Tuesday, April 19, 2011

CARA INSTALL PRINTER EPSON L100


PRINTER INFUS PABRIKAN
Konon kabarnya (saya tidak tahu sumbernya) bahwa INFUSAN PRINTER HANYA ADA DI INDONESIA SAJA,...nah barangkali inilah uniknya bangsa kita, kreatif dan ekonomis, dan melihat peluang yang TIDAK MENGUNTUNGKAN BAGI PABRIKAN PRINTER DI INDONESIA inilah EPSON L100 lahir, barangkali daripada diinfus secara ILLEGAL mendingan dibuatkan PATEN PABRIKAN INFUS printernya, jawabannya adalah EPSON L100, saya baru menemui Infusan printer pabrikan ya hanya printer ini, yang lain belum menyusul barangkali. Tetapi saya berharap hasil infusan pabrikan lebih baik dari infusan lokal, karena harga yang jauh berbeda..... dan saya belum ada informasi apakah garansi dari EPSON L100 sama dengan EPSON T11/T20E atau jenis printer yang lain, karena telah mengalami "MODIFIKASI" yakni infusan, tetapi lagi ini kan INFUSAN dari "SONO" nya, ya barangkali garansi dari EPSON nya sama dengan produk printer EPSON lainnya. Semoga saja.

INSTALASI PERTAMA PRINTER EPSON L 100
Bagaimana Instalasi Pertama Printer Infusan dari pabrik merk Epson L 100
Tidak panjang lebar yang saya akan sampaikan dan memang sangat rumit bagi yang baru pernah menginstallnya.
1. Siapkan Komputer yang ada CD/DVR Drive nya
2. Ikuti petunjuk pada bagian dalam printer (manual book/berupa gambar-gambar yang sangat jelas).
3. Printer dalam keadan mati/tidak tercolok ke listrik PLN.
4. Cara melepaskan semua Cover material berupa selotip-selotip warna biru/merah, buang semuanya hati-hati ketika membuang di bagian HEAD printer.
Ingat didalam printer infusan ini (dekat head disebelah kanan depan) ada plastik/fiber transparan yang merupakan pengikat slang-slang infus, ini jangan diapa-apakan, biarkan saja.
5. Jangan ditarik slang infusannya.


6. Turunkan Kontener yang masih kosong, caranya angkat sedkit keatas lalu perlahan tarik sedikit kearah luar /menjauh dari printer. Terus buka tutupnya, disitu ada 4 kontener dengan tulisan BK(black/hitam), M (magenta/nila), Y(yellow/kuning),dan C (cyan/sian).
7. Sediakan Tissue untuk mengelap percikan yang mungkin terjadi agar tidak ada tetesan tinta yang tercampur/ mengotori printer/kontener. Isikan masing-masing botol sesuai dengan warnanya. Buka ulir botolnya, buang aluminium foil penutupnya, kemudian patahkan ujung tutup botol (cukup di tekuk saja ujungnya sudah patah dan bagian ujungnya jadi berlubang), Buka tutup kontenernya (berupa tutup dari bahan karet yang lentur, warna putih transparan), dalam pengisian ini anda harus sangat berhati-hati, warnanya harus seusai dengan label yang ada dikontenernya, dan oleh pabriknya sudah diatur sedemikian rupa sehingga satu botol warna untuk satu kali isi tidak ada lebih/sisa, sampai habis/kosong. Lalu tutup kembali tutup karet kontenernya.

BOTOLNYA JANGAN DIBUANG
Catatan : botolnya jangan dibuang karena ada KODE 13 digit angka dan huruf (alfa numeric) yang merupakan ID dari masing-masing botol refill epsonnya, yang nantinya akan digunakan dalam proses penginstalasian.

8. Pasang kembali keempat kontener yang sudah anda isi dengan tinta, sebelumnya tutup bagian tepi kotak hitam yang ada kontenernya, angkat sedikit, lalu dekatkan ke arah printer sehingga "kedua kunci siku/kait" nya bisa masuk, bentuknya seperti jari yang ditekuk sekitar sudut 90 derajat, dan berada dibelakang bok hitam yang berisi kontener di pojok kanan dan kiri atas, hati-hati jangan sampai ada slang tertarik atau tertekuk.
9. Mulailah langkah selanjutnya yakni penginstalasian, masukkan CD driver printer Epson L100, pilih menu SETUP, next EASY INSTALLATION, next, ada persetujuan tekan I AGREE, selanjutnya INSTALL, jangan colokkan printernya sampai dengan komputer instalasi memintanya untuk Connect, setelah beberapa saat anda harus menunggu, bila sudah ada perintah mengkoneksikan printer via USB silahkan hidupkan printer dan sambungkan kabel USB ke komputer,....instalasi selesai.
10. Disiniliah letak dari keunikan printer Epson,...
Anda berusaha mencoba untuk Test Print Page dan semua Tinta/Ink ditanda silang dan tidak ada hasil alias tidak mau kerja printernya ?
akan terjawab dengan langkah yang kesebelas nanti.

Hampir terlupa ada satu lagi kunci pada kontener printer EPSON ini yang perlu anda perhatikan, disitu hanya ada dua menu MENU PRITING dan MENU PERJALANAN/DIPINDAHKAN, ketika menu printing anda arahkan (dengan cara memutar searah jarum jam ke atas/ada gambar printer(, danbila tidak mencetak/nge-print anda putar kebawah (berlawanan dengan arah jarum jam/ ada gambar printer yang dibawa dengan alat pemindah), nah dalam langkah ini pastikan dalam MODE PRINTING, nantinya tintanya akan di CHARGE (dicas).

11. Browsing pada CD epson Driver lalu bukan folder My Epson *untuk my epson portal:, ada dua setup, pilih saja yang tidak ada tanda i (huruf I), klik SETUP, dan menjanyakan PROXY , user name, pasword dll, jangan khawatir, anda pilih SKIP saja,..... lalu tunggu sampai dengan selesai.
12. Kalau semua berjalan normal akan ada permintaan instalasi yakni ada Barisan Kotak-kotak yang minta diisikan kode tertentu, itulah yang saya maksudkan ID dari setiap botol tinta refillnya,....ada 13 digit angkadan huruf, isikan dengan melihat BK untuk botol wana hitam, Cy, untuk botol warna Cyan, Mg untuk botol warna Magenta, dan Y untuk botol warna Kuning, bila nomor ID nya benar akan ada tanda Centrang Hijau di belakangnya. Dan setelah isian OK, lalu printer akan MELAKUKAN CHARGING TINTA, PERHATIKAN LAMPU POWER PADA PRINTER AKAN BERKEDIP (BLINKING), Kurang lebih 20 menitan, jangan diinterupsi, karena bila proses instalasi ini dibatalkan anda harus mengulangInya dari awal. Langkah no.9 dst.
13. Setelah mengisi SELAMA KURANG LEBIH 20 MENIT dan lampu power printer sudah tidak berkedip/blinking lagi, berarti pengisian/charging tinta sudah selesai.
Langkah yang selanjutnya anda bisa lakukan seperti pada printer lain, Test print page,.... print foto dan lain-lain tentu saja sudah bisa anda lakukan. Selamat.




REFILL PUN HARUS MENGGUNAKAN CD DRIVER DAN REFILL YANG ORIGINAL
Untuk melindung dirinya dari pembajakan infusan, EPSON menggunakan ID number pada botol refill-nya, dan untuk isi ulang pun harus yang original dari epson dan tetap menggunakan INSTALLASI DRIVER EPSON L100 nya.

Sedikit Tips dari saya semoga membantu anda, atau kalau anda membelinya lebih sempurna anda meminta kepada penjual anda untuk "mengaktifkan" printer EPSON L100 ini di tokonya, jadi tidak ada langkah rumit nan panjang lagi seperti yang saya tulis ini. Terima kasih.

13 comments:

  1. wah ribed ya, tapi kan saya coba kang ranu,...

    ReplyDelete
  2. kang ranu ko engga bisa yak...
    setelah saia masukkan 13 kode tersebut sai kelik next ndah setelah itu ada tulisan kaya gini
    "A communication error has occurred. please check your connection and try again "

    ReplyDelete
  3. Perhatikan diujung kotaknya, bila kodenya benar mesti ada centang hijau. Dan pastikan kode nya benar, huruf besar dan kecil berpengaruh biasanya, dan lihat kode warnanya ya,...bk untuk black/hitam, dan Mg untuk magenta dan seterusnya.
    Kalau dari pesan errornya kemungkinan colokan USB nya tidak sempurna atau cek di device manager apakah sudah terdeteksi printer epsonnya.... kalau belum lepas colokan USBnya pasang kembali. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  4. ni semuanya sudah diinstal tapi lampu merah masih blingking terus kira-kira apanya ya gan...

    ReplyDelete
  5. blinking itu lagi ngisi (ngecas) selama kurang lebih 20 menit bro. Tapi kalau sudah nge-cas tetap blinking berarti catridgenya/tintanya, kalau masih garansi ya terpaksa deh ke toko tempat agan membeli,..semoga membantu. Bang ranu thanks

    ReplyDelete
  6. KLO MAU GA ERROR CONEKSI USAHAKAN PRINTER LAGI STANBAY (JANGAN DIPAKE PRINT) BARU GA ERROR

    ReplyDelete
  7. instalasi tinta kedua ke kebaca tu
    menu kode gak muncul

    ReplyDelete
  8. gan...botol tintanya keburu kebuang...trus gmana??kodenya ga dicatet lagi T_T...

    ReplyDelete
  9. gan instalasi awal, printer sama komputer kok ga mau conect y?

    ReplyDelete
  10. pake win 7 kompatibel ga?

    ReplyDelete
  11. cara instal nya gimana sih ??? w dah coba tapi ga bisa bisa

    ReplyDelete
  12. kak.. untuk langkah yg kesebelas.. di folder my Epson kedua2nya SETUP.. gx ada yg isi tanda i, gmn kak?

    ReplyDelete
  13. gan mau nanya,tadi ane baru bli epson l100, udah di instal tapi ko tintanya g kluar y? padahal ane dah nunggu 20 menit sesuai instruksi, knp y gan, dah di head cleaning jg, tp tetepg bisa, tolong bantu y tnx. . .

    ReplyDelete

FREE PAID TO CLICK ONLINE

PAID TO CLICK WEBSITE According to Wikipedia ( link ) Paid to click is an online business model that draws online traffic from peopl...