelaku multimedia dan desain grafis anda sudah bisa bekerja dengan puas. Diselingi game-game kecil (game house, mini pc games, atau bahkan bawaan dari OS anda, freecell, solitair dan lain sebagainya), tetapi bagi anda yang memerlukan "kelincahan"/mobile anda juga bisa memanfaatkan Notebook ataupun netbook yang lebih ringan, dengan berbagai macam pilihan tentunya.

Yang saya garis bawahi untuk membuat sebuah komputer itu tepat guna adalah sebagai berikut:.
1. Subyek atau pengguna komputer, atau user itu sendiri
2. Digunakan untuk tujuan apa, Office biasa, kasir, mutimedia atau gamers
3. Kemanfaatannya, bila kerja office dibelikan komputer gamers tidak mengapa tetapi
itu membuang banyak budget dan kelihatan mubazir,...lha untuk main game pun tidak.
4.Budget, tentu semua kita ingin membeli kompi/netbook yang high-end, tetapi budget
yang bijaksana akan membuat pilihan dan kinerja komputer anda optimal. Tidak salah
beli, over budget atau malah kemubaziran tadi.
5. Jumlah komputer, berhubungan dengan perawatan (maintenance) nya.
6. Trend / gaya. Keluaran (barang) baru cenderung menjadi sesuatu yang menjadi
gaya/trend.

saya rasa dengan mengetahui lima faktor tersebut anda sudah bisa meng-estimasi kira-kira komputer/laptop apa yang anda butuhkan. Tetapi memang kita tidak bisa lepas dari GAYA dan TREND, yang mana kita bisa menjadi lebih "over budget" karenanya dan tidak ada jeleknya, tetapi bila hanya trend saja yang anda kejar, maka esensi dari komputer yang optimal tidak pernah akan terwujud. Dan itu pilihan anda, saya hanya menyampaikan dan anda yang memutuskan.


BONUS DOWNLOAD
****Naruto Shippuden Episode 147

***naruto Shippuden Episode 148

***dotnet/framework 3

***dotnet/framework 3.5

3 comments:

  1. saya juga sering menanggapi pertanyaan temen2 saya yang selalu membandingkan processor celeron dengan core2duo, mereka mempertanyakan ketahanan diantara keduanya. padahal dari segi harga saja sudah cukup menjelaskan mana yang lebih baik :D

    artikel yang bagus mas salam kenal

    ReplyDelete
  2. ada tidak yah komputer yang murah tapi bagus

    ReplyDelete
  3. ada, biasanya lelangan kantor, sayangnya hanya untuk orang dalam saja,...
    kalo tipe ya amd lah, murah dan bagus

    ReplyDelete