Saturday, October 23, 2010

Menginstall XP (DownGrade XP) Compaq CQ-40 312TU


DOWNGRADE CQ-40 312TU MENJADI WINDOWS XP
Men-DOWNGRADE Notebok tadi menjadi Windows XP memang cukup menyulitkan, terutama dalam membuat XP integrasi driver SATA nya dan lebih rumit lagi adalah instalasi DRIVER SOUND nya.
Nah saya tidak akan panjang lebar dalam menerangkan bagaimana membuat XP integrasinya.
Berikut ini yang diperlukan untuk downgrade notebook CQ40-312TU :
1. Software Nlite. Bisa anda download disini.
2. Software Framework Microsoft versi 2.0 disini
3. Install Framework v2.0 lalu install Nlite.
4. Langkah Nlite (langkah nomor tiga (3) karena sudah banyak di bahas maka saya tidak bahas dengan detil, tetapi bagian yang terpenting saja yang saya sebutkan disebut sebagai langkah ke-8).Driver AHCI/SATA Intel Ich9 (CQ40-312TU) nya pada saat INSERT pilih menu SINGLE DRIVER dan pastikan Driver sata-nya yang ICH9..family, lalu integrasikan dan XP nlitenya akan bisa mendeteksi hdd dengan baik pada CQ-40 312TU nya.
5.Kalau driver-driver lainnya saya kira tidak ada kesulitan dari chipset, vga, lan, wifi dan lainnya, yang perlu menjadi perhatian adalah cara install driver sound (IDT HD), adapun driver yang bisa anda download ada dibawah ini:
a. Chipset Intel
b. VGA Intel
c. Card Reader
d. LAN
e. Wifi
f. SMBus
g. PCI BUS (unknown device)
h. Sound IDT (beserta cara installnya)
i. Touch Pad
j. Webcam
k. Modem Agere

Tips Menginstall sound agar tidak hilang saat direstart.

Dalam folder sound cq40 yang anda sudah download sebenarnya sudah ada penjelasannya. akan tetapi ada cara lain mungkin anda lakukan.
Langkahnya akan saya ulang:
1. Install Muaa 1
2. Install Muaa 1a
3. Install Sound drivernya.
4. Cek apakah sudah ada suara yang terdengar ? Dengan membuka My computer>> klik kanan>> manage>> device manager >> cari di system devices>> item semacam:...Microsoft Bus MUAA...high definition... >> disable saja,...bila terdengar bunya berarti driver sudah masuk...>> jangan lupa di "enable" lagi...
5. Ekstrak devcon.exe ke C\:Windows\system32
6. Patch dengan mendoble klik, audio patch yang ada di folder audio solution.
7. Copy Devcon.bat (file batch) yang ada di folder devcon.
a. cara pertama seperti yang ada pada file yang anda download, yang bahasa indonesia juga ada, bila anda kesulitan yang berbahasa banyumasan, orang bilang bahasa ngapak-ngapak,...hanya itu saja.
b. Cara kedua, ganti nama devcon.bat dengan mengeklik kanan, audio, simpan dengan extensi .bat, beri nama audio.bat,...simpan di direktori.. C:\Windows
Buka Start>> Run>> Regedit >> HKEY_Local_Machine>> Software>> Microsoft>> Windows>> CurrentVersion>> Run
c. Klik kanan di ruang kosong (bagian bawah), muncul NEW>> pilih String Value >> Beri nama audio.patch, enter... lalu sorot dan klik kanan pilih Modify,... akan muncul kotak,...atas berisi audio.patch dan bawah kosong,... isilah yang kosong dengan LOKASI AUDIO.PATCH yang bernama audio.bat yakni di direktori C:\Windows...
isi kotak dengan susunan begini C:\Windows\audio.bat ... teruskan saja dengan OK.
8. Reboot komputer anda bila sudah terdengar bunyi lagi,... berarti anda sukses, bila belum, ulangi lagi saja....

Semoga Membantu.
NB : Nlite caranya ada diposting saya tahun 2009, atau cari saja di blog ini...

2 comments:

  1. Wah cara yang ke-2 kyaknya ko agak ribet ya, gmna klo cara1 & 2 nya gagal ms ? ada solusi lain. Tq

    ReplyDelete
  2. ya cari cara lain, bila ada cara yang lebih bagus, lalu anda sharing saja disini, tetapi saya sudah menggunakannya dan berhasil dua-duanya pada cq40-110au (platform intel dual core), punya user,...kalau cara yang kedua memang komputer harus bersih dari virus untuk bisa masuk ke registry editor (regedit),...untuk yang Cq-41 akan saya posting pada posting berikutnya.

    ReplyDelete