Sunday, May 9, 2010

WIFI SAMPAI DENGAN WI-MAX, NIRKABEL KEBUTUHAN MASYARAKAT

WIRELESS FIDELITY

Wifi istilah dan nama yang sudah sangat populer saat ini, dimana kita tidak bisa "menjauh" darinya, semakin hari semakin menjadi sebuah kebutuhan bagi kita.
Pengertian WIFI itu sendiri menurut kamus wikipedia adalah sekumpulan standar yang digunakan pada jaringan lokal nirkanel(Wireless Local Area Network = WLAN)berdasarkan spesifikasi dari (Institute of Electrical and Electronis Engineers)IEEE802.11, yang berkedudukan di Amerika Serikat. Standar wifi adalah mulai dari 802.11a, 802.11b, 802.11g dan yang terbaru adalah 802.11n, perbedaan spesifikasi tadi adalah dalam jangkauan (radius) dan transfer data nya. Semakin hari wifi semakin ditambah transfer data dan jangkauannya.

FREKUENSI YANG DIGUNAKAN
Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.









Spesifikasi
Kecepatan
Frekuensi Band
Cocok Dengan
802.11b
11 Mb/s
~2.4 GHz
b
802.11a
54 Mb/s
~2.4 GHz
a
802.11g
54 Mb/s
~2.4 GHz
b, g
802.11n
100 Mb/s
~5 GHz
b, g, n

Di banyak bagian negara, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pengatur lokal (misal, Komisi Komunikasi Federal di A.S.). 802.11a menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan oleh sebab itu daya jangkaunya lebih sempit, lainnya sama.

Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 MHz sampai 2.483,50 MHz. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz), berpusat di frekuensi berikut:

* Channel 1 - 2,412 MHz;
* Channel 2 - 2,417 MHz;
* Channel 3 - 2,422 MHz;
* Channel 4 - 2,427 MHz;
* Channel 5 - 2,432 MHz;
* Channel 6 - 2,437 MHz;
* Channel 7 - 2,442 MHz;
* Channel 8 - 2,447 MHz;
* Channel 9 - 2,452 MHz;
* Channel 10 - 2,457 MHz;
* Channel 11 - 2,462 MHz

KEBUTUHAN WIFI DARI LAN SAMPAI DENGAN PDA.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.PDA bisa berupa Ponsel atau Notebook yang ber-wifi.

WI-MAX atau fourth Generation (4G)
WI-Max (4G = generasi keempat)atau wifi yang berstandar 802.11a dan 802.16 merupakan wi-fi tercepat dan berjangkauan(radius)lebih luas dan diperuntukkan bagi perangkat WMAN (wireless metropolitan area network)dengan band frekuensi ~5Ghz. Konon, dari segi jangkauan teknologi nirkabel wimax ini mampu menembus jarak 10 KM dengan kondisi Point To Point (PTP), diluar negeri ada yg bisa 40KM dengan booster.. (sangat tidak disarankan).Karena perangkat sebelumnya dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2,4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial, Scientific dan Medical), untuk kebutuhan ruangan kerja saja menggantikan LAN yang berkabel, dengan jangkauan hanya sekitar 54-100m saja.
Di Indonesia sendiri saat ini sudah sangat banyak Hotspot (baik yang gratis maupun yang berbayar), memanjakan orang untuk mengakses internet. Dan kalau Wimax masuk maka akan semakin baik akses internet kita, hanya saja perlu diperhatikan infrastruktur pendukungnya, setinggi apapun teknologi tanpa ada sarana pendukungnya pasti tidak akan jalan. Menurut kabar Pemerintah sudah mengadakan lelang untuk lisensi Wimax Januari 2010 lalu, artinya tidak lama lagi kita akan bisa menikmatinya,....bagi para netters tentu ini merupakan kabar bagus, yang menjadi pertanyaan apakah alat-alat wifi kita yang sudah ada bisa mengakesnya atau kita harus meng-upgrade atau bisa memaksakan wifi lama untuk menangkap wimax, secara teknis saya belum tahu, kita tunggu saja...(apakah receiver yang biasa menangkap frekuensi 2.4 Ghz bisa menangkap yang berfrekuensi 5Ghz?) kita bisa melihat PDA kita apakah wifinya ber tuliskan 802.11b/g/n? kalau iya anda tidak perlu khawatir, pasti bisa "nangkep" wimax....

URUTAN KECEPATAN INTERNET DI DUNIA
1. Korea Selatan dengan speed 21.71Mbps
2. Jepang dengan speed 16Mbps
3. Aland Islan dengan speed 15.02Mbps
4. Lithuania dengan speed 13.44Mbps
5. Latvia dengan speed 13.35Mbps
6. Swedia dengan speed 13.26Mbps
7. Romania dengan speed 12.85Mbps
8. Belanda dengan speed 12.32Mbps
9. Bulgaria dengan speed 12.02Mbps
10. Republik Moldova dengan speed 10Mbps
11. Hongkong (China) dengan speed 9.52Mbps

28. USA dengan speed 5.1Mbps

79. Malaysia dengan speed 3.56Mbps

138. Indonesia dengan speed 1.21 Mbps...

TARIF INTERNETAN DI INDONESIA
Terkenal cukup mahal atau bahkan termahal, sudah pernah saya bahas di posting sebelumnya, akan tetapi dengan berjalannya waktu bisa dipastikan akan segera turun karena tidak hanya menjadi monopoli dari TELKOM dan INDOSAT saja sudah banyak sekali provider yang bermunculan lebih khusus lagi yang berbasis BROADBAND seperti axis, 3(three),mobi(mobile-8),smart dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kompetitor bagi para provider jelas akan tidak sempat untuk tahan harga, yang kita harapkan adalah bukannya internet sekedar "murah" akan tetapi optimal artinya jangan terlalu mahal walaupun cepat dan terlalu murah tetapi lambat,....kita hanya menunggu waktu untuk menikmati internet yang murah nan cepat. Karena internet kita saat ini merupakan kebutuhan, hanya sayangnya menurut kabar di luaran sana, kita berinternetan (maaf sebagian dari kita), adalah hanya untuk sekedar fesbukan dan buka situs "gituan",..semoga kabar ini sekedar kabar burung dan bila itu terjadi sesungguhnya jangan sampai berlarut-larut, alihkan kepada pemikiran bahwa internet bisa mendatangkan PENGHASILAN TAMBAHAN atau bahkan LAPANGAN KERJA BARU di dunia maya.
Semoga bermanfaat.

BONUS DOWNLOAD
1. Tools Untuk Koneksi Internet. Download Saja.
2. WIN RAR 3.93. Klik Download Sini.
3. Game Utuk Melatih Kejelian dan Belajar Bahasa Inggris,...Download Sini...

2 comments:

  1. indonesia selalu terdepan dalam keterbelakangan. bangsa yang kerdil bangga dengan keadaan semacam ini, menjadi pengekor disemua bidang, termasuk bidang wireless ini.

    ReplyDelete
  2. ya tidak juga, kita juga harus mengakui banyak sekali warga negara kita yang sangat jago dengan alat yang alakadarnya akan tetapi bisa mencapai kesempurnaan layaknya yang sangat lengkap peralatannya. Jangan korupsi dan hentikan KKN pastilah internet akan manstabz internetnya...bravo netter, webmaster indonesia, biar para pejabat yang korupsi, kita tetap berada dialam maya dengan gagah perkasa menaklukan dunia maya,....

    ReplyDelete